Sabtu, 26 Januari 2019

BAHAYA GADGET



OLeH: Bunda Heradini F.,S.Psi

             💘M a T e R i💘

ﺇِﻥَّ ﺍﻟْﺤَﻤْﺪَ ﻟِﻠَّﻪِ ﻧَﺤْﻤَﺪُﻩُ ﻭَﻧَﺴْﺘَﻌِﻴْﻨُﻪُ ﻭَﻧَﺴْﺘَﻐْﻔِﺮُﻩْ ﻭَﻧَﻌُﻮﺫُ ﺑِﺎﻟﻠﻪِ ﻣِﻦْ ﺷُﺮُﻭْﺭِ ﺃَﻧْﻔُﺴِﻨَﺎ ﻭَﻣِﻦْ ﺳَﻴِّﺌَﺎﺕِ ﺃَﻋْﻤَﺎﻟِﻨَﺎ، ﻣَﻦْ ﻳَﻬْﺪِﻩِ ﺍﻟﻠﻪُ ﻓَﻼَ ﻣُﻀِﻞَّ ﻟَﻪُ ﻭَﻣَﻦْ ﻳُﻀْﻠِﻞْ ﻓَﻼَ ﻫَﺎﺩِﻱَ ﻟَﻪُ. ﺃَﺷْﻬَﺪُ ﺃَﻥَّ ﻻَ ﺇِﻟَﻪَ ﺇِﻻَّ ﺍﻟﻠﻪ ﻭَﺃَﺷْﻬَﺪُ ﺃَﻥَّ ﻣُﺤَﻤَّﺪًﺍ ﻋَﺒْﺪُﻩُ ﻭَﺭَﺳُﻮْﻟُﻪُ.

ﻳَﺎﺃَﻳُّﻬﺎَ ﺍﻟَّﺬِﻳْﻦَ ﺀَﺍﻣَﻨُﻮﺍ ﺍﺗَّﻘُﻮﺍ ﺍﻟﻠﻪَ ﺣَﻖَّ ﺗُﻘَﺎﺗِﻪِ ﻭَﻻَ ﺗَﻤُﻮْﺗُﻦَّ ﺇِﻻَّ ﻭَﺃَﻧﺘُﻢْ ﻣُّﺴْﻠِﻤُﻮْﻥَ.

ﻳَﺎﺃَﻳُّﻬَﺎ ﺍﻟﻨَّﺎﺱُ ﺍﺗَّﻘُﻮْﺍ ﺭَﺑَّﻜُﻢُ ﺍﻟَّﺬِﻱْ ﺧَﻠَﻘَﻜُﻢْ ﻣِّﻦْ ﻧَﻔْﺲٍ ﻭَﺍﺣِﺪَﺓٍ ﻭَﺧَﻠَﻖَ ﻣِﻨْﻬَﺎ ﺯَﻭْﺟَﻬَﺎ ﻭَﺑَﺚَّ ﻣِﻨْﻬُﻤَﺎ ﺭِﺟَﺎﻻً ﻛَﺜِﻴْﺮًﺍ ﻭَﻧِﺴَﺂﺀً ﻭَﺍﺗَّﻘُﻮﺍ ﺍﻟﻠﻪَ ﺍﻟَّﺬِﻱْ ﺗَﺴَﺂﺀَﻟُﻮْﻥَ ﺑِﻪِ ﻭَﺍْﻷَﺭْﺣَﺎﻡَ ﺇِﻥَّ ﺍﻟﻠﻪَ ﻛَﺎﻥَ ﻋَﻠَﻴْﻜُﻢْ ﺭَﻗِﻴْﺒًﺎ.

 ﻳَﺎﺃَﻳُّﻬَﺎ ﺍﻟَّﺬِﻳْﻦَ ﺀَﺍﻣَﻨُﻮﺍ ﺍﺗَّﻘُﻮﺍ ﺍﻟﻠﻪَ ﻭَﻗُﻮْﻟُﻮْﺍ ﻗَﻮْﻻً ﺳَﺪِﻳْﺪًﺍ. ﻳُﺼْﻠِﺢْ ﻟَﻜُﻢْ ﺃَﻋْﻤَﺎﻟَﻜُﻢْ ﻭَﻳَﻐْﻔِﺮْ ﻟَﻜُﻢْ ﺫُﻧُﻮْﺑَﻜُﻢْ ﻭَﻣَﻦْ ﻳُﻄِﻊِ ﺍﻟﻠﻪَ ﻭَﺭَﺳُﻮْﻟَﻪُ ﻓَﻘَﺪْ ﻓَﺎﺯَ ﻓَﻮْﺯًﺍ ﻋَﻈِﻴْﻤًﺎ.

ﺃَﻣَّﺎ ﺑَﻌْﺪُ؛ ﻓَﺈِﻥَّ ﺃَﺻْﺪَﻕَ ﺍﻟْﺤَﺪِﻳْﺚِ ﻛِﺘَﺎﺏُ ﺍﻟﻠﻪِ ﻭَﺧَﻴْﺮَ ﺍﻟْﻬَﺪﻱِ ﻫَﺪْﻱُ ﻣُﺤَﻤَّﺪٍ ﺻَﻞَّ ﺍﻟﻠﻪُ ﻋَﻠَﻴْﻪِ ﻭَﺳَﻠَّﻢَ، ﻭَ ﺷَﺮَّﻮْﺭِ ُﺤَﺪَﺛَﺎﺗُﻬَﺎ، ﻭَﻛُﻞَّ ﻣُﺤْﺪَﺛَﺔٍ ﺑِﺪْﻋَﺔٌ ﻭَﻛُﻞَّ ﺑِﺪْﻋَﺔٍ ﺿَﻼَﻟﺔٍ ﻭَﻛُﻞَّ ﺿَﻼَﻟَﺔٍ ﻓِﻲ ﺍﻟﻨَّﺎﺭِ

Segala puji bagi Allah , kepadaNya kita memuji, mohon pertolongan, mohon ampunan, dan mohon perlindungan dari bahaya diri kita dan buruknya amal-amal perbuatan kita. Barang siapa yang diberi petunjuk Allah ta’ala maka tiada yang dapat menyesatkannya, dan barang siapa yang sesat maka tidak ada yang dapat memberinya petunjuk –kecuali dengan izin Allah-. Dan bahwasanya saya bersaksi tiada ilah yang berhak disembah kecuali Allah ta’ala semata, tiada sekutu bagiNya, dan saya bersaksi bahwasanya Muhammad adalah hamba dan utusanNya.

 “Wahai orang-orang yang beriman! Bertaqwalah kepada Allah dengan sebenar-benarnya taqwa kepadaNya dan janganlah kamu mati kecuali dalam keadaan muslim.” (QS. Ali imron: 102)

“Wahai manusia! Bertaqwalah kepada Tuhanmu yang telah menciptakan kamu dari diri yang satu (adam), dan (Allah) menciptakan pasangannya (hawa) dari (diri)nya; dan dari keduanya Allah memperkembang-biakkan laki-laki dan perempuan yang banyak. Bertaqwalah kepada Allah yang dengan nama-Nya kamu saling meminta, dan (peliharalah) hubungan kekeluargaan. Sesungguhnya Allah selalu menjaga dan mengawasimu.“ (QS. An nisa’: 1)

“Wahai orang-orang yang beriman! Bertaqwalah kamu kepada Allah dan ucapkanlah perkataan yang benar. Niscaya Allah akan memperbaiki amal-amalmu dan mengampuni dosa-dosamu  dan barangsiapa menaati Allah dan rasulNya maka sungguh dia menang dengan kemenangan yang agung.” (QS. Al ahzab: 70-71)

Sesungguhnya sebenar-benar perkataan adalah kitab Allah (Al qur’an) dan sebaik-baik petunjuk adalah petunjuk Muhammad shallallahu’alaihiwasalam, dan seburuk-buruk perkara (dalam urusan agama) adalah yang diada-adakan, dan semua yang diada-adakan itu adalah bid’ah, dan semua bid’ah itu sesat, dan semua kesesatan tempatnya di neraka.

🔷🌷🔷
Alhamdulillah kita bisa berkumpul bersama dimajlis perindu surga ini untuk membahas tema yang dekat sekali dengan keadaan saat ini BAHAYA GADGET

Siapa yang sudah punya gadget disini?

Siapa yang setiap waktu pengen banget pegang gadget?

🔹Kategori Penggunaan Gadget

▪Rendah
~ Waktu senggang.
~ 30 menit.

▪Sedang
~ 40-60 menit.
~ 2-3 kali perhari.

▪Tinggi
~ > 60 menit perhari terus menerus.
~ > 120 menit sekali pemakaian.

Rendah, sedang, atau tinggi?

Adakah kita punya batasan waktu kapan sama sekali tidak pegang hp?

Lihat tivi juga.
Lihat film juga.
Sekarang hp makin multifungsi.

Hp akan menjadi gangguan manakala kita merasa mati gaya kalau tidak pegang.
Akan menjadi gangguan psikologis jika hati tidak nyaman. Berdebar-debar. Tidak tenang jika hp tertinggal di rumah.

Itulah sebetulnya masalah kita.

Gadget merupakan salah satu benda yang tidak dapat dipisahkan lagi dari kehidupan manusia di zaman modern ini.
Bagaimana akhwati sholihah, jika 8 atau 10 tahun yang lalu gadget atau sejenisnya masih tergolong keutuhan mewah tapi sekarang sudah menjadi kebutuhan primer.

Hal ini ditandai dengan tingkat penjualan dan produksi gadget yang tiap tahunnya semakin bertambah serta semakin banyaknya perusahaan-perusahaan produksi gadget dari negara asing yang menawarkan merek dan keunggulan produknya masing – masing dengan harga yang cukup fantastis tentunya.

Namun tingkat kebutuhan yang semakin besar tidak menurunkan keinginan dan hasrat konsumennya untuk memiliki gadget model tercanggih dan yet-update.

🔷🌷🔷
Akhwati sholihah......
Kita tahu bahwa gadget atau hp dalam bentuk apapun menimbulkan bahaya.
Apa aja sih bahayanya?

🔹Dampak Buruk Gadget:

1. Agresif.
Anak-anak atau orang dewasa menjadi agresif jika sering menggunakan gadget.

2. Kegemukan
Sering menggunakan gadget membuat kita malas bergerak dan lebih senang duduk santai sembari menikmati camilan tinggi kalori. Kondisi ini bila sering terjadi tentu saja akan menambah berat badan.

3. Gangguan Tidur
Asyik menggunakan gadget, entah untuk bermain game satu sekadar ngobrol dengan teman-teman lewat pesan singkat atau messenger membuat kita mengalami gangguan tidur. Inilah yang menjadi alasan utama mengapa kita  tidak boleh menggunakan gadget hingga mencapai usia tertentu. Gangguan tidur ini muncul karena penggunaan gadget secara konstan.

4. Mata Kering
Apakah kita sering merasakan gatal yang menetap pada mata? Jika kita mengalami keluhan tersebut, itu karena mata kita mengalami ketegangan yang pada gilirannya menyebabkan mata menjadi kering. Karena itu terjadi karena sering menggunakan gadget secara konstan.

5. Gangguan Pendengaran
Sering mendengarkan musik dari gadget melalui earphone dapat mengganggu kesehatan pendengaran. Para ahli mengatakan bahwa suara yang dikeluarkan dari earphone sebesar 85 desibel bisa mengubah rambut mikroskopis yang ada di telinga bagian dalam ke jaringan parut sehingga mengganggu kemampuan pendengaran Anda.

6. Produksi Sperma Menurun
Menggunakan ponsel selama lebih dari 18 jam dalam satu hari dapat menurunkan produksi sperma pada seorang lelaki. Ini merupakan salah satu efek negatif dari penggunaan gadget.

7. Kanker
Radiasi yang dikeluarkan gadget merupakan agen penyebab kanker seperti leukemia, kulit, tiroid, payudara dan kanker perut.

8. Nyeri Punggung
Salah satu efek buruk dari penggunaan gadget adalah nyeri punggung. Ketika kita terus-menerus menggunakan gadget dalam posisi duduk, maka posisi tersebut akan mempengaruhi punggung.

9. Stres
Stres dikembangkan dengan setiap gadget yang gunakan untuk berkomunikasi. Menunggu panggilan telepon penting atau chatting melalui skype membuat pikiran kita mengalami stres yang berlebihan yang pada gilirannya mempengaruhi kesehatan.

10. Menurunkan Kepekaan Terhadap Lingkungan
Efek terburuk dari gadget adalah seseorang cenderung menjadi tidak peka terhadap lingkungan di sekelilingnya lantaran terlalu asyik berinteraksi dengan gadget.

11. Risiko Selama Kehamilan
Radiasi dari gadget memperlambat laju perkembangan otak janin dan bahkan dapat menyebabkan janin menjadi hiperaktif.

🔷🌷🔷
Akhwati sholihah....
Gangguan apa yang paling menonjol dari penggunaan gadged?

RADIASI
Sinar radiasi dari monitor seperti laptop, smartphone dan lainnya dapat memicu mata lelah, apalagi jika kita terlalu lama menggunakannya. Mata lelah dapat mengakibatkan mata berair, pusing bahkan insomnia.

Sinar radiasi ini juga bisa membuat organ mata mengalami astenopia di mana pupil akan bereaksi lambat terhadap cahaya, serta menyebabkan lensa mata menjadi keruh bahkan berisiko terkena katarak.

Selain itu radiasi gadget juga dapat menyebabkan iritasi pada kulit, penggunaan laptop terlalu lama di atas paha dan penyimpanan ponsel pada saku celana juga dapat memberikan masalah ada kesuburan wanita maupun pria.

Video dibawah ini dapat menjadi gambaran betapa hebatnya pengaruh radiasi tersebut.

In syaa Allah cukup sekian materi kita malam ini.
Silakan dibaca dulu.
Jika ada yang kurang difahami bisa kita diskusikan bersama.
Saya serahkan kembali kepada moderator acara.


🔷🔷🔷🌟🌟🌟🔷🔷🔷
            💘TaNYa JaWaB💘

0⃣1⃣ Lasmi ~ Pontianak
‬Itu kalau berdering terus kalau chatingan bagaimana?

🌷Jawab:
‬Sinyal tetap jalan.
Meski tidak sekuat itu. Tapi tetap menimbulkan kerusakan sel.

0⃣2⃣ Bund Lisa ~ Malang
Afwan bunda, jika kelamaan main gadget apakah radiasi ke mata bisa berupa frekuensi kedipan, terus kadang muka dan mulut kadang miring-miring begitu?

🌷Jawab:
Iya karena mata lelah. Mata kering itu menyebabkan otomatis berkedip agar lensa mata selalu basah. Mulut suka miring-miring kadang karena niru gerakan di game. Ada coc, ada ml, semua pertarungan tersebut diekspresikan anak dalam bentuk mulut miring dan gaya tubuh yang menyesuaikan.

0⃣3⃣ Lasmi ~ Pontianak
Bismillah,
Kerusakan sel yang bagaimana ketika kita memakai gadget?
Dan apakah berpengaruh pada kejiwaan seseorang?

🌷Jawab:
Paparan radiasi akan merusak sel sehat dan memacu terbentuknya sel jahat. Kanker seperti yang sudah kita bahas di atas.
Pengaruh pada kejiwaan adalah misal kita tidak tenang kalau tidak pegang hp. Selalu ingin tampil cantik agar kalau bikin status selfie bisa di like banyak orang.
Selalu merasa perlu  koment di story orang. Kepoin gaya hidup orang. Semua itu akan menimbulkan dampak psikologis mulai dari yang ringan sampai berat.

‬0⃣4⃣ Han ~ Gresik
1. Bunda, bagaimana tuch dengan remaja-remaja bahkan orang yang sudah dewasa (akhwat) yang mudah sekali tertipu atau terperdaya dengan laki-laki di Medsos.
Sebegitu besarkah dan kuatnya pengaruh Gadget dengan kemajuan zaman ini sampai terlena atau tertipu di dunia maya dengan menyerahkan atau mengumbar auratnya. Mengapa itu bisa terjadi, bund?

2. Mengapa juga dengan kemajuan teknologi ini Gadget yang seharusnya bisa menjadi sarana komunikasi malahan menyebabkan pertikaian atau pertengkaran suami istri karena cemburu atau selingkuh di dumay?

3. Terus bund, bagaimana dengan orang tua sekarang mah ada beberapa atau mungkin sedikit dari yang banyak malahan biar anaknya diem terus di kasih Gadget?

🌷Jawab:
1. Pertama karena memang jiwanya lagi labil. Ingin tahu hal-hal baru dan unik.
Pengawasan orang tua yang kurang. Landasan akhlak anak yang belum kuat. Kemudian dia dipapar oleh tekhnologi.
Maka jaga anak-anak kita.
Awasi penggunaan hp-nya.

🔷 Bahkan setingkat instansi pemerintahan (dewasa)  juga bisa tertipu bund.

🌷Karena kurangnya Iman.

2. Yah begitulah,
Dikiranya ikhtilat cuma di dunia nyata.
Dimulai dari ketemuan pas reuni.
Lanjut tuker nomor wa. Lanjut kepo fb dan ig.
Ya dimulailah perselingkuhan itu.
Demikian cerdiknya setan.

3. Yang harus diperbaiki tentu orang tuanya dulu. Sekolah atau lembaga bisa mengadakan seminar untuk mengedukasi anak.


🔷🔷🔷🌟🌟🌟🔷🔷🔷
     💘CLoSSiNG STaTeMeNT💘

Anak-anak atau orang dewasa yang terpapar gadget akan kehilangan kesempatan untuk mengembangkan kemampuan dasarnya. Yakni kesempatan belajar untuk berpikir secara mandiri, kehilangan waktu dan ketrampilan sosial lainnya yang sangat penting untuk pertumbuhan dimasa depan.

Maka mulai sekarang, bijaklah dalam penggunaan gadget.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar