Sabtu, 19 Januari 2019

IRAMA YANG MENGALAHKAN SENANDUNG MUROTTAL



OLeH: Ustadz Syahrawi Munthe

          💘M a T e R i💘

Assalamu'alaykum wr. wb.

Segala puji bagi Allah, atas segala karuniaNya, sholawat dan salam semoga selalu tercurah kepada junjungan alam Rasulullah SAW.

InsyaAllah materi kajian kita sore ini adalah
Irama yang Yang Mengalahkan Senandung Murothal

Persoalan pandangan Islam pada musik hakikatnya sudah final. Bahwa sebagian ulama melarang musik dan nyanyian, sedang sebagian lainnya membolehkan dengan syarat yang dibolehkan syara', dan nadanya tidak mengandung kalimat yang kurang baik.

Dalam bukunya yang berjudul 'Seni Dalam Pandangan Islam' Dr. Abdurrahman Al Baghdadi menguraikan dengan jelas permasalahan ini, berikut dengan dalil-dalil dari kedua padangan ulama tersebut. Lalu sampai pada kesimpulan dengan mengatakan bertolak dari dasar hukum inilah maka mendengar atau memainkan alat-alat musik atau menyanyi mubah selama tidak terdapat suatu dalil syar’I yang menunjukkan bahwa pekerjaan tersebut haram atau makruh. Mengenai menyanyi atau memainkan alat musik dengan atau tanpa nyanyian, tidak terdapat satu pun nash, baik dari Al Qur’an maupun sunnah Rasul yang mengharamkannya dengan tegas.

Memang ada sebagian dari para sahabat, tabiin dan ulama yang mengharamkan sebagian atau seluruhnya karena mengartikannya dari beberapa nash tertentu. Diantara mereka ada yang menyatakan bahwa hal tersebut makruh, sedangkan yang lain mengatakan hukumnya mubah.

Terlepas dari perbedaan pandangan para ulama tersebut, adakalanya perlu waktu merenungkan ayat-ayat al qur'an, karena bisa  menenangkan hati dan menentramkan jiwa. Al Qur'an mengandung kalimat suci yang dapat membersihkan jiwa, membuat hati tenang dan mencerdaskan fikiran.

Sudah menjadi aksioma bahwa orang yang biasanya suka bermusik dan bernyanyi, apalagi nyanyian amoral, maka tidak sedikitpun ada al qur'an di hatinya. Sepertinya antara nyanyian dan al qur'an tak boleh digabung dalam satu jiwa. Itulah sebabnya yang selalu mendengarkan musik, akan sangat sulit menghafal al qur'an.

Di surga kelak, Allah mengatakan di dalamnya tidak akan terdengar kalimat atau kata-kata yang tidak bermanfaat dan sia-sia. Firman Allah :

لَا يَسْمَعُونَ فِيهَا لَغْوًا وَلَا تَأْثِيمًا

"Mereka tidak mendengar di dalamnya perkataan yang sia-sia dan tidak pula perkataan yang menimbulkan dosa." (QS. 56 : 25)

Di ayat lainnya,

لَا يَسْمَعُونَ فِيهَا لَغْوًا وَلَا كِذَّابًا

"Di dalamnya mereka tidak mendengar perkataan yang sia-sia dan tidak (pula) perkataan dusta." (QS. 78 : 35)

Nyanyian-nyanyian yang diiringi musik termasuk dalam kategori laghwan (perkataan sia-sia) atau lauhulhadist (perkataan tdak berguna). Ulama yang mengharamkan musik menggunakan ayat yang sejenis sebagai dalil, berdasarkan firman Allah :

وَمِنَ النَّاسِ مَنْ يَشْتَرِي لَهْوَ الْحَدِيثِ لِيُضِلَّ عَنْ سَبِيلِ اللَّهِ بِغَيْرِ عِلْمٍ وَيَتَّخِذَهَا هُزُوًا أُولَئِكَ لَهُمْ عَذَابٌ مُهِينٌ

“Dan di antara manusia (ada) orang yang mempergunakan perkataan yang tidak berguna (lahualhadits) untuk menyesatkan (manusia) dari jalan Allah tanpa pengetahuan dan menjadikan jalan Allah itu olok-olokkan. Mereka itu akan memperoleh azab yang menghinakan.” (QS 31 : 6)

Jikapun sebagian ulama membolehkannya, tetapi nyanyian-nyanyian yang menginspirasi, membangkitkan jiwa dan semangat dengan kalimat-kalimat yang baik. Dan tentunya hanya berupa hiburan yang tidak melalaikan.

Idealnya tidaklah seharusnya nyanyian dan musik, mengalahkan dan mendominasi lantunan murottal (bacaan al qur'an), cukuplah hanya sekadar hiburan untuk melepas penat jiwa. Jangan sampai semua lagu terhafal dengan baik dan fasih, tapi tidak ada bacaan qur'an yang melekat diingatan. Padahal kunci surga ada di dalam Al qur'an.

Wallahu'alam.

🔷🔷🔷🌟🌟🌟🔷🔷🔷
         💘TaNYa JaWaB💘

0⃣1⃣ Rustia ~ Bekasi
Assalamu'alaikum ustadz,

Alat musik apa yang tidak dibolehkan oleh syara'?
Jazakallah atas jawabannya

🌷Jawab:
Wa'alaykumussalam wr. wb.

Jika menuruk ke pendapat ulama salaf, alat-alat musik yang tidak dibolehkan dalam Islam, antara lain yang ditiup : seruling dan terompet, yang pakai benang : gitar, biola, kecapi.

0⃣2⃣ Bund Yudith ~ Bandung
Ustadz bagaimana dengan shalawat yang di nyanyikan? (full musik).
lalu irama gambus itu apa boleh?

🌷Jawab:
Seharusnya sih tidak boleh, namun belakangan ini, sepertinya lebih 'longgar'.
Apalagi nada-nadanya keislaman dan sering diperdengarkan. Yaa sepanjang sekadar hiburan, semoga Allah maafkan.

Saran saya, jangan terlalu banyak dengar musik, jika ingin dekat-dekat dengan al qur'an.

🔷Ustadz, ini berlaku juga untuk anak-anak? Karena nyanyian untuk memudahkan mereka dalam proses belajar.

🌷Untuk anak, semua hukum berlaku sejak mukallaf, artinya setelah mereka baligh. Cuma kan mereka juga perlu dijaga, jangan terlalu cenderung ke musik, lalu kesukaan baca qur'an berkurang.

0⃣3⃣ Bund Lisa ~ Malang
Apakah ustadz mengetahui tentang bagaimana awal munculnya pengajian "berjanji" (afwan yang saya yang tau istilahnya begitu) biasa dilakukan di daerah-daerah?
Jika ustadz mengetahui, mohon penjelasannya karena kesulitan mencari sejarah timbulnya pengajian tersebut, soalnya "berjanji" dibaca dengan lagu-lagu yang dikenal masyarakat di daerah-daearah.

🌷Jawab:
Sejarahnya panjaaaang.
Silahkan cari di mbah google bu ya. Setau saya barzanzi itu adalah nama seorang syekh, yang menulis kitab barzanzi, isinya sajak atau prosa puji-pujian dan risalah keturunan nabi, yang tersebar mukai dari maroko hingga ke pelosok dunia, termasuk mungkin papua. Biasanya dibaca atau dinyayikan saat maulid nabi. Namun barzanzi ini pro kontra, karena ada ulama yang mendukung, ada yang mengharamkan.

Wallahu'alam.

🔷Wooo.. pro kontra njeh..?
Kalau di mbah hanya membahas arti berzanji, bunyinya dan lain-lain, tapi yang membahas lebih dalam belum nemu ustadz.
Nanti saya coba tanya temannya mbah Google deh.
Jazakillah khayr ustadz. Nambah pengetahuan, nambah key seaching nya syekh dan maroko.

🌷Maulid nabi saja kan masih diperdebatkan kan bu, tidak semua ulama membolehkan peringatan maulid nabi, karena memang tidak pernah di era para sahabat, setelah nabi wafat.

0⃣4⃣ Lasmi ~ Pontianak
Afwan Ustadz, bagaimana menanggapi beberapa orang yang ikut ngaji salafi sunah yang mengahramkan semua yang berbaur musik?
Sampai video yang di edit tdak diperbolehkan menggunakan musik.

🌷Jawab:
Yaa itu tadi, itu keinginan dan pendapat mereka. Artinya mereka mengikuti ulama yang memang saklak, mengharamkan semua jenis musik. Saya kira tidak apa-apa karena itu prinsip mereka. Kita cukup paham dan mengerti mereka saja.

Wallahu'alam.

🔷🔷🔷🌟🌟🌟🔷🔷🔷
 💘CLoSSiNG STaTeMeNT💘

Semoga Allah melindungi kita semua, kecintaan pada al qur'an bertambah.
Dan bisa mengurangi kesia-sia dalam hidup.
Amiin

1 komentar:

  1. Bosan dengan game yang tidak jelas? Dan Ingin game yang menarik ? silahkan kunjungi saja web kami di s1288poker terbaik, tercepat, teraman & terpercaya kami disini juga menyediakan berbagai game judi online yang tidak kalah serunya seperti Poker, Domino, Capsa , Ceme, ceme keliling dan live poker serta anda juga akan di temanin oleh CS kami yang ramah dan online 24jam (WA : 08122221680)

    BalasHapus