Jumat, 09 Maret 2018

K O N S U L T A S I 🌐🌐 🌷BiDaDaRi KeSPRo CLaSS🌷 🔹(CLaSS KeSPRo WUS)






🌐🌐
🔹

Jum'at, 09 Pebruari 2018
Notulensi : Eka Nurcianti
➖➖➖➖➖➖➖➖

0⃣1⃣ Lia
Umur saya baru mau 22 tahun pertengahan tahun nanti. Tapi sudah sering sekali merasa pegal-pegal dan pegalnya pun hanya setengah badan, tangan kanan atas sampe bawah kaki.
Sering terasanya malam, yang paling terasa banget pergelangan tangan, paha bawah dekat lutut sama pergelangan kaki dan bagian ibu jari kaki. Itu normal atau bagaimana ya?
Syukron.

🌷Jawab:
Ada 2 hal yang sebaiknya dilakukan mbak.
Coba cek asam urat dan cholesterol, usia muda tidak menutup kemungkinan angka angka ini tinggi. Adik saya 2 orang usia 23-24 tahun asam uratnya di atas 5, cholesterolnya di atas 200, ketauannya saat cek kesehatan untuk melamar kerja.

Bila hasil lab normal semua kemungkinan karena gaya hidup yang kurang sehat.
Istirahat cukup, olah raga teratur minimal 75 menit seminggu, banyak minum air putih, makan teratur.

0⃣2⃣ Dii
Waktu melahirkan usia saya 25 tahun, awalnya normal setelah pembukaan penuh bayi tidak bisa keluar dikarenakan kepala terjepit dan pangggul saya tidak muat. Akhirnya saya Cesar. Beberapa waktu setelah itu, saya merasakan jari kaki (2 jari manis) mati rasa. Sampai sekarang. Rasanya itu lain dengan yang lainnya. Apakah ini akibat dari kelahiran normal dok? Atau ada akibat lainnya. Saya belum pernah cek dokter. Syukron

🌷Jawab:
Betul ini kemungkinan efek karena proses persalinan normal, trauma pada panggul dan tulang ekor bisa berakibat trauma pada syaraf juga. Tapi tidak semua persalinan normal punya efek yang sama.
Melahirkan nya sudah berapa tahun yang lalu mbak?

Bisa diperingan dengan fisioterapi mbak.
Bagaimana dengan kaki keseluruhan ada gangguan tidak?


💎8 tahun yang lalu dok, memang semenjak itu bagian tubuh sebelah kanan memang bermasalah. Pegal dan sakit, kalau sudah sampai ke punggung atas entong² bisa njarem dan migrain. Telapak kaki juga sering nyeri jika dipakai jalan lama, jadi kalau di rumah pun saya pakai sandal.

🌷Bisa diringankan dengan fisioterapi mbak. Tapi harus dapat pengantar dulu dari dokter syaraf.

0⃣3⃣ Atiek
Saat ini saya sedang sakit cacar air, waktu dicek tekanan darah tadi hasilnya 150/101. Dokter menyarankan untuk cek kolesterol hasilnya pun normal. Saya tiap bulan suntik KB biasa TD 130/90. Kenapa saya bisa tensi tinggi dok?

🌷Jawab:
Tensi tinggi disebabkan banyak faktor :
1. Kelelahan. Bisa karena sedang sakit sehingga istirahatnya kurang baik.

2. Konsumsi makanan misalnya tinggi garam dan tinggi lemak.

3. Stress.
Coba dikurangi satu per satu mbak, Istirahat cukup, Kurangi garam, Manage stress.

0⃣4⃣ Atieq
Dok saya baru melahirkan normal 2 bulan yang lalu. Dan ada keluhan kalau buang air kecil tidak pernah tuntas. Setelah buang air kecil lalu saya duduk atau jongkok saya merasa masih ada air yang keluar. Saya cek ke Sp.OG, di bilang kantong kencing saya berubah posisi. Apa bisa kembali ke posisi semula ya dok? Kalau bisa berapa lama ya dok? Atau ada obat atau gerakan supaya kantong kencing saya kembali lagi ya dok? Jujur saya tidak nyaman. Apalagi kalau mau sholat mesti bolak balik batal karena masalah ini.

🌷Jawab:
Menurut saya ini bisa posisi kandung kencing, tapi kalau posisi bisa pulih 3 -6 bulan. Kemungkinan kefua katena proses melahirkan ada syaraf dan otot di sekitar vagina dan saluran kencing yang melemah, terapinya coba dengan senam kaegel. Ibu sering-sering berlatih seperti menahan buang air kecil, selama 10 menit kemudian relax, sering sering berlatih seperti itu.
Bisa juga karena ada infeksi saluran kencing. Coba minum urotractine 2x1 kapsul cukup 3 hari saja.

💎Maaf sebelumnya dok, obatnya aman untuk busui kan dok? Takut membuat kering ASI dok. Jazakillah khairan dok jawabanny. Saya mau coba saran dari dokter.

🌷Urotractine nya aman bu. Cukup beli 5, 2x sehari pagi dan sore. 2 jari setengah ya.

0⃣5⃣ Mitha
Teman saya usia 41th, akhir-akhir ini apabila sehabis  berhubungan badan, V nya sakit dan terasa pedih. Ada keputihan, air kencing hangat, jadi dia merasa tersiksa saat melayani suami seperti tersayat.  Tidak KB, anak terakhir usia 10 tahun, keputihan seperti susu dan tidak berbau, ada rasa gatal.
Syukron jawabannya.

🌷Jawab:
Kemungkinan ada iritasi vagina, karena faktor usia, kontrasepsi atau infeksi. Biasanya kalau ke dokter kandungan dilakukan pemberian olesan betadine di dinding vaginanya jadi harus dibuka dengan speculum atau alat seperti cocor bebek.
Bila ingin dicoba sendiri, pakai betadine vaginal douche saja dulu dicuci sendiri di rumah tapi cukup 2 hari saja sehari 2 kali bila mandi.
Setelah itu tidak diperlukan pemakaian betadine vaginal douche terus menerus karena akan mematikan kuman normal.
Bila ada gatal biasanya sudah ada infeksi jamur, coba pake flagyl vaginal supp 1x sehari malam saat mau tidur dimasukkan obatnya ke dalam vagina, cukup 2 hari saja.
Selama terapi jangan melakukan hubungan sexual.

0⃣6⃣ Atin
Dok, apa efek orang yang konsumsi obat bertahun-tahun tanpa henti?

🌷Jawab:
Obat yang bertahun-tahun bisa merusak lever dan ginjal. Karena 2 organ itu adalah alat detix dalam tubuh kita. Sehingga bila terlalu lama terpapar zat kimia kedua organ tersebut akan berat kerjanya.

💎Terus bagaimana seharusnya dok karena saya pernah stroke dan kata dokter harus rutin obat penurun tensi dan pengencer darah kadang ada vitamin juga.

🌷Sering-sering kontrol cek darah dan fungsi hati dan ginjal bu. Banyak minum air putih, Olah raga ringan teratur, Jalan kecil keliling rumah dan Makan jangan yang produk olahan, banyakin makanan alaminya bu.

0⃣7⃣ Annisa
Dok, saya mau nanya beberapa pertanyaan;
1. Apakah saat hamil trimester 3 kita tidak boleh naik motor?

2. Setiap saya hamil menginjak uk 5 bulan, kaki saya sakit terutama di pergelangan kaki?

3. Adakah obat pengentalan darah?

4. Saya sebelum hamil sampai hamil minum isoprinosin dan herclov, apa setelah melahirkan tetep di minum obat tersebut?

5. Sekitar 20 hari ASI saya lancar,  karena terlalu fokus sama baby saya lupa pumping hingga akhirnya ASI saya makin lama makin sedikit hingga sekarang ASI saya hanya setetes kalau di pumping, apakah bisa lancar lagi? Kenapa tidak diberikan langsung, karena anak saya prematur dan mulutnya kecil jadi pakai dot dari rumah sakit sehingga sampe rumah bingung puting dan tiap mau di kasih langsung seperti kelolotan begitu, terus akhirnya muntah jadi trauma untuk kasih ASI langsung. Saya juga sudah minum susu almond, lactamom, lancar ASI, cookies ASI tapi tetap saja ASI saya keluarnya setetes.
Adakah saran lain dok?

🌷Jawab:
1. Boleh naik motor tapi sebaiknya tidak terlalu jauh dan setiap hari. Karena goncangan motor dan stress nya bisa mempengaruhi kesehatan alat reproduksi ibu.

2. Pergelangan kaki sakit apakah mbak pakai high hill juga?
Ini bisa karena penekanan syaraf di daerah panggul yang tertekan oleh usia kehamilan yang makin besar. Coba ikut senam hamil mbak.

3. Obat pengental darah saya kurang faham. Kalau pengencer darah ada seperti ascardia aspilet atau aspirin.

4. Isoprinosin dan herclov nya untuk terapi apa mbak? Kalau karena infeksi virus saja hentikan setelah infeksinya hilang. Tapi ada yang terapi serial seperti pada toksoplasma dan lain-lain. Tapi biasanya tidak saat hamil.

5. Waah iyaaa. Baby nya bingung puting mbak. Sebaiknya pumpingnya dipersering. Karena satu-satunya rangsang yang efektif untuk memancing produksi Asi adalah sedotan bayi dan seringnya mengosongkan payudara. Bayi prematur sebaiknya tidak menggunakan dot. Tapi dengan spuit atau selang kecil yg dipompakan ASI ibunya. Bila sudah berkurang produksi dan bayinya bingung puting perlu terapi khusus sekitar semingguan dengan pengawasan dokter anak konsultan ASI untuk merangsang produksi ASI dan membiasakan kembali bayi menyusu.
Mbak tinggal dimana?
Kalau di Depok ada dr. Asti Praborini di RS Puri Cinere dan permata depok yang ahli konsultan ASI.

💎Saya tidak pakai hill dok makanya saya bingung kok bisa sakit, urat kseperti ketarik tapi habis melahirkan sudah tidak sakit lagi.
Pas hamil saya konsumsi ascardia dan suntik aspirin, cuma saya takut hamil lagi dan masih ada pengentalan darah dok. Sebelum hamil kedua saya terinfeksi rubella dan cmv dok makanya saya disuruh minum itu dan saat hamil pun di suruh minum sesuai anjuran dokter Sp.OG. Dan saya bingung apa harus minum lagu atau tidak?
Dari rumah sakit udah di kasih dot dok kalau mau kasih ASI,
Saya tinggal di tangerang dok adakah rumah sakit untuk terapi khusus?

🌷Berarti karena penjepitan syaraf daerah panggul mbak. Tertekan oleh rahim yang membesar.
Pengentalan darah setelah hamil akan tetap mbak. Jadi konsumsi obatnya biasanya jangka panjang juga. Sebaiknya dibatasi jumlah kehamilannya.

Bila isoprinosinnya untuk terapi serial untuk rubella, cmv atau tokso memang harus dilanjutkan bu. Jadi tetap diminum sampai selesai serial nya.
Untuk info di tangerang coba ke Hermina mbak.

💎Berarti tidak bisa sembuh begitu dok? Karena saya dan suami ada niatan ingin punya anak banyak. Perlu cek cmv dan rubella ya dok kalau begitu biar bisa tahu akan terus minum obat tersebut atau tidak.
Mengenai jarak sebelumnya kata dokter tidak boleh berdekatan dengan kehamilan sebelumnya, ada bahaya kah? Dan seperti apa?

🌷Kalau hamil nya sudah selesai, sembuh bun. Karena syarafnya sudah tidak terjepit lagi. Tapi bisa berulang pas kehamilan berikutnya. Coba dengan senam hamil.
Biasanya bila sudah terdiagnosa rubella maka dikter sudah punya tata laksana terapi anti virus dan antibiotik yang baku. Misalnya selama 3 bulan berturut-turut, Kemudian cek lagi darahnya, Lanjut lagi, dan seterusnya. Jadi jalan satu serial belum selesai, dokter akan lanjutkan sampai selesai serialnya.
Bahayanya pada kekuatan rahim dan otot-otot panggul bun. Tapi ini sifatnya individual, tidak sama setiap orang. Juga pada kesehatan bayinya nanti untuk pengasuhan dan ASI.

💎Maksudnya yang pengentalan berarti tidak bisa sembuh dok?

🌷Pengentalan darah biasanya sulit sembuh karena sifatnya bawaan. Seperti tensi tinggi, gula dan lain-lain. Tapi bisa dikontrol dengan konsultasi teratur mbak.

💎Saya malah adanya anemia dok. Kontrol ke spesialis penyakit dalam kan ya dok?

🌷Betul mbak.
Ada juga internist yang subspesialis hematologi atau darah.

0⃣8⃣ Eva
Saya kan kena kanker payudara dan sudah selesai program kemo, selama itu saat saya berhubungan suami istri, vagina saya terasa kering dan sakit, apa itu ada pengaruh dari kemo dan bisa hilang dok? Berapa lama kalau bisa hilang? Mengingat saya sekarang masih suntik hormon dan program sinar.

🌷Jawab:
Iya betul bunda itu efek samping kemoterapi. Juga obat hormon bisa menyebabkan kering daerah vagina. Efeknya akan hilang bila kemo distop dan terapi hormon juga stop. Kira-kira 3-6 bulan setelah terapi stop bisa hilang.

0⃣9⃣ Eyang Jenni
Mengapa mba Eva yang sudah jelas kanker payudara tapi tetap di berikan suntik hormon, bukankah jadi mengaktifkan kankernya? Padahal sudah kemo dan masih sinar.

🌷Jawab:
Terapi hormon pada kanker payudara adalah terapi yang diberikan untuk memblokir kerja hormon estrogen dan progesteron bunda. Jadi bukan menguatkan kerja hormon tapi memblokir kerja hormon agar kemungkinan kambuhnya kecil. Obat yang biasa dikasih seperti tamoxipen bun.

💎Iya, alhamdulillah bunda dan keduanya juga lahir normal. Anak saya tidak mau minum susu, pasti muntah, jika air putih saja apakah cukup ataukah ada alternatif lain? ASI juga sudah menipis. Apakah sebaiknya saya lepas ya dok? Karena setiap habis menyusui kepala pusing.

🌷Kalau bisa dilepas boleh dilepas bun. Selanjutnya boleh air putih dan kebutuhan gizinya dari makanan saja.

1⃣0⃣ Laila
1. Saya usia 25 tahun dengan 2 balita (3 tahun dan 17 bulan), 5 bulan yang lalu saya hamil lagi, lalu keguguran (uk 9 minggu) tapi tidak dikuret, sekarang saya hamil lagi yang keempat, pertanyaannya apakah kehamilan yang sekarang berbahaya untuk rahim dan janinnya, karena jarak yang sangat dekat dengan kehamilan sebelumnya?

2. Saat ini saya masih menyusui, karena anak tidak mau minum sufor, padahal saya tidak nafsu makan (mual sangat) kadang sampai lemas, apa yang harus saya lakukan dok? Apa ada suplemen yang membuat saya tetap bisa menyusui dalam kondisi hamil dan obat apa yang sekiranya bisa mengurangi mualnya?
Terimakasih.

🌷Jawab:
1. Subhanallah subur banget ya bun. Insyaallah bayinya sehat bun, terutama bila 2 proses yang lalu lahir normal maka tidak terlalu bahaya untuk rahim. Memang sebaiknya ada jarak agar rahim pulih dulu untuk kehamilan yang berikutnya.

2. Untuk mengurangi mual pada ibu hamil biasanya dikasih obat mual seperti primoeran atau domperidone. Tapi karena mualnya pengaruh hormon biasaya efek obatnya tidak terlalu membantu. Sebaiknya untuk si kakak yang masih asi diberikan makanan pengganti ASI yang lebih banyak, baik itu nasi dan lauk, buah-buahan dan bisa dikasih susu dengan gelas. Ini untuk kecukupan gizi si kakak. Tapi biasanya masih mau ngempeng ibunya ya. Tidak apa apa yang penting kebutuhan gizinya masih terpenuhi dari makanan pendamping ASI.

1⃣1⃣ Eyang Jenni
Saya dulu juga terapi hormonal untuk beberapa tahun tapi malah payudara saya sangat sakit selama terapi hormonal dan tambah sakit sekali lalu di temukan kista di payudara kedua duanya penuh dengan kista. Itu hasil dari mamographi nya lalu juga di usus dan terapi hormonalnya di stop dan di temukan juga di selangkangan ada benjolan dan tumor dan di payudara yang terakhir di angkat, nah bagaimana dengan yang sudah jelas CA mama tapi tetap subsitusi hormonal dok? Saya tidak bisa membayangkan nantinya bagaimana itu?

🌷Jawab:
Terapi hormon pada kasus menopause dan untuk kesuburan berbeda dengan terapi hormon pada kanker payudara bund. Jadi memang harus ada pemeriksaan dulu untuk kondisi hormon sebelum terapi.

💎Iya saya rutin ada pemeriksaan hormon dulu di gedung makmal belakang FKUI.

🌷Terapi hormon ini memang agak rumit bun. Kekurangan bermasalah, kelebihan juga bermasalah. Sehingga kontrolnya sangat ketat.

1⃣2⃣ Bund Roro
Saya sering pusing tiba-tiba, ini tadi pagi bangun tidak ada keluhan, aktivitas biasa jam 8 sudah mulai pusing, kadang pusing nya, muter jika menggerakkan kepala (hampir tiap hari pusing meski tidak kebangetan) tangan dan kaki mudah kesemutan bahkan kepala pun beberapa kali kesemutan.

🌷Jawab:
Coba cek darah, berapa Hb nya bun. Khawatir ada anemia atau tensinya dicek, apakah tekanan darahnya rendah?

1⃣3⃣ Annisa
Kalau perut bawah sakit kenapa ya dok? Sakitnya seperti mau haid padahal kemaren habis masa subur dan haid kembali masih minggu depan.

🌷Jawab:
Sakit tandanya ada radang bun. Bisa di saluran kencing atau di alat reproduksi atau di otot-otot sekitarnya. Jadi diagnosa dokter biasanya ISK atau adnexitis. Biasanya di kasih obat penghilang nyeri seperti paracetamol dan antibiotik seperti amoxcicilin 500 mg 3x1 selama 4-5 hari'an.

💎Perlu ke dokter Umum kah atau Sp.OG dok?

🌷Dokter umum saja bun.

1⃣4⃣ Mitha
Adikku 27 tahun belum punya anak di pernikahan 3 tahun, sudah 3 bulan ini keputihan dasyat sampai pakai pembalut dan putih seperti ingus berbau, periksa ke urulogi sudah 3 dokter dan tidak ada hasilnya, belum cek lab, obatnya dapat antibiotik dan pengurangan keputihan, bagian bawah perut sakit,  jadi kasihan suaminya tidak bisa dilayani, mohon penjelasan!

🌷Jawab:
Coba ke dokter kebidanan subspesialis fertilitas mbak, sepertinya memang ada gangguan di organ reproduksinya. Bisa infeksi akibat jamur atau lainnya.

1⃣5⃣ Annisa
Dok, anak prematur usia 5 bulan terlambat tidak untuk diberikan ASI?

🌷Jawab:
Masih bisa bun, tapi perlu didampingi dokter anak karena biasanya sudah bingung puting.

💎Langsung aja ya dok ke DSA nya? Bilang mau konsul masalah ASI begitu dok?

🌷Betul bu..

1⃣6⃣ Bund Roro
Afwan mau tanya untuk dokter spesialis lupus di daerah Surakarta sudah ada belum ya?  Atau DKI kalau ada juga tidak apa-apa?

🌷Jawab:
Saya cari infonya dulu ya bun. Di Solo mestinya lengkap di RSUD Moewardi ya. Cari bagian autoimunologi.

Daftar dokter pemerhati Lupus di Indonesia

 Banten
🔹dr. Arnadi, Sp.PD
Klinik Prima Husada
0254-391688, RS Krakatau Medika(0254)-396333
Klinik Prima Husada Selasa dan Kamis
Cilegon 19.00 – 20.30
RS Krakatau Medika Selasa,Rabu, Kamis
Jl. Semang Raya 09.00 – 16.00
Cilegon Senin dan Jumat
19.00 – 21.00

 Jakarta
🔹dr. Abdul Muthalib Sp.PD-KH
RS. MMC Kuningan, Jl. HR. Rasuna Said Jakarta Telepon : (021)-5203435. Senin dan Kamis (17.00 – selesai)

🔹dr. Aru Sudoyo Sp.PD-KH
RS. Medistra, Jl. Gatot Subroto Jakarta. Telepon : (021)-5210200
Kamis (18.00 – selesai)

🔹dr. Bambang Setyohadi, DS-PD /Ahli Reumatik
RS. Medistra (021)-5210200, RS. Pondok Indah (021)-7500157
RS. Pondok Indah Rabu (17.00 – 20.00), Sabtu (09.00 – 12.00)

RS. Medistra
Jl. Gatot Subroto Jakarta Selasa dan Jumat 14.00 – 17.00

RS ISLAM Cempaka Putih Jakarta, Jl. Cempaka Putih Jakarta Senin – Kamis( 14.00 -17.00 )

🔹dr. Dewata Darmawan,SpPD
RS. Bintaro Internasional ( 021)-7455500
RS. Pusat Pertamina
Jl. Kyai Maja No.43 Kby. Baru  Jakarta Selatan (021)-7200290,  Selasa dan Jumat 15.00 – 17.00

RS. Bintaro Internasional Senin,Selasa,Kamis (18.00-20.00)
Tangerang Sabtu (09.00- 12.00)

🔹dr. Djumhana Atmakusuma Sp.PD-KHOM
RS Mitra International Jatinegara
Jl. Jatinegara, Jakarta Timur
Selasa dan Kamis (19.00 – Selesai)

🔹dr. Dody Ranuhardi Sp.PD-KHO
RS. Harum, Jl. Inspeksi Saluran Tarum Barat Kalimalang, Jak – Tim Telepon. (021)-8617212
Selasa, Rabu, Sabtu (17.00 – selesai)

🔹DR. dr. Cecilia R.Padang, MBBS FACR
Ahli Reumatik
Telepon (021)- 8307794, (021)-8313940
Pusat Reumatik Indonesia Senin, Kamis (16.00 – 19.30)
Jl. Tebet Raya No.24
Rabu (09.30 – 11.00)
Sabtu (09.30 – 11.00)

🔹dr. Harry Isbagio Sp.PD-KR
Ahli Reumatik
Jl. Lele ,Rawamangun Senin,Selasa,Kamis dan Jumat
Jakarta Timur 19.30 – selesai

🔹dr. Heru Sundaru Sp.PD-KAI
Ahli Alergi
RS. Agung (021)-8292237
RS. Agung Senin, Rabu dan Jumat
Jl. Sultan Agung No.67 Manggarai 17.00 – 19.00
Jakarta Selatan
Jl. Garut 22 Menteng Setiap hari kerja Jakarta Pusat 20.00 – 21.00

🔹dr. Irwan Lubis,Sp.PD
RS Persahabatan (021)-4891708
Griya Puspa, RS Persahabatan Kamis ( 10.00 – 12.00 )
Jl. Raya Persahabatan 20
Jakarta Timur

🔹dr. Nanang Sukmana Sp.PD-KAI
Ahli Alergi
RS. Agung (021)-8292237
RS. Agung Selasa
Jl. Sultan Agung No.67 Manggarai 15.00 – 17.00
Jakarta Selatan Sabtu
09.00 -12.00
Jl. Serdang Timur No.14 Kemayoran Senin s/d Sabtu
Jakarta Pusat 19.00 – 20.00

🔹dr. Teguh H. Karyadi Sp.PD KAI
Ahli Alergi
RS. Sentra Medika (021)-8743788-90, RS. Islam (021)-4244208, (021)-4250451
RS. Sentra Medika
Jl. Raya Bogor km 33 Selasa dan Kamis Cimanggis, Depok 16.00 – 18.00
RS. Islam Selasa, Kamis (11.00 – 14.00)
Jl. Cempaka Putih Tengah No. I Jumat (14.00 – selesai )
Sabtu (17.00 – 18.00)

🔹dr. Winarni Hudoro,Sp.PD
Telepon : ( 021)-7502029-30
Klinik Retna
Jl. RS. Fatmawati No.51 Selasa, Kamis dan Jumat
Jakarta Selatan

🔹dr. Yoga I. Kasjmir,SpPD.KR
Ahli Reumatik
Klinik Restusasanti (021)-8727188, Klinik Era Medika (021)-77822710, RS. Cikini (021)-3149667, (021)-336961
RS. Cikini Selasa dan Kamis
Jl. Raden Saleh no.40 15.00 – 18.00 Jakarta Pusat
Klinik Era Medika
Jl. Tole Iskandar Senin, Rabu, Jumat Ruko Sukmajaya Kav. 4-5 18.00 – selesai
Depok
Klinik Restusasanti Selasa, Kamis, Sabtu
Jl. Raya Bogor km 29,3 18.00 – selesai

🔹dr. Zuljasri Albar, Sp.PD.KR
Ahli Reumatik
RS. Mitra International Jatinegara (021)-2800777- (021)-888-999-666
RS. Mitra International Jatinegara Selasa ( 14.00 – 15.00 )
Jl. Jatinegara , Jakarta Timur Kamis ( 18.00 – 20.00 )
Sabtu ( 09.00 – 10.00 )

🔹dr.H. Bimanesh Sutarjo Sp.PD-KGH
Ahli Ginjal
RS. Kepolisian Pusat RS. Sukanto (021)-8093288 pes.150, (021)-8004303, RS. Medistra (021)-5210200 , RS. Makna (021)-7355786, (021)-7355803, RS. QADR (021)-5464466 , RS. Harapan Bunda ( 0251)- 8400257
RS. Kepolisian Pusat RS. Sukanto Jl. RS. Polri Kramat Jati
Setiap hari kerja
RS. Medistra
Jl. Gatot Subroto Kav.59 Jakarta Selatan
RS. Makna
Jl. Ciledug Raya No.4 A Jakarta
RS. QADR Village Karawaci Tangerang
RS. Harapan Bunda Bogor km 22

Prof.Dr.dr Karmel L.T Sp.PD-KHO
RS PGI Cikini, Jl. Raden Saleh N0. 40 Telepon (021) 3149667, 336961
Senin, Selasa, Kamis (15.30 – 19.00) Sabtu (09.00 – 12.00)

🔹Prof.Dr.dr. AR. Nasution,Sp.PD,KR
Ahli Reumatik
Telepon : (021)-8307794 – (021)-8313940
Pusat Reumatik Indonesia
Jl. Tebet Raya No.24 Senin, Selasa, Kamis dan Jumat
Jakarta 15.30 – 17.00 sesuai perjanjian telepon

🔹Prof.dr.H.Zubairi Djoerban Sp.PD-KHOM
Hematologi
(021)-3909814 , (021)-3909513
RS. Kramat 128, Jl. Kramat Raya 128 Jakarta Pusat
Senin dan Kamis (17.00 – 22.00)
RS. Bunda, Jl. Cik Ditiro Jakarta Pusat Telepon : (021)-332005
Jumat (18.30 – 19.30)

🔹Prof.dr.Samsuridjal Djauzi Sp.PD-KAI
Ahli Alergi
RS MMC (021) 5203435, RS. Medistra (021)-5210200
RS.MMC Kuningan Senin dan Rabu Jl. HR. Rasuna Said Jakarta 17.00 – 19.00
Sabtu ( 15.00 – 17.00 )
RS. Medistra Selasa dan Kamis
Jl. Gatot Subroto 18.00-sesuai perjanjian telepon Jakarta

Jawa Barat
🔹dr. Erwanto, Sp.PDRS.
Bina Husada (021)-8752463-3491,
RS. Islam (0251) 316822
RS. Bina Husada Selasa, Kamis, Sabtu Cibinong 18.00 – 20.00
RS. Islam, Jl. Perdana Raya 22 Senin, Rabu, Jumat Komp. Budi Agung, Kedung Badak 17.00 – selesai. Bogor

🔹dr. Rachmat Gunadi, Sp.PD,KR
Ahli Reumatik
Telepon:(022)-7566844, RS Hasan Sadikin(022)-2038986
Jl..Parakan Permai 9 Selasa dan Jumat Soekarno –Hatta 16.00 – 19.00
Poliklinik Konsultasi Spesialis Selasa dan Sabtu RS Hasan Sadikin 12.00 – 14.00
Jl. Pasir Kaliki Bandung

🔹dr. Riardi Pramudiyo,Sp.PD,KR
Ahli Reumatik
Telepon: (022)- 6012995
Jl. Rajawali Barat no.454 Senin s/d sabtu Bandung 17.00 – selesai

🔹dr. Rizasjah Daud, MSc
Telepon : (0251)- 318456 – 330166
RS. Azra, Jl. Raya Pajajaran 219 Bogor

Jawa Tengah
🔹dr.Bantar Suntoko, Sp.PD KR
Ahli Reumatik
Telepon : (024)- 8315920
Klinik Reumatik Apotik Kimia Farma Jl. Sriwijaya 118 Semarang

Yogyakarta
🔹dr. Eliar Pardjono, Sp.PD, KHOM
Ahli Hematolog
RSUP Dr. Sardjito – TULIP, Kamis & Sabtu, jam 09.00 – selesai
RS Panti Rapih, hari Rabu jam 14.00 & hari Jumat jam 18.00
RS Bethesda, hari Rabu jam 12.00 & hari Jumat jam 14.00

🔹dr. Nyoman Kertia, Sp.PD, KgH Ahli Reumatik

Jawa Timur
🔹DR.dr. Juwono Soeroso, M SC,Sp.PD,KR
Ahli Reumatik Telepon : (031)- 8493917
Jemur Sari III no.12 Senin s/d Jumat Surabaya 17.00 – 19.00

🔹dr.Yuliasih, Sp.PD,KR
Ahli Reumatik
RS Mitra Keluarga Senin – Kamis
Surabaya ( 18.00 – 20.00)
Surabaya Medical Servis
Jl. Kapuas 8 Jumat ( 16.00-18.00) Surabaya
Karah Indah II/L18 Setiap Hari ( 06.00 – 07.00) Surabaya

🔹Prof.DR.dr. Handono Kalim, Sp.PD KR Malang

🔹Prof.dr.Gina Santoso,Sp.PD,KR Ahli Reumatik
Jl. M.H. Thamrin 25 Surabaya
Poliklinik Reumatologi “Teratai” Senin s/d Kamis
RS Dr. Sardjito 08.00 – 09.00 Yogyakarta
Dari: Berbagai sumber dan penelitian

Atau tanya ke yayasan lupus mbak, di Rumah Sakit Kramat 128, 2nd Floor, Jalan Raya Kramat, No 128, Jakarta, RT 01/RW 08, Kenari, Senen, Jakarta Pusat.

1⃣7⃣ Annisa
Kalau di hermina DSA pro ASI kah? Soalnya saya sama DSA yang pegang anak saya saat lahir kurang pro apalagi rumah sakitnya!

🌷Jawab:
Saya tanya infonya dulu ke temen yang di hermina ya bun. Memang banyak DSA yang tidak pro ASI. Dr Asti itu DSA proASI banget. Konsultan ASI nya internasional.

💎Dr Asti dari hermina tangerang kan ya?

🌷Dr Asti di permata Depok bun. Dan beliau juga volunteer di RS Sehat terpadu punyanya dompet dhuafa di Parung.
Mbak di Hermina Tangerang ada dokter konsultan ASI namanya dr Armila.

1⃣8⃣ Aliyah
Umur saya 25 tahun, punya anak 1 dulu secar. Kenapa yaa bu pinggang sering sakit. Apa karena kurang minum apa karena efek dari sesar dulu? Dan kaki saya juga sering sakit hanya sebelah kanan. Karena dulu pernah kerja berdiri sebagai produksi di perusahaan. Apa itu bahaya dok?
Mohon jawabannya terimakasih.

🌷Jawab:
Melahirkan terakhir tahun berapa mbak? Sepertinya sakit pinggangnya bukan karena sesar bun. Biasanya salah posisi duduk atau berdiri. Coba di fisioterapi bun.

1⃣9⃣ Syifa
Kalau bayi terkena ASI dan jadi buras bisakah sembuh seperti sediakala?

🌷Jawab:
Biasanya itu alergi ASI, lazimnya beruntusan merah seperti biang keringat, atau putih putih itu yaa. Nanti akan hilang bun.

💎Kira-kira sampai berapa lama ya bu? Anak saya 3 tahun masih ada buras nya. Sama cara deteksi dini anak terkena vilitigo atau tidak itu bagaimana ya bu? Soalnya saya punya kelainan vilitigo takut nurun ke anak. Dan bisakah disembuhkan?

🌷Vitiligo diturunkan bu. Nah untuk pastinya yang di wajah anak ibu karena vitiligo atau bukan harus ke dokter kulit. Afwan Vitiligo tidak ada obatnya bun.

2⃣0⃣ Bund Roro
Vilitigo apa ya bun? Menularkah penyakit ini?

🌷Jawab:
Kelainan pigmen kulit seperti albino um.

Penyebab dan Faktor Risiko Vitiligo
Warna kulit seseorang ditentukan oleh sebuah pigmen yang disebut dengan melanin. Melanin dihasilkan oleh sel-sel kulit yang disebut dengan melanosit. Pada kasus vitiligo, jumlah melanosit tidak memadai untuk menghasilkan melanin pada kulit, sehingga akan terbentuk bercak berwarna putih di area kulit ataupun rambut.

Hingga saat ini, penyebab kurangnya melanosit masih belum diketahui secara pasti, namun beberapa pakar menduga kondisi ini dipicu oleh sejumlah seperti:
🔹Penyakit autoimun. Autoimun merupakan suatu kondisi di mana sistem kekebalan tubuh menyerang dan menghancurkan sel-sel tubuh yang sehat, salah satunya adalah melanosit di kulit.
🔹Riwayat keluarga (keturunan).
🔹Kondisi yang memicu terjadinya vitiligo, seperti terbakar sinar matahari, stres, atau paparan bahan-bahan kimia.

2⃣1⃣ iNdah
Assalamualaikum dok, saya punya keluhan dibagian perut bawah setiap menjelang datang bulan terasa sangat amat sakit hingga ke pinggang dan berasa sampai ke rongga dalam panggul dan miss v, saya pakai IUD sudah 5 tahun. Apakah itu pengaruh dari IUD atau bagaimana yaa dok?
Saya punya 2 anak dan keduanya lahir secara sesar, sampai sekarang terkadang bekas jahitannya suka terasa amat sakit, itu wajar kah dok? Anak pertama umur 9 tahun yang kedu umur 5 tahun.
Mohon jawabannya dok, terimakasih sebelumnya.

🌷Jawab:
Apakah sakit menjelang dan selama menstruasi sudah dirasa sebelum menikah juga?

Kalau sudah dirasa sejak gadis berarti bukan karena IUD atau pasca SC, memang sebagian perempuan mengalami dismenorhe atau sakit saat haid atau menjelang haid karena pengaruh hormon dan tegangnya otot sekitar rahim saat siklus haid.

Kalau dirasakan setelah SC dan pasang IUD bisa karena iud atau operasi. Normal pada siklus haid otot-otot sekitar rahim menegang dan menimbulkan sakit di daerah perut bawah. Apalagi bila ada IUD atau luka bekas operasi maka akan terasa lebih nyeri. Bekas luka sesar memang terkadang suka terasa sakit walaupun sudah lama operasinya. Asal tidak ada merah dan keluar cairan tidak apa-apa mbak.

💎Iya dok rasa nyeri sebelum datang bulan sudah dirasakan dari sebelum menikah dan setelah menikah lalu sesar dan IUD jadi bertambah sakit rasanya, alhamdulillah tidak ada merah atau cairan dan keluhan lainnya, syukron dok penjelasannya.

2⃣2⃣ Ulfa
Assalamu'alaikum Bu dokter, saya sering menemukan artikel mengenai wanita yang sedang haid, disitu di tuliskan;
🔹Tidak boleh keramas
🔹Tidak boleh terbentur benda keras
🔹Tidak boleh minum air kelapa hijau
🔹Tidak boleh minum air es.
Kalau air es ini saya sudah tanya, katanya memang betul tapi apakah yang lainnya juga betul?  Bagaimana ya bu dokter ? Apakah ada kaitannya dengan kesehatan kita?

🌷Jawab:
Kalau pendapat ini di kedokteran belum ada penelitian ilmiahnya mbak. Jadi menurut saya ini mitos aja.

2⃣3⃣ Bund Roro
Pekan kemarin tepatnya hari jum'at lusa saya pasang IUD lagi. Perut sebelah kiri kok nyeri ya? Memang kemarin bongkar dan langsung pasang. Dulu ketika pasang tidak merasa kan sakit, beda kali ini.
Mohon pencerahannya.

🌷Jawab:
Kemungkinan pemasangan IUD nya kurang bagus bu, sehingga timbul nyeri. Bisa minta tolong bidannya betulkan.

💎Sehabis dipasang ini ada keputihan lumayan banyak. Dulu kok tidak begitu ya? Karena apakah? Keputihannya kental, jernih tidak bau.

🌷Bisa dari IUD juga bun. Apa jenisnya diganti tidak seperti yang lama? Khawatir alergi.

2⃣4⃣ Rhiny
Saya mau bertanya Bu dokter, kalau saya sebelum menstruasi sering mual, meriang dan sakit kepala apakah normal dan sebabnya apa ya Bu dokter?
Jazakillah atas jawabannya.

🌷Jawab:
Mbak Rini sudah menikah? Sudah punya anak? Saat ini pakai kontrasepsi tidak?

Rasa meriang, pegal, nyeri otot, mual, sakit kepala sampai migrain masih merupakan gejala normal yang dirasakan menjelang menstruasi. Hal ini karena pengaruh perubahan hormonal. Tapi tidak banyak perempuan yang mengalami gejala sepertu ini. Obat nya hanya menghilangkan gejala saja. Misalnya dengan analgerik.
Dan bila gejala hilang stop obat.

💎Jadi ketika haid pusing meski belum banyak darah keluar masih wajar ya.

🌷Iya mbak masih wajar. Justru biasanya gejala lebih berat dirasa menjelang haid dan masih flek.

2⃣5⃣ Risma
Assalamu'alaikum bu dokter,
1. Apakah haid yang tidak teratur akan sulit mendapat momongan?

2. Jerawat yang tumbuh di sekitar area V itu normal kah?

🌷Jawab:
1. Tidak bu. Haid tidak teratur tidak berarti sulit dapat momongan. Siklus haid kadang sangat tergantung kondisi psikis juga.

2. Jerawat di daerah vagina kadang timbul biasanya akan jadi bisul, Perhatikan pemakaian celana dalam, Sirkulasi di daerah v harus baik, bahan pakaian dalam pilih yang menyerap keringat, jangan pakai celana panjang yang ketat seperti jeans dan lain-lain. Sehingga kelenjar lemak dan keringat di daerah V bisa bersirkulasi dengan baik.

💎Mungkinkah itu efek dari celana panjang yang setiap hari dipakai ya dok? Celananya ketat untuk daleman gamis soalnya kalau agak panjang kaki kelihatan.

Saya sering ikut sosialisasi kanker serviks. Salah satu pencegahannya jangan pakai celana dalam ketika di rumah atau tidur. Supaya miss v juga bisa bernafas. Oksigen lancar maksudnya.

🌷Dalemannya jangan ketat ya mbak.

💎Hanya sharing.
Saya beberapa bulan ini beralih ke pembalut kain cuci ulang. Alhamdulillah sakit perut ketika haid berkurang banyak, malah kadang tidak sama sekali. Dan area miss V juga berasa kering. Mungkin mbak yang mengalami masalah pada miss V nya bisa mencoba beralih ke ganti pembalut. Syukron

🌷Betul mbak.
Benda asing sering menimbulkan alergi di kulit.

2⃣6⃣ Dian
Usia saya 20 tahun. Tangan saya sering merasa kesemutan, ketika bangun tidur tangan saya terasa kaku. Terkadang sakit ketika di gerakkan. Saya pernah cek kadar asam urat saya normal. Mengapa bisa seperti itu dok?
Terimakasih dokter.

🌷Jawab:
Kesemutan disebabkan banyak hal, bisa syarafnya yang terganggu atau aliran darahnya yang kurang baik, bisa juga reumatik atau asam urat.
Gangguan syaraf atau pembuluh darah bisa karena Diabetes, Tekanan darah tinggi atau rendah, Kelainan darah seperti pengentalan darah, Bisa juga kelainan pembuluh darah, Bisa juga karena kurang olah raga.

Coba rutinkan olah raga minimal 75 menit seminggu, Makan teratur dan istirahat cukup. Kalau pola hidup sudah sehat coba konsul ke dokter penyakit dalam.

2⃣7⃣ Ummu Hafshoh
Kalau ketiaknya menonjol atau bengkak  kemudian di sentuh sakit itu kenapa ya? Dulu pernah kontrol ronsen sama USG tapi tidak ada kanker atau pun tumor di payudara.

🌷Jawab:
Kalau bengkak (bukan benjolan yang mudah digerakkan) dan sakit kemungkinan infeksi mbak atau seperti bisul.

2⃣8⃣ Dian
Dokter saya mempunyai penyakit gastritis yang mudah kambuh. Kira-kira anti nyeri apa yang cocok untuk saya? Terimakasih dokter atas penjelasannya.

🌷Jawab:
Pada gastritis sebetulnya semua analgetik punya efek iritasi lambung. Jadi sebelum minum analgetik sebelum makan lindungi dulu dengan obat maag. Yang iritasinya tidak terlalu parah paracetamol.

2⃣9⃣ Adha
Kapan boleh olahraga jogging senam pasca operasi kistektomi, Dan jahitan operasinya lumayan besar seperti di caesar!

🌷Jawab:
Biasanya post operasi 3 hari kontrol, seminggu angkat jahitan, 2 minggu sudah kering ya tapi masih nyeri biasanya. Amannya sih 1 bulan sudah bisa. Mulai dari yang ringan, misalnya jalan biasa.

3⃣0⃣ Dii
Dok, benar apa tidak ya tissue basah non alcohol dan tissue kering tidak baik untuk kita terutama baby?

🌷Jawab:
Tissue basah walau tanpa alkohol tapi cairannya pasti mengandung pewangi. Itu yang bisa bikin iritasi kulit atau juga alergi. Kalau tissue kering nggak terlalu bahaya kecuali mengandung pewangi atau bila dipakai mengeringkan post BAK tapi ada sobekan tissue yang tertinggal itu juga kurang baik.

💎Kalau tisu kering bukannya kotor ya dok? Terbuat dari daur ulang bukan, itu?

🌷Kalau kebersihan memang kurang.

3⃣1⃣ Elva
Dok apakah benar mencuci miss V pakai sabun bayi itu aman?

🌷Jawab:
Sebaiknya mencuci miss V cukup air putih saja tanpa sabun. Karena sabun mengandung antiseptik sehingga bisa mematikan kuman di daerah V. Baik kuman normal atau kuman jahat. Dengan adanya kuman normal menjaga kondisi V tetap baik.

3⃣2⃣ Misty
Assalamualaikum dr. Lilis.
Miss v saya sering gatal dok, setiap selesai di cukur pasti gatal sekali. Bagaimana cara mengatasinya dok biar tidak gatal lagi? Syukron

🌷Jawab:
Kalau habis dicukur memang gatal mbak karena tumbuh kembali itu yang bikin gatal. Sebaiknya jangan sampai habis sama sekali, pendekan saja dengan gunting supaya tidak terlalu gatal.

3⃣3⃣ Rhiny
Saya sudah menikah dokter punya anak 2.
Apa pengaruh karena saya ada penebalan dinding rahim kah dok. Bagaimana cara untuk menghilangkan penebalan dinding rahim ya dok? Saya ada penebalan dinding rahim ketika sebelum menikah hingga saat ini? Bahayakah dok?

🌷Jawab:
Penebalan dinding rahim bahayanya bisa menimbulkan perdarahan. Inipun karena hormonal. Bila penebalan dinding rahim menimbulkan perdarahan yang terus menerus biasanya dikuret mbak untuk menipiskan dindingnya. Atau biasanya diterapi hormon.

^^^_^^^


@dr. Lilis Kurniah R.,M.A.R.S
➖➖➖

1 komentar: