Sabtu, 30 Maret 2019

WASIR



OLeH: dr. Lilis Kurnia R.

🌷🌷🌷🔹🔹🔹🌷🌷🌷
           💎M a T e R i💎

ﺍﻟﺴﻼﻡ ﻋﻠﻴﻜﻢ ﻭﺭﺣﻤﺔ ﺍﻟﻠﻪ ﻭﺑﺮﻛﺎﺗﻪ

اعوذبالله من الشيطان الرجيم
بسم الله الرحمن الرحيم


Puji syukur kehadirat Allah ﻋﺰّﻭﺟﻞّ atas segala nikmat dan karunia-Nya sehingga kita bisa berjumpa di kajian malam ini,

Alhamdulillah bisa mampir lagi di room yang dirahmati Allah ini.

Saya share dulu ya materinya.

 🌷HEMORRHOID (WASIR)

💎PENGERTIAN

Di Indonesia lebih familiar dengan istilah penyakit wasir atau ambeien.

Dalam istilah medis penyakit wasir dikenal dengan istilah hemorrhoid.
HEMORRHOID adalah pelebaran dan peradangan pembuluh darah vena (varises) yang terletak di sekitar anus atau pada rektum bagian bawah.

Secara normal vena-vena pada anus dan rektum akan menyalurkan darah kembali ke jantung. Karena pembuluh darah melebar maka darah akan terkumpul disana sehingga membentuk tonjolan atau benjolan abnormal yang teraba lunak yang tak lain merupakan pelebaran vena yang berisi darah.
Besarnya ambeien (benjolan) tergantung pada derajat keparahannya.

Ambeien ini dapat terjadi diantaranya akibat mengejan yang terlalu kuat saat buang air besar atau karena meningkatnya tekanan pada pembuluh darah vena selama kehamilan, penyebab wasir lainnya akan dibahas lebih lanjut nanti.

💎JENIS WASIR

Wasir dapat terletak di dalam rektum yang disebut HEMORRHOID INTERNAL (wasir dalam), atau dapat berkembang di bawah kulit di sekitar anus yang disebut HEMORRHOID EXTERNAL (wasir luar).

Dari kedua bentuk wasir tersebut, hemorrhoid eksternal adalah yang paling sering terjadi dan paling merepotkan. Ambeien dapat menyebabkan nyeri dan gatal pada anus serta rasa sakit ketika duduk.

💎PENYEBAB

Penyebab sesungguhnya dari wasir tidak diketahui dengan jelas.

Sejumlah Faktor Dipercaya Turut Berperan Antara Lain:
🔹 Kebiasaan buang air besar yang tidak teratur (konstipasi atau diare),
🔹 Kurang olah raga,
🔹 Faktor nutrisi (diet rendah serat),
🔹 Peningkatan tekanan intra-abdomen,
🔹 Genetik,
🔹 Tidak adanya katup di dalam pembuluh-pembuluh vena,
🔹 Dan usia lanjut.

Faktor Lain Yang Diduga Meningkatkan Risikonya Adalah:
🔹 Obesitas,
🔹 Duduk dalam jangka waktu lama,
🔹 Batuk kronik,
🔹 Dan gangguan fungsi dasar panggul.

Namun, sangat sedikit bukti mengenai keterkaitan ini.

Selama kehamilan, tekanan dari fetus pada abdomen dan perubahan hormonal menyebabkan pembuluh hemoroid membesar. Proses melahirkan juga menyebabkan peningkatan tekanan intra-abdomen.
Pada Wanita hamil jarang memerlukan pembedahan, karena gejalanya biasanya hilang setelah melahirkan.

💎GEJALA HEMOROID

Gejala yang muncul akibat wasir atau hemoroid pada umunya ringan.
Gejalanya bisa menghilang dengan sendirinya dalam beberapa hari. Beberapa orang bahkan tidak menyadari mereka menderita hemoroid karena mereka tidak mengalami gejala sama sekali.

Gejala Yang Sering Kali Muncul Adalah:

🔹 Perdarahan setelah buang air besar, warna darah akan merah terang.

🔹 Keluarnya mukosa atau lendir setelah buang air besar.

🔹 Benjolan tergantung di luar anus, benjolan ini biasanya bisa di dorong kembali ke dalam setelah buang air besar.

🔹 Mengalami gatal-gatal di sekitar anus.

🔹 Rasa sakit, memerah dan pembengkakan di sekitar anus.

Hemoroid biasanya tidak sakit, kecuali jika aliran darah melambat atau terganggu. Jika Anda mengalami gejala hemoroid yang parah, konsultasikan kepada dokter. Pemeriksaan pendarahan rektum harus dilakukan ketika terjadi. Ini bertujuan agar dokter bisa mengetahui kemungkinan kondisi yang lebih serius.

💎DERAJAT WASIR

Wasir dibagi dalam IV derajat keparahan :

🔹Grade I:
Terjadi pembengkakkan yang masih didalam dubur sehingga tidak terlihat. Gejala yang paling menonjol adalah perdarahan waktu buang air besar (darah segar dapat menetes ataupun mancur) dan tidak sakit.

🔹Grade II:
Wasir keluar tetapi masuk kembali secara spontan waktu selesai buang air besar .

🔹Grade III:
Wasir tidak dapat masuk spontan dan harus dibantu dengan jari atau lama baru masuk.

🔹Grade IV:
Meskipun wasir dapat masuk, tetapi mudah keluar kembali jika melakukan kegiatan fisik.

Pembagian derajat keparahan penting hanya untuk menentukan CARA PENGOBATAN apa yang terbaik . Sebenarnya pada wasir tidak ada kata parah atau terlambat. Pada wasir derajat IV pun jika penderita tidak merasa terganggu dan dapat hidup dengan keadaan seperti ini, maka tidak perlu dilakukan pengobatan.

Indikasi pengobatan tergantung apakah terasa mengganggu atau tidak. Misalnya jika setiap buang air besar berdarah, maka tentu perdarahan ini harus dihentikan. Atau jika wasir selalu keluar sehingga mengganggu aktivitas sehari hari.

💎TERAPI:
▪Pada derajat I:
Pengobatan masih dapat dilakukan secara konservatif yaitu dengan minum obat, salep, suppositori. Disamping itu perubahan gaya hidup dan makan dengan banyak makan makanan berserat dan mengusahakan supaya buang air besar lancar dan faeces tidak keras.

▪Pada derajat II:
Pengobatan yang dilakukan seperti pada derajat I biasanya sudah tidak berhasil. Disini dapat dilakukan tindakan penyuntikan, pengikatan dengan karet khusus (rubberband ligation), IRC (Infrared Coagulation) atau pemanasan, DGHAL (Doppler Guided Hemorrhoidal Artery Ligation) adalah pengikatan pembuluh darah wasir dibawah USG Doppler.

Pada dasarnya tujuan tindakan-tindakan diatas adalah untuk mengecilkan wasir itu dan umumnya dapat dilakukan pengobatan secara rawat jalan saja.

▪Pada wasir derajat III:
Jika tidak terlalu banyak atau terlalu besar masih dapat dilakukan tindakan seperti diatas. Tetapi jika wasir sudah menyeluruh atau besar, maka pengobatan yang terbaik adalah dengan jalan operasi.

Pada operasi wasir yang membengkak ini dipotong dan dijahit biasanya dalam anastesi spinal (pembiusan hanya sebatas pusar kebawah) sehingga pasien tidak merasa sakit, tapi tetap sadar.

💎PENCEGAHAN

Disarankan sejumlah langkah pencegahan termasuk:
🔹 Menghindari mengejan ketika buang air besar.

🔹 Menghindari konstipasi dan diare dengan mengonsumsi makanan serat tinggi dan meminum banyak cairan atau meminum suplemen serat.

🔹 Dan cukup berolahraga.

Disarankan juga untuk mengurangi waktu yang digunakan untuk mencoba buang air besar, menghindari membaca ketika di toilet, juga menurunkan berat badan bagi orang yang kelebihan berat badan dan menghindari mengangkat beban berat.

Demikian materi kita malam ini. Silahkan dibaca dulu.

Acara saya kembalikan kepada mbak momod.


🌷🌷🌷🔹🔹🔹🌷🌷🌷
        💎TaNYa JaWaB💎

0⃣1⃣ Yuli ~ Aceh
Assalamualaikum dok,

Riwayat penyakit saya sejak gadis ambeien dok, upaya yang saya buat sudah banyak, seperti berolahraga, makanan yang berserat, minum air yang cukup. Tapi hasilnya tetap begitu-gitu saja.

Yang paling manjur saya minum pil dulcolak, lancarnya sepanjang minum pil dok.
Sekarang saya sedang hamil memasuki usia 8 bulan, ambeien saya makin parah.

Waktu lahiran anak pertama, sempat agak keluar daging anus sekitar 4 cm, sakitnya bukan main.
Saya belum pernah konsul ke spesialis dok.
Tapi bagaimana tanggapan bu dokter?
Syukron.

💊Jawab:
Wasir atau ambeien yang mbak alami penyebab utamanya karena buang air besar yang tidak teratur atau jarang. Disebut Konstipasi. Akibatnya tinja jadi lebih padat dan kering. Sehingga sulit dikeluarkan dan harus mengejan.

Konstipasi ini bisa disebabkan macam-macam. Terutama kebiasaan buang air dari kecil yang suka menahan, makanan yang kurang serat waktu kecil, atah bisa juga karena gangguan pada pergerakan usus.
Saat hamil kondisi ambeien menjadi lebih parah karena adanya tekanan di rongga perut oleh janin dan juga akibat pengaruh hormon.

Bila ambeien saat melahirkan biasanya tidak dilakukan operasi dulu karena akan membaik setelah bayi lahir.

Tetapi kalau setelah melahirkan tidak ada perbaikan sebaiknya diperiksakan ke dokter.

0⃣2⃣ Kiki ~ Tanjungpinang
1. Apakah ada olahraga tertentu untuk mencegah atau mengatasi timbulnya ambeien ya dok?

2. Kalau kita sudah terkena ambeien, apakah masih baik untuk melanjutkan olahraga ya dok?

💊Jawab:
1. Prinsipnya semua olahraga baik karena dampak olahraga itu memperbaiki sirkulasi darah di tubuh, disamping ada efek refreshingnya dalam olahraga akibat adanya efek dari hormon-hormon tertentu.

2. Bika sudah mengalami ambeien tidak apa-apa kita terus berolah raga.

0⃣3⃣ Rini ~ Parung
Assalamu'alaikum dok,

Ketika saya hamil 3 bulan hemoroid saya pecah diusia kandungan 7 bulan. Sampai dirujuk ke dokter spesialis bedah, dokternya bingung karena tidak bisa membedah. Karena beresiko membedah dalam keadaan hamil, akhirnya dikasih obat.

Yang saya ingin tanyakan apakah perlu pembedahan tersebut dok saat ini?
Tapi sekarang hemoroid saya sudah tidak sakit dok.

💊Jawab:
Wa'alaikumsalam,

Seperti pertanyaan pertama tadi, pada kehamilan dan melahirkan ambeien akan cenderung menjadi lebih parah. Tapi biasanya membaik setelah melahirkan. Bila tidak nengganggu tidak perlu operasi mbak.

Tapi lakukan pencegahan supaya tidak kambuh lagi. Lihat di materi bagian pencegahan ya.

0⃣4⃣ Tian ~ Bogor
Suami saya Wasir setiap BAB selalu keluar darah segar dok sudah konsultasi kedokter minum obat tapi masih tidak ada perubahan, dan dia keluhkan sakit diperut bagian kiri dok apa itu pengaruh wasir dok?

💊Jawab:
Biasanya bila dengan obat minum tidak terlalu berefek akan dicoba obat yang dimasukkan ke anus. Bila tidak ada perbaikan juga biasanya dianjurkan operasi.

0⃣5⃣ Mariam ~ Bandung
Bismillah, Bu dokter waktu saya melahirkan anak pertama, saya mengalami ambeien akibat salah mengejan padahal dulu waktu gadis saya tidak mempunyai ambeien.
Apakah nanti jika melahirkan lagi beresiko ambeien lagi?
Saya jadi takut melahirkan lagi.
Karena sekarang Alhamdulillah tidak sakit meski keluar.

💊Jawab:
Setelah melahirkan akan sembuh mbak. Tapi nanti pas hamil dan melahirkan lagi bisa jadi timbul kembali. Tergantung kondisi kehamilannya dan kebiasaan makan dan BAB.


🌷🌷🌷🔹🔹🔹🌷🌷🌷
 💎CLoSSiNG STaTeMeNT💎

Pada dasarnya semua penyakit bermula dari pola hidup yang salah, sehingga kunci sehat adalah makanan sehat dan bergizi, olah raga teratur, manage stress dan hindari rokok apalagi minuman keras.

Insyaallah kita bisa mencegah penyakit termasuk wasir.

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar