Senin, 27 Agustus 2018

SELULIT



OLeh   : dr. Lilis Kurniah

           💎M a T e R i💎

 بـــســم الـلّٰـــه الرحــمــن الرحــيــم

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Puji dan syukur marilah kita panjatkan kehadirat ilahi Rabbi, atas karunia-Nya kita bisa sama-sama berkumpul dalam rangka thalabulilmi, mencari ilmu.

Serta kita bisa bersilaturahim, berkumpul walau sebatas di dunia maya.

Mudah-mudaham setiap ikhtiar kita dalam upaya terus memperbaiki diri bisa membuahkan pahala bagi kita semua, bisa menjadi penghapus dosa dan pengangkat derajat di hadapan l[lah Sholallahu'alaihi wassalam.

Malam ini saya mendapat amanah untuk membawakan materi mengenai SELULIT.

Saya share ya sedikit tentang selulit....... tidak banyak kok.

🌟SELULIT

Anda mungkin sudah pernah melihat penampakan selulit, atau bahkan memilikinya di paha, bokong, atau lengan. Tapi apakah Anda benar-benar tahu apa itu selulit?

Banyak orang menyangka bahwa selulit adalah timbunan lemak. Ada juga yang bilang bahwa selulit terdiri dari racun dan kelebihan air yang terperangkap di bawah kulit. Namun, yang benar, selulit adalah suatu kondisi yang memengaruhi penampilan kulit di area dengan timbunan lemak (paling jelas di bokong dan paha), yang membuat kulit tampak berlesung dan bergelombang.

◼Penyebab selulit bukanlah lemak
Lemak sebenarnya tidak bertanggung jawab terhadap tampilan selulit yang kental bergelombang.

◼Jadi, apa yang mempengaruhi timbulnya selulit :

Struktur kulit di atasnya dan struktur jaringan ikat di bawahnyalah yang menentukan apakah area tersebut memiliki penampilan yang halus, atau bergelombang alias selulit.

◼Penampakan selulit dipengaruhi oleh faktor-faktor berikut:

~ Genetik atau keturunan.
~ Pola makan yang buruk.
~ Diet yang salah.
~ Metabolisme yang lambat.
~ Kurangnya aktivitas fisik.
~ Perubahan hormon.
~ Dehidrasi.
~ Lemak dalam tubuh.
~ Ketebalan dan warna kulit.

◼Kenapa hampir semua wanita punya selulit sedangkan pria justru jarang?

Di bawah kulit, terletak lapisan jaringan ikat fibrosa yang berfungsi untuk melekatkan kulit pada otot di bawahnya.
Pada kebanyakan pria, jaringan ikat ini diatur secara menyilang atau diagonal, dalam pola yang halus dan bersinambungan.

Jaringan ikat wanita adalah cerita yang lain lagi; jaringan ini diatur secara vertikal (tegak lurus terhadap kulit). Oleh karena itu, sabuk-sabuk serat (yang disebut septa) menambatkan kulit ke jaringan di bawahnya pada titik-titik tertentu, yang pada akhirnya menciptakan “ruang lemak” terpisah untuk mendesak kulit sementara sabuk serat menarik kulit ke bawah.

Perbedaan pada pengaturan jaringan ikat ini (ditambah dengan fakta bahwa pria biasanya memiliki kulit yang lebih tebal daripada wanita) menjelaskan mengapa jauh lebih sedikit pria yang memiliki selulit daripada wanita.
Semakin tua usia, semakin memburuk selulit kita.

Ketika kita muda, jaringan ikat kita kenyal dan elastis, meregang, dan menyesuaikan dengan kulit sehingga semuanya tetap halus. Kemudian terjadilah pubertas, dan hormon mengacaukan jaringan ikat, membuatnya lebih kaku dan kurang elastis. Pada saat yang sama, sel-sel lemak kita cenderung untuk membentang di area tertentu, mendesak keluar pada kulit.

Seiring dengan bertambahnya usia, lapisan luar kulit melemah, menipis, dan kehilangan elastisitasnya. Gravitasi berpengaruh secara negatif, dan kulit mulai kendur. Oleh karena septa jaringan ikat tetap utuh dan sering kali menyusut dan menegang lebih lanjut seiring waktu, penampilan selulit terus memburuk seiring bertambahnya usia.

🔸🌸🔸
Faktor lain yang memperparah dalam perkembangan selulit adalah berat badan yang naik turun. Siklus peningkatan dan penurunan berat badan yang berulang akan merusak elastisitas kulit lebih lanjut, membuat selulit lebih jelas terlihat.

🌟Cara menghilangkan dan menyamarkan penampakan selulit

Menghilangkan selulit merupakan hal yang tIDak mudah untuk dilakukan.
Ada cara yang bisa membuatnya kurang terlihat.

1. Olahraga.
Olahraga adalah salah satu perawatan selulit terbaik. Olahraga tidak membuat selulit menghilang, tetapi memiliki otot yang kuat di bawah area yang berselulit dapat membuat kulit Anda terlihat lebih rata. Cobalah lakukan tiga rangkaian ini: diet sehat, olahraga singkat, dan pembentukan otot.

2. Makan makanan mentah.
Makanlah serat lebih banyak seperti gandum, buah, dan sayuran, dibandingkan makanan berkalori “kosong”. Karbohidrat sederhana atau olahan yang ditemukan dalam banyak roti, permen, dan minuman ringan dapat menambah kalori. Hal ini menyebabkan lemak, terutama di daerah yang rawan selulit.

3. Menurunkan berat badan.
Kurus atau gemuk, Anda dapat memiliki selulit, tapi berat badan berlebih dapat membuatnya lebih terlihat. Jika Anda kelebihan berat badan, menurunkan berat badan dapat membantu. Sebaiknya turunkan berat badan secara perlahan. Diet yang menurunkan berat tubuh secara drastis dapat membuat selulit tampak lebih buruk. Jika Anda kehilangan banyak berat badan, Anda mungkin melihat dapat selulit di daerah kulit Anda yang kendur.

4. Berhenti merokok.
Merokok mempengaruhi suplai darah ke kulit Anda, sehingga membuatnya lebih tipis dan mungkin kendur. Hal ini membuat selulit di lengan, paha, dan bokong lebih terlihat.

5. Pijatan.
Luangkan beberapa menit setiap hari untuk memijat bagian yang berselulit. Lakukan saat di kamar mandi atau ketika Anda mengoleskan lotion. Pijatan meningkatkan aliran darah dan menghilangkan kelebihan cairan, yang dapat membuat selulit terlihat lebih samar untuk sementara waktu.

6. Uji coba produk.
Krim dengan ekstrak tanaman mungkin bisa membuat kulit Anda terlihat lebih baik untuk sementara waktu. Misalnya, produk dengan kafein, dapat membantu mengencangkan kulit dengan cepat untuk sementara. Tapi akankah produk lainnya juga bekerja dengan baik? Lakukan uji coba sendiri. Dan sebelum Anda menghabiskan uang dengan produk baru, cobalah sedikit dulu sehingga Anda tahu bagaimana kulit Anda bereaksi terhadap produk tersebut.

7. Tambahkan krim retinol sebagai rutinitas Anda.
Saat Anda mencari krim yang tepat untuk membantai selulit, carilah yang mengandung “retinol”. Retinol tidak menyembuhkan selulit, tetapi dapat memperbaiki tampilan dan tekstur kulit Anda. Anda perlu menggunakannya setidaknya selama 6 bulan, dan produk dengan 0,3% retinol adalah yang terbaik. Retinol akan memperkuat lapisan luar kulit Anda untuk membantu menutupi daerah bergelombang di bawahnya.

8. Gelapkan kulit.
Jika Anda memiliki kulit yang sangat putih, menggelapkan warna kulit dapat membantu menyamarkan selulit. Selulit tidak akan terlalu terlihat pada kulit yang lebih gelap. Mulailah dengan body scrub yang lembut, lalu oleskan lotion self-tanning ke daerah selulit saja. Kemudian semprotkan seluruh tubuh Anda dengan semprotan pewarna. Jangan tanning dengan berjemur. Hal ini akan merusak kulit Anda dan membuat selulit tampak lebih buruk.

9. Kenakan support stocking.
Support stocking modern tidak terlihat tebal dan longgar seperti yang nenek Anda kenakan dulu. Jika Anda sering memakainya, selulit Anda akan terlihat lebih halus. Yang menjadi masalah adalah, biasanya dibutuhkan satu hingga dua tahun! Stocking kompresi dapat membantu mencegah selulit menyimpan cairan. Dokter atau apoteker dapat membantu Anda memilih jenis yang tepat.

10. Memanjakan diri dengan spa wrap.
Anda bisa menggunakan spa wrap untuk mengencangkan dan menghaluskan kulit Anda. Efeknya berlangsung sekitar satu hari, dan biayanya bervariasi. Sebuah pembentuk tubuh atau perban Ace akan melilit zona selulit Anda dan mungkin dapat memberikan hasil spa yang tidak memakan banyak biaya.

11. Lipomassage.
Lipomassage adalah prosedur menggunakan perangkat untuk mengumpulkan kulit Anda dan melakukan pijatan. Pengobatan mahal ini telah disetujui oleh FDA dan membutuhkan beberapa kali perawatan untuk mendapatkan hasil. Namun, manfaatnya cenderung tak bertahan lama kecuali Anda melakukannya berulang-ulang.

12. Laser dan radio frequency.
Laser atau frekuensi radio (RF) dapat menghangatkan kulit Anda dari luar, membuat permukaan yang berselulit tampak lebih halus, biasanya selama 6 bulan atau lebih. Tidak terlalu menyakitkan, tetapi bisa sangat mahal, dan Anda mungkin perlu beberapa kali kunjungan.

13. Operasi cellulaze.
Operasi ini menangani selulit langsung pada sumbernya. Sebuah laser masuk di bawah kulit untuk mengecilkan sel-sel lemak, memotong bagian keras yang menyebabkan gumpalan selulit, dan merangsang kulit tebal. FDA menyetujui Cellulaze pada tahun 2012 berdasarkan sebuah penelitian kecil yang berlangsung selama 3 bulan. Hasilnya dapat bertahan satu tahun atau lebih, tetapi efek jangka panjang dari Cellulaze tidak diketahui. Pastikan Anda menemui dokter bedah plastik bersertifikat untuk prosedur ini.

Cellulaze mungkin tidak bekerja dengan baik jika Anda memiliki berat badan berlebih atau selulit parah.

وَ اللّٰهُ أَعْلَمُ بِالصَّوَّاب


🌷🌷🌷🔹🔹🔹🌷🌷🌷
        💎TaNYa JaWaB💎

0⃣1⃣ Syarah Nur Azizah
Dok saya punya saudara yang punya kebiasaan garuk-garuk dari kecil meskipun itu tidak gatal dan akhirnya memiliki banyak selulit di perut nya, apakah selulit bisa diakibatkan karena seringnya menggaruk?

🌸Jawab:
Kalau sering menggaruk yang timbul lebih banyak strectch ya atau goresan-goresan dengan warna lebih terang.
Pada saar menggaruk kelenturan kulit juga jadi berkurang sehingga lebih longgar jaringan kulitnya dan timbul selulit.
Kemungkinan gatal juga timbul karena kulit yang kering atau kurang cairan. Dan ini penting untuk menjaga kelembapan kulit.
Jadi proses menggaruk itu meningkatkan resiko timbulnya selulit.

0⃣2⃣ Lela
Bu dokter apa sih bedanya selulit sama strecmark?

🌸Jawab:
Selulit disebabkan jaringan ikat di bawah kulit kita longgar sehingga kulit tampak bergelombang tidak rata. Dan ditambah adanya lemak menonjol di permukaan kulit.

Strecth karena kulit meregang sehingga timbul gambaran kulit bergaris garis meregang seperti pecah.
Keduanya karena faktor kelembapan kulit dan struktur jaringan kulit dan jaringan ikat di bawah kulit.

0⃣3⃣ Serra
Assalamualaikum.

Jika menggunakan obat untuk mengurangi selulit baiknya cara mencobanya produk yang benar. Misal selama seminggu di coba dan lihat perkembangannya atau bagaimana?

Terima kasih.

🌸Jawab:
Wa'alaikumsalam.

Betul mbak...
Coba 1 produk selama 1 sampai 2 mingguan apakah terlihat perubahan pada selulit. Sambil melihat kecepatan respon kulitnya.

0⃣4⃣ Han
1. Pada usia berapa selulit itu bisa muncul?

2. Dan apakah semua wanita pasti mengalami selulit?

3. Bahayakah dok kalau mempunyai selulit yang berlebihan?

🌸Jawab:
1. Biasanya saat usia lewat remaja.... sekitar umur 15 sampai 17 tahunan.

2. Tidak semua wanita mbak.
Tergantung faktor penyebab yang disebutkan di materi.

3. Bahaya sih tidak. Tapi tidak indah saja secara estetik.

0⃣5⃣ Serra
Jika olahraga bisa menghilangkan, olahraga seperti apa yang bisa menghilangkan selulit dan berapa persen hilangnya selulit?

🌸Jawab:
Olah raga hampir semua bisa mengurangi selulit yang penting yang berfungsi untuk mengencangkan otot di daerah yang sering timbul selulit.
Misalnya mengencangkan perut, paha, bokong. Banyaknya di gerakan aerobik atau work out khusus seperti plank, crunches, mudah dicari di youtube. Workout mengecilkan abs atau perut dan lainnya.
Berenang juga baik, aerobik juga.

Untuk hilang sama sekali agak sulit. Tergantung faktur pencetusnya. Sulit bila selulitnya sangat dipengaruhi hormon, faktor genetik.

0⃣6⃣ Syarah
1. Terus bagaimana cara menghilangkan selulit yang sudah lama menempel di badan?

2. Dan bagaimana caranya untuk menghilangkan kebiasaan menggaruk itu?

🌸Jawab:
1. Lakukan yang di materi tentang mengurangi selulit.
Yang penting jaga kelembapan kulit. Kalau kulit lembab maka tidak mudah pecah pecah, tidak gatal sehingga merangsang untuk digaruk.

2. Konsumsi makanan segar, minum cukup. Bila perlu oleskan cream atau salep atau body lotion sehinga kulit tetap lembab.

0⃣7⃣ Astri
Dokter, apa betul katanya kalau kita garuk-garuk dari luar baju (kukunya tidak langsung menyentuh kulit) pas lagi haid jadi penyebab selulit juga?

🌸Jawab:
Tergantung tekanan kita ke atas kulit kita. Bila cukup keras tekanannya bisa merangsang timbulnya selulit.
Juga tergantung sudah timbul apa belum selulitnya. Bila sudah timbul maka resiko untuk timbul lebih banyak lebih tinggi.

وَ اللّٰهُ أَعْلَمُ بِالصَّوَّاب


🌷🌷🌷🔹🔹🔹🌷🌷🌷
 💎CLoSSiNG STaTeMeNT💎


Untuk mencegah selulit jagalah selalu kesehatan kulit kita dengan makanan sehat, real food, olahraga teratur, banyak minum air putih, tidak merokok dan cukup istirahat.
Semua berawal dari pola hidup sehat.

Mohon maaf bila dalam penyampaian ada salah dan khilaf.
Semoga bermanfaat.

وَ اللّٰهُ أَعْلَمُ بِالصَّوَّاب

Tidak ada komentar:

Posting Komentar