Senin, 29 Juli 2019

KELUAR DARI KEGELAPAN



OLeH: Ustadz Syahrawi Munthe

          💎M a T e R i💎

Assalamu'alaykum wr.wb.

Segala puji bagi Allah ata karuniaNya. Sholawat dan salam semoga tercurah atas Rasulullah SAW.

InsyaAllah tema materi kajian kita sore "Keluar Dari Kegelapan"

Berjalanlah di kegelapan malam tanpa cahaya, niscaya engkau akan berat melangkahkan kaki, tanpa arah, pikiran tak menentu dan detak jantung yang tidak normal, ditambah ketakutan yang menyelimuti.

Kegelapan sarat dengan banyak makna. Allah menggunakan istilah kegelapan dalam Al Qur'an, menggambarkan kesesatan orang-orang kafir, yang hidup tanpa petunjuk. Sedang orang mukmin, Allah keluarkan dari kegelapan menuju cahaya.

اللَّهُ وَلِيُّ الَّذِينَ آمَنُوا يُخْرِجُهُمْ مِنَ الظُّلُمَاتِ إِلَى النُّورِ ۖ وَالَّذِينَ كَفَرُوا أَوْلِيَاؤُهُمُ الطَّاغُوتُ يُخْرِجُونَهُمْ مِنَ النُّورِ إِلَى الظُّلُمَاتِ ۗ أُولَٰئِكَ أَصْحَابُ النَّارِ ۖ هُمْ فِيهَا خَالِدُونَ

"Allah Pelindung orang-orang yang beriman; Dia mengeluarkan mereka dari kegelapan (kekafiran) kepada cahaya (iman). Dan orang-orang yang kafir, pelindung-pelindungnya ialah syaitan, yang mengeluarkan mereka daripada cahaya kepada kegelapan (kekafiran). Mereka itu adalah penghuni neraka; mereka kekal di dalamnya."
(QS. 2 : 257)

Orang-orang kafir tak sadar bahwa mereka mereka berada dalam 'kegelapan'. Allah mengatakan :

هَلْ يَسْتَوِي الْأَعْمَىٰ وَالْبَصِيرُ أَمْ هَلْ تَسْتَوِي الظُّلُمَاتُ وَالنُّور..

"Katakanlah: "Adakah sama orang buta dan yang dapat melihat, atau samakah gelap gulita dan terang benderang."
(QS. 13 :16)

Kegelapan adalah pertanda orang-orang yang mendustakan ayat-ayat Allah, terus menerus berjalan tanpa cahaya.

وَالَّذِينَ كَذَّبُوا بِآيَاتِنَا صُمٌّ وَبُكْمٌ فِي الظُّلُمَاتِ

"Dan orang-orang yang mendustakan ayat-ayat Kami adalah pekak, bisu dan berada dalam gelap gulita.." (QS. 6 : 39)

Kegelapan juga mengisahkan pencarian tuhan, saat Nabi Ibrahim melihat bintang di kegelapan langit,

فَلَمَّا جَنَّ عَلَيْهِ اللَّيْلُ رَأَىٰ كَوْكَبًا ۖ قَالَ هَٰذَا رَبِّي ۖ فَلَمَّا أَفَلَ قَالَ لَا أُحِبُّ الْآفِلِينَ

"Ketika malam telah gelap, dia melihat sebuah bintang (lalu) dia berkata: "Inilah Tuhanku", tetapi tatkala bintang itu tenggelam dia berkata: "Saya tidak suka kepada yang tenggelam"." ( QS. 6 : 76)

Di tengah kegelapan perut ikan juga Nabi Yunus menyeru :

لَا إِلَٰهَ إِلَّا أَنْتَ سُبْحَانَكَ إِنِّي كُنْتُ مِنَ الظَّالِمِينَ

"Bahwa tidak ada Tuhan selain Engkau. Maha Suci Engkau, sesungguhnya aku adalah termasuk orang-orang yang zalim." (QS. 21 : 87)

Karena 'kegelapan' adalah jalan kesesatan, tanpa petunjuk, jalan orang-orang yang menyimpang dari jalan Allah sedang Dia menyeru kepada cahaya, maka Nabi Musa diperintahkan untuk  mengeluarkan umatnya darinya.

وَلَقَدْ أَرْسَلْنَا مُوسَىٰ بِآيَاتِنَا أَنْ أَخْرِجْ قَوْمَكَ مِنَ الظُّلُمَاتِ إِلَى النُّورِ وَذَكِّرْهُمْ بِأَيَّامِ اللَّهِ..

"Dan sesungguhnya Kami telah mengutus Musa dengan membawa ayat-ayat Kami, (dan Kami perintahkan kepadanya): "Keluarkanlah kaummu dari gelap gulita kepada cahaya terang benderang dan ingatkanlah mereka kepada hari-hari Allah." (QS. 14 :5)

Maka betapa beruntungnya orang-orang mukmin, yang berjalan dengan cahaya Islam, yang telah keluar dari kegelapan. Mereka mengikuti Allah menuju cahaya-Nya. Dengan cahaya inilah mereka hidup bahagia, dengan segala rintangannya hingga tiba datangnya ajal. Kelak saat mereka dibangkitkan, wajah-wajahnya akan bercahaya, cahaya yang dibawa saat di dunia. Wajah-wajah ini juga yang dapat melihat jalan ke surganya Allah.

Semoga kita semua berada di jalan yang terang berderang, penuh cahaya. Maka sambutlah seruan Allah saat Dia memanggilmu, dalam segala bentuk penghambaan pada-Nya. Karena tidak ada jalan kebenaran selain cahaya dari-Nya. Islam adalah cahaya kebenaran, Al Qur'an juga adalah cahaya iman. Hidup dalam Islam dan naungan Al Qur'an akan menuju cahaya Allah.
Aamiin

🌸🌸🌸🌟🌟🌟🌸🌸🌸
       💎TaNYa JaWaB💎

0⃣1⃣ Rahma ~ Cisalak Bismillah,
Assalamu'alaykum wr.wb.

Ustadz, Dalam kehidupan ini kita menghadapi masalah yang sangat pelik sekali, seperti makan buah simalakama, istilahnya dimakan ayah mati tak dimakan ibu mati, bagaimana caranya supaya bisa keluar dari kegelapan ini?
Afwan.

💎Jawab:
Wa'alaykumussalam wr.wb.

Tetap saja harus membuat pilihan. Hidup ini adalah pilihan-pilihan yang harus diambil untuk  melangkah ke depan, jalan mana yang harus ditempuh. Jika sangat pelik, maka mohon doa pada Allah, mohon petunjuk, agar tidak salah melangkah, dan saat telah menentukan pilihan, ada kekuatan yang muncul sebab kita sudah berpasrah pada Allah.

Kekuatan itu hanya ada ketika pasrah totalitas pada Allah. Bagaimanapun nanti kondisinya, maka bisa dilalui dengan baik.

0⃣2⃣Nurzakiyah ~ Jakarta
Bismillah,
Assalamualaikum warahmatullah

Bagaimana caranya kita bisa istiqomah dalam ketaatan, karena terkadang saat kita ingin keluar dari kegelapan ada saja halangannya!
Afwan

💎Jawab:
Wa'alaykumussalam,

Istiqomah rumusnya sudah jelas digariskan para ulama. Bahwa untuk istiqomah, selalulah bergaul dengan orang-orang shalih, terus belajar mencari ilmu sebab ilmu bisa jadi penopang, dan penyangga saat iman sedang lemah. Selain itu, ibadah yaumiyah harus jadi perhatian serius agar senantiasa menguatkan hati dalam mengahadapi semua masalah-masalah dalam kehidupan.
Wallahu'alam

0⃣3⃣ Lisa ~ Malang
Afwan ustadz, ketika sudah Hijrah namun suatu saat khilaf terjerumus suatu dosa lain, apa yang harus Saya lakukan ustadz?
Takut Allah tidak menerima taubat saya...
Afwan ustadz.

💎Jawab:
Yaa harus menjaga iman sekuat tenaga. Jikapun terjerumus lagi dalam dosa yang lain, maka segera ambil jalan untuk kembali pada Allah. Mintakan ampun taubat lagi. Sebanyak apapun kita mohon ampun, Allah tidak akan pernah bosa mendengar doa-dia kita.  Namun harus berazzam agar tidak lagi melakukan dosa-dosa tersebut. Wallahu'alam

0⃣4⃣ Han ~ Gresik
Assalamu'alaikum,

Tadz, saat berkubang dengan dosa atau maksiat dan mencoba untuk keluar dari kubangan tersebut dengan meninggalkan segalanya tetapi kadang masih terbersit bahwa Alloh pasti akan mengampuni akhirnya kembali lagi ke kubangan tersebut tapi setelah sadar keluar lagi.

Bagaimana tadz untuk membentengi agar tidak keluar masuk dalam kubangan tersebut?

💎Jawab:
Wa'alaikumsalam,

Begitulah kadang sifat manusia, sebab iya punya akal dan nafsu. Jika ia telah pernah terperosok dalam kubangan dosa, maka bisa lagi akan terperosok karena kurangnya akal dan nafsu yang tidak terkontrol. sehingga semua batas-batas yang ada ditabrak. Jika itu terjadi maka, sesungguhnya nilai kemanusiaannya sudah lebih rendah dari binatang. Binatang punya nafsu dan insting, jika ia pernah terperosok dalam lubang maka dengan istingnya ia berusha menghindarinya. Namun demikian, selalulah mohon ampun pada Allah, yakinlah ampunan-Nya lebih luas dari dosa-dosa kita. Ampunan Allah seluas langit dan bumi. Ampunan itu akan kita dapat, jika kita taubat nasuha dan tulus mohon ampun pada-Nya. Wallahu'alam


🌸🌸🌸🌟🌟🌟🌸🌸🌸
💎CLoSSiNG STaTeMeNT💎

Semoga kita keluar dari gelapnya jalan kehidupan menuju cahaya Allah. Cahaya itu akan membimbing kita ke surga-Nya kelak. Maka selalulah dalam cahaya itu, jaga ia dengan baik dan jangan pernah memadamkannya. Aamiin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar