Senin, 29 Juli 2019

HIJRAH CINTA, Part 2 (Cinta Antara dia & DIA)



OLeH: Ummi Yulianti

          💘M a T e R i💘

بِسْــــــــــــــمِ اللّهِ الرَّحْمن الرَّحِيْمُ


السلام عليكم و رحمة الله و بركاته
 الحمد لله
نَحْمَدُهُ وَنَسْتَعِيْنُهُ وَنَسْتَغْفِرُهْ وَنَعُوذُ بِاللهِ مِنْ شُرُوْرِ أَنْفُسِنَا وَمِنْ سَيِّئَاتِ أَعْمَالِنَا، مَنْ يَهْدِهِ اللهُ فَلاَ مُضِلَّ لَهُ وَمَنْ يُضْلِلْ فَلاَ هَادِيَ لَهُ. وَأَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ...

ام بعد

Segalanya milik Alloh ﷻ apa yang ada di langit dan bumi, kenikmatan dan kesusahan asalnya dari Alloh ﷻ sudah selayaknya kita panjatkan puji dan syukur hanya kepada Alloh ﷻ.

Agama Islam adalah agama yang mengangkat dan membebaskan manusia dari jaman jahiliah jaman kegelapan menuju ke jaman yang terang benderang, sudah selayaknyalah kita sebagai umatnya senantiasa menghaturkan sholawat dan salam hanya kepada Nabi Muhammad ﷺ.

 🌸HIJRAH CINTA, Part 2 (Cinta antara dia & DIA)

 Cinta akan membuat siapa saja yang merasakannya rela berbuat apa pun demi yang dicintai. Orang yang mencintai kedua oran tua akan berbuat semampunya untuk membahagiakan keduanya. Orang yang mencintai kekasihnya rela berkorban demi sang kekasih. Orang yang mencintai pekerjaannya akan bekerja siang malam tak peduli tubuh semakin runtuh.

Sudah menjadi fitrah manusia memiliki rasa cinta. Mencintai harta, wanita dan kedudukan. Namun kita juga harus tahu kepada siapa cinta kita itu ditujukan dan cinta yang mana yang harus diprioritaskan. Ibnu Qayim Al Jauzi membagi cinta menjadi enam tingkatan. Mari simak keenam tingkatan tersebut.

🔹TATAYYUN
Cinta yang paling tinggi dan utama, yaitu cinta kepada Allah subhanahu wata’ala. Alloh ﷻ yang menciptakan manusia dan segala isinya, serta memberikan segala apa yang manusia butuhkan untuk hidup di dunia, berhak mendapatkan cinta tertinggi melebihi apa pun yang ada di dunia.

Bila masih ada dalam diri kita rasa lebih menaati perintah bos, atau lebih mendengar kata-kata sahabat dan kekasih, hingga rela menyingkirkan Alloh ﷻ dalam kehidupan, maka kita belum memiliki rasa tatayyun. Hendaknya renungkan kembali apakah selama ini kita masih menomorduakan Ar Rahman dan Ar Rahim.

🔹ISYK
Rasa cinta ini merupakan tingkat ke dua setelah mencintai Alloh ﷻ, yaitu cinta yang hanya ditujukan kepada kekasih Alloh ﷻ, Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam. Mencintai Nabi Muhammad berarti mengamalkan apa-apa yang dicontohkan oleh beliau dan menjauhi perkara yang tidak berasal darinya.

Jangan sampai rasa cinta kepada dunia melebihi cinta kepada Alloh ﷻ dan Rasul-Nya.  Kisah Mus’ab bin Umar seorang yang kaya raya dan dicintai oleh ibunya, tapi karena kecintaannya pada Nabi Muhammad, ia rela meninggalkan kekayaan tersebut dan hidup sederhana dalam ajaran Islam.

🔹SYAUQ
Merupakan tingkatan cinta antar sesama muslim yang memiliki ikatan keluarga. Setelah mencintai Alloh ﷻ dan Rasul-Nya, tingkatan selanjutnya adalah mencintai keluarga kita, orang tua, adik, kakak, kerabat dan saudara kita. Keluarga berhak mendapatkan cinta yang melebihi orang lain.

Sangat disayangkan saat ini anak-anak kita khususnya remaja, apalagi yang sudah mengenal cinta dengan lawan jenis, lebih banyak mencurahkan rasa sayangnya kepada kekasih dan teman-temannya. mereka bahkan tidak ragu berbuat buruk kepada orang tua demi mendapat simpati dari kekasih.

Sungguh sangat miris melihat sikap anak-anak kita yang jauh dari tingkatan cinta ini. Mari kita jaga, sayangi dan beri pengertian kepada anak-anak agar mereka dapat menjadikan orang tua dan keluarga sebagai orang pertama yang mereka cintai setelah Alloh ﷻ dan Rasul.

🔹SHABABAH
Yaitu rasa cinta antar sesama muslim karena satu aqidah. Sesama muslim itu bersaudara. Di belahan dunia mana pun, kita yang beragama Islam adalah saudara. Muslim di Afrika, Autralia, Palestina, Turki, Jepang, adalah saudara kita. Di mana pun muslim berpijak, apabila mereka tertindas, sengsara, terancam, kita sebagai saudara pastilah merasakan sedih dan pedih yang mereka rasa. Dan hati kita tergerak untuk menolong dan mengurangi beban mereka semampu yang kita bisa. Yang paling penting yaitu doa-doa kita kepada saudara-saudara muslim di belahan bumi mana pun.

🔹'ITHF (SIMPATI)
Tingkatan cinta yang timbul dari sisi kemanusiaan. Misalnya, menolong orang yang terkena musibah atau bencana, maka akan timbul rasa cinta antar sesama manusia. Termasuk di dalam tingkatan ini adalah mencintai lawan jenis. Seorang lelaki yang mencintai seorang wanita, pun sebaliknya.

🔹INTIFA
Cinta kepada harta benda yang dimiliki. Alloh ﷻ memberikan kita rasa cinta terhadap harta benda, tapi janganlah kecintaan yang satu ini melebih cinta kita kepada Alloh ﷻ dan Rasul-Nya.

Pastilah kita memiliki keenam tingkatan cinta di atas, hanya saja kadar setiap cinta tersebut berbeda-beda. Ada yang mencintai kekasihnya melebihi cinta kepada orang tua, ada yang mencintai pekerjaan melebihi keluarganya, ada yang mencintai harta benda melebihi sesama saudara seiman. Mari kita tengok lagi kadar cinta yang kita  miliki. Dan mulailah dengan mencintai Dzat tertinggi yang ditangan-Nya-lah hidup dan mati kita.


🔷🔷🔷🌟🌟🌟🔷🔷🔷
         💘TaNYa JaWaB💘

0⃣1⃣ Mulifa ~ Jakarta
Saya sangat merasa belum bisa mencapai titik tatayyun, bagaimana cara kita melatih agar bisa mencapai titik tatayyun?

🌸Jawab:
Ada beberapa cara agar kita mencapai titik tatayun diantaranya:

1. Menyadari Bahwa Kita Adalah Ciptaan Alloh ﷻ

Alloh ﷻ berfirman, “Dan sesungguhnya telah Kami muliakan anak-anak Adam, Kami angkut mereka di daratan dan dil autan, Kami beri mereka rezki dari yang baik-baik dan Kami lebihkan mereka dengan kelebihan yang sempurna atas kebanyakan makhluk yang telah Kami ciptakan.” (QS. Al Isra’ : 70)

2. Mengikuti Perintah Alloh ﷻ

Allah Subhannahu wa Ta’ala berfirman: “Katakanlah, ‘Jika kamu (benar-benar) mencintai Alloh ﷻ, ikutilah aku, niscaya Alloh ﷻ mengasihi dan mengampuni dosa-dosamu’. Alloh ﷻ Maha Pengampun."

3. Mencintai Rasulullah ﷺ

Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wa Salam bersabda: “Tidaklah beriman (secara sempurna) salah seorang dari kamu sehingga aku lebih ia cintai daripada orang tuanya, anaknya dan segenap manusia.” (HR. Al-Bukhari)

4. Mengamalkan Isi Al Qur'an

Alloh ﷻ berfirman, “Sesungguhnya Al Qu’an ini memberikan petunjuk kepada (jalan) yang lebih lurus dan memberi kabar gembira kepada orang-orang mukmin yang mengerjakan amal saleh bahwa bagi mereka ada pahala yang besar, dan sesungguhnya orang-orang yang tidak beriman kepada kehidupan akhirat, Kami sediakan bagi mereka azab yang pedih.” (QS. Al Isra: 9-10)

5. Mengingat Kematian

Anas r.a. meriwayatkan bahwa seseorang bertanya kepada Nabi Saw, ”Kapan kiamat tiba, wahai Rasulullah?” “Apa yang telah kau persiapkan untuknya?” beliau balik bertanya. Orang itu menjawab,”Aku tidak menyiapkan banyak shalat, puasa, dan sedekah. Tetapi aku mencintai Allah dan Rasul-Nya” Rasulullah Saw berujar,”Kau akan bersama orang yang kau cinta.” Anas berkomentar,”Kami juga demikian?” “Ya,” jawab Rasulullah Saw. “Maka kami sangat bergembira,” tutur Anas.” (HR. Bukhari dan Muslim).

6. Selalu Berdoa

Nabi Muhammad  ﷺ selalu meminta agar dianugerahi cintaNya dalam setiap doanya, “Ya Allah, anugerahkanlah aku cinta kepada-Mu, cinta kepada orang yang mencintai-Mu, dan cinta kepada sesuatu yang mendekatkanku kepada cinta-Mu. Jadikanlah cintaku kepada-Mu lebih besar daripada cintaku kepada air yang dingin.” (HR. Abu Naim dari Abu Darda).

0⃣2⃣ Kiki ~ Jakarta
Bagaimana cara menumbuhkan keikhlasan untuk lebih mencintai Alloh ﷻ dibandingkan dunia ini?

🌸Jawab:
Jawaban no.2 terwakili di jawaban no.1.

0⃣3⃣ Dhilla ~ Jogja
Assalamualaikum,

Bagaimana mengelola perasaan cinta pada makhluq-Nya. Karena sering kali mendapat nasihat-nasihat untuj hijrah dan meninggalkan perbuatan maksiat, namun sering kali terjebak dalam keingin sendiri. Padahal hati menyatakan kalau yang telah dilakukan itu salah!

🌸Jawab:
Wa'alaikumsalam,

Ukhti afwan, ini perasaan cinta dengan kekasih yang belum halal ya? 

Kalau belum halal segera halalka, menikahlah, kalau ikhwannya beralasan belum siap, putuskan hubungan tersebut. Karena bisa jadi dia tidak berniat serius. Memang berat tapi bukan berarti tidak bisa. Perbanyak istighfar, Bergaullah dengan orang-orang sholih sehingga ada yang menginģatkan dan mengajak pada kebaikan.


🔷🔷🔷🌟🌟🌟🔷🔷🔷
 💘CLoSSiNG STaTeMeNT💘


Berdo'alah untuk memohon cinta Alloh ﷻ dan cinta orang-orang yang mencintai Alloh ﷻ semoga kita dipertemukan dengan orang-orang yang dapat menambah kecintaan kita kepada Alloh ﷻ.

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar