Sabtu, 30 Maret 2019

JOSH (JOmblo Sampai Halal)



OLeH: Ummi Yulianti

           💘M a T e R i💘

بِسْــــــــــــــمِ اللّهِ الرَّحْمن الرَّحِيْمُ


السلام عليكم و رحمة الله و بركاته

 الحمد لله
نَحْمَدُهُ وَنَسْتَعِيْنُهُ وَنَسْتَغْفِرُهْ وَنَعُوذُ بِاللهِ مِنْ شُرُوْرِ أَنْفُسِنَا وَمِنْ سَيِّئَاتِ أَعْمَالِنَا، مَنْ يَهْدِهِ اللهُ فَلاَ مُضِلَّ لَهُ وَمَنْ يُضْلِلْ فَلاَ هَادِيَ لَهُ. وَأَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ...

ام بعد.

Segalanya milik Alloh apa yang ada di langit dan bumi, kenikmatan dan kesusahan asalnya dari Alloh sudah selayaknya kita panjatkan puji dan syukur hanya kepada Alloh SWT.

Agama Islam adalah agama yang mengangkat dan membebaskan manusia dari jaman jahiliah jaman kegelapan menuju ke jaman yang terang benderang, sudah selayaknyalah kita sebagai umatnya senantiasa menghaturkan sholawat dan salam hanya kepada Nabi Muhammad  SAW.

 💘JOSH (JOmblo Sampai Halal)

Wahai anak muda yang sampai detik ini masih setia bergelut dengan kesendirian, tenangkanlah dirimu. Jika kamu termasuk mereka yang memilih untuk sendiri disaat kamu bisa mendapatkan kekasih, kamu patut bersyukur. Di tengah godaan masyarakat dan lingkungan yang begitu hebatnya, prinsip yang kamu pegang mungkin membawamu pada keadaan yang kurang menyenangkan. Cemoohan orang-orang sekitar yang menganggapmu kuno, sok alim, munafik dan lain sebagainya bisa jadi sangat mengganggu. Apalagi kamu yang belum menemukan tanda-tanda akan datangnya kekasih halal dalam waktu dekat, mungkin terbersit dibenakmu untuk mengambil jalan singkat dan mulai berpacaran. Tunggu dulu…

Hal-hal berikut ini mungkin meneguhkan kembali prinsipmu yang mulai goyah:

◼1. Jomblo Bukan Hal Memalukan

Kamu malu mengakui statusmu sebagai jomblo?
Ayolah, jomblo bukanlah suatu penyakit yang memalukan, bukan juga status yang harus disembunyikan. Banggalah mengatakan dirimu sebagai seorang jomblo karena kamu mempunyai banyak hal yang dirindukan oleh mereka yang terikat dengan pasangannya.

Kemanapun kamu pergi, apapun yang kamu lakukan, hanya kamu dan dirimu. Tidak perlu lagi khawatir seseorang (yang tidak punya hak atasmu) akan marah karena kamu lupa izin kepadanya. Tidak perlu juga mengkhawatirkan kondisi seseorang yang belum tentu jadi milikmu ketika kamu jauh darinya.

◼2. Perhatian Bukan Hanya Berasal Dari Pacar

Siapa sih yang tidak suka mendapat perhatian?
Tentu kita semua bahagia ketika ada orang yang memperhatikan dan peduli terhadap kita. Tapi jika kamu mengira hanya pacar yang bisa memberimu perhatian, coba pikir lagi. Orang tua, saudara, dan sahabat adalah mereka yang akan senantiasa memperhatikan kamu dan menyayangimu dalam kondisi apapun. Merekalah yang selama ini menerima kamu apa adanya.

Jadi, kenapa harus cemas ketika kamu tidak mendapat perhatian dan kasih sayang dari pacar?
Selama masih ada mereka, kamu pasti baik-baik

◼3. Jomblo Menjauhkan Dirimu Dari Maksiat

Hal ini mungkin membuatmu berpikir beberapa kali untuk memutuskan mengambil jalan pintas menjemput jodoh dengan berpacaran. Seperti yang diketahui oleh semua muslim, berpacaran adalah sesuatu yang dilarang.

Sayangnya, banyak yang berpura-pura tidak tahu, bahkan tidak mau tahu. Dalih pacaran sehat pun menjadi alasan bagi mereka untuk tetap berpacaran. “Kita tahu batasan dan bisa jaga diri kok”. Kata-kata ini mungkin sering kamu dengar dari mereka yang membenarkan pacaran. Tapi, setan jauh lebih tahu kelemahan kamu. Daripada terjerumus lebih dalam ke jurang maksiat, menjauhinya membuatmu lebih aman.

◼4. Sendiri Membuatmu Lebih Jeli

Kurang lebih maksudnya adalah, dalam kesendirian kita mampu menilai seseorang dengan lebih baik. Ketika kita mempunyai pacar, dialah yang terbaik dalam pandangan kita. Apalagi ketika hati dan pikiran sudah dirasuki oleh perasaan cinta, semua terlihat sama. Hal ini tentunya tidak baik ketika kita akan memilih pasangan seumur hidup. Memberi kesempatan bagi diri untuk “menyendiri” membuatmu lebih obyektif dalam memilah dan memilih pasangan.

◼5. Jomblo Menuntunmu Pada Jodoh Sejati

Mumpung masih muda dan memiliki banyak peluang, manfaatkan sebaik mungkin! Berpacaran ibarat menutup pintu untuk mendapat jodoh yang lebih baik. Ketika mengetahui kamu berpacaran dengan orang lain, bisa jadi jodohmu yang sebenarnya menjadi enggan untuk mendekatimu. Meskipun jodoh tidak pernah tertukar, jangan sampai kita menghalang-halangi kedatangannya dengan perbuatan kita.

Ummi yakin teman-teman di sini bisa Istiqomah dengan prinsip jomblo sampai halal. Selalu berhati-hati menjaga diri dari cinta salah dan tidak membiarkan hati terisi kemaksiatan yang ujung-ujungnya membuat sengsara di hadapanNya.

Demikian Paparan kali ini.

Yang benar datangnya dari اللّه

Mohon maaf jika ada salah salah kata dalam penulisan , itu murni kesalahan ana yang masih fakir dalam ilmu Agama.

من اراد الدنيا فعليه بالعلم، ومن ارادالاخرة فعليه بالعلم ومن ارادهما فعليه بالعلم

Barang siapa yang menginginkan dunia maka hal itu dapat dicapai dengan ilmu, barangsiapa yang menginginkan akhirat hal itu bisa didapat dengan ilmu, maka yang menginginkan keduanya dapat didapat dengan ilmu.

العلم بلاعمل كا لشجر بلا ثمر

Ilmu itu apabila tidak diamalkan bagaikan pohon yang tidak berbuah.

جزاكم الله خير جزاء شكرا وعفوا منكم...
فا استبقوا الخيرات...
والسلام عليكم ورحمة الله و بر كاته


🔷🔷🔷🌟🌟🌟🔷🔷🔷
         💘TaNYa JaWaB💘

0⃣1⃣ Yuliati ~ Cikarang
Apa kiat untuk menjemput jodoh sejati, ketika diri merasa sudah siap untuk menikah dan amalan apa saja yang bisa dilakukan agar dalam masa menjemput itu tidak mudah galau?

🌷Jawab:
Pe De Ka Te sama Allah, perbanyak istighfar dan taubat, husnozhon pada Allah, Bahwa Allah akan mempertemukan dengan jodoh pada waktu yang tepat.

0⃣2⃣ Han ~ Gresik
1. Umm, bagaimana kalau sampai tutup usia masih jomblo juga (belum menemukan pasangan hidup di dunia). Apakah nanti jodohnya ada diSurgaNya?

2. Dan bagaimana menyikapinya umm kalau ada jodoh ternyata jodohnya itu sebagai yang ke 2 atau ke tiga? Sedangkan pandangan umum mayotitas itu sebagai perebut atau perusak rumah tangga orang kalau jadi yang ke 2 atau ke 3 dan seterusnya?

🌷Jawab:
1. In syaa Allah nanti ada jodohnya di surga.

🔹Jadi memang ada ya umm jodohnya di surga walaupun di dunia tidak ketemu jodohnya?

🌷Ya... in syaa Allah, Allah akan pertemukan di surga.

2. Memang berat menjadi orang kedua atau ketiga, kalau ternyata dalam prosesnya Allah mudahkan, ketika musyawarah dengan keluarga setuju, ketika istikharah semakin mantap, in syaa Allah itu bagian dari takdir, maka abaikan omongan orang.

0⃣3⃣ Nitnit ~ Bandung
Bagaimana menurut ustadzah... bahwa wanita yang baik hanya untuk lelaki baik begitupun sebaliknya..... Dalam hal ini kita kadang banyak menyalah artikannya, maksudnya baik disini baik dalam hal apa?

Bagaimana dengan yang belum baik atau kurang baik apakah tidak ada kesempatan untuk mendapatkan atau berpeluang mendapatkan yang baik?
Mohon penjelasannya.

🌷Jawab:
Baik agamanya, kalaupun ternyata tidak mendapatkan yang sekufu, berat memang, tapi tetap kedepankan husnozhon pada Allah, itu yang terbaik buat kita, Allah berikan kesempatan pada kita ladang dakwah yang terdekat, untuk beramal Ma'aruf nahi Munkar dari yang terdekat.

🔷🔷🔷🌟🌟🌟🔷🔷🔷
 💘CLoSSiNG STaTeMeNT💘

Tegaslah menjaga diri, terlebih perihal hati.
Didiklah hati dengan prinsip keimanan dan ketakwaan.
Istiqomah menjaga aturan Allah sampai masa nya halal.

In syaa Allah bahagia dunia akhirat kelak tercapai.

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar