Minggu, 28 Oktober 2018

DIAM BUKTI KERELAAN TERHADAP KEZALIMAN



OLeH: Ren Dina Zahrana

        💎M a T e R i💎

السلام علیکم و رحمة الله و برکاته

بسم الله الرحمن الرحیم

لا اله الا الله . محمد رسول الله.
الحمدلله رب العالمین. صلی علی محمد و آله و صحبه و سلم تسلیم کثیرا. اما بعد

Thayyib. Alhamdulillah kita bertemu lagi di kajian malam ini. Mudah-mudahan pertemuan kita diberkahi oleh Allah dan dihilangkan kemudharatan. Aamiin allahuma aamiin.

Thayyib tema kajian kita adalah "Diam Bukti Kerelaan Terhadap Kezaliman"

Saya akan langsung share materinya yah... Tafadoly dibaca dan dipahami.

🌷Diam, Bukti Kerelaan Terhadap Kezaliman

Dalam sebuah riwayat yang saya kutip dari Syeikh Fadlullah dikatakan, "Sesiapa diantara kalian yang menyaksikan penguasa zalim menghalalkan hal-hal yang diharamkan Allah, berlaku terhadap hamba-hamba Allah, melanggar perintah-Nya, menyelisihi sunnah Rasulullah, berlaku terhadap hamba-hamba Allah dengan kejahatan dan kesewenang-wenangan, lalu ia tidak berupaya untuk merubah keadaannya maka berhaklah bagi Allah untuk memasukan ia ke tempat masuknya (penguasa zalim yaitu neraka)."

Kemudian ada kisah dari syeikh Hasyim Haidari, beliau menuturkan, "Di masa nabi Syu'aib, seingat saya ada riwayat, seekor ayam dipukuli oleh anak-anak dengan batu maka Allah menimpakan hukuman terhadap 100 ribu dari suatu kaum. Mungkin maksudnya 100 ribu itu adalah jumlah penduduk dalam suatu kota. Syu'aib atau nabi lainnya (beliau kurang ingat) berbicara kepada Allah, "Tuhanku kenapa harus kau timpakan kepada semua orang? Jika pun ada 60 ribu orang baik dan 40 ribu orang jahat. Jika orang-orang jahat itu berbuat kesalahan kenapa Engkau menimpakan hukuman juga kepada 60 ribu orang baik itu?" Allah subhanallahu wa ta'ala menjawab, "Karena mereka (orang-orang baik) itu hanya diam.""

Riwayat di atas menjelaskan secara gamblang bahwasanya seorang muslim yang diam saja menyaksikan kemungkaran terjadi maka ia juga memperoleh percikan azab dan termasuk melakukan kemungkaran juga. Diamnya adalah dukungannya terhadap kezaliman sehingga Allah tidak membedakan azab bagi orang baik ataupun orang jahat.

Namun ini adalah perkara universal. Maksudnya adalah bahwa tidak selamanya hukum ini berlaku. Ada beberapa hal yang manusia mesti menghindarinya walaupun ia menyaksikan banyak kemungkaran terjadi. Kapankah itu? Yaitu ketika bumi dipenuhi oleh fitnah Ad-Dajjal dan apabila ia mengajak kepada yang ma'ruf ia dapat dibunuh oleh penduduk masa itu maka bolehlah dia diam. Perkara ini ada di dalam rumusan kaidah maslahat al-mursalah.


@Ren Dina Zahrana
~ t.me/mazlumahcinta
~ www.mazlumahcinta.wordpress.com

Demikianlah yang dapat saya sampaikan. Salah dan khilaf saya mohon maaf. Terima kasih atas perhatiannya semua ummahat.

Akhir kata,

و بالله توفیق و الهدایه

و سلام علیکم و رحمة الله و برکاته

Waktu dan tempat saya kembalikan kepada moderator.


🌸🌸🌸🌟🌟🌟🌸🌸🌸
        💎TaNYa JaWaB💎

0⃣1⃣ Lisa
Terkadang rasa geram, sedih, tapi tidak bisa berbuat banyak jika mendengar penindasan kaum dzalim kepada umat Islam di seluruh dunia. Ingin jihad langsung terkendala biaya dan tenaga. Apa yang harus Kita lakukan Ustadzah?? Apakah Allah menyiapkan sesuatu dibalik diamnya negara Muslim lain?

🌸 Jawab :
Ini termasuk perkara khususiyah yang saya katakan di bagian terakhir.

Ini memang tidak mengapa, namun tidak mengapa bukan berarti diam.

Mengenai penindasan di negeri lain misal Palestina. Jika ada aksi penggalangan dana. Kita bisa join itu. Kita bisa jadi donatur dan lain-lain.

Ya Allah menyiapkan sesuatu dibalik diamnya kaum muslimin. Apa itu??? Azab

0⃣2⃣ Yayi
Jika dalam sebuah keluarga ada kezoliman, dan diantara keluarga itu ada yang memperingatkan dan ada juga yang cuek-cuek saja, apakah azab juga akan menimpa keluarga tersebut?

🌸Jawab:
Jika sudah ditegur maka tidak mengapa. Sekalipun mendapat azab maka statusnya bukan lagi azab bagi penegur namun ujian.

Namun yang perlu diperhatikan ialah bagaimana ia menegurnya??? Apakah dengan bentakan?? Atau hal yang tidak sesuai dengan kaidah Islam?? Jika tidak sesuai dengan kaidah Islam ya sama saja salah si penegur itu tadi.

💎Alhamdulillah yang menegur dengan bahasa yang baik dan perilaku yang baik juga dan merujuk dari ayat Al Quran tapi yang ditegurnya itu punya pembenaran sendiri tentang baiknya menurut dia.

0⃣3⃣ Helmy
Dalam penanggulangan penyakit khususnya HIV AIDS, mau tidak mau saya langsung berhubungan dengan populasi kunci atau sasaran (GBT). Bagaimana hukumnya ya mba, ini menjadi dilema bagi saya. Apakah komunitas mereka termasuk dalam "kemungkaran" juga?

🌸Jawab:
Tidak apa-apa mbak mengobati mereka. Mudah-mudahan dengan itu mereka tersadar. Namun ada baiknya sembari mbak mengobati sembari itu juga mendekati pasien. Menasehatinya dengan lembut.

💎Baik mba.
Sedikit lega saya.
Mereka ada di depan mata saya dan saya melihat serta berkecimpung langsung dengan mereka.

🌸Ladang jihad lisan tuh mbak.


🌸🌸🌸🌟🌟🌟🌸🌸🌸
💎CLoSSiNG STaTeMeNT💎


Kita dapat menemukan  hikmah lain dari materi ini yaitu bahwasannya inilah bukti ke-Maha Adil-nya Allah.

Dia tetap berlaku adil terhadap pendosa ataupun orang-orang baik.

Dia tidak pernah membedakan sedikit jua.

Subhanallah. Maha Suci Allah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar