Kamis, 15 Maret 2018

K O N S U L T A S I 🌐🌐 🌷BiDaDaRi KeSPRo CLaSS🌷 🔹(CLaSS KeSPRo WUS)



Jum'at, 16 Februari 2018
Notulensi : Sinda
➖➖➖➖➖➖➖➖

0⃣1⃣ Lela
Assalamu'alaikum bubid...

Begini bubid, asupan gizi yang seperti apa yang baik bagi wanita di awal masa kehamilannya ???
Dan makanan yang seperti apa yang bagus di konsumsi untuk kesehatan janin???
Baik pada masa awal kehamilan, atau pada umur 2, 3, 4 bulan hingga seterusnya???
Mohon jawabannya bubid.

🌐Jawab:
Ukhti lela sudah menikah dan sedang hamilkah sekarang?
Mohon maaf usianya berapakah sekarang?

🌷Alhamdulillah sudah bubid, kalau hamilnya masih belum tahu, tapi sudah telat haidnya 1 bulan, biasanya saya haidnya normal bu tidak ada telat sampai selama saat ini.

Usia sekarang 18 bubid.

🌐Sudah telat haid 1 bulan, silahkan di test peck ya bun, semoga positif hamil. Aamiin.

Bunda lela...
Seringkali pada usia kehamilan muda menebak-nebak pantangan dan keharusan mengkonsumsi jenis makanan.

tentu saja tujuannya baik untuk dapat menjaga kesehatan dan perkembangan janin.

Asupan makanan yang sehat sangat diperlukan oleh ibu hamil dikarenakan pada usia ini rentan mengalami keguguran.

Keluhan yang seringkali terjadi pada ibu hamil di trimester pertama adalah mual, muntah hingga kehilangan nafsu makan. Padahal pada usia kehamilan trimester pertama sangat penting untuk memenuhi asupan vitamin dan mineral sehingga dapat berkembang dengan baik.

Pada ibu hamil muda bukan berarti harus mengkonsumsi makanan dengan porsi yang lebih banyak akan tetapi memperhatikan kualitas dari makanan yang dikonsumsi.

Pengaturan makanan yang dikonsumsi harus tepat sasaran yaitu disesuaikan dengan perkembangan usia kehamilan, kebutuhan dan perkembangan janin. apalagi diawal kehamilan adanya perubahan hormonal dapat meningkatkan sensitivitas yang mempengaruhi ibu hamil muda, sehingga lidahnya menjadi sensitif dengan jenis makanan tertentu.

Yang terpenting adalah makanan minuman yang mengandung cukup gizi seimbang yang lezat dilidah dan aman dipencernaan.

Boleh Juga Dicoba Tips Asupan Gizi Diawal Kehamilan Dibawah Ini :
1)  Sereal
pagi hari seringkali menjadi masalah bagi ibu hamil untuk mengkonsumsi makanan.
Sereal dapat membantu mengatasi gangguan mual, muntah dan kehilangan nafsu makan.
Sereal selain memiliki variasi rasa yang dapat disesuaikan dengan rasa yang bunda inginkan, juga mengandung aneka mineral, vitamin B, karbohidrat, kalsium yang disesuaikan dengan kebutuhan nutrisi janin.

Kandungan dari gandum utuh dapat mengandung energi dan serat yang disesuikan dengan kebutuhan ibu hamil.

2) Produk susu
Kandungan yang terdapat di dalam susu dapat membantu bunda dalam mendukung pertumbuhan jaringan baru pada bayi, memperbaiki jaringan yang rusak dan pembentukan otot dan juga transportasi oksigen ke janin.

Dengan terpenuhinya kebutuhan protein dan mineral maka dapat menunjang perkembangan dan pertumbuhan bayi.

3) Buah dan Sayur
Pada kehamilan trimester pertama kandungan vitamin C dari jus jeruk dibutuhkan untuk menambah kekebalan tubuh dan memerangi infeksi.

Selain itu kandungan dari asupan makanan yang kaya akan kandungan zat besi dapat mencegah dari anemia.

Lengkapi pula dengan tambahan sayuran yang mengandung zat besi yang didapat dari sayuran hijau karena mampu meningkatkan kadar hemoglobin ke sel-sel tubuh dan memberikan energi.

4) Ikan
Makanan yang mengandung protein dan asam lemak omega 3 dapat membantu pembentukan otak janin meskipun demikian bunda harus berhati-hati karena kandungan merkuri pada jenis ikan tertentu akan menggangu perkembangan janin.

Hindari mengkonsumsi ikan yang mentah karena dapat meningkatkan kadar lemak jenuh di dalam tubuh.

5) Kacang-kacangan
Makanan jenis kacang-kacangan yang diperlukan dalam pengembangan sistem saraf pada bayi misalnya kacang hijau kaya asam folat dan vitamin B.

Selain itu kacang-kacangan berguna bagi energi dan kekebalan tubuh ibu hamil muda.

6) Air dan Vitamin.
Bagi ibu hamil yang seringkali mengalami mual maka dapat mengkonsumsi lebih banyak air putih yang dicampurkan dengan sari buah tanpa tambahan gula.

Penting untuk menambah vitamin yang mendukung masa kehamilan apalagi diusia kehamilan muda, konsultasikan terlebih dahulu pada bidan atau dokter untuk mendapatkan vitamin yang sesuai dengan kebutuhan kandungan bunda.

0⃣2⃣ Key
Bund ini si kyra khan habis konsumsi flumucyl 3 hari, habis itu tidak mau makan sampai sekarang. Biasanya lihat sendok itu dia kejer. Sekarang cuma 4 sendok saja itupun sejaman di kemu saja. Itu karena habis minum obat pahit atau memang pola makan dia yang berubah ya...
Boleh tidak minta saran vitamin!

🌐Jawab:
Bunda key yang dirahmati Allah. Aamiin

Kondisi flu seringkali membuat lidah terasa pahit. Dan ini terjadi pada orang dewasa maupun anak-anak.

Apalagi sedang pengobatan atau minum obat flu yang reaksi obatnya biasanya bikin ngantuk, bertujuan agar penderita bisa lebih banyak istirahat. Kondisi ini juga mempengaruhi nafsu makannya si kecil.

Boleh diberikan tambahan suplemen vitamin mineral untuk menambah nafsu makan dan vitalitasnya.

Berikan juga buah atau sari buah untuk meningkatkan daya tahan tubuhnya.

🌷Tidak boleh buah dan lain-lain.

🌐Ohh ya bun key?
Kalau dede kyra tidak boleh mengkonsumsi buah oleh dokternya, silahkan bunda tanyakan kembali alternatif penggantinya.

0⃣3⃣ Bund Atin
Obat piracetam 800 berbahayakah untuk pasien pasca stroke pecah pembuluh darah?

🌐Jawab:
Insyaallah aman bunda atin.
Syafakillah bunda atin. Aamiin yaa robbal aalamiin.

0⃣4⃣ Dii
Menjembatani pertanyaan dari salah satu bunda di posyandu saya.
Kenapa anak 18 bulan suka memukul temannya, padahal di rumah atau tontonan juga tidak pernah memperlihatkan adegan kekerasan (edisi vio lagi suka mukul-mukul). Yang dipukul anak tetangga yang super kalem, kalau kena dikit langsung ngik... Eh malah si vio senang, memukulnya jail begitu bu bid.

🌐Jawab:
Usia 1-2 tahun memang masa lucu-lucunya sang anak, namun sekaligus menjadi masa melelahkan bagi orang tua.

Banyak tingkah laku balita atau “toddler” yang sangat beragam – seperti agresif, manjambak rambut, memukul, dan lain sebagainya. Apabila sebagai orang tua kita salah dalam menyikapinya, maka akan berdampak tidak baik bagi perkembangan sang anak selanjutnya.

Perlu bunda ketahui bahwasanya tingkah laku agresif itu adalah hal normal pada masa perkembangan anak usia 1-2 tahun.

Kemampuan berbahasanya yang sedikit dan terbatas, keinginan kuat untuk melakukan sesuatu sendiri, dan belum terbentuknya kontrol kemauan di otak membuat balita menjadi bertingkah agresif.

Namun meskipun demikian, bunda harus mencoba memberitahunya bahwa tingkah laku tersebut tidak baik untuk dilakukan, ungkapkan dan tunjukkan cara lain untuk mengekspresikan perasaannya.

Caranya =
1) Turuti konsekuensi logis.
Jika sang anak melempar bola ke arah anak lain yang sedang bermain atau senang memukuli temannya, singkirkan dia, duduklah dengannya dan melihat anak-anak lain bermain, jelaskan bahwa dia bisa bermain tanpa menyakiti temannya, lalu tunggu sampai ia siap bermain.

Hindari beralasan dengannya, misalnya dengan menanyakan, “Bagaimana jika dede dilempar bola sama teman dede?”.

Balita belum memiliki pikiran matang untuk bisa membayangkan dirinya di posisi orang lain atau berubah tingkah lakunya karena pertanyaan tadi, namun balita Anda akan mengerti apa akibat serta konsekuensinya.

2) Tetap tenang.
Membentak, memukul, atau mengatakan kalimat tidak baik, tidak akan mencegah tingkah lakunya, bahkan bunda mungkin akan membuatnya marah dan memberi contoh tidak baik yang akan ditirunya.

Sebenarnya, Jika bunda menyikapinya dengan tenang dan bisa mengendalikan amarah, justru mungkin akan menjadi langkah awal baginya untuk belajar mengontrol emosinya.

3) Beri batasan yang jelas.
Cobalah untuk segera merespon jika anak terlihat agresif, jangan menunggu sampai dia memukul adiknya atau temannya untuk ketiga kalinya baru bunda menegurnya.

Anak harus segera mengetahui bahwa apa yang dilakukannya itu salah, Dengan menghubungkan perbuatan dan akibatnya, akhirnya dia mengerti bahwa jika dia memukul, menggigit dan kenakalan lainya maka dia akan disingkirkan.

"Disiplin secara konsisten"

Seperti yang telah dijelaskan, sedapat mungkin merespon setiap tingkah laku. Jika setiap tingkah laku tidak baik dia diberitahu, maka dia akan sadar konsekuensi kenakalannya.

4) Ajarkan alternatif.
Tunggu sampai anak sudah tenang lalu jelaskan dengan lembut apa yang terjadi, tanyakan apa yang membuatnya marah. Katakan bahwa marah itu wajar tapi tidak boleh ditunjukkan dengan memukul, mengigit, menendang, dan lain-lain.

Ajarkan cara efektif jika anak sedang marah kepada adiknya atau temannya.

Misalnya ajarkan dia berkata “adek jangan begitu!”, “adek jangan nakal!” dan sebagainya. Atau ajarkan dia meminta bantuan pada yang lain, misalnya pada orang tua, kakak, atau yang lain. Pastikan bahwa anak bunda mengerti kata “maaf”, dan dia harus meminta maaf jika berbuat salah.

Pada awalnya, kata maaf mungkin akan terasa tidak tulus, tapi lama-kelamaan hal tersebut akan menjadi terbiasa dengan sendirinya.

5) Beri penghargaan untuk tingkah laku yang baik, berikan pujian.
Misalnya, ketika ada anak lain sedang bermain ayunan, anak bunda minta bergantian alih-alih mendorong anak lain itu dari ayunan. Pujilah dia misalnya: “Wah, anak mama pinter sekali mau minta bergantian ayunan!”

Pada saat itu anak akan sadar akan kekuatan kata-kata.

6) Batasi waktu nonton TV. Kartun dan acara anak-anak lainnya sering berisikan hal negatif.
Cobalah monitor acara yang ia tonton, apalagi jika ia termasuk tipe anak agresif.

Perkumpulan Dokter Anak Amerika menganjurkan anak di bawah usia 2 tahun tidak menonton TV sama sekali.

7) Berikan tempat leluasa.
Bagi anak yang sangat agresif, rumah bisa menjadi “teror” baginya.

Beri dia waktu bermain yang banyak, sebaiknya di luar rumah untuk meluapkan kemauannya, tentunya dengan pengawasan orang tua.

8) Jangan ragu untuk meminta bantuan.
Terkadang anak agresif butuh intervensi lebih jauh dari yang orang tua bisa lakukan.

Perlakuan agresifnya lebih sering, membuat takut atau selalu mengganggu anak lain, dan usaha bunda hanya sedikit sekali hasilnya.

Maka berkonsultasilah dengan dokter anak atau psikolog anak.

Intinya sabar dan konsisten dalam memberi asuhan yang tepat.

0⃣5⃣ Luluk
Assalamu'alaikum bubid yang dirahmati Allah.

Bubid mau lanjut kepertanyaan kemarin malam yang tentang KB menyusui. Kan teman saya sudah KB suntik 3 bulan dan sudah berjalan 1 bulan. Kalau mau ganti harus diselesaikan dulu sampai tuntas 3 bulan apa bagaimana bunbid?

🌐Jawab:
Betul bunda luluk, kalau mau ganti metode KB nya harus menunggu sampai tanggal kembali KB nya.

Sementara sambil menunggu tanggal kunjungan ulang KB nya, keluhan yang dialami bisa dikonsultasikan ke bidan atau dokter untuk mendapatkan terapy yang tepat.

0⃣6⃣ Dii
Bubid, bagaimana mengatasi anak usia 8 tahun ketagihan sinetron?

🌐Jawab:
Langkah yang harus dilakukan orang tua adalah membatasi anak menonton televisi.

Kemudian pilih tontonan yang sesuai dengan usia anak.

Sedapat mungkin orang tua atau orang, dewasa di rumah menahan sementara waktu menonton sinetron sebelum anak-anak tidur.

Jika pun anak meminta nonton sinetron, orang tua tetap harus mendampingi anak meski saat nonton sinetron anak-anak atau pun religi yang saat ini marak.

“Peran orang tua mendampingi anak menonton untuk mengajarkan bahwa apa yang ditontonnya tidak semuanya patut ditiru."

0⃣7⃣ Luluk
Tangan saya sering gatal dan selalu ada bintik-bintiknya terus bintiknya ada air atau seperti nanahnya. Saya sering menusuknya dengan jarum untuk ngeluarin airnya. Terus habis itu rasanya jariku menjadi kaku dan keras kalau digerakan bubid. Terus saya kasih salep sembuh tapi habis itu muncul lagi bubid. Bagaimana cara menyembuhkannya biar tidak kambuh lagi ya bubid?

🌐Jawab:
Kalau ada nanah berarti sudah infeksi mbak
Mungkin awalnya bisa saja alergi.
Karena sering berulang ya mbak. Terus terinfeksi bakteri jadi bernanah
Bisa juga ada infeksi virus.

Rasa kakunya karena reaksi radang di tempat tersebut.
Coba pakai salep antibiotik dan di kompres 2 X sehari dengan air betadine yang diencerkan atau rivanol.

0⃣8⃣ Tatik
Bu bidan, saya mau nanya,, sudah semingguan ini saya keputihan dan ada yang agak menggumpal. Itu kenapa ya bu ? Solusinya bagaimana ?

🌐Jawab:
Selama Keputihannya tidak berbau, tidak berwarna, dan tidak gatal insyaallah dalam kategori normal bunda Tatik.

Jika berupa lendir, mulur dan tidak mudah putus kemungkinan itu adalah lendir masa subur.

0⃣9⃣ Key
Obat sakit gigi yang aman buat ibu menyusui apa ya?
Edisi sakit pakai sangat ini gigi bungsu!

🌐Jawab:
Asam mefenamat aman mbak.


@Khoirunnisa Y.,S.Si.T.,M.Kes
@Devi Inggerianie, S.ST.,M.Kes
@dr. Lilis Kurniah R.,M.A.R.S
➖➖➖
🌷bkc🌷
==========
Join With Us:
💘FB ~ PeRiNDu SuRGa
https://www.facebook.com/groups/1770635569850310
💘Telegram
https://t.me/triobsperindusurga
💘Blog
http://triobshdw.blogspot.co.id
💘IG
https://www.instagram.com/triobsperindusurga
💘YouTube ~ Trio BS HDW
https://www.youtube.com/channel/UCMqJP7Gmwf9nDo_vDbBT3NQ

🌸🌸🌸🌸💫hdw💫🌸🌸🌸🌸

Tidak ada komentar:

Posting Komentar