Jumat, 09 Maret 2018

KANKER PAYUDARA



OLeH     : dr. Lilis Kurniah R.,M.A.R.S


بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَٰنِ الرَّحِيم

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Alhamdulillah atas kesempatan yang sudah diberikan pada saya untuk mengisi kajian malam ini.
Insyaallah kita sharing dan bertukar pengalaman tentang KANKER PAYUDARA

Semoga Allah memberkahi ilmu kita

🌷Pengertian Kanker Payudara

Payudara terbentuk dari lemak, jaringan ikat, dan ribuan lobulus (kelenjar kecil penghasil air susu). Saat seorang wanita melahirkan, Air Susu Ibu (ASI) akan dikirim ke puting melalui saluran kecil saat menyusui.

Sel-sel dalam tubuh kita biasanya tumbuh dan berkembang biak secara teratur. Sel-sel baru hanya terbentuk saat dibutuhkan. Tetapi proses dalam tubuh pengidap kanker akan berbeda.

Proses tersebut akan berjalan secara tidak wajar sehingga pertumbuhan dan perkembangbiakan sel-sel menjadi tidak terkendali. Sel-sel abnormal tersebut juga bisa menyebar ke bagian-bagian tubuh lain melalui aliran darah. Inilah yang disebut kanker yang mengalami metastasis.

Jika terdeteksi pada stadium awal, kanker dapat diobati sebelum menyebar ke bagian lain tubuh.

🌷Penderita Kanker Payudara di Indonesia

Kejadian kanker payudara di Indonesia mencapai sekitar 40 kasus setiap 100.000 penduduk pada tahun 2012, menurut data di organisasi kesehatan dunia (WHO). Dibandingkan dengan negara tetangga kita, Malaysia, kanker payudara di Indonesia lebih banyak diderita oleh wanita usia muda dan pada tahap yang lebih lanjut.

Dua di antara tiga wanita yang mengidap kanker payudara berusia di atas 50 tahun. Saat Anda menyadari adanya gejala kanker payudara, Anda dianjurkan untuk segera mengonsultasikannya ke dokter. Setelah pemeriksaan, dokter biasanya merujuk Anda ke rumah sakit untuk pemeriksaan lebih lanjut guna memastikan diagnosis.

🌐🌷🌐
🌷Gejala Kanker Payudara

Gejala pertama dari kanker payudara yang umumnya disadari adalah benjolan atau kulit yang menebal di payudara, tetapi sekitar 9 dari 10 benjolan yang muncul bukanlah disebabkan oleh kanker.

Terdapat beberapa gejala yang perlu Anda perhatikan agar bisa ditanyakan langsung kepada dokter yang menangani Anda. Contoh gejala tersebut adalah rasa sakit pada payudara atau ketiak yang tidak berhubungan dengan siklus menstruasi.

Kemunculan benjolan atau kulit payudara yang menebal serta keluarnya cairan dari puting (biasanya disertai darah) juga perlu Anda waspadai. Beberapa gejala lainnya adalah perubahan ukuran pada salah satu atau kedua payudara, perubahan bentuk puting, serta kulit payudara yang mengerut.

Anda mungkin juga akan mengalami gatal-gatal dan muncul ruam di sekitar puting Anda. Pada bagian ketiak Anda, bisa juga muncul benjolan atau pembengkakan. Tanda-tanda dan gejala di atas perlu Anda waspadai dan usahakan untuk menanyakan pada dokter untuk memastikan kondisi yang Anda alami.

🌷Penyebab Kanker Payudara

Penyebab kanker payudara belum diketahui secara pasti. Sulit untuk memastikan bahwa tiap penderita memiliki penyebab yang sama atau tidak.
Tetapi ada beberapa faktor yang dapat memengaruhi tingkat risiko terkena kanker payudara, antara lain:

1. Didiagnosis Kanker Payudara Sebelumnya
Jika Anda pernah mengidap kanker payudara atau terjadi perubahan sifat sel kanker non-invasif yang terkandung di dalam saluran payudara menjadi sel kanker invasif, Anda dapat kembali terkena kanker pada payudara yang sama atau pada payudara satunya.

2. Pengaruh Benjolan Jinak yang Pernah Dimiliki
Memiliki benjolan jinak bukan berarti Anda mengidap kanker payudara, tetapi benjolan tertentu mungkin bisa meningkatkan risiko Anda. Perubahan kecil pada jaringan payudara Anda, seperti pertumbuhan sel yang tidak lazim dalam saluran atau lobulus, bisa meningkatkan risiko Anda untuk terkena kanker payudara.

3. Pengaruh Genetika dan Riwayat Kesehatan Keluarga
Jika Anda memiliki keluarga inti (misalnya, ibu, kakak, adik atau anak) yang mengidap kanker payudara atau ovarium, risiko Anda untuk terkena kanker payudara akan meningkat.

4. Faktor Usia
Seiring bertambahnya usia, risiko kanker juga akan meningkat. Kanker payudara umumnya terjadi pada wanita berusia di atas 50 tahun yang sudah mengalami menopause. Sekitar 80 persen kasus kanker payudara terjadi pada wanita berusia di atas 50 tahun.

5. Risiko Paparan Radiasi
Risiko Anda untuk terkena kanker payudara juga bisa meningkat jika sering terpapar radiasi atau akibat prosedur medis tertentu yang menggunakan radiasi seperti rontgen dan CT scan.

6. Risiko Paparan Estrogen
Risiko terkena kanker payudara akan sedikit meningkat akibat tingkat paparan terhadap estrogen dalam tubuh.

Contoh:
Jika Anda tidak memiliki keturunan atau melahirkan di usia lanjut. Hal ini akan meningkatkan risiko kanker payudara karena paparan terhadap estrogen tidak terhalang oleh proses kehamilan.
Jika Anda mengalami masa menstruasi yang lebih lama (misalnya, mulai menstruasi sebelum usia 12 tahun atau mengalami menopause setelah usia 55 tahun).

7. Pengaruh Terapi Penggantian Hormon
Terapi penggantian hormon kombinasi memiliki risiko sedikit lebih tinggi daripada terapi penggantian hormon estrogen. Tetapi keduanya tetap dapat mempertinggi risiko terkena kanker payudara.
Di antara 1.000 wanita yang menjalani terapi hormon kombinasi selama 10 tahun, diperkirakan akan ada 19 kasus kanker payudara lebih banyak dibanding kelompok wanita yang tidak pernah menerima terapi hormon. Risiko ini juga akan meningkat seiring durasi terapi, tapi akan kembali normal setelah Anda berhenti menjalaninya.

8. Pengaruh Kelebihan Berat Badan Atau Obesitas
Kelebihan berat badan dapat menyebabkan peningkatan produksi estrogen sehingga risiko kanker payudara akan meningkat.

9. Konsumsi Minuman Keras
Sebuah penelitian telah dilakukan terhadap 200 wanita pengonsumsi minuman keras dan 200 wanita bukan pengonsumsi minuman keras.
Hasilnya menyatakan bahwa anggota kelompok pengonsumsi minuman keras bisa terserang kanker sebanyak tiga orang lebih banyak. Risiko kanker payudara akan meningkat seiring banyaknya jumlah minuman keras yang dikonsumsi.

🌐🌷🌐
🌷Diagnosis Kanker Payudara

Pada umumnya, kanker payudara didiagnosis melalui pemeriksaan rutin atau ketika penderitanya menyadari gejala-gejala tertentu yang akhirnya menjadi pendorong untuk ke dokter.
Pemeriksaan fisik saja tidak cukup untuk mengonfirmasi diagnosis kanker payudara.

Jika menemukan benjolan pada payudara Anda, dokter akan menganjurkan beberapa prosedur untuk memastikan apakah Anda menderita kanker payudara atau tidak.

🔹Mamografi
Pemeriksaan dengan mamografi umumnya digunakan untuk mendeteksi keberadaan kanker.

🔹USG
Jenis pemeriksaan ini digunakan untuk memastikan apakah benjolan pada payudara berbentuk padat atau mengandung cairan.

🔹Biopsi
Pemeriksaan ini meliputi proses pengambilan sampel sel-sel payudara dan mengujinya untuk mengetahui apakah sel-sel tersebut bersifat ganas atau tidak.
Melalui prosedur ini, sampel biopsi juga akan diteliti untuk mengetahui jenis sel payudara yang terkena kanker, keganasannya serta reaksinya terhadap hormon.

Saat didiagnosis positif mengidap kanker, Anda memerlukan sejumlah pemeriksaan lebih lanjut untuk mengetahui stadium dan tingkat penyebaran kanker.

Untuk mendeteksi kanker payudara secara dini, kita bisa melakukan SADARI

6 Langkah Periksa Payudara Sendiri untuk Mendeteksi Kanker Payudara

Pemeriksaan Payudara Sendiri (SADARI) dapat dilakukan oleh wanita siapa pun setelah berusia 20 tahun. Saat yang paling tepat untuk melakukan pemeriksaan ini adalah pada hari ke 5-7 hari setelah menstruasi, saat payudara tidak mengeras, membesar, atau nyeri lagi. Untuk wanita yang telah menopause, atau tidak menstruasi lagi, mereka dapat melakukannya kapan saja, dan disarankan untuk memeriksanya sendiri setiap awal atau akhir bulan.

Yuk, simak langkah-langkah melakukan SADARI!

1. Mulailah pemeriksaan dengan mengamati bentuk payudara di cermin.
Pastikan bahu lurus sejajar, dan letakkan tangan di pinggang. Perhatikan bentuk, ukuran, dan warnanya. Kelainan yang mungkin ditemukan seperti kerutan, benjolan, lekukan, posisi puting yang tidak normal, atau struktur kulit yang tidak normal (merah, kasar, berkerut), atau bahkan nyeri.

2. Angkatlah kedua lengan untuk melihat kelainan bentuk payudara lagi.
Lihatlah apakah kedua payudara terangkat bersama-sama.

3. Dengan menggunakan ujung jari, tekan perlahan permukaan payudara dan rasakan apakah ada benjolan.
Rabalah sesuai dengan pola berikut: melingkar, dari atas ke bawah, dari tengah ke samping, sampai area ketiak. Lakukan langkah ini pada kedua payudara.

4. Selain pola melingkar, kamu juga bisa melakukan pola diagonal.

5. Peras puting secara perlahan, lihatlah apakah ada keluar cairan berwarna putih, atau kekuningan, atau bahkan darah.

6. Selain dengan berdiri, kamu juga dapat memeriksanya dalam keadaan berbaring. Ganjallah separuh punggung (sisi payudara yang mau diperiksa) dengan bantal. Taruhlah tangan dibelakang kepala. Lalu gunakan ujung jari tangan Anda yang berlawanan untuk memeriksa.

🌐🌷🌐
🌷Pencegahan Kanker Payudara

Pencegahan secara total untuk kanker payudara sulit diketahui karena penyebab kanker ini belum diketahui dengan pasti. Tetapi ada beberapa langkah yang dapat kita lakukan untuk menurunkan risiko kanker payudara.

Langkah utamanya adalah dengan menerapkan gaya hidup yang sehat.
Misalnya mengurangi konsumsi makanan berlemak, menjaga berat badan yang sehat dan ideal, teratur berolahraga, serta membatasi konsumsi alkohol. Cara-cara tersebut tidak hanya bisa menurunkan risiko kanker payudara, tapi juga mencegah berbagai penyakit lain.

Selain gaya hidup, penelitian juga menunjukkan bahwa wanita yang pernah menyusui memiliki risiko lebih rendah untuk terkena kanker payudara. Hal ini mungkin terjadi karena masa ovulasi mereka menjadi tidak rutin saat sedang menyusui sehingga tingkat estrogen tetap stabil.

🔹Penanganan dengan obat-obatan.
Dua jenis obat yang tersedia untuk wanita dengan risiko tinggi terkena kanker payudara adalah tamoksifen dan raloksifen. Wanita yang sudah mengalami menopause dapat menggunakan kedua obat ini, sementara wanita yang belum menopause hanya dianjurkan untuk menggunakan tamoksifen. Jika Anda pernah atau memiliki risiko mengalami penggumpalan darah atau kanker rahim, kedua obat ini juga kemungkinan tidak cocok.

Bagi Anda yang ingin memiliki anak, dokter biasanya akan menganjurkan untuk berhenti meminum tamoksifen setidaknya dua bulan sebelum mencoba untuk hamil karena obat ini akan memengaruhi perkembangan janin. Tamoksifen juga dapat meningkatkan risiko penggumpalan darah, jadi Anda sebaiknya berhenti meminumnya pada enam minggu sebelum operasi.

🔹Mastektomi
Selain untuk menangani kanker payudara, mastektomi juga digunakan untuk menurunkan risiko kanker payudara pada wanita yang berisiko tinggi akibat riwayat keturunan. Operasi ini bisa menurunkan risiko kanker payudara hingga 90%, namun tetap memiliki risiko komplikasi.

Pengangkatan payudara juga mungkin dapat menurunkan kepercayaan diri pasien secara signifikan. Di samping operasi plastik, rekonstruksi payudara yang dilakukan bersamaan atau setelah mastektomi, Anda juga memiliki alternatif lain, yaitu payudara palsu yang dapat digunakan di dalam bra.


🌷🌷🌷🔹🔹🔹🌷🌷🌷
        💎TaNYa JaWaB💎

0⃣1⃣ ELva
Benjolan di ketiak yang seperti apa yang merupakan gejala kanker payudara, kalau seperti jerawat apakah termasuk? Apakah Sakit payudara sebelum haid itu normal atau tidak?

🌐Jawab:
Benjolan di ketiak bila disebabkan adanya kanker payudara adalah bila di payudara juga sudah ada benjolan yang diduga sebagai kanker payudara.
Karena benjolan di ketiak ini biasanya akibat reaksi radang oleh kanker sehingga kelenjar di ketiak juga membengkak.
Kalau seperti jerawat, merah dan sakit biasanya itu gejala radang seperti bisul. Apalagi tidak ada benjolan di payudaranya maka bengkak di ketiak bukan gejala kanker.

Sakit payudara sebelum haidh adalah reaksi normal karena pengaruh hormon, terasa sakit dan seperti bengkak.

0⃣2⃣ Dii
Dok, saya sudah melahirkan dan alhamdulillah menyusui. Terkadang puting saya itu gatal sekali. Dan area puting yang hitam kenapa ada seperti bentol gigitan nyamuk ya? Apakah normal dok. Sedang saya sekarang sudah melepas bra ketika di rumah.

🌐Jawab:
Puting gatal bisa disebabkan pengaruh hormon atau juga karena lembab pada bra dan kulit payudara, bisa dibasuh dengan air hangat setiap habis menyusui atau bila air susu berlebihan keluar.
Benjolan seperti gigitan nyamuk asal tidak merah dan tidak sakit normal saja bunda, karena saat menyusui seluruh kelenjar yang ada di payudara memang membesar karena produksi ASI nya.

🌷Afwan dok, itu maksudnya pernah menyusui. Anak saya sudah 8 tahun sekarang.

🌐Ooo sudah 8 tahun yang lalu yaa.
Puting gatal kemungkinan pengaruh hormon, biasanya menjelang haid dan haid hari-hari pertama.
Bila sering sekali gatal waspada alergi terhadap bahan bra misalnya, jangan dari bahan nilon dan kurang menyerap keringat.

0⃣3⃣ Erna
Satu setengah tahun lalu pernah di operasi payudara, ada benjolan didekat puting berdiameter 4 cm. Sudah diangkat dan Alhamdulillah merupakan tumor jinak. Tapi sekarang itu ada rasa was-was dok soalnya suka ada rasa sakit dan panas dibekas operasi itu?? Itu bagaimana??

🌐Jawab:
Tumor jinak pada payudara sering kali tumbuh berulang, walaupun sudah dioperasi suka timbul lagi. Jadi sebaiknya waspada dan rutin melakukan SADARI.
Insyaallah jinak benjolannya ya mbak.
Sakit pada bekas operasi kemungkinan efek dari luka opetasi yang bisa saja meradang, asalkan tidak ada cairan yang keluar dari luka tersebut tidak apa-apa mbak. Dan tidak sakit.

🌷Usia saya 22 dok dan belum menikah. Terus untuk rasa panas yang sering muncul itu tidak apa-apa dok. Apa perlu saya periksa kembali ke dokter bedah yang dulu mengoprasi?

🌐Untuk pastinya lebih baik kontrol kembali mbak.
Tapi bila di luka operasi tidak ada tanda merah, keluar cairan atau sakit tidak apa-apa.
Tapi bila panasnya dan sakitnya sangat mengganggu sebaiknya kontrol lagi.

🌷Dokter saya dioperasinya itu kemrin pas melingkari dekat puting, nah dari awal memang putingnya itu tidak tumbuh kata dokter karena terhalangi tumor itu. Nah sekarang tumornya sudah diangkat tapi putingnya masih belum tumbuh malah semakin kedalam. Apa nantinya tidak bisa menyusui dok payudara yang bekas operasi ini?

🌐Berarti dulu putingnya tidak tumbuh karena tertarik tumor.
Sekarang putingnya tambah kedalam karena tertarik jaringan ikat bekas operasi.

Menyusui sebetulnya bukan dari puting.
Jadi masih bisa menyusui nanti insyaallah, karena posisi menyusui yang benar adalah yang masuk ke dalam mulut bayi seluruh area hitam pada payudara atau disebut areola mammaenya mbak.
Jadi walaupun putingnya kecil atau masuk ke dalam masih bisa menyusui.

0⃣4⃣ ELva
Kalau ukuran payudara yang tidak sama itu bagaimana dok?

🌐Jawab:
Ukuran payudara tidak sama itu antara kiri dan kanan tidak simetris mbak.
Pada kanker payudara karena ada benjolan yang berakar di dalam payudaranya biasanya payudara terlihat lebih kencang dari pada yang sebelahnya dan terlihat lebih besar karena pengaruh benjolan dan tarikan dari kankernya.

0⃣5⃣ Eyang Jenni
February 2015 saya stroke, sewaktu pemeriksaan di igd rspad ditemukan benjolan di payudara saya yang kanan, yang selama ini saya sendiri tidak mengetahui karena tidak terasa sakit sama sekali lalu saya ke rs dharmais dan operasi pengangkatan tumornya dengan rencana mastektomi namun tidak jadi dilakukan mastektomi nya hanya pengangkatan tumornya saja yang bentuknya aneh jadi banyak jaringan yang ikut di angkat dan payudara saya jadi lebih kecil dari yang kiri.

Pertanyaan saya mengapa sekarang jadi sakit sampai ke tengah puting saya ya dok yang dulunya tidak sakit sama sekali dan payudara yang kiri tidak sakit sama sekali!
Terima kasih dokter.

🌐Jawab:
Berarti benjolannya kemungkinan ganas ya eyang, tapi karena terdeteksi cepat masih stadium kecil sehingga cukup dengan pengangkatan benjolan.
Rasa sakit yang timbul karena memang efek dari pengangkatan jaringan yang lumayan luas di payudaranya eyang. Jadi ada syaraf yang kemungkinan juga terkena.
Payudara kiri karena tidak ada tindakan apapun sehingga tidak sakit eyang.

🌷Terima kasih dr. Lilis atas jawabannya, memang sewaktu di usg dan mri dinyatakan myola namanya kalau tidak salah ingat, semoga akan baik-baik saja yang awal nya kontrol 3 hari lalu 1 minggu lalu 2 minggu lalu 1 bulan dan akhirnya sekarang sudah 1 tahun kemudian kontrolnya semoga saja lebih baik lagi.

🌐Aamiiinnn semoga tidak akan muncul lagi bibit kankernya ya eyang.
Insyaallah sehat teruuss.

Teman saya kuliah di kedokteran ada 2 yang terdiagnosa kanker payudara.
Ya satu terdiagnosa 4 tahunan lalu, kemudian kemoterapi dan terapi sinar, setelah 12 bulan terapi alhamdulillah sehat.
Tahun lalu terdeteksi lagi kankernya tumbuh lagi.
Terapi lagi 12 bulan lagi dan sekarang alhamdulillah sehat.

Teman yang satunya memilih terapi alternatif dengan rompi pembasmi kanker.
Tapi tidak tertolong.
2 tahun yang lalu beliau mendahului kami.

0⃣6⃣ Apriyani
Dokter... Teman saya habis operasi kanker payudara, selang 1 tahun terdeteksi kanker serviks, menurut dokter yang di indonesia, operasi kanker payudara di malaysia belum bersih jadi akar akarnya muncul di penyakit lain... apa benar begitu dok? Sekarang teman saya jalani terapi kanker serviks!

🌐Jawab:
Kemungkinan bisa 2:

1. Kanker payudaranya yang dioperasi duluan merupakan kanker utamanya, kemudian karena ada penyebaran melalui darah atau kelenjar getah bening, sel kankernya menyebar atau disebut metastase ke cervix.
Sehingga yang di cerviks sekarang merupakan sebaran dari payudara yang dibilang kurang bersih tadi. Tapi sebetulnya dokternya tidak salah, karena kadang sel kanker ini menyebar tapi tidak terlihat oleh mata dan alat deteksi kedokteran kalau masih di awal.

2. Kemungkinan ke 2
Sebenarnya yang di payudara adalah metastase atau penyebaran dari cervix. Tapi karena gejalanya yang terdeteksi duluan yang di payudara maka dianggap payudaranya utama.

0⃣7⃣ iFY
Dokter, saya ada benjolan kecil di payudara deket ketiak.
Sudah hampir 1 bulan ke 2 payudara sakit seperti bengkak sakit sekali sampai-sampai sering pusing dan mual terus.
Kemarin periksa katanya tumor jinak dan harus diambil, bahayakah jika di biarkan? Apa beresiko untuk kedepannya mohon penjelasannya dokter!
Jazakillahi khoir

🌐Jawab:
Bila jinak insyaallah tidak berbahaya mbak.
Kalau dibiarkan tentu gejala yang mbak rasakan pusing dan mualnya tidak hilang. Kemungkinan pengaruh hormonal juga sehingga timbul gejala pusing dan mual.
Tumor jinak di payudara juga seringkali lebih dari 1 dan sering timbul lagi, sehingga kalau banyak tentu sangat mengganggu dan sakit.

0⃣8⃣ Eyang Jenni
Di usia saya yang 63 tahun mungkinkah tumbuh lagi tumor nya, saya pun sudah di histerektomi total di usia 32 tahun dok dan juga ada tumor lumayan besarnya sebesar ketimun di selangkangan yang juga tidak terasa kalau ada tumor disitu hanya saja saya kenyang terus karena tumornya mendesak ke usus ke atas!
Terima kasih dr. Lilis

🌐Jawab:
Bila sudah menopause biasanya kemungkinan kecil tumbuh tumor kembali bunda.
Tapi karena riwayat bunda yang berulang tumbuh tumor sebaiknya bunda rajin cek up untuk kemungkinan tumbuh tumor baru.
Kalau yang di paha benjolannya masih ada? Apakah kadang hilang kadang timbul?

🌷Yang di selangkangan sudah di ambil dok sudah di operasi waktu itu sampai saya tidak bisa jalan selama 1 tahun, ada yang lupa di usus besar juga sudah di operasi dok ada kecil-kecil di beberapa tempat sampai saya pun tidak berani jajan selalu masak sendiri, lebih baik saya masak untuk orang lain terus jadi jualan makanan sehat deh saya.

🌐Kemungkinan menyebar dari tumor utamanya ke organ di sekitarnya.
Sering sering cek up ya bunda.
Supaya kalau ada benjolan baru cepat terdeteksi.

🌷Baik dr. Lilis, untuk akibat strokenya saja setiap 2 minggu sekali saya ke rumah sakit dok untuk kontrol ke dokter syaraf dan dapat obat lanjutan lagi, yang sekarang saya tidak tahan sakitnya kepala saya dan payudaranya, untuk strokenya saya sudah operasi untuk pasang ring di leher saya hanya sebelah kiri yang kanan tidak bisa diselamatkan.

🌐Berarti selalu konsumsi obat penghilang nyeri ya bunda?
Hati hati lambung nya.
Banyak minum juga untuk jaga ginjal.
Semoga segera pulih ya bunda.

0⃣9⃣ ELva
Tidak ada gejala-gejala kanker payudara tapi payudara ukurannya tidak sama (besar sebelah) nah itu bagaimana dok?

🌐Jawab:
Sebagian wanita memang tidak sama ukurannya, apalagi kalau sudah pernah menyusui. Kadang ibu lebih dominan menyusui di payudara kiri saja. Sehingga ukuran payudara jadi berubah dan tidak sama.
Tapi ini masih normal selama tidak ada keluhan nyeri atau benjolan.
Kalau pada kanker karena perbedaan ukurannya disebabkan tumornya menarik kulit payudara ke dalam sehingga payudara yang ada kankernya lebih kencang karena tertarik ke belakang dan kulit payudaranya seperti gambaran kulit jeruk.
Ini disebut peau d'orange.
Karena kulit payudara tertarik ke belakang.

1⃣0⃣ Ummu Hafshoh
Ibu menyusui bisakah terkena kanker payudaara?
Dan perempuan yang terkena kanker payudara bolehkah menyusui anaknya?

🌐Jawab:
Bisa bunda,
Dulu saya dapat pasien ibu menyusui tapi karena sebelah payudaranya jarang disusukan, lebih banyak yang sebelahnya yang disusukan sehingga air susunya menumpuk di payudara sebelah dan bengkak lalu infeksi.
Kemudian bayinya masih kurang dari 6 bulan infeksi tersebut berkembang jadi kanker payudara.

Perempuan dengan kanker payudara biasanya tidak bisa lagi menyusui karena sakit sekali di payudaranya.
Tapi ASI dari payudara yang kanker bila terminum oleh bayi tidak apa-apa.

1⃣1⃣ Ummu Hafshoh
Satu lagi bu dokter.
Saya busui Tapi payudara kadang sakit itu kenapa ya? Sakitnya bukan karena lecet, Tapi lebih ke rasa agak nyeri!

🌐Jawab:
Nyerinya bisa disebabkan karena air susunya produksinya banyaaak sekali sehingga ada sisa ASI yang masih di dalam payudara dan bengkak.
Jadi lebih sering disusukan saja supaya payudara ibu kosong.

🌷Produksinya biasa saja itu bu dokter dan tidak terasa bengkak.

🌐Berarti nyerinya bukan karena radang air susu ya bu.
Tapi karena syaraf atau otot di payudara yang berubah kondisinya dari sebelumnya kosong menjadi terisi ASI dan juga pengaruh hormon juga.

1⃣2⃣ iNdah
1. Kalau tumor fibroid apakah bisa disembuhkan bu?

2. Jika di bawah ketiak ada benjolan bisa bergerak dan sakit hanya kalau agak ditekan itu tumor atau kelenjar ya Bu dokter?

🌐Jawab:
1. Tumor fibroid bisa disembuhkan tapi dengan operasi bu.

2. Di ketiak ada benjolan bisa kelenjar bisa tumor.
Tapi kelenjar biasanya tidak bergerak.
Kalau bergerak kemungkinan tumor.
Bila sakit kemungkinan tumornya radang, sebaiknya di cek untuk diangkat atau biopsi.


🌷🌷🌷🔹🔹🔹🌷🌷🌷
💎CLoSSiNG STaTeMeNT 💎

Kanker payudara dan cerviks adalah kanker terbanyak yang terjadi pada wanita. Tetapi semakin dini terdeteksi maka angka kesembuhannya semakin tinggi.

Sehingga sering seringlah melakukan SADARI ya bunda dan mbak.
Untuk kanker cervix rutin papsmear setahun sekali.

Semoga kita semua selalu diberi kesehatan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar