Jumat, 09 Maret 2018

REMAJA DAN SEKS BEBAS



OLeh   : Bunda Heradini F

بسم الله الرحمن الرحيم
السلا م عليكو م و ر حمت الله و بر كا ته

إِنَّ الْحَمْدَ لِلَّهِ نَحْمَدُهُ وَنَسْتَعِيْنُهُ وَنَسْتَغْفِرُهْ وَنَسْتَهْدِيْه
ِ وَنَعُوذُ بِاللهِ مِنْ شُرُوْرِ أَنْفُسِنَا وَمِنْ سَيِّئَاتِ أَعْمَالِنَا، مَنْ يَهْدِهِ اللهُ فَلاَ مُضِلَّ لَهُ وَمَنْ يُضْلِلْ فَلاَهَادِيَ لَهُ. أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ الله وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ. اَللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَمَنِ اهْتَدَى بِهُدَاهُ إِلَى يَوْمِ الْقِيَامَةِ.

Alhamdulillah kita panjatkan kehadirat ALLOH SWT atas segala rahmat, nikmat dan karuniaNya sehingga kita bisa bertemu kembali berkumpul bersilaturahmi di majelis ilmu yang in sya ALLOH diberkahi dalam ikhtiar keilmuan kita yang terbatas untuk lebih baik lagi dalam bertaqarrub kepada ALLOH, meluruskan niat, menguatkan Azzam berdakwah dalam komunitas ini, memaksimalkan potensi dakwah, menjalankan tugas kita sebagai khalifah didunia yang fana ini.

Shalawat dan salam kita haturkan pd baginda Nabi besar Muhammad SAW, manusia berahklak paling mulia, uswatun hasanah kita, dan inspirasi hidup kita sebagai seorang muslim. Semoga sosok beliau bisa terus memotivasi kita untuk terus menjadi pribadi yang selalu berjuang menjadi lebih baik.. Aamiin yaa robbal'alamiin,,,

Alhamdulillah kita bersua lagi dalam majlis ilmi ini.
Semoga kebersamaan kita dalam majlis dalam memberi dampak signifikan pada perubahan perilaku kita dan orang-orang disekitar kita.
Aamiin

Tema kita malam hari ini adalah :
💘REMAJA DAN SEKS BEBAS


Terjadinya seks bebas di kalangan remaja dan mahasiswa dikarenakan banyak faktor, yang paling utama adalah pesatnya perkembangan jaman, hal tersebut membuat pergaulan menjadi bebas, sehingga banyak remaja dan mahsiswa yang bergaul tanpa batasan dan etika. Salah satu contohnya dalam berpacaran. Para remaja dan mahasiswa berpacaran tidak mempunyai batasan serta etika sehingga dalam berpacaran lebih banyak dampak negative dibandingkan dampak positif seperti halnya seks bebas. Persepsi yang salah tentang seks bebas menyebabkan mereka berfikir bahwa melalui seks bebaslah tersalurnya cinta dan kasih sayang. Pergaulan remaja yang bebas sebenarnya dikarenakan oleh segala macam perkembangan yang di salah artikan oleh remaja itu sendiri maupun lingkungannya. Seks bebas menyebabkan para remaja kehilangan bangku sekolahnya, sama halnya juga para mahsiswa yang terpaksa berhenti kuliah karna hamil diluar nikah. Selain itu, hamil diluar nikah dapat berujung pada pengguguran janin, baik melalui aborsi ataupun bunuh diri karena tidak siapnya menerima kenyataan (hamil diluar nikah) tersebut.

Yang terpenting sebenarnya adalah bagaimana remaja dapat menempatkan dirinya sebagai remaja yang baik dan benar sesuai dengan tuntutan agama dan norma yang berlaku di dalam masyarakat serta dituntut peran serta orang tua dalam memperhatikan tingkah laku dalam kehidupan sehari-hari anaknya, memberikan pendidikan agama, memberikan pendidikan seks yang benar. Oleh sebab itu permasalahan ini merupakan tugas seluruh elemen bangsa tanpa terkecuali. Usaha untuk pencegahan sudah semestinya terus dilakukan untuk menyelamatkan generasi muda kita. Agar lebih bermoral, agar lebih bisa diandalkan untuk kebaikan negara ke depan.


Yuk kita urai satu per satu definisinya

🔷REMAJA
Remaja adalah masa peralihan dari kanak-kanak ke dewasa. Para ahli pendidikan sependapat bahwa remaja adalah mereka yang berusia antara 16 tahun sampai dengan 24 tahun. Seorang remaja sudah tidak lagi dapat dikatakan sebagai kanak-kanak, namun masih belum cukup matang untuk dapat dikatakan dewasa. Mereka sedang mencari pola hidup yang paling sesuai baginya dan inipun sering dilakukan melalui metode coba-coba walaupun melalui banyak kesalahan. Kesalahan yang dilakukan sering menimbulkan kekhawatiran serta perasaan yang tidak menyenangkan bagi lingkungan dan orang tuanya. Sedangkan mahasiswa sudah bisa dikatakan cukup dewasa.

🔷Apa itu SEKS BEBAS ???
Seks bebas merupakan hubungan yang dilakukan oleh laki-laki dan perempuan tanpa adanya ikatan perkawinan. Kita tentu tahu bahwa pergaulan bebas itu adalah salah satu bentuk perilaku menyimpang, yang mana “bebas” yang dimaksud adalah melewati batas-batas norma yang ada. Masalah seks bebas ini sering kita dengar baik di lingkungan maupun dari media massa. Remaja adalah individu labil yang emosinya rentan tidak terkontrol oleh pengendalian diri yang benar.
Kurangnya keimanan, masalah keluarga, kekecewaan, pengetahuan yang minim, dan ajakan teman-teman yang bergaul bebas membuat makin berkurangnya potensi generasi muda Indonesia dalam kemajuan bangsa. Padahal Generasi muda adalah tulang punggung bangsa, yang diharapkan di masa depan mampu meneruskan tongkat estafet kepemimpinan bangsa ini agar lebih baik. Dalam mempersiapkan generasi muda juga sangat tergantung kepada kesiapan masyarakat yakni dengan keberadaan budayanya.

🌷🌸🌷
🔷Berikut Beberapa faktor yang mendorong para remaja untuk melakukan seks bebas adalah sebagai berikut:

1.      Karena kehidupan iman yang rapuh.
Kehidupan beragama yang baik dan benar ditandai dengan pengertian, pemahaman dan ketaatan dalam menjalankan ajaran-ajaran agama dengan baik tanpa dipengaruhi oleh situasi kondisi apapun. Seseorang dapat melakukan seks bebas karena kurangnya keimanan dalam dirinya. Oleh sebab itu sejak dini para remaja dan mahasiswa harus meningkatkan pengetahuan tentang agamanya sendiri, karena agama adalah tumpuan bagi hidup kita. Jika pengetahuan tentang agama saja minim, apalagi pengetahuan diluar agama tentu sangat minim.

2.      Kurangnya perhatian orang tua.
Orang tua sangat berperan penting dalam kehidupan seorang anak. Perhatian orang tua sangat diperlukan oleh seseorang karena orang tualah yang paling dekat dengannya. Bimbingan orang tua sangat berpengaruh pada tingkah laku seseorang. Apabila orang tua kurang memberi pengarahan serta pengetahuan maka seorang anak akan mudah terjerumus dalam kebiasaan berseks bebas.
Tetapi ada juga anak yang memang memiliki kepribadian buruk, walaupun orang tuanya sudah memberikan perhatian yang cukup serta pengarahan yang cukup pula, anak yang tergolong memiliki kepribadian buruk akan senantiasa tidak mendengarkan perkataan orang tuanya. Hal tersebut akan meninggalan penyesalan pada akhir perbuatan remaja atau mahasiswa tersebut.

3.      Lengkapnya fasilitas.
Fasilitas yang lengkap akan mempermudah seseorang untuk dapat melakukan seks bebas. Tetapi tergantung pada diri masing-masing, jika mampu menggunakan fasilitas yang diberikan orang tua dengan baik maka hal tersebut tidak akan terjadi. Jika seorang remaja atau mahsiswa memiliki fasilitas yang mendukung utnuk mereka melakukan seks bebas seperti rumah yang nyaman dari perhatian warga, maka perlakuan seks bebas akan mudah sekali terjadi.

Contohnya seperti kontrakan-kontrakan bebas yang biasa digunakan oleh para remaja dan mahasiswa untuk melakukan seks bebas. Keadaan rumah yang selalu kosong juga dapat menjadi tempat seorang remaja atau mahasiswa melakukan seks bebas, oleh karena itu jangan biarkan si anak berduaan dirumah.

4.      Tekanan dari seorang pacar.
Karena kebutuhan seorang untuk mencintai dan dicintai, seseorang harus rela melakukan apa saja terhadap pasangannya, tanpa memikirkan resiko yang akan dihadapinya. dalam hal ini yang berperan bukan saja nafsu seksual, melainkan juga sikap memberontak terhadap orang tuanya. Remaja lebih membutuhkan suatu hubungan, penerimaan, rasa aman, dan harga diri selayaknya orang dewasa, dan pemikiran seperti itu sangat banyak dijumpai.

5.      Pelampiasan diri.
Faktor ini tidak hanya datang dari diri sendiri, misalnya karena terlanjur berbuat, seorang remaja perempuan biasanya berpendapat sudah tidak ada lagi yang dapat dibanggakan dalam dirinya, maka dalam pikirannya tersebut ia akan merasa putus asa dan mencari pelampiasan yang akan menjerumuskannya dalam pergaulan bebas seperti seks bebas.

6.      Kurangnya pengetahuan tentang seks bebas.
Karena menganggap bahwa hubungan seks bebas adalah bentuk penyaluran kasih sayang dalam sebuah hubungan berpacaran. Kebanyakan dari mereka merasa tanpa seks kegiatan pacaran mereka tidak efektif, padahal pemikiran seperti itu adalah bentuk bujuk rayu setan. Tidak sedikit para remaja juga para mahasiswa berfikiran seperti itu.

7.      Rasa ingin tahu tentang sesuatu yang berbau seksual.
Pada usia remaja keingintahuannya begitu besar terhadap seks, apalagi jika teman-temannya mengatakan bahwa terasa nikmat, ditambah lagi adanya infomasi yang tidak terbatas masuknya, maka rasa penasaran tersebut semakin mendorong mereka untuk lebih jauh lagi melakukan berbagai macam percobaan yang tanpa mereka sadari bahwa percobaan tersebut berbahaya.

8.      Tontonan yang tidak mendidik.
Akibat atau pengaruh mengonsumsi berbagai tontonan bagi remaja sangat besar. Apa yang merka tonton, berkorelasi secara positif dan signifikan dalam membentuk perilaku mereka, terutama tayangan film dan sinetron, baik film yang ditonton di layar kaca maupun film yang ditonton di layar lebar. Acara televisi begitu berjibun dengan tayangan yang bikin ‘gerah’, Video klip lagu dangdut saja, saat ini makin berani pamer aurat dan adegan-adegan yang bisa meningkatkan  gairah para lelaki. Belum lagi tayangan film yang bikin otak remaja teracuni dengan pesan sesatnya.

Ditambah lagi, maraknya tabloid dan majalah yang memajang gambar sekitar wilayah dada, dan buka paha tinggi-tinggi, serta gambar yang tidak layak dilihat lainya. Konyolnya, pendidikan agama di sekolah-sekolah ternyata tidak menggugah kesadaran remaja untuk kritis dan inovatif. Oleh sebab itu sebaiknya tontonan yang mendidiklah yang harus diberika pada seorang anak sejak dini sehingga kelak saat remaja menjadi remaja yang baik.

9.      Pergaulan bebas.
Pergaulan bebas yang melewati batas seperti dugem, minum-minuman keras dan sebagainya akan berujung pada seks bebas. Karena pergaulan bebas dapat menyebabkan seseorang lupa diri, merasa tidak modern jika tidak mengikuti tren yang akan berujung pada seks bebas. Yang pada dasarnya pemikiran seperti itu sangat salah.

10.  Masa remaja terjadi kematangan biologis.
Seorang remaja sudah dapat melakukan fungsi reproduksi sebagaimana layaknya orang dewasa sebab fungsi organ seksualnya telah bekerja secara normal. Hal ini membawa konsekuensi bahwa seorang remaja akan mudah terpengaruhi oleh stimuli yang merangsang gairah seksualnya, misalnya dengan melihat film porno, cerita cabul, dan gambar-gambar erotis.

Kematangan biologis yang tidak disertai dengan kemampuan mengendalikan diri cenderung berakibat Negatif, yakni terjadi hubungan seksual pranikah dimasa pacaran. Sebaliknya kematangan biologis yang disertai dengan kemampuan mengendalikan diri akan membawa kebahagian remaja dimasa depannya sebab ia tidak akan melakukan hubungan seksual pranikah.

11.  Rendahnya pengetahuan tentang bahaya seks bebas.
Sehingga mereka beranggapan bahwa seks bebas adalah suatu hal yang wajar bagi pergaulan mereka. Faktor pengetahuan yang minim ditambah rasa ingin tahu yang tinggi, kurangnya pengetahuan akan dampak dan akibat akan hal yang kita lakukan dapat memudahkan kita terjerumus ke dalam hal hal yang negatif. Pada umumnya kita sebagai seorang remaja memiliki rasa ingin tahu yang sangat tinggi, apabila menemukan atau melihat suatu hal yang baru maka otomatis kita akan ingin merasakannya atau mencobanya.

🌷🌸🌷
🔷Langkah-lagkah apa yang perlu dilakukan agar tidak terjerumus ke dalam seks bebas ???

1)      Kepada pihak orang tua, berikan semua yang terbaik untuk anak tetapi tetap memperhatikan dalam membimbing dan mengarahkan remaja dengan dalam memberikan pandangan yang benar mengenai persepsi pacaran agar terhindar dari seks bebas.

2)      Kepada generasi muda agar menetapkan tujuan dan arah hidup yang jelas, belajar lebih mengenal diri sendiri, meningkatkan ke imanan dan ketakwaannya dengan mengisi kegiatan yang bermanfaat serta bergaul dengan teman secara benar sehingga dapat terhindar dan terjerumus pada perilaku seks bebas. Tingkatkanlah pengetahuan tentang segala perkembangan dengan tetap meningkatkan pula keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa.

3)      Kepada para remaja baik pelajar maupun mahasiswa agar selain belajar juga ikut ambil bagian dalam kegiatan yang positif dan kreatif dalam rangka menyalurkan energi yang berlebih sehingga tidak mengarah pada penyaluran dorongan bilogis secara langsung, misalnya dengan kegiatan. Keolahragaan, pecinta alam, dan kegiatan-kegiatan lain yang bersifat mengembangkan potensi dan bakat masing-masing.


🔷PENUTUP
Tidak ada satu agama pun yang mewajibkan pengikutnya untuk melakukan seks diluar nikah, Pandangan dari berbagai agama mengenai seks bebas pastilah negatif terlebih lagi di agama islam. Dibuktikan dengan Firman Allah SWT : “Dan janganlah kamu mendekati zina; sesungguhnya zina itu adalah suatu perbuatan yang keji. Dan suatu jalan yang buruk.” (Q.S. Al-Isra’: 32)

Dan pernyataan yang menyatakan bahwa perbuatan zina termasuk dosa besar setelah syirik dan pembunuhan, dan termasuk kekejian yang membinasakan dan kejahatan yang mematikan. Rasulullah SAW bersabda: “Tidaklah suatu dosa setelah syirik yang lebih besar di sisi Allah dari setetes air mani yang diletakkan seorang lelaki pada rahim yang tidak dihalalkan baginya.”

Adapun hukumannya yang diterapkan di agama Islam adalah dengan menegakkan hukuman bagi pelaku zina baik laki-laki maupun perempuan yang sudah menikah berupa rajam dengan lemparan batu hingga meninggal agar seluruh anggota tubuhnya merasakan siksaan itu sebagai hukuman bagi keduanya. Keduanya dilempar dengan batu sebagai gambaran bahwa mereka telah menghancurkan suatu rumah tangga, maka keduanya dirajam dengan menggunakan batu-batu dari bangunan yang telah mereka hancurkan itu. Bila keduanya belum berkeluarga, maka mereka dicambuk sebanyak 100 kali dengan cambukan yang paling keras dan dibuang dari negeri asalnya selama satu tahun. Di Indonesia tidak dapat memberlakukan hukum rajam karena indonesia merupakan negara yang domokrasi, hukum rajam berlaku di negara islami seperti arab.

Sekuat-kuatnya mental seorang remaja untuk tidak tergoda pola hidup seks bebas, kalau terus-menerus mengalami godaan dan dalam kondisi sangat bebas dari kontrol, tentu suatu saat akan tergoda pula untuk melakukannya. Godaan semacam itu terasa lebih berat lagi bagi remaja yang memang benteng mental dan keagamaannya tidak begitu kuat. Saat ini untuk menekankan jumlah pelaku seks bebas-terutama di kalangan remaja-bukan hanya membentengi diri mereka dengan unsur agama yang kuat, juga dibentengi dengan pendampingan orang tua dan selektivitas dalam memilih teman-teman. Karena ada kecenderungan remaja lebih terbuka kepada teman dekatnya ketimbang dengan orang tua sendiri. Selain itu, sudah saatnya di kalangan remaja diberikan suatu bekal pendidikan kesehatan reproduksi di sekolah-sekolah, namun bukan pendidikan seks secara vulgar.

Melihat fakta yang terjadi di sekitar kita, banyak para pemuda dan pemudi yang mengaku dirinya muslim tetapi mereka melakukan perbuatan zina. Jika hal ini dibiarkan, maka akan sangat berabahaya bagi kelanjutan da’wah Islam. Betapa sedihnya jika umat Islam yang begitu besar tetapi akhlak para pemudanya penuh dengan kebobrokan. Naudzubillahi min zaalik. Padahal Islam telah menetapkan dan mengatur batas-batas dalam pergaulan bebas diantaranya dengan menjaga dengan pandangan mata dan memelihara kehormatan (tarji).

🔷Solusi Islam dalam penanggulangan seks bebas yaitu:

◼Memberikan hukuman yang berat seperti yang telah disampaikan sebelumnya sehingga manusia merasa takut untuk berbuat zina.
◼Memberikan suatu ketetapan yang mampu memberitahukan kedalam hati nurani kita bahwa berzina itu salah dan akan menimbulkan malapetaka.
◼Memberikan saran agar menjaga hawa nafsu dengan puasa sunnah.

Demikian uraian tentang remaja dan seks bebas malam ini.
Selanjutnya saya serahkan kepada momod kajian ini.
Silakan.....


🌸🌸🌸🌟🌟🌟🌸🌸🌸
        💎TaNYa JaWaB💎

0⃣1⃣ Serra
Assalamualaikum. 
Bagaimana menjelaskan singkat padat juga jelas kepada yang remaja labil?

🌷Jawab :
Waalaikum salam mba serra.
Menjelaskan tentang apa? Seks bebas?
Pertama jelaskan pondasinya dulu. Tentang adab pergaulan. Apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan oleh anak remaja.
Perlu juga sih diberi penjelasan singkat tentang pendidikan seks. Bukan masalah apakah ini tabu atau tidak.
Yang menjelaskan tentu ahlinya.
Misal dokter yang diundang kesekolah (sekolahku pernah melakukan hal ini).
Lewat film yang diputar.
Alhamdulillah anak-anak faham.
Namun yang lebih penting dari itu semua adalah pondasi agama yang kuat.

0⃣2⃣ Fatma
Adakah tanda-tanda jika seorang remaja telah melakukan seks bebas ?

🌷 Jawab :
Mbak fatma sholehah.

Tanda-tanda fisik secara nyata tidak terlihat.
Banyak mitos sih, ada yang bilang bisa dilihat lewat bentuk panggulnya. Lewat cara jalannya dan lainnya.
Tapi tidak ada penelitian ilmiah yang menjelaskannya.

0⃣3⃣ Ridha
Kengerian femomena ini sangat terasa bagi saya. Jangan sampai anak keturunan berbuat yang di benci Allah. Aamiin
Pertanyaan :
1. Apakah orang tua sudah harus membatasi anak 3 & 4 tahun untuk bermain dengan temannya ?

2. Kontrol seperti apa ya  bunda dari orang tua untuk anak dibawah 12 tahun ??

Jazakillah khair..

🌷 Jawab :
Mbak ridha shalihah
Bagaimana cara dan mengontrol anak ?
Pertama do'a orang tua.
Selanjutnya awasi mereka. Dengan siapa mereka bermain dan bergaul.
Batasi penggunaan gadget atau main internet. Pakai filter. Harus tahu apa yang dilihat dan dibuka.
Jalin kedekatan dengan anak. Buat kegiatan yang positif bersama anak.

0⃣4⃣ Evi
Apa yang harus dilakukan orang tua kepada anak remaja agar mereka bisa memahami bahwa pergaulan bebas yang menyimpang (seks bebas) merupakan dosa besar, yang kita ketahui bahwa banyak remaja yang menjauhi kajian agama lebih suka bergaul, Hura-Hura, kumpul-kumpul dan lainnya?

🌷 Jawab:
Ini masalah klasik di masyarakat ya....
Orang tuanya pergi pengajian. Anaknya pergi main.
Sebetulnya dari awal orang tua harus melibatkan anak dalam kegiatannya. Terutama kegiatan keislaman.
Melalui kedekatan yang intens tersebut, anak-anak lebih bisa memahami pola pikir orang tua. Dan harapan orang tua terhadap anak-anaknya.

0⃣5⃣  Serra
1. Jika dari pergaulan kita sudah memberi tahu seks bebas dan kita kecolongan. Bagaimana kita menampakan kepercayaan kita untuk pergaulan selanjutnya ?

2. Jika ada phobia dengan hal yang menjijikkan misal phobia orang gila telanjang. Memberi pelajaran seks seperti apa karena yang terbayang phobianya ?

3.  Intinya ketika kita mau mencontohkan bahasa dokter. Perlukah sama persis atau bagaimana ?
Terima kasih.

🌷 Jawab :
1. Setiap orang pasti pernah berbuat salah. Sekecil apapun. Bagaimana cara kita melihat orang yang pernah berbuat salah ?
Pertama jangan menjudge dia. Mengecap dia sebagai pezina yang seolah-olah pintu taubat telah tertutup. Tapi pergauli mereka dengan cara-cara yang baik. Jika memungkinkan ajak mereka ikut kajian. Ajak ke komunitas-komunitas kebaikan. Semoga Allah memberi hidayah.

2. Kalau phobianya hanya sekedar jijik, bisa dibenahi dengan cara mengubah cara pandang. Bahwa dia orang gila.
Tapi kalau phobianya sudah masuk ke ranah ganguan psikologis (misal lihat orang gila yang telanjang jadi sesak nafas, gemetar. Keluar keringat dingin dan lainnya) maka sudah dibutuhkan penangan ahlinya.

3. Bahasa dokter terlalu ilmiah. Sukar difahami oleh anak-anak.
Bahasa yang dipakai tetap bahasa gaul ala remaja. Istilah-istilah medis diganti dengan sesuatu yang mudah difahami.
Memakai gambar organ tubuh yang 4 dimensi, lebih mudah difahami.

0⃣6⃣ Emmy
Assalamu'alaikum...

Sebagai orang tua apakah kita salah apabila kita terlalu mengekang anak hanya karena kita takut dia terlibat pergaulan bebas ?

🌷Jawab :
Jangan terlalu posesif terhadap anak. Nanti anak akan berontak.
Namun tanamkan mereka mana yang baik mana yang buruk sejak dini.
Pertama kali nantinya anak hanya akan memahami norma tersebut dulu. Namun lama kelamaan anak akan dapat mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari.

0⃣7⃣ Elnanda
1. Bagaimana cara mengatasi remaja di jaman sekarang ?? Dengan pergaulan bebas mereka seperti pacaran yang bilangnya sekarang pacaran Islami lah dan sebagainya?

2.Bagaimana mempersiapkan mereka menjadi pemuda yang berakhlakul Karimah?

🌷 Jawab :
Mb elananda shalihah.
Istilah pacaran islami sebetulnya hanya kedok. Untuk melakukan pembenaran atas kesalahan-kesalahan.
Hehehehe...
Jadi ingat ada istilah suap Islam.
Untuk remaja, sangat efektif jika diadakan kegiatan rohis di sekolah. Lebih digiatkan lagi. Dikemas dengan bungkus yang menarik.
Ini salah satu upaya untuk membentengi remaja dari gerusan pergaulan bebas.

0⃣8⃣ Emmy
Assalamu'alaikum wr.wb.
Sebagai orang tua contoh pendidikan atau pelajaran seks seperti apa yang bisa di berikan kepada anak remaja, karena terkadang kita sulit untuk memilih kata saat harus menjelaskan kepada mereka!
Terima Kasih.

🌷 Jawab :
Waalaikum salam mba emmy.
Biasanya anak-anak saya dapat pendidikan seks itu di sekolah. Sama ustadzah mereka.
Istilah puber, Haid, Mimpi basah. Didapat mereka dari sekolah.
Ketika dirumah, anak-anak pasti nanya apa itu haid, mimpi basah dan lainnya.
Kita dirumah menjelaskan dengan pelan-pelan tentang hal tersebut.
Yang menjelaskan haid tentu ibunya ke anak perempuan.
Sedangkan yang menjelaskan tentang mimpi basah, tentu ayahnya.

Ketika masa itu tiba, sudah waktunya menjelaskan tentang anatomi tubuh. Bahwa mereka sudah mulai baligh. Sudah harus lebih bisa menjaga diri.

0⃣9⃣ Phity
1. Beberapa kali saya menghadapi murid yang foto selfie dengan gaya seronok, bahkan ada yang bugil dan sempat tersebar di medsos. Bagaimana memberi pengertian bahwa hal tersebut merugikan diri sendiri?

2. Bagaimana mengubah mindset remaja sekarang yang berfikiran pacaran itu harus mesra-mesraan, harus ciuman, kalau tidak begitu tidak kekinian?

3. Seringkali saya mengajar di kelas, anak-anak laki-laki sering ada obrolan yang menjurus ke hal-hal yang berkaitan dengan porno. Kadang sampai malu sendiri dengan murid-murid tersebut. Bagaimana seharusnya bersikap?

🌷Jawab :
1. Beri pengertian ke anak-anak. Jangan dibiasakan foto-foto seperti itu. Hanya agar bisa eksis di medsos kadang mereka pasang foto yang aneh.
Teruslah memberikan pelajaran budi pekerti. Jadi guru harus cerewet. Dibilang bawel juga tidak apa.
Yang penting bahwa apa yang kita lakukan untuk kebaikan anak didik.

2. Mindset yang keblinger.
Kebanyakan lihat dilan tuh.
Tontonan yang tersaji di depan remaja sekarang memang seperti begituan semua.
Biikin remaja yang lemah iman pengen meniru.
Mindsetnya itu.
Say no to pacaran.
Cara mengubahnya.
Lewat kajian-kajian keislaman.

3. Iya
Itu sudah kebiasaan mereka.
Tetap bersikap wajar. Tidak heboh apalagi marah-marah. Nanti mereka malah akan lebih rusak dibelakang mereka.
Tapi tetap sikapi dengan bijak. Arahkan dengan bahasa yang lembut dan halus. Pantau perkembangan mereka. Perbaiki kembali adab pergaulan.

1⃣0⃣ Ani
Ustadzah, bagaimana menyikapi jaman sekarang, dimana pergaulan bebas ini banyak mendapatkan fasilitas umum, seperti halnya taman-taman yang redup, lalu penginapan-penginapan, dan tempat kost yang bebas, dimana pejabat setempat pun diam saja.

🌷 Jawab :
Harusnya ada perda yang mengatur tentang hal itu ya....
Saya sebagai ibu itu suka jengkel sama perilaku remaja sekarang.
Maksud hati mau pergi refresing ke tempat rekreasi. Eee.....sampai disana sudah berjajar remaja yang pacaran. Dahsyat pula pacarannya. Tidak bagus sekali dilihat anak-anak. Jadi bete dan balik deh.

1⃣1⃣ Elnanda
Kan jaman sekarang itu cenderung hamil dulu sebelum menikah, nah kita sebagai remaja juga bagaimana cara mengingatkan kepada teman kita sebelum terjerumus ke dalam pergaulan bebas?

🌷Jawab :
Jaman sekarang seperti begitu sudah biasa ya.
Malah kalau lihat anaknya bertahan menjomblo pada bingung. Dikira tidak laku.
Yang terpenting memang bekal agama sejak dini.

1⃣2⃣ Nadya
Assalamualaikum ustadzah.

Adik ipar saya baru saja lulus SMA dia tidak mau kuliah. Tidak lama setelah itu tiba-tiba mertua saya meminta uang untuk mengadakan pernikahan adik ipar saya tersebut yang ternyata sudah menghamili wanita dan sudah 3 bulan usia kandungannya. Akhirnya dengan terpaksa segera dinikahkan walaupun saya sudah bilang bahwa pernikahan dengan wanita hamil tidak sah. Kemudian sekarag istrinya meminta cerai, dan adik ipar saya kembali ke kenakalannya semula, suka mencuri dan menjual barang-barang milik keluarganya. Apa yang kira-kira bisa saya bantu untuk adik ipar saya tersebut supaya bisa kembali ke jalan yang diridhai Allah.

Terimakasih ustadzah

🌷 Jawab:
Waalaikum salam
Kompleks sekalit nih masalahnya.
Harus ada diskusi keluarga membahas hal tersebut.
Dudukkan seemua anggota keluarga di satu meja. Termasuk si adik ipar.
Beri pengertian dan pengarahan.
Terakhir, doakaan.
Minta hidayah pada Allah, Dzat yang maha membolak balikkan hati.

1⃣3⃣  iTsna
Adakah solusi untuk anak yang sudah kecanduan seks?
Ceritanya dia sudah taubat, meninggalkan hal-hal tersebut & alhamdulilah tidak hamil.
Tapi kasihannya, di masa-masa sekarang, dia masih kebayang-bayang waktu menjalani seks, (jadi orang seperti sakaw yang suka sedih nangis-nangis sendiri)!

Mohon penjelasannya bunda.

Terima kasih.

🌷Jawab:
Pertama : koondisikan lingkungan. Terutama keluarga dan orang-orang terdekat, terima dia apa adanya dengan segala kelebihan dan kekurangannya.

Kedua, ketika trauma itu sangat mengganggu dan intensitasnya sering maka diperlukan campur tangan seorang ahli. Bisa psikolog. Bisa juga hypnotherapis. Nanti disana akan menjalani terapi relaksasi mandiri sehingga orang tersebut dapat mengatasi sendiri keadaannya ketika perasaan trauma tersebut hadir.


🌸🌸🌸🌟🌟🌟🌸🌸🌸
 💎CLoSSiNG STaTeMeNT💎

Remaja adalah harapan bangsa.
Penegak pondasi bangsa.
Jika bagus remajanya, maka sebuah bangsa akan maju peradabannya.
Namun jika akhlaqnya sudah hancur, akan mau jadi apa bangsa ini.
Itulah tugas kita.
Dimulai dari lingkup terkecil. Keluarga sendiri, merayap ke masyarakat yang lebih luas.
Hingga akhirnya kita harapkan remaja-remaja kita tidak terlibat seks bebas dan perilaku kriminal lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar