Jumat, 25 Januari 2019

PERAWATAN LUKA PASCA OPERASI



OLeH: dr. Fendi F.G.,Sp.BS

         💎M a T e R i💎

💎Perawatan Luka Pasca Operasi

Anda yang baru saja menjalani operasi pasti bertanya-tanya, kapan jahitan atau perban penutup luka operasi bisa dilepas. Hal ini berbeda-beda pada setiap orang. Namun, luka operasi akan semakin cepat sembuh jika dirawat dengan cara yang tepat. Mungkin Anda bingung bagaimana cara merawat luka jahitan operasi yang benar. Selain itu, takut jika luka operasi justru mengalami infeksi atau perdarahan.

✔Bagaimana cara merawat luka operasi yang benar dan baik?

Jika Anda masih dirawat di dalam ruang perawatan, maka Anda tidak perlu khawatir memikirkan bagaimana merawat luka jahitan operasi dengan tepat. Sebab, biasanya tim medis akan secara berkala memeriksa dan mengganti perban luka jahitan agar tidak mengalami infeksi.
Lalu bagaimana jika sudah diperbolehkan pulang? Jangan cemas, Anda bisa mengikuti cara-cara ini agar luka jahitan operasi terawat dengan baik dan cepat sembuh.

1. Perhatikan ketika perban luka jahitan operasi diganti

Tidak ada salahnya jika Anda selalu memperhatikan bagaimana perawat atau dokter merawat luka jahitan operasi Anda ketika masih di rumah sakit. Hal ini akan membuat Anda tahu mana ciri-ciri luka operasi yang baik dan tidak. Dari situ, Anda juga bisa menilai, mana yang baik untuk dilakukan ketika mengganti dan merawat luka jahitan operasi.

2. Pastikan luka operasi selalu bersih

Anda harus menjaga dan merawat luka jahitan agar tidak terkena infeksi. Untuk itu, pastikan bahwa area di sekitar luka operasi Anda selalu bersih. Jangan lupa untuk sering-sering cuci tangan dengan sabun dan air mengalir setelah selesai beraktivitas.

Luka operasi biasanya tidak boleh basah atau terkena air sedikit saja, hingga luka kering dan sembuh. Karena itu, ketika Anda mandi, pastikan bahwa luka jahitan Anda telah dilindungi agar tidak terkena air.

3. Perhatikan luka operasi dari ke hari

Perhatikan luka jahitan Anda. Jika memang Anda tidak dapat mengganti perban luka jahitan operasi sendiri, Anda harus sering-sering datang ke pelayanan kesehatan terdekat untuk mengganti perbannya.

Anda bisa lihat dari luar, apakah di permukaan perban terdapat bercak merah atau kuning. Bila salah satu bercak ini terlihat pada perban luka jahitan Anda, maka mungkin saja Anda mengalami perdarahan atau luka menjadi bernanah. Segera cari bantuan medis untuk mencegah infeksi atau perdarahan bertambah parah.

✔Hati-hati, luka operasi bisa terbuka kembali.

Bukan tidak mungkin, jahitan luka operasi terbuka sewaktu Anda sudah di rumah. Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mencegah terbukanya jahitan luka operasi. Perhatikan langkah-langkah pencegahan berikut ini.

🔹Hindari mengangkat beban yang berat.
Biasanya, setelah Anda menjalani operasi, hal yang harus dihindari adalah mengangkat benda dengan beban berat. Untuk tahu sampai kapan dan seberapa berat maksimal yang diperbolehkan untuk diangkat, sebaiknya Anda tanyakan pada dokter yang menangani Anda. Namun, agar aman lebih baik Anda tidak mengangkat benda yang memiliki berat lebih dari dua kilogram selama dua minggu setelah operasi.

🔹Kurangi paparan sinar matahari. 
Jika luka jahitan terlalu sering terpapar sinar matahari, bisa saja luka itu jadi terbakar matahari dan terasa semakin perih.

🔹Hindari aktivitas yang bisa menyebabkan infeksi.
Jangan melakukan aktivitas yang mengharuskan Anda kotor-kotoran.


🌷🌷🌷🔹🔹🔹🌷🌷🌷
        💎TaNYa JaWaB💎

0⃣1⃣ Bund Lisa ~ Malang
Dokter, dahulu saat saya masih SMA pernah operasi uci-uci atau kutil (afwan bahasa medisnya lupa) ditelapak kaki.
Dijahit, sempat pakai kruk 2 minggu.
Tapi mengapa sampai sekarang sudah 20 tahun lebih kalau tidak salah, masih terasa nyeri begitu dok?
Apakah masih Ada kutil yang tersisa atau hanya nyeri bekas jahitan?

Sebelumnya saya ucapkan jazakillah khayir atas penjelasannya.

💊Jawab:
Kalau bekas luka operasi tidak nyeri, bisa diperiksa lagi atau jahitan yang terlalu tegang.

0⃣2⃣ Bund Sasi ~ Bandar Lampung
Bismillaah...

Dokter, jika kasusnya sudah SC (sectio atau operasi cesar) 2x di tempat sayatan yang berbeda.

a. Apa sajakah resikonya jika harus SC kembali?

b. Adakah saran-saran dari dokter Fendi untuk persiapan jika harus SC lagi?

Jazakallah khoiron, dok.

💊Jawab:
Terima kasih,
Masalah resiko SC bukan bidang saya, tapi secara umum persiapan operasi agar optimal harus dalam kondisi yang stabil.

0⃣3⃣ Faridah ~ Cileungsi
Assalamu'alaikum dokter,

Saya sudah 9 tahun SC (sectio atau operasi cesar) tapi kadang bekas jahitannya masih terasa nyeri, penyebabnya apa ya dokter?
Solusinya apa ya dokter?
Makasih dokter.

💊Jawab:
Nyeri dan linu di bekas sayatan di perut yang terasa dalam waktu lama setelah operasi sesar (lebih dari 6 bulan) paling sering diakibatkan oleh proses penyembuhan dari luka operasinya sendiri. Tumbuh jaringan parut di sekitar bekas luka operasi. Akibatnya, saat terjadi regangan di perut, misalnya saat bergerak terlalu banyak, maka rasa nyeri pun akan lebih mudah muncul.

0⃣4⃣ Han ~ Gresik
1. Dok, kalau habis operasi itu masa pemulihan untuk benar-benar beraktivitas seperti semula sampai berapa lama?

2. Dan operasi yang Vertikal dan Horisontal itu beda ya dok untuk proses pemulihan?

3. Apakah ada kemungkinan pasca operasi itu terjadi inveksi bila kita memaksakan untuk beraktivitas seperti awal sebelum operasi?

💊Jawab:
1. Tergantung tindakan operasi yang sudah dilakukan, pasca operasi harus sudah mulai mobilisasi sesuai advise atau saran dokter.

2. Pada kasus bedah saraf tidak ada bedanya.

3. Bila luka operasi sudah sembuh total makan tidak ada batasan aktifitas sama seperti sebelum operasi.

0⃣5⃣ Mala Hasan ~ Lampung
Dokter, sepulang dari rumah sakit saat setelah SC (sectio atau operasi cesar) saya mendapati ada seperti cairan minyak yang merembes dari ujung jahitan SC saya. Dua hari dari itu saya kontrol, tapi dokternya mengatakan itu biasa. Sarannya beri tetesan betadine saja.
Terus ujung jahitan saya raba dan saya rasakan agak tajam ternyata ujung benangnya di atas kulit ada 1 cm di ujung kiri dan di ujung kanan, akhirnya saya gunting. Karena sakit bila tersentuh saat memakai pakaian dalam.

Apakah hal yang saya alami itu bisa berbahaya?
Apakah efek dari SC itu dapat di rasakan lebih dari 5 tahun.

💊Jawab:
Seharusnya kontrol ke dokternya sebelum memotong sendiri, karena itu benang yang bisa terserap ditakutkan kalau luka belum sembuh total maka akan terbuka.

Wassalamu'alaikum wr.wb.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar