Selasa, 11 Juli 2017

Keputihan (Flour Albus)



OLeh   : Khoirunnisa Yurliyana, S.Si.,T.,M.Kes

بسم الله الرحمن الرحيم..

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ


إنَّ الـحَمْدَ لِلّهِ نَـحْمَدُهُ وَنَسْتَعِيْنُهُ وَنَسْتَغْفِرُهُ، وَنَعُوذُ بِاللهِ مِنْ شُرُورِ أَنْفُسِنَا وَمِنْ سَيِّئَاتِ أَعْمَالِنَا، مَنْ يَهْدِهِ اللهُ فَلَا مُضِلَّ لَهُ، وَمَنْ يُضْلِلْ فَلَا هَادِيَ لَهُ، وَأَشْهَدُ أَن لاَّ إِلَهَ إِلاَّ الله وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُـحَمَّداً عَبْدُهُ وَرَسُولُه. اَمَّابَعْدُ.. َ..
ُ
Alhamdulillah, puji syukur kehadirat ALLAH SWT, Illahi Rabbi, atas segala Ni'mat & Karunia-Nya, sehingga kita masih bisa sama-sama mengikuti acara Kajian dengan Tema KePuTiHan (Fluor Albus) kita pada malam hari ini.
 
Sholawat dan salam haturkan pada sosok insan yang paling mulia akhlaknya, insan yang paling di rindukan, yaitu junjungan Nabi besar Muhammad Shollallohu 'alaihi wasallam, beserta keluarga, sahabat, dan para pengikutnya yang selalu istiqomah mengikuti risalahnya hingga akhir zaman..

Bidadari sholehah yang dirahmati ALLoH, sebelum kita mulai kajian malam ini bersama Bu Bidan Nisa, mari kita awali bersama dengan membaca Ummul Kitab agar apa yang kita lakukan pada malam hari ini bisa menjadi wasilah bagi kita untuk mendapat ridho Nya dan semoga ilmu yang kita peroleh menjadi ilmu yang manfa'at fid dunya wal akhiroh. Al fatihah..

 اعوذُ بِاللهِ منَ الشَّيطاَنِ الرّجيم بِسْمِ اللهِ الرَّحمنِ الرَّحِيْم ۞ أَلحَمدُ لِلّه رَبِّ العَالَمِين ۞ ألرَّحمَنِ الرَّحِِيم ۞ ملِكِ يَوْمِ الدِين ۞ إيّاكَ نَعبُدُ وَ إيّاكَ نَستعِين ۞ إهدِنَا الصِّرَاط المُستَقِيم ۞ صِرَاطَ الَذِينَ أنعَمتَ
عَليْهِمَ، غَيْرِالمَغضُوبِ عَليْهِم وَلاَالضَّالِّين ۞َ آمين يا رَ بَّ العا لَمين ...


🌸🌸🌸🌟🌟🌟🌸🌸🌸
           💎M a T e R i💎
 Bismillahirrohmanirrohiim

🌸 KEPUTIHAN (fluor albus, Leukorea, white discharge) = nama gejala yang diberikan untuk cairan yang dikeluarkan dari alat" genital yang tidak berupa darah.

🌸Apakah keputihan itu?

✅Dalam kondisi normal, kelenjar pada servix menghasilkan suatu cairan yang keluar jernih, putih keruh, hal ini karena bercampur dengan bakteri, sel" vagina yang terlepas, sekresi dari kelenjar bartholin dan merupakan hal yang alami dari tubuh untuk membersihkan diri, sebagai pelicin, serta pertahanan dari berbagai infeksi.                                                                                                          Sekret ini non irritan, tidak mengganggu, tidak terdapat darah, dan memiliki ph 3,5 - 4,5. Flora normal vagina meliputi Corinebacterium, bacteroides, peptostreptococcus, gardnerella, mobiluncuc, mycoplasma, dan candida spp. Lingkungan dengan ph asam memberikan fungsi perlindungan yang dihasilkan oleh lactobacilli.

✅Fluor albus fisiologik ditemukan pada =  
1. Bayi baru lahir sampai usia kira" 10 hari, disebabkan pengaruh hormon estrogen dari plasenta terhadap uterus dan vagina janin.
2. Waktu di sekitar menarche karena mulai terdapat pengaruh estrogen, yang berangsur menghilang.    
3. Wanita dewasa apabila ia dirangsang sebelum & pada waktu coitus, disebabkan oleh pengeluaran transudasi dari dinding vagina.  
4. Waktu disekitar ovulasi, dengan secret dari kelenjar" serviks uteri menjadi lebih encer.
5. Wanita dengan penyakit menahun dengan neurosis, dan pada wanita dengan ektropion porsionis uteri

✅Sedangkan fluor albus patologik (abnormal) disebabkan oleh =
1. Infeksi = bakteri, jamur, protozoa, virus.
2. Iritasi = sperma, pelicin, kondom, sabun cuci dan pelembut pakaian, deodorant dan sabun, cairan antiseptik untuk mandi, pembersih vagina, celana yang ketat dan tidak menyerap keringat, kertas tisu toilet yang berwarna.        
3. Tumor atau jaringan abnormal lain.  
4. Fistula.      
5. Benda asing.  
6. Radiasi.
7. Penyebab lain.

✅Fluor albus terbagi 2 = fisiologik (normal) dan patologik (abnormal).

✅Kita dapat mengetahui penyebab keputihan dengan memperhatikan cairan yang keluar =      

1. infeksi kencing nanah = menghasilkan cairan kental, bernanah dan berwarna kuning kehijauan.  

2. Kanker = keputihan yang disertai bau busuk.

3. Akibat jamur candida albicans = warnanya putih seperti susu, cairan kental, bau tak sedap dan sangat gatal, terkadang dapat menimbulkan radang pada vagina sehingga kelihatan kemerahan.

4. Akibat bakteri vaginosis atau gardnerella = warna abu-abu, tidak terlalu kental, cairan berbuih, bau amis & gatal yang mengganggu.  

5. Akibat parasit trichomonas vaginalis = warna kehijauan atau kuning, cairan berbuih dan bau amis, tidak gatal, tetapi saat ditekan vagina akan terasa sakit. Keputihan ini dapat di tularkan melalui hubungan sex yang tidak sehat, perlengkapan kamar mandi atau kloset.

6. Akibat virus = seperti virus hiv, herpes, atau condyloma. Keputihan jenis ini dapat memicu kanker rahim.                                                                                                                          Pada keputihan herpes biasanya disertai luka melepuh.                                                                                                                Pada keputihan condyloma disertai tanda kutil" yang tumbuh di vagina atau rahim.

✅Untuk menghindari komplikasi yang serius dari fluor albus, sebaiknya penatalaksanaan dilakukan sedini mungkin untuk menyingkirkan kemungkinan adanya penyebab lain seperti kanker leher rahim yang juga memberikan gejala keputihan berupa secret encer, berwarna merah muda, coklat mengandung darah atau hitam serta berbau busuk.

✅Cara mencegah agar keputihan tidak berulang  adalah =      

1. Pola hidup sehat yaitu diet yang seimbang, olah raga rutin, istirahat cukup, hindari rokok dan alkohol, serta hindari stress berkepanjangan.

2. Setia pada pasangan. Hindari promiskuitas atau gunakan kondom untuk mencegah penularan penyakit menular seksual.  

3. Selalu menjaga kebersihan daerah pribadi dengan menjaganya agar tetap kering, tidak lembab dan bersih. Misalnya dengan menggunakan celana dengan bahan yang menyerap keringat, hindari pemakaian celana terlalu ketat. Biasakan mengganti pembalut, pantyliner pada waktunya untuk mencegah bakteri berkembang biak.  

4. Biasakan membasuh dengan cara yang benar tiap kali buang air yaitu dari arah depan ke belakang.

5. Penggunaan cairan pembersih vagina sebaiknya tidak berlebihan karena dapat mematikan flora normal vagina. Jika perlu lakukan konsultasi medis dahulu sebelum menggunakan cairan pembersih vagina.

6. Hindari penggunaan bedak talkum, tisu, atau sabun dengan pewangi pada daerah vagina karena dapat menyebabkan iritasi.

7. Hindari pemakaian barang" yang memudahkan penularan seperti meminjam perlengkapan mandi, dan sebagainya. Sedapat mungkin tidak duduk diatas kloset di wc umum atau biasakan mengelap dudukan kloset sebelum menggunakannya.

8. Hindari mandi berendam dengan air hangat dan panas. Jamur yang menyebabkan keputihan lebih mungkin tumbuh di kondisi hangat.  

9. Hindari menggaruk vagina.

🌸🌸🌸🌟🌟🌟🌸🌸🌸
        💎TaNYa JaWaB💎

0⃣1⃣ Sri Agung
Apa yang dimaksud dengan "Ektropion porsionis"?

❤Jawab:    
Adalah keadaan mulut rahim yang licin karena banyaknya secret rahim.

0⃣2⃣ Erni
Mba bagaimana kalau keputihannya dekat-dekat datang bulan... Terus kalau sudah datang bulan perut sakitnya luar biasa.. Bagaimana cara mencegahnya...

❤Jawab:
Keputihan menjelang haid itu gejala normal. Nyeri saat haidnya berlangsung berapa lama atau hari ukhti erni?

0⃣3⃣ Samuroh
Mb nisa saya mau tanya:
1. Kalau saya capek dan banyak fikiran suka keputihan, keputihan cair bening apakah masih  normal?

2. Kapan sebaiknya periksa papsmear dan momograf?
Apakah harus menunggu usia 30 tahun ke atas?
Apa ada dampak bagi tubuh?# maaf oot

3. Kalau vagina gatal karena keputihan cara apa yang baik untuk Menghilangkannya?

❤Jawab:
1. Normal.              
2. Betul sekali.
3. Cara menghilangkan keputihan ada di materi di atas.

0⃣4⃣ Ulfa
Apakah penyebab keputihan itu juga bisa dari faktor makanannya ya?
Terus...kalau papsmear itu baiknya berapa bulan sekali?

❤Jawab:
Penyebabnya lebih kepada gaya hidup yang tertera di materi di atas ukhti ulfa.

0⃣5⃣ Nita
Izin bertanya saya jarang keputihan dok hanya beberapa waktu tapi tidak tau apa faktornya, dan kalau keputihan warnanya putih, bau dan banyak kemudian sakit sekali seprti mau halangan, mohon penjelasannya dok, berbahayakah?

❤Jawab :
Sebaiknya diperiksakan jika ada nyeri tekan di area vagina saat timbul keputihan. Silahkan dilihat kembali materi di atas,

0⃣6⃣ Liana
Mbak Saya sering menggaruk vagina karena gatal akibat sering  cukur rambut, apa  tidak apa" mbak?
Apa ada hubungannya dengan keputihan?

❤Jawab:
Berarti Gatal tersebut disebabkan akibat mencukur, bukan keputihan ya ukhti liana.

0⃣7⃣ Siti
Ana mau tanya juga kita pernah dengar dan pakai obat seperti cristal x untuk hilangkan keputihan apa itu bagus bu dokter untuk kita..?? Apa tidak ada efek sampingnya..??

❤Jawab:
Semua obat pasti ada efeknya, sebaiknya ukhti siti menggunakan therapy dari hasil konsultasi dokter, jangan membeli sendiri.

0⃣8⃣ iNdah
Saya mandi suka berendam lama dan suka stres. Kalau sudah stres keluar cairan bening tidak berbau tapi perut bagian Sakitnya luar biasa sampai ke pinggang.
Pertanyaan saya adalah, Apakah shalat kita sah dengan keluarnya cairan tersebut..
Terima kasih😊

❤Jawab:
Keputihan = bukan darah. Insyaallah sah sholatnya yang penting sebelumnya di sucikan dulu dan diganti pakaian dalamnya.
Wallahu a'lam bisshowab

Hindari juga stress dan berendam hangat lama dan sering, karena dapat memicu bakteri keputihan menjadi semakin banyak.

0⃣9⃣ Ainis
Kalau miss v lembab karena keputihan tapi tidak bau dan gatal itu tidak apa" kan dok??
Terus kalau di cd bisa jadi warna kuning kehijauan apa itu masih wajar?

❤Jawab:
Selama tidak ada bau, tidak gatal = keputihan normal. Tapi jika berwarna kuning kehijauan berarti ada jamur atau bakteri yang bercampur di keputihannya ukhti ainis.

1⃣0⃣ Sofiyun
Kalau makan nanas ketimun semangka kadang" saja bisa keputihannya tapi keputihan normal?

❤Jawab:
Kalau gejala keputihannya yang keluar adalah gejala normal = tidak bermasalah ukhti sofiyun.

1⃣1⃣ Eka
Maksud dari point 6 kan tidak boleh pakai tisue maksdnya itu vagina tidak boleh di lap pakai tisue setelah dibersihkan yah?

❤Jawab:
Ukhti eka yang di rahmati Allah..
Tisu yang tidak boleh digunakan adalah yang berwarna dan mengandung parfum atau wangi.
Karena bisa menyebabkan iritasi vagina.

1⃣2⃣ Fitriyah
Mb Nisa...

Kalau keputihannya yang keluar warna putih susu (tidak berbuih), bau tapi tidak gatal.
Apakah itu normal mba?
Sebelmnya belum pernah seperti itu.
Syukron...

❤Jawab:
Bau bisa jadi karena lembab, tidak ada sirkulasi udara sehingga menjadi bau,

1⃣3⃣ Dwi
Keputihan akibat kontrasepsi iud itu wajar kah?

❤Jawab:
Wajar, karena cara kerja iud adalah mengentalkan lendir rahim sehingga rahim tidak bisa dibuahi.

1⃣4⃣ Serra
Assalamualikum dokter. Untuk sabun pembersih sebenarnya di perbolehkan atau yang cukup seperti dokter jelaskan tadi ?
Terima kasih.

❤Jawab:
Sabun pembersih diperbolehkan tapi tidak boleh sering dan menjadi rutinitas karena bisa mengganggu ph vagina.

1⃣5⃣ iNas
Mba kalau kecapean bisa tidak jadi awal penyebab keputihan yang warna kuning berbau ditambah gatal.

❤Jawab:
Kecapekan dan stress adalah pemicu timbulnya keputihan. Tapi jika sampai berwarna kuning, bau dan gatal berarti ada jamur atau bakteri di keputihannya.

1⃣6⃣ Chall
PH itu apa sih...??

❤Jawab:
Ukhti chal yang baik..
PH = Potensial of Hydrogen = merupakan ukuran konsentrasi ion hydrogen yang menunjukkan keasaman atau kebasaan suatu zat. Dalam hal ini adalah kadar ph vagina.

🌸Menambahkan dikit ya mbak nisa. Tingkat PH normal daerah miss v adalah sekitar 3,5 - 4,5 PH. Jika nilai PH kulit terganggu, maka perlindung alami pada kulit daerah tersebut menjadi berkurang atau menjadi lemah sehingga rentan terinfeksi kuman atau bakteri.

1⃣7⃣ Verli
Kalau keputihan ibu hamil normal tidak mba nisa?

❤Jawab:
Selama keputihan yang keluar tidak bau, tidak gatal dan tidak berwarna = normal ukhti verli.

1⃣8⃣ Eka Nurcianti
Bu dokter, nanya yaa..
Eka jadwal menstruasinya tidak teratur banget, pernah paling parah sampai 6 Bulan sekali. Kalau sekarang 2 Bulan atau 3 Bulan sekali..
Nah sering keputihan, tapi tidak berbau dan tidak sakit. Kadang pernah keputihannya berwarna coklat seolah haid, tapi tidak keluar darah. Itu apa yang salah ya bu??

❤Jawab:
Ukhti eka nurcianti yang dirahmati Allah.
Kalau melihat dari jadwal keluarnya haid, siklus haid ukhti eka = siklus haid yang panjang, harus dikaji lebih lanjut untuk menentukan siklusnya. Untuk keluhan keputihannya jika ada nyeri tekan pada area vagina maka sebaiknya diperiksakan ke dokter untuk penatalaksanaan lebih lanjut.

1⃣9⃣ Meliy
Mau bertanyaa mba..
Keputihan setiap hari.. berhenti saat haid saja.. 2 hari setelah haid selesai pasti mulai lagi.. bau dan gatal, padat mba. Bagaimana cara menghilangkannya?

Mohon jawabannya,
terimakasih.

❤Jawab:
Ukhti meliy, Silahkan dibaca kembali materi di atas tentang cara menghilangkan keputihannya.

2⃣0⃣ Renni
Bu bidan nisa ane mau tanya, Adakah hubungan keputihan dengan kista?

❤Jawab:
 Ada

2⃣1⃣ Tri
1. Apa pil atau suntik KB juga berpengaruh dengan keputihan?
2. Saya sering keputihan berlendir malah pernah keputihannya sampai mengumpal (seperti tahu hancur) kadang bau kadang tidak, juga kadang" gatal sampai sekitar vagina memerah itu berbahaya tidak??

❤Jawab:
1. Ya, ada hubungannya antara KB dengan keputihan.    
2. Sebaiknya diperiksakan lebih lanjut ukhti tri, dan usahakan jangan menggaruk area vagina karena bisa menimbulkan iritasi atau kemerahan.

2⃣2⃣ Uly
Assalamualaikum.,

Saya uly belum menikah, usia 26. Mau tanya boleh ya mba..
Dulu waktu zaman SMA saya keputihannya berwarna kuning, gatal dan meninggalkan bekas warna di cd, setelah kerja tidak keputihan (mungkin tidak mengerti) nah kalau keputihannya ini sekaran kental, berwarna putih susu, tidak gatal dan suka menempel di cd, datangnya pasca haid bisa sampai 7-10 hari itu normal tidak ya mba? Baru 3 bulan terakhir ini mengalamin seperti ini.

❤Jawab:
Normal ukhti ully, silahkan di evaluasi kembali apakah dalam waktu 3 bulan terakhir ini ukhti ully lebih capek dari sebelumnya?
Jika iya, berarti itu penyebabnya.

2⃣3⃣ Dwi k.
Keputihan akibat kontrasepsi iud itu wajar kah?

❤Jawab:
Wajar, karena cara kerja iud adalah mengentalkan lendir rahim sehingga rahim tidak bisa dibuahi.

2⃣4⃣ Sofi
Bagaimana jika keputihannya (tidak bau, tidak gatal, tidak berwarna, tidak padet juga tidak terlalu encer) tapi keluar tiap hari ukh..??
Normalkah..??

❤Jawab:
Biasanya yang seperti ini timbul karena tingkat stress yang tinggi dan kurang istirahat. Jika tercukupi kebutuhan istirahatnya biasanya akan berangsur menghilang.

 2⃣5⃣ iNtan Dwi
Afwan mba kalau misal ada benjolan di vagina luar itu bagaimana? kadang gatal, terus keputihan agak kental berbau. Takut!!!

❤Jawab:
Bisakah lebih detail disebutkan lokasi benjolannya ukhti intan? Jika lokasinya di bibir kemaluan (vulva) = pembesaran kelenjar bartholini. Kelenjar bartholini membesar karena adanya aktifitas kuman atau bakteri.

🌸🌸🌸🌟🌟🌟🌸🌸🌸
 💎CLoSiNG STaTeMeNT💎

Sebagai wanita, sangat penting untuk memperhatikan semua perubahan yang terjadi pada tubuh kita, termasuk salah satunya pengeluaran cairan dari alat genitalia wanita.

Dalam kondisi normal, kelenjar servix menghasilkan suatu cairan yang keluar jernih, putih keruh yang bercampur dengan bakteri, sel sel vagina yang terlepas, sekresi dari kelenjar bartholini dan merupakan hal yang alami dari tubuh untuk membersihkan diri, sebagai pelicin, serta pertahanan dari berbagai infeksi. Pastikan kondisi ini tetap berlangsung normal dengan senantiasa menjaga kesehatan daerah kewanitaan.

Namun jika ditemukan pengeluaran cairan patologis segeralah memeriksakan diri ke tenaga kesehatan terdekat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar