Minggu, 27 Januari 2019

TAFSIR SURAT AL FATIHAH



OLeH: Ustadz H. Ahmad J. Toha, Lc

           💎M a T e R i💎

🌸Tadabbur QS. Al Fatihah

H. Ahmad J. Toha, LC Part 1

بسم الله
الحمد لله الذي بنعمته تتم الصالحات. الصلاة والسلام على رسول الله وعلى آله وصحبه ومن اهتدى بهداه.

Semoga keberkahan, rahmat dan keselamatan dari Allah SWT senantiasa mengiringi hidup kita. Amin.

Surat Al-fatihah adalah induk seluruh surat dalam Al-Qur'an, ummul kitab. Itulah sebabnya Bey Arifin menyebutnya sebagai samudra Al-fatihah dalam bukunya, Samudra Al-fatihah.

Luas tidak bertepi karena selalu memunculkan pembahasan-pembahasan segar dalam berbagai temanya dari sudut pandang yang berbeda dalam berbagai kita tafsir karya ulama. Untuk itu surat ini menjadi salah satu rukun dalam ibadah shalat. Hal tersebut menandakan akan keagungan makna-makna yang terkandung di dalamnya. Tidak heran kalau kemudian surat tersebut menjadi surat pembuka sebelum surat lainnya dalam Al-Qur'an.

Surat Al-fatihah terdiri dari tujuh ayat, di mana basmalah adalah satu ayatnya. Hal ini berbeda dengan surat lainnya, di mana basmalah berfungsi sebagai pembatas dan pembeda antara satu surat dengan surat lainnya.

Meskipun dalam prakteknya, terdapat perbedaan di dalam tata cara membacanya, antara sirr (tidak menyaringkan suara) dan jahr (menyaringkan suara), namun keduanya pernah dilakukan oleh Nabi shalallahu 'alahi wasallam.

▪A. Basmalah
 
Ayat ini menyuguhkan informasi tentang nama-nama Allah SWT yang utama, seperti; Allah, Ar-Rahman, dan Arrahim. Para ulama tafsir menyebutkan bahwa Allah adalah nama Allah yang paling agung, yang pecahan katanya adalah Ilah, artinya Sesembahan. Dalam Al-Qur'an Allah berfirman, Apakah kamu tidak memperhatikan orang yang menjadikan hawa nafsunya sebagai Ilahnya.

Sedangkan nama Allah Ar-Rahman artinya Yang Maha Pengasih. Akar katanya adalah Rahima yang artinya mengasihi.

Namun adanya tambahan huruf Alif dan Nun pada ujung kata tersebut menunjukkan makna berlebih . Maksudnya rahmat Allah itu meliputi seluruh mahluk tanpa terkecuali, termasuk Syaithan yang telah dilaknat oleh Allah SWT.

Orang beriman dan orang kafir mendapatkan rahmat dari Allah dalam arti pemberian, seperti nikmat kehidupan, fisik, udara, harta benda dan sebagainya. Sedangkan rahmat khusus hanya diberikan kepada orang orang beriman saja, yaitu berupa keimanan, kebahagiaan hakiki, pahala, keselamatan, ampunan dan surga. Semua itu diraih dengan melaksanakan berbagai ibadah, baik yang wajib maupun ibadah sunnah.

Menamakan anak dengan nama Rahman jika berdiri sendiri adalah dilarang, karena nama Rahman adalah nama khusus yang hanya dimiliki oleh Allah SWT secara mutlak.

Namun jika ingin memberikan nama anak dengan Rahman maka harus ditambahkan kata Abdun di depannya, yang artinya adalah hamba , sehingga menjadi Abdurrahman yang artinya adalah hamba Allah Yang Maha Pengasih.


Banjarmasin, Senin, 23 Jumadil Awwa 1440/29 Januari 2019

🌸🌸🌸🌟🌟🌟🌸🌸🌸
        💎TaNYa JaWaB💎

0⃣1⃣ Bund Lisa ~ Malang
Afwan Ustadz, tentang bacaan Al Fatihah bagi imam, jika bacaan maupun harakatnya 'kurang pas' bagaimana hukum shalat orang yang makmum?
Harusnya diulangi lagi atau bagaimana ya Ustadz?

Afwan atas pertanyaan saya yang fakir ilmu ini ustadz.

🌷Jawab:
Bacaan imam yang kurang tepat seringkali menimbulkan kegelisahan bagi makmum di belakang, terutama makmum yang paham makna ayat atau surat yang dibaca imam.
Untuk itulah Nabi shalallahu'alahi wasallam menetapkan syarat dan ketentuan khusus untuk menunjuk seorang imam. Akan tetapi kesalahan ringan dalam bacaan imam bukan menjadi tanggung jawab makmum dan shalat mereka tetap sah dan tidak perlu diulang.

Wallahu 'alam.

🔷 Berarti Ustadz, misal saya ikhwan, ditunjuk sebagai imam, jika Kita merasa tidak yakin akan bacaan kita, mending nolak saja njeh?

🌷Saya balik tanya, kenapa mereka tunjuk ntum sebagai imam mereka?
Apakah karena hubungan pertemanan atau persahabatan?
Apakah karena hafalan ntum lebih banyak dan pemahaman antum terkait hukum shalat lebih bagus?
Untuk alasan kedua inilah seharusnya mereka menunjuk seseorang sebagai imam jika terpenuhi syaratnya.

🔷Karena jabatan ustadz. Mereka sungkan sama saya.

🌷Memang jabatannya asisten presiden ya?

0⃣2⃣ iNdika ~ Kartasura
Kenapa kalau disurat Al Fatihah, Bismillah dianggap satu ayat, sedangkan disurat lain hanya sebagai pembuka atau pembeda saja?

Afwan atas pertanyaannya.

🌷Jawab:
Basmalah termasuk ayat dalam surat Al Fatihah sehingga harus dibaca baik secara sirr atau jahr.
Ketika basmalah terdapat dalam surat lain, selain surat An-Nahl, maka hanya berfungsi sebagai pembatas antara surat-surat yang ada, sehingga membacanya tidaklah wajib.

0⃣3⃣ Bund Sasi ~ Bandar Lampung
Bismillah,
Ustadz, apakah surah Al Fatihah ini boleh didzikirkan sampai ribuan kali dalam waktu sehari semalam?

Afwan, pernah membaca seorang awam melakukan itu terus menerus lalu menjadi (maaf) seperti terkena gangguan jiwa.
Ini kenapa ya, ustadz?

Jazakallah khoir.

🌷Jawab:
Tidak terdapat tuntutan khusus untuk membacanya sekian kali apalagi sampai ribuan kali.
Dalam persoalan amaliah seorang muslim hendaknya mengacu kepada Al-Qur'an dan As-Sunnah sehingga tidak membuat sendiri aturan dan ketentuan syariat meskipun menurutnya hal tersebut baik. Sebab anggapan baik suatu amalan tidak ditentukan oleh akal dan perasaan semata, tapi harus berpijak kepada kedua sumber hukum Islam, Qur'an dan Sunnah.

0⃣4⃣ Dienda ~ Jawa Timur
Assalamualaikum,

Pemberian nama Rohman apakah boleh di tambahkan dengan nama lain?
Semisal Rohman Aditya begitu!

Al fakir,,, jazakallah khoir.

🌷Jawab:
Wa'alaikumsalam,

Nama Rahman tidak boleh berdiri sendiri untuk sebuah nama tanpa menambahkan di depannya kata Abduh atau kata yang semakna dengannya (mempunyai arti penghambaan diri kepada Allah SWT). Maka tambahkan yang dimaksud bukan asal tambahan dan harus diletakkan di depan kata Rahman.

0⃣5⃣ Faridah ~ Cileungsi
Assalamu'alaikum,

Pernah dengar pada ayat ke 5 iyyakana'buduwaiyyakanasta'iin itu stiap baca iyyaka berhenti. Yang benar di gabung apa berhenti ustadz?

🌷Jawab:
Wa'alaikumsalam,

Disambung. (Materi lanjutan ya...)

0⃣6⃣ Tina ~ Singapore
Dalam surat An naml ayat 30 ada lafadz basmalah juga, apakah jika kita membacanya di saat sedang udzur haid di perboleh kan Ustadz? Ataukah harus dengan niat dzikir saja?

Syukron Ustadz atas ilmunya.

🌷Jawab:
Khilaf di kalangan ulama, antara yang membolehkan baca Qur'an secara mutlak, tidak membolehkan secara mutlak dan boleh dengan syarat. Pendapat yang saya kuatkan adalah pendapat yang membolehkan dengan syarat tidak memegang mushaf tapi melalui hafalan saja.

Wallahu'alam

0⃣7⃣ Eyang Jenni ~ Depok
Assalamu'alaikum ...

Pemberian nama pada anak kan sewaktu baru lahir anak tersebut tidak tahu akan mendapatkan namanya apa ya. Jika nama yang diberikan bukan nama yang islami bagaimana? Sedangkan anak tersebut beragama islam sejak lahir?
Jazakallah khoir.

🌷Jawab:
Wa'alaikumsalam,

Memberikan nama anak dengan nama islami dianjurkan, seperti Abdullah , Abdurrahim, Abdul Halim dan sebagainya, namun jika diberikan dengan nama lain tidak mengapa selama tidak mengandung makna yang buruk, sebab Nabi Muhammad shalallahu'alahi wasallam pernah mengganti nama beberapa sahabat yang diketahui memiliki nama yang buruk, seperti nama Asiah (pelaku maksiat) diganti dengan muti'ah , dan nama Hazun (keras kepada) diganti dengan Sahal (mudah diatur) dan lain-lain.

Wallahu'alam
🌸🌸🌸🌟🌟🌟🌸🌸🌸
    💎CLoSSiNG STaTeMeNT💎

Pelajarilah terus Al Fatihah, maka anda akan mendapatkan banyak ilmu dan manfaat dalam hidup.

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Tidak ada komentar:

Posting Komentar