Kamis, 15 Maret 2018

Susu Formula vs ASI



OLeh   : dr. Barry Army Bakry, Sp.A

Keunggulan ASI sebagai nutrisi bayi telah banyak dipelajari dan dibuktikan oleh para peneliti sehingga Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) merekomendasikan ASI eksklusif untuk bayi sampai berumur 6 bulan dan kemudian dilanjutkan bersama makanan pendamping ASI sampai bayi berumur 2 tahun atau lebih. Meskipun demikian angka menyusui eksklusif di Indonesia menurut Survey Demografi dan Kesehatan Indonesia (SDKI) tahun 2007 baru mencapai 32% dan pula, bayi yang dilahirkan di fasilitas kesehatan cenderung diberi susu formula.

Masih banyak ibu yang memberi tambahan susu formula pada bayinya yang cukup bulan dan sehat karena merasa ASInya belum keluar atau kurang. Salah satu penyebab adalah kurangnya informasi bahwa memberi susu formula terutama pada hari hari pertama kelahiran mungkin mengganggu produksi ASI, bonding, dan dapat menghambat suksesnya menyusui dikemudian hari. Bayi yang diberi formula akan kenyang dan cenderung malas untuk menyusu sehingga pengosongan payudara menjadi tidak baik. Akibatnya payudara menjadi bengkak sehingga ibu kesakitan, dan akhirnya produksi ASI memang betul menjadi kurang. Belum lagi akibat pemberian susu formula, masalah medis lain yang mungkin timbul adalah perubahan flora usus, terpapar antigen dan kemungkinan meningkatnya sensitivitas bayi terhadap susu formula (alergi) dan bayi kurang mendapat perlindungan kekebalan dari kolostrum yang keluar justru di hari hari pertama kelahiran.

Saat ini produk susu formula sebagai produk pengganti ASI marak beredar di pasaran. Berbagai produk dengan berbagai keunggulan ditawarkan untuk menarik minat konsumen. Hal ini tentunya semakin membuat wanita semakin menjauhi kegiatan “menyusui”. Memang tidak ada larangan untuk memberikan susu formula pada bayi. Tapi ada baiknya Anda ketahui lebih dekat apa itu susu formula.

Hal pertama yang seorang ibu perlu ketahui adalah kandungan dari susu manusia dan susu sapi itu berbeda. Pada susu sapi kadar proteinnya lebih tinggi yaitu 3,4 persen, sedangkan susu manusia hanya 0,9 persen. Kadar laktosa di dalam susu manusia lebih besar yaitu 7 persen sedangkan di dalam susu sapi sebesar 4,8 persen. Karena itu ASI untuk otak dan susu formula untuk otot. Laktosa sangat penting dalam proses pembentukan myelin otak. Myelin ini berfungsi untuk mengantarkan rangsangan yang diterima oleh bayi. Saat menyusu rangsangan yang diterima oleh si kecil seperti mencium bau ibunya serta mendengar dan merasakan napas sang ibu. Sedangkan pada susu sapi kandungan yang paling tingginya adalah protein yang berfungsi membantu pembentukan otot karena sapi memang membutuhkan otot yang kuat seperti untuk bergerak atau membajak sawah.

Laktosa yang tinggi pada bayi yang baru lahir kadang bisa menyebabkan diare. Selain itu AA dan DHA yang terkandung di dalam ASI juga dilengkapi dengan enzim lipase sehingga bisa dicerna oleh tubuh bayi. Sedangkan pada susu formula memang ada AA dan DHA tapi tidak ada enzimnya. Hal ini karena enzim lipase baru dibentuk saat bayi berusia 6-9 bulan.

Laktosa ASI mudah diserap sedangkan susu formula belum tentu mudah diserap oleh bayi. Itulah mengapa ada kasus bayi yang tidak cocok dengan susu formula atau bayi mengalami diare setelah mengonsumsi susu formula.

Perbedaan lainnya adalah zat-zat bilogis. Zat biologis yang dimaksud, antara lain, antibodi, lactobacillus, probiotik, sistem kekebalan, immunologlobulin. Itu semua tidak ada di susu formula. Adanya di ASI.
ASI punya faktor lain, sehingga konsumsi ASI jarang dan hampir tidak pernah menimbulkan masalah dibanding dengan konsumsi susu formula.

Perbedaan lainnya adalah sistem kekebalan. Sistem kekebalan yang terdapat dalam ASI tidak akan pernah tergantikan oleh susu formula manapun. Sistem kekebalan ini diturunkan oleh sang ibu melalui ASI.

Demikianlah, bila sang ibu tidak ada masalah memberikan ASI, maka pilihlah ASI karena keunggulannya sangat banyak.
Demikian sedikit pengantar dari saya.


🌷🌷🌷🔹🔹🔹🌷🌷🌷
        💎TaNYa JaWaB💎

0⃣1⃣ Ela Rasty
1. Dok, adakah hubungan antara pemberian ASI atau sufor terhadap BB bayi?? Karena anak saya sudah 13 bulan dan Alhamdulillah saya terus kasih ASI tapi badannya kurus, saran dari banyak orang dikasih sufor z, tapi Karena TIDAK terbiasa anak saya tidak mau dok.

 2. Saran dokter apa yang harus saya lakukan supaya BB nya normal.

💊Jawab:
Berat badannya berapa ya ?

🌷Sekarang cuma 7-8 kg dok.

💊Ya memang kurang ya, target kita saja berat badan ideal usia 1 tahun adalah 10 kg.

🌷Jadi apa dong solusi terbaiknya dok?

💊ASI saja di berikan pada sampai bulan ke 6 setelahnya ASI tidak bisa sendiri, mesti diberikan makanan padat yang cukup. Saran saya sih sebaiknya ke dokter untuk dievaluasi lebih lanjut apakah bb yang rendah itu murni karena intake makanan atau ada masalah lainnya.

0⃣2⃣ Winda
Dok  apakah ASI masih bagus di berikan kepada anak umur 2 th lebih, dan apa benar anak umur segitu yang masih ASI jadi malas makan?

💊Jawab:
Kalau ASI masih ada, boleh saja. Tapi harus sudah disapih. Tidak menyusu secara langsung ke payudara.

0⃣3⃣ Atieq
1. Dok tetangga saya tidak menyusui bayinya alasannya ASI tidak keluar. Kalau seperti ini memang ASInya benar-benar tidak ada atau karena malas menyusui dok?

2. Waktu anak ke-2, ASI saya tidak lancar dok. Saya coba pijit, pompa, minum suplemen untuk ASI semacam moloco, suntik ASI (di rs caro***) itu tidak bereaksi dok. Payudara saya lembek tidak bengkak atau keras. Ini karena apa ya dok?

3. Boleh kan busui minum kopi dok?

💊Jawab:
1. Kurang usahanya dalam menyusui.

2. Banyak faktor seperti kurangnya asupan makan ibunya, jarang menyusui secara langsung.

3. Boleh.

0⃣4⃣ Farida
Dok, anak saya usia 11 bln tapi BB masih 5,5 kg (anak saya lahir prematur dengan BB 1300 gr). 1 minggu setelah melahirkan, saya baru bisa memberikan ASIP karena ASI tidak keluar. Saat ini disarankan untuk memberikan sufor, tapi karena tidak terbiasa jadi masih 1-3 kali saya berikan sufor (Alhamdulillah anaknya aktif & jarang sakit).
1. Apakah tidak memberikan ASI di awal kelahiran mempengaruhi BB?

2. Saran dokter untuk menaikkan BB anak saya seperti apa?

💊Jawab:
1. Bisa ya atau tidak, karena banyak faktor lainnya yang mempengaruhinya.

2. Pada usia 11 bulan, perlu diberikan makanan padat sesuai usia yang padat gizii Selain ASI.

0⃣5⃣ Rizki
1. Umur anak saya 20 bulan dengan bb 12 kg. Pernah batuk pilek kemudian diare. Sebelumnya saya juga kurang enak perut dan masuk angin. Apakah ASI yang diberikan ibu yang sedang sakit juga bisa menularkan penyakit kepada anak?

2. Sebaiknya jenis susu apa yang baik untuk anak, yang sudah disapih sebagai pengganti ASI? Apakah anak 5 th keatas masih harus minum susu?

Terimakasih dokter.

💊Jawab:
1. Iya, pada penyakit tertentu. Tapi untuk kasus batuk pilek sih tidak.

2. Susu sesuai usia , anaknya suka dan bila buang air tidak ada kesulitan.

3. Iya, tapi tidak perlu berlebihan.

0⃣6⃣ iNdah
Assalamualaikum dok
Apakah boleh ibu yang sedang hamil masih menyusui bayinya yang belum disapih dan apakah ada pengaruh negatifnya ke janin dan ke bayi yang masih disusui?
Makasih dok.

💊Jawab:
  Sebaiknya tidak.

0⃣7⃣ Dede 
1. Hal atau makanan  apa saja membuat ASI banyak?

2. Apakah pengaruh pemberian sufor di awal kelahiran?

Terima kasih dok.

💊Jawab:
1. Tidak ada.

2. Kalau sudah 4 tahun, sebaiknya sih diberikan susu sesuai usia saja.

0⃣8⃣ Lela
1. Baiknya bumil untuk menyusui itu sampai bayi umur berapa?

2. Makanan apa saja yang baik untuk ibu menyusui?
Terimakasih dok.

💊Jawab:
1. Usia 2 tahun.

2. 4 sehat 5 sempurna.

0⃣9⃣ Fani
Saya dirumah punya ponakan umur 10 bulan, bb 8. Semenjak bayi baby tidak pernah minum ASI dok, karena si ibu sakit dan dapat larangan dokter untuk tidak memberi ASI ke pada baby. Alhasil semenjak lahir minum susu soya Saja dok.

Pertanyaan saya...
1. Apakah berpengaruh terhadap kesehatan baby, bila tidak pernah mendapatkan ASI jika sudah besar nanti?

2. Ada tidak makanan penunjang yang nutrisinya setara dengan ASI (pengganti ASI)?

3. Babynya aktif sekali dok! tapi terkadang mudah sekali kena pilek (misalnya setelah mandi) itu kenapa ya dok? Dan cara mengatasinya bagaimana?
Sebelumnya terimakasih dok.

💊Jawab:
1. Ada, tapi memang karena masalah tertentu bisa saja tidak diberikan karena ada sesuatu problem. Jadi ini sesuatu yang tidak bisa dihindarkan.

2. Tidak ada.

3. Kemungkinan alergi, hindari dingin dan debu biasanya.

1⃣0⃣ Riri
Saya pernah dengar kalau dengan menyusui bisa jadi alat kontrasepsi alami, pertanyaan saya:
1. Benarkah ini dok? Adakah syarat dan ketentuannya?

2. Lalu sampai berapa lama biasanya hal tersebut bisa berlaku dok?

Terima kasih atas jawabannya dok.

💊Jawab:
1. Benar, karena secara alami terjadi perubahan hormonal yang mempengaruhinya. Syaratnya pemberian asinya mesti rutin sehingga perubahan hormonalnya terjaga.

2. Sampai tidak teratur pemberiannya.

1⃣1⃣ Ummu Hafshoh
Anak saya usia 2 bulan minumnya hanya ASI saja tapi kok BAB nya berbusa ya sehari BAB kurang lebih 2 X dan sering keceret nya. Kemaren sudah dipriksakan dan diberi obat tapi kok sudah 4 hari malah tidak bab ya. Apakah baik-baik saja?

💊Jawab:
Memang mesti dilihat langsung ya, tapi komentar saya sih, jangan-jangan  sebenarnya tidak diare lho. Bisa - bisa saja dari udara yang masuk berlebihan saat minum ASI.

🌷Hari pertama saya beri obat seharian tidak BAB, kemudian hari kedua tidak saya kasih obat tapi BABnya cair sekali dok hari ketiga saya kasih obat lagi empat hari tidak BAB dok.

💊Hentikan obatnya.
Sebenarnya untuk usia 2  bulan, kadang BAB tidak tiap hari dan itu normal.

1⃣2⃣ Dede
1. Hal atau makanan  apa saja membuat ASI banyak?

2. Apakah pengaruh pemberian sufor di awal kelahiran?

Terima kasih dok.

💊Jawab:
1. Makanan yang mengandung 4 sehat 5 sempurna.

2. Kurangnya kekebalan tubuh, mudah alergi dikemudian hari, dan bayi bisa jadi overweight.

1⃣3⃣ Annisa
Dok, apa benar minum ultrogestan saat hamil bisamempengaruhi sedikit produksi ASI?

Tiap saya pumping pasti hanya setetes saja dok.
Jadi saya kasih langsung ke PD alhamdulillah sekarang sudah tidak bingung tapi saya tidak tahu ASInya keluar apa tidak?
Itu terlambat tidak ya dok?

💊Jawab:
1. Tidak.

2. Hasil saat pumping dengan langsung, sangat berbeda tidak bisa dibandingkan.

🌷Berarti saat hamil minum ultrogestan tidak ngaruh ke ASI ya dok dan tidak terlambat juga ya dok untuk memberi ASI sekarang?

💊Memangnya usianya berapa saat ini?

🌷Usia 5 bulan dokter.

💊Tidak ada kata terlambat untuk memberikan ASI, karena ASI adalah yang terbaik.

1⃣4⃣ Yeni
Saya hanya bisa memberi ASI selama 4 bulan dok. Sekaran bayi saya usia 8 bulan. Bulan ke 5 sudah tidak mau ASI. Bulan kelima ASI saya sudah menyusut, sudah berusaha dipompa, minum vitamin, makan banyak buah dan sayur tapi tetap tidak ada ASInya.

Pertanyaan saya:
1. Apakah masih bisa memproduksi ASI walaupun bayinya tidak mau menghisap?

2. Menurut dokter apa yang harus dilakukan supaya ASI bisa lancar lagi? Karen saya masih mau menyusui sampai anak usia 2 tahun.

💊Jawab:
1. Bisa.

2. Susui secara rajin, jika perlu bantuan, bisa ke klinik laktasi di rs terdekat. Untuk diajarkan relaktasi.

🌷Terimakasih dok.
Oiya info yang saya dapat bayi saya katanya bingung puting dok. Apakah nanti tetap bisa karena sekarang bayi sudah terbiasa dengan dot.

💊Sangat bisa.


🌷🌷🌷🔹🔹🔹🌷🌷🌷
 💎CLoSSiNG STaTeMeNT💎

Ahwat fillah sekalian...
Sudah menjadi karunia Allah SWT bahwa ASI adalah asupan GIZI yang luar biasa bagi bayi, jadi manfaatkanlah sebaik-baiknya.

ASI tetap yang terbaik. Semoga bermanfaat buat semua.

Wassalamualaikum wr.wb.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar