Sabtu, 19 Januari 2019

I CAN'T



OLeH: Ibu Irnawati Syamsuir Koto

          💎M a T e R i💎

Assalamu'alaikum jama'ah BS yang dicintai Allah ....

Segala puji bagi Allah, kita memuji-Nya dan meminta pertolongan, pengampunan, dan petunjuk-Nya. Kita berlindung kepada Allah dari kejahatan diri kita dan keburukan amal kita. Barang siapa mendapat dari petunjuk Allah maka tidak akan ada yang menyesatkannya, dan barang siapa yang sesat maka tidak ada pemberi petunjuknya baginya. Aku bersaksi bahwa tidak ada Tuhan selain Allah dan bahwa Muhammad adalah hamba dan Rasul-Nya. Ya Allah, semoga doa dan keselamatan tercurah pada Muhammad dan keluarganya, dan sahabat dan siapa saja yang mendapat petunjuk hingga hari kiamat.
Malam ini in Syaa Allah kita akan bicara tentang sebuah kata yang mungkin pernah juga hadir didalam diri kita masing-masing disaat kita merasa tidak mampu karena dikelilingi oleh orang-orang yang menurut kita berada diatas kita .
 Sebuah kata yang membawa kita kepada "KEMATIAN"

 Aku Tidak Bisa

Sahabat-sahabatku
Adakalanya kita merasa minder atau rendah diri ketika melihat teman-teman kita telah sukses tetapi kita sendiri masih biasa-biasa saja. atau dilihat dari penampilan yang dianggap dibawah rata-rata. Umumnya, rasa rendah diri ini muncul tanpa disadari dan orang yang mengalaminya akan melakukan berbagai macam kompensasi yang berlebihan sebagai cara untuk mengatasi rasa rendah diri.

Sebenarnya apakah rendah diri itu?
Dikutip dari laman Wikipedia, rendah diri atau minder adalah perasaan bahwa seseorang lebih rendah dibanding orang lain dalam satu atau lain hal. Perasaan ini muncul akibat sesuatu yang nyata atau hasil imajinasi.

Dalam psikologi, rendah diri termasuk dalam suatu penyakit yang dapat menimbulkan bahaya dan merugikan diri sendiri. Rendah diri disebabkan oleh berbagai macam faktor yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal adalah faktor-faktor yang berasal dari diri sendiri seperti kelainan fisik dan lain-lain. Sementara itu, yang dimaksud dengan faktor eksternal adalah faktor-faktor yang berasal dari luar diri seperti ekonomi, lingkungan keluarga, dan lain-lain.

Sikap rendah diri dapat menyebabkan orang menarik diri dari pergaulan, ragu dalam bertindak, dan tidak ingin bersaing secara positif. Banyaknya sisi negatif yang timbul akibat sikap rendah diri inilah yang membuat Islam melarang umatnya untuk bersikap rendah diri.

💎Dengan demikian, Islam melarang umatnya bersikap rendah diri karena :

✔Rendah diri merupakan suatu gejala psikis yang sebagian besar dipengaruhi oleh pola pikir.
✔Rendah diri mengakibatkan seseorang tidak ingin bersosialisasi.
✔Rendah diri membuat seseorang tidak ingin berkompetisi secara sehat.
✔Rendah diri membuat seseorang ragu-ragu untuk mengambil keputusan dan bertindak.
✔Rendah diri membuat seseorang melakukan kompensasi yang berlebihan dan dapat merugikanj diri sendiri.

Perasaan rendah diri bisa membunuh kita. Tentunya bukan dalam pengertian membunuh secara fisik, melainkan membunuh karakter pribadi. Membunuh motivasi Orang yang rendah diri cederung menarik diri dari lingkungan. Kalaupun berbaur dengan orang lain, dia memposisikan dirinya di pojok ruangan yang nyaris tidak kelihatan. Orang-orang rendah diri tidak berani untuk menunjukkan ‘siapa dirinya’ dan ‘apa yang bisa dilakukannya’ lebih baik dari orang lain. Bukankah ini seperti sebuah kematian?

Ya, kematian nilai diri seseorang.

Sifat rendah diri itu seperti keran air yang karatan. Dia sangat sulit untuk dibuka, sehingga air tidak bisa mengalir dengan lancar. Ada begitu banyak persediaan air dalam bak penampungan diatas atap, tetapi tidak bisa keluar karena alirannya terhalang oleh keran yang tersumbat. Ada begitu banyak persediaan potensi diri yang kita miliki, namun terkunci oleh perasaan rendah diri yang menghambat. Dan akhirnya kita sering gagal dan merasa tidak bisa.  Tapi benarkah kita tidak bisa????

Sebagai Makhluk ciptaan Allah, maka yakinlah bahwa kita sama dihadapa Allah, yang membedakan, Malam ini kita akan coba merubah kata, AKU TIDAK BISA menjadi AKU BISA.

🌷🌸🌷
Ada beberapa hal penting yang harus kita perhatikan, yaitu:

◼Apa yang membuatnya menjadi minder

Cobalah kita tanyakan apa yang membuatnya minder kemudian yakinkan dia bahwa setiap orang memiliki kelemahan, bahwa dia tidak harus selalu memandang ke atas, juga tidak perlu harus menjadi orang lain , tetapi berusahalah menjadi diri sendiri dan pahami potensi diri dan kemudian mengembangkannya.

◼Apa yang menjadi kekhawatiran terbesarnya

Jelaskan padanya bahwa merasa khawatir adalah sesuatu yang normal agar kita waspada. Akan tetapi, kekhawatiran yang berlebihan justru dapat merusak kepercayaan diri, sehingga harus dilawan agar bisa kembali menemukan kebahagiaan.

◼Siapa saja yang kerap membuatnya malu atau merasa rendah diri

Untuk mengatasi hal ini terlebih dahulu bantulah ia menyadari potensi terbaiknya, yakinkanlah dia bahwa setiap orang terlahir sama.

 ◼Terabaikan

Anak – anak yang tumbuh tanpa mendapatkan cinta dan kasih sayang yang cukup akan merasa terabaikan dan bersikap acuh tak acuh saat mereka dewasa. Mereka akan merasa kesulitan untuk mempercayai dan bergaul dengan orang lain.

◼Kritik yang berlebihan

Saat seorang anak terus  menerus diingatkan bahwa dia nakal, itu akan membuatnya menjadi depresi dan hilang percaya diri. Hal seperti ini akan menyebabkan dirinya merasa tidak berharga, membuatnya menjadi pesimis, dan enggan untuk melakukan sesuatu yang positif.

◼Pengaruh dari orang tua dan keluarga

Orang tua cenderung mempengaruhi anaknya dengan merefleksikan mimpi-mimpi mereka yang tidak terpenuhi. Mereka memaksakan anaknya untuk mengikuti kemauan mereka sehingga ketidak bahagiaan tersebut mempengaruhi anak-anaknya.

◼Pencapaian

Orang bekerja untuk mencapai kesuksesan dalam hidupnya dan saat mereka gagal setelah bekerja keras, mereka memperlakukan kegagalan tersebut sebagai kenyataan pahit dan menyebabkan hilangnya rasa percaya diri.

◼Penampilan fisik

Penampilan fisik dari seseorang itu sangat penting karena itu yang paling mempengaruhi. Orang yang berpenampilan buruk akan merasa rendah diri saat membandingkan dirinya dengan orang yang berpenampilan baik. Hal ini akan timbul perasaan malu pada dirinya.

🌷🌸🌷
Sahabat BS sholehah,
Orang yang memiliki kepercayaan diri rendah atau telah kehilangan kepercayaan, cenderung merasa atau bersikap sebagai berikut:

✔Tidak memiliki sesuatu keinginan , target, tujuan yang diperjuangkan secara sungguh-sungguh.
✔Tidak memiliki keputusan.
✔Mudah frustasi ketika menghadapi masalah atau kesulitan.
✔Kurang termotifasi untuk maju, malas-malasan.
✔Canggung dalam menghadapi orang.
✔Terlalu sensitif.

◼Terlalu perfeksionis

Sholehah ..... Percaya diri dalam Islam sangat dianjurkan. Dengan bersikap percaya diri sama saja anda melakukan prasangka baik terhadap diri sendiri. Percaya dengan semua kemampuan yang ada dalam diri anda. Tidak mudah minder dengan kelebihan yang dimiliki oleh orang lain.

Percaya diri juga mendorong anda untuk selalu bersyukur atas nikmat yang diberikan oleh Allah Swt. Karena kemampuan yang anda percayai tersebut akhirnya muncul sikap selalu ingin bersyukur. Efek positif lainnya juga banyak.

Misalnya seperti meningkatkan rasa tanggung jawab atas apa yang sudah anda putuskan, meningkatkan rasa pantang menyerah dan lain sebagainya. Pahami juga sifat orang yang bertakwa  kepada Allah Swt yang masih berhubungan dengan sifat percaya diri.
Al-Qur’an sudah sangat jelas memaparkan dan berbicara apa maksud sebenarnya kepada akal dan juga perasaaan semua manusia, membersihkan hati dan juga jiwa mereka melalui ibadah – ibadah yang dilakukan,
Al-Qur’an sebagai rujukan pertama juga menegaskan tentang percaya diri dengan jelas dalam beberapa ayat-ayat yang mengindikasikan percaya diri seperti:

Ayat yang berhubungan dengan sifat percaya diri, berikut ini merupakan firman Allah :

“Janganlah kamu bersikap lemah, dan janganlah (pula) kamu bersedih hati, padahal kamulah orang-orang yang paling tinggi (derajatnya), jika kamu orang-orang yang beriman.” (QS. Ali Imran : 139)

“Sesungguhnya orang-orang yang mengatakan: “Tuhan kami ialah Allah” kemudian mereka meneguhkan pendirian mereka, maka malaikat akan turun kepada mereka (dengan mengatakan): “Janganlah kamu merasa takut dan janganlah kamu merasa sedih; dan bergembiralah kamu dengan (memperoleh) surga yang telah dijanjikan Allah kepadamu.” (QS. Fusshilat : 30)

Untuk membangun sebuah usaha diperlukan modal. Demikian pula bila kamu ingin membangun rasa percaya diri. Apakah modal tersebut ? Modal utama dalam upaya membangun rasa percaya diri adalah : Kemauan, Usaha, dan Ketekunan. Ada pepatah ”dimana ada kemauan disitu pasti ada jalan” sudah diakui keampuhannya. Tanpa kemauan seolah tak ada jalan dihadapan kita, dan seolah semua pintu tertutup rapat bagi kita.  Ketekunan membangun rasa percaya diri adalah usaha terus-menerus untuk kerja keras penuh kesungguhan melakukan berbagai cara untuk terwujudnya rasa percaya diri.

Lantas bagaimana melakukannya? Bagaimana caranya agar percaya diri itu muncul?

1. Menghargai diri sendiri.

Penyebab utama perasaan rendah diri bukanlah cara orang lain memperlakukan kita, melainkan bagaimana cara kita memberikan penghargaan kepada diri sendiri. Jika Anda sendiri menghargai diri sendiri dengan baik, orang lain tidak akan berhasil menjatuhkan mental Anda; sekalipun mereka berusaha untuk merendahkan Anda. Namun sebaik apapun orang lain memperlakukan Anda, jika Anda sendiri memandang rendah kepada diri sendiri maka Anda tetap akan menjadi pribadi yang rendah diri. Untuk bisa mengatasi rasa rendah diri kita harus mulai dengan cara menghargai diri sendiri dengan sepantasnya terlebih dahulu.

2. Mengambil kendali atas hidup Anda.

Mari perhatikan lagi orang-orang disekitar kita. Ada orang-orang yang wajahnya tidak secantik atau setampan kita. Pendidikannya tidak setinggi kita. Penampilannya tidak sebonafid kita. Tetapi mereka begitu percaya diri. Mereka tidak menghiraukan cibiran orang lain. Mereka tidak memperdulikan pandangan yang meremehkan. Walhasil, mereka dapat berkarya semaksimal mungkin, lalu menghasilkan pencapaian yang tinggi. Apakah Anda bisa menemukan orang yang seperti itu? Mereka telah membuktikan bahwa kemudi hidup berada dalam kendalinya, bukan ditentukan oleh penilaian orang lain atas dirinya. Dengan mengambil kendali hidup, mereka berkonsentrasi kepada usaha-usahanya. Meski pada awalnya berat, namun di garis akhir mereka mendapatkan penghargaan yang tinggi. Bahkan dari orang-orang yang sebelumnya menyepelekan.

3. Mengimbangi kekurangan dengan kelebihan diri.

Keliru jika kita mengira orang lain lebih beruntung dari diri kita. Faktanya, setiap orang memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing. Orang-orang yang rendah diri adalah mereka yang terkurung dalam zona kekurangan dirinya sambil membiarkan potensi dirinya tersia-siakan. Sebaliknya, orang-orang yang berhasil bukanlah mereka yang tidak memiliki kekurangan, melainkan yang senantiasa berfokus pada usaha untuk mengoptimalkan kelebihan yang dimilikinya. Mereka menyadari kekurangan dirinya, namun mengimbangi kekurangan itu dengan kelebihan dirinya.

4. Mengembangkan diri tiada henti. Diatas gunung ada gunung.

Bahkan sekalipun Anda seorang yang percaya diri, bisa jadi merasa rendah diri ketika berhadapan dengan orang lain yang tingkatannya lebih tinggi dari Anda. Seorang Manager mungkin merasa lebih superior dihadapan para staffnya. Namun, ketika berhadapan dengan para direktur? Gemetaran juga, bukan? Hal itu bisa diatasi dengan usaha mengembangkan diri secara terus menerus. Faktanya, orang lebih menghormati kemampuan seseorang daripada jabatan yang disandangnya. Meski jabatan Anda tinggi, jika kapasitas aktual Anda tidak sepadan; orang lain akan meremehkan Anda. Tetapi, sekalipun jabatan Anda biasa saja; jika Anda bisa menunjukkan kapasitas diri yang tinggi, orang tetap menghargai Anda.

5. Berkontrisbusi kepada orang lain.

Fakta menunjukkan jika siapapun sangat menyukai orang-orang yang memberi kontribusi. Ketika seseorang mampu berkontribusi, dia langsung dihormati tanpa ditanya; berapa banyak uang yang Anda miliki? Seseorang yang berkontribusi dimuliakan tanpa dipermasalahkan apakah hidungnya mancung atau pesek, apakah dia seorang pejabat atau rakyat. Jika hidup kita masih dirundung rasa rendah diri, itu mungkin karena kita belum berkontribusi. Berkontribusilah kepada orang lain, maka Anda akan dihormati. Kemudian dengan kehormatan yang Anda dapatkan itu, rasa rendah diri akan sirna dengan sendirinya.
Setiap manusia sama kedudukannya. Yang membedakan adalah; apakah dia bisa memberi manfaat atau tidak. Guru kehidupan saya bahkan mengajarkan bahwa: ”sebaik-baik manusia adalah dia yang paling banyak memberi manfaat kepada orang lain.” Betapa bangganya kita ketika bisa memberi manfaat. Ini bukan tentang rasa bangga dihadapan sesama manusia, melainkan kebanggaan dihadapan Tuhan. Karena dengan manfaat yang kita tebarkan, kita ikut menunjukkan; betapa Tuhan itu senang menebarkan kebaikan.

Demikian bahasan kita malam ini, majlis saya kembalikan ke momod cantik malam ini.

🌸🌸🌸🌟🌟🌟🌸🌸🌸
        💎TaNYa JaWaB💎

0⃣1⃣ Bund Lisa ~ Malang
Afwan bunda.. bagaimana dengan prinsip begini, barangkali kita tidak dikenal penduduk dunia, namun in shaa Allah dikenal penduduk langit, apakah prinsip tersebut bisa sedikit mengurangi kerendah dirian kita?

🌷Jawab:
Sangat bisa, tapi jangan pula malah hal itu yang menjadikan kita sombong karna telah merasa dekat dengan Allah Azza Wajalla.

Wallahu a'lam

0⃣2⃣ Yayi ~ Sukabumi
Assalamu'alaikum ustadzah.

Perasaan kok ya setiap berbuat sesuatu itu merasa selalu berdosa, padahal orang lain menilai perbuatan itu baik tapi saya selalu was-was melakukannya. Kenapa ya begitu ustadzah?
Seperti misalnya berteman dengan seseorang yang menurut orang lain tidak baik tapi menurut saya baik, masi🌷h diantara kata yang tidak baik dan baik itu kadang-kadang saya merasa salah telah bergaul dengannya dan merasa berdosa...

🌷Jawab:
Wa'alaikumsalam

Kalau seperti contoh diatas, maka sebaiknya diselidiki dulu bagaimana teman tersebut dan kalau perlu tabayun dengan yang bersangkutan, agar hilang keragu-raguan. Jika dilihat memang orangnya tidak baik, maka akan lebih bagus dijauhi, karena teman itu sangat berpengaruh.

Dan apapun yang akan dilakukan memang harus dipetimbangan baik dan buruknya. dan yang menjadi acuannya adalah Quran dan Sunnah, jika itu memang sesuai dengan 2 pegangan hidup kita itu, maka lakukanlah.

Kenapa timbulnya rasa was-was? Karena kurangnya ilmu kita didalamnya, jika kita telah tahu ilmunya, tapi masih ragu, maka yakinlah was-was itu datangnya dari setan yang akan mengganggu kita.

Wallahu a'lam

0⃣3⃣ Donna ~ Wonosobo
Assalamu'alaikum,

Di Alqur'an di anjurkan buat kita harus Percaya diri, Apa kah hukumnya kalau percaya diri yang berlebihan (kita terlalu PD dengan diri kita sendiri, terlalu yakin dengan kelebihan kita? Karena sesuatu yang berlebihan di benci oleh Allah SWT.

🌷Jawab:
Wa'alaikumsalam,

Kalau kita sudah tau hal itu dibenci Allah, berarti hukumnya Terlarang , sesuatu yang terlarang adalah haram.  Karena dari  PEDE yang terlalu tinggi akan membuahkan kesombongan. Dan Allah benci dengan kesombongan.

Berlakulah yang sedang-sedang saja, sesuai dengan anjuran dan ajaran Islam, pakailah Akhlaqul Karimah, dengan berakhlak yang baik, maka kita akan terbebas dari rendah diri dan juga sekaligus sombong.

Wallahu a'lam


🌸🌸🌸🌟🌟🌟🌸🌸🌸
 💎CLoSSiNG STaTeMeNT💎

Sahabat BS yang disayangi Allah

Perkuatlah keyakinan dan berjuanglah mencapai tujuan yang membawa kita pada kebaikan dan kesuksesan. Jangan meragukan kemampuan diri sendiri dan membiarkan orang lain memaksakan idenya yang bertentangan dengan keyakinan kitaa sebab hal ini membuat kita merasa tidak nyaman dengan diri sendiri.

Kita hanya menyakiti diri sendiri dengan memikirkan pengalaman masa lalu dan menyesalinya. Perilaku tersebut berdampak langsung pada kesehatan fisik dan memicu stres yang akan membentuk rasa rendah diri.
Syukuri apapun yang Allah telah beri dan tentukan. Jadilah muslimah yang kuat dan tahan uji dengan bersandaar kepada Allah Azza Wajalla.

Semoga bermanfaat untuk kita semua.

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

1 komentar:

  1. Bosan dengan game yang tidak jelas? Dan Ingin game yang menarik ? silahkan kunjungi saja web kami di s1288poker terbaik, tercepat, teraman & terpercaya kami disini juga menyediakan berbagai game judi online yang tidak kalah serunya seperti Poker, Domino, Capsa , Ceme, ceme keliling dan live poker serta anda juga akan di temanin oleh CS kami yang ramah dan online 24jam (WA : 08122221680)

    BalasHapus