Selasa, 28 Agustus 2018

INSOMNIA



OLeh      : Bunda Heradini F., S.Psi

       💎M a T e R i💎

بسم الله الرحمن الرحيم
السلا م عليكو م و ر حمت الله و بر كا ته

إِنَّ الْحَمْدَ لِلَّهِ نَحْمَدُهُ وَنَسْتَعِيْنُهُ وَنَسْتَغْفِرُهْ وَنَسْتَهْدِيْه
ِ وَنَعُوذُ بِاللهِ مِنْ شُرُوْرِ أَنْفُسِنَا وَمِنْ سَيِّئَاتِ أَعْمَالِنَا، مَنْ يَهْدِهِ اللهُ فَلاَ مُضِلَّ لَهُ وَمَنْ يُضْلِلْ فَلاَهَادِيَ لَهُ. أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ الله وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ. اَللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَمَنِ اهْتَدَى بِهُدَاهُ إِلَى يَوْمِ الْقِيَامَةِ.

Alhamdulillah kita panjatkan kehadirat ALLOH SWT atas segala rahmat, nikmat dan karuniaNya sehingga kita bisa bertemu kembali, berkumpul bersilaturahmi di majelis ilmu di room Class ibu Hamil yang in sya ALLOH diberkahi dalam ikhtiar keilmuan kita yang terbatas untuk lebih baik lagi dalam bertaqarrub kepada ALLOH, meluruskan niat, menguatkan Azzam berdakwah dalam komunitas ini, memaksimalkan potensi dakwah, menjalankan tugas kita sebagai khalifah didunia yang fana ini.

Shalawat dan salam kita haturkan pada baginda Nabi besar Muhammad SAW, manusia berahklak paling mulia, uswatun hasanah kita, dan inspirasi hidup kita sebagai seorang muslim. Semoga sosok beliau bisa terus memotivasi kita untuk terus menjadi pribadi yang selalu berjuang menjadi lebih baik..Aamiin yaa robbal'alamiin,,,

Alhamdulillah kita bersua lagi dalam majlis ilmi ini.
Semoga kebersamaan kita dalam majlis dalam memberi dampak signifikan pada perubahan perilaku kita dan orang-orang disekitar kita.
Aamiin

🔹🌷🔹
Tema kita malam hari ini adalah :
INSOMNIA

🔹Pengertian

Sulit tidur atau insomnia adalah gangguan tidur yang ditandai dengan kesulitan untuk memulai tidur atau mempertahankan tidur.
Jumlah waktu yang dibutuhkan setiap orang untuk memang berbeda-beda.
Namun kebutuhan tidur rata-rata untuk orang dewasa adalah 7- 8 jam sehari.

Insomnia tidak hanya akan menurunkan energi kita di pagi hari dan mengganggu mood, tapi juga dapat memengaruhi kesehatan dan menurunkan kualitas hidup.
Kualitas tidur yang buruk akibat insomnia dapat memengaruhi fisik maupun mental seseorang.

🔹Diagnosa

Penentuan diagnosis pada sulit tidur atau insomnia dapat dilakukan melalui serangkaian wawancara medis. Melalui wawancara ini dapat diketahui riwayat penyakit, riwayat pengobatan, dan pola tidur.
Dokter mungkin akan meminta kita mencatat jadwal tidur selama dua minggu atau lebih untuk melihat pola tidur kita.

Selain itu juga dapat dilakukan pemeriksaan fisik. Pemeriksaan laboratorium juga mungkin akan dilakukan jika kita dicurigai menderita hipertiroid. Jika kita merasa mengalami insomnia, sebaiknya konsultasikan dengan dokter.

🔹Gejala Insomnia

1. Sulit untuk memulai tidur, atau tidak bisa menutup mata.
2. Bisa mudah tertidur, tetapi bangun terlalu awal dan tidak bisa tidur kembali .
3. Sering terbangun di tengah malam, sehingga mengantuk keesokan di siang harinya.

🔹Penyebab umum insomnia

1. Stres di rumah atau ditempat kerja.
2. Perubahan gaya hidup, misalnya pindah rumah.
3. Lingkungan yang bising, dan sangat tidak nyaman untuk tidur.
4. Penyakit yang menyebabkan nyeri, sesak nafas atau sering buang air kecil.
5. Usia, Kecemasan dan depresi, Ketegangan.

🔹Faktor Psikologis

Faktor utama yang sering menyebabkan hal ini adalah faktor psikologis.

Faktor psikologis yang mendera meliputi berbagai masalah misalnya pekerjaan, keuangan, keluarga, pribadi, penyakit, dan lain-lain yang dapat memberikan rasa kekhawatiran, kecemasan, dan ketakutan sehingga dapat menyebabkan tekanan. Waktu menjelang tidur terkadang atau bahkan selalu muncul pikiran-pikiran akan masalahan tersebut, yang tentu saja akan menyita otak anda untuk berpikir, seperti merewind berbagai permasalahan menjadi satu. Hal ini tentu saja sangat berat.

🔹Cara Mengatasi Insomnia

Insomnia perlu diatasi agar tidak berdampak pada gangguan fisik, psikis, ataupun sosial seseorang.
Berikut ini adalah cara untuk mengatasi insomnia, yaitu:

1. Hindari stres.
Rilekskan tubuh setelah beraktivitas. Luangkan waktu untuk menetralisir stres yang didapatkan dari aktivitas di siang hari, khususnya ketika menjelang tidur.
Hilangkan stres dengan melihat ke pemandangan alam yang hijau, atau berbaring tutup mata dan lakukan terapi nafas dalam sambil menjernihkan pikiran, mendengarkan musik slow yang membuat nyaman, atau melakukan teknik teknik relaksasi seperti meditasi atau yoga. Dengan begitu, stres yang Anda alami akan berkurang dan membuat tubuh Anda lebih rileks.

2. Jauhi kafein pada sore atau malam hari.
Minuman berkafein seperti kopi menyebabkan sulit tidur. Hal ini dikarenakan kafein merupakan zat dalam makanan yang dapat meningkatkan detak jantung sehingga tubuh Anda terasa lebih aktif dan susah tidur. Kopi bukan satu- satunya minuman yang mengandung kafein melainkan ada juga dalam teh, soda, minuman berenergi, dan lainnya. Efek kafein dalam tubuh dapat hilang dalam beberapa jam. Apabila Anda meminumnya pada sore hari atau menjelang tidur akan menyebabkan kesulitan tidur.

3. Pergi tidur lebih awal.
Pergilah tidur lebih awal dari jam tidur kita. Jangan lakukan aktivitas yang membuat tubuh kita terjaga misalnya menonton TV, bermain Hp atau laptop. Lakukan kegiatan seperti membaca buku sambil berbaring diatas tempat tidur. Pergi tidur 30 menit lebih awal sambil membaca buku terlebih dahulu efektif untuk mengatasi insomnia. Terlalu banyak paparan cahaya dari alat elektronik mempersulit tidur Anda.

4. Buat suasana nyaman.
Kondisikan lingkungan Anda dengan situasi yang nyaman. Usahakan berada di lingkungan yang tenang, bersih, agar tubuh merasa lebih rileks dan mudah tidur. Apabila kamar Anda dalam kondisi berantakan, maka akan mengurangi kenyamanan dalam tidur. Bersihkan dan rapikan kamar Anda terlebih dahulu jika ingin mengatsi insomnia.

5. Redupkan cahaya atau matikan lampu saat tidur.
Cahaya yang terlalu terang di dalam kamar sering menjadi penyebab sulitnya tidur. Apabila kita mengalami insomnia, redupkan lampu kamar kita atau matikan ketika menjelang tidur. Mematikan lampu saat menjelang tidur juga mampu memicu pengeluaran hormon hormon dalam tubuh untuk relaksasi sehingga mempercepat rasa kantuk dan tertidur. Selain untuk mengatasi insomnia, mematikan lampu juga bermanfaat banyak untuk kesehatan tubuh.

6. Posisikan tubuh dengan nyaman.
Terdapat posisi tubuh yang baik yang disunnahkan oleh Nabi yaitu dengan tidur berbaring dan miring ke arah kanan. Posisi ini membuat lambung bekerja lebih baik dalam menyerap makanan, mencegah maag, dan juga membuat otak lebih rileks. Posisi tidur yang tidak baik juga bisa mengakibatkan tidur Anda tidak nyaman atau terasa sakit pada area leher saat bangun. Posisikan kepala kita pada bantal yang tidak terlalu tinggi.

7. Mandi air hangat.
Mandi air hangat akan membantu kita untuk merilekskan tubuh sebelum tidur. Air hangat dapat membantu merilekskan otot- otot tubuh kita setelah seharian bekerja atau beraktivitas. Ketika tubuh terasa lebih ringan dan rileks, maka tidur pun akan lebih nyaman dan cepat. Mandi air hangat juga membantu meringankan rasa capek dan pegal pegal setelah beraktivitas.

 ‎والله أعلم بالصواب

🌷🌷🌷🔹🔹🔹🌷🌷🌷
        💎TaNYa JaWaB💎

0⃣1⃣ Diana
Assalamualaikum warahmatullah wabarakatuh.

Saya masih merasakan mabok setiap harinya. mual, muntah, pusing. Jadi kalau siangnya badan sudah lemas,,
saya selalu tidur siang. tapi malamnya insom.
Jika seperti itu bagaimna solusinya?

Karena kalau siang tidak dipaksakan tidur.
Saya tidak bisa beraktivitas sama sekali kalau kepalanya sudah pusing tidak karuan. Tapi jika setiap siang tidur, maka malamnya tidak bisa tidur bund.
Mohon jawabannya ya bunda.

Jazaakillahu khoiron.
Wassalamualaikum warahmatullah wabarakatuh.

🍓Jawab:
Wa'alaikumsalam wr.wb.

Disabari saja
Memang ibu hamil tu aneh-aneh bawaannya.
Saya pernah selama hamil 3 bulan batuk terus. Minum obat apa saja, tetap batuk. Akhirnya sedekah dan berdoa pada Allah agar diselamatkan. Kalaulah tetap batuk mohon kepada Allah agar janin tetap sehat.

Demikian juga dengan insomnia bagi ibu hamil.

Jika memang mengganggu datangi dokter kandungan.
Saran saya sih minum air rebusan beras ketan hitam. Jika kehaamilan sudah di trimester 2.

0⃣2⃣ Fani
Bunda, apakah insomnia berpengaruh terhadap kesehatan ibu hamil dan si cabang bayi?

🍓Jawab:
Insomnia berpengaruh pada kesehatan ibu hamil. Juga bayinya.
Bagi orang biasapun akan menganggu kesehatan.
Yang pasti pusing. Terasa berat ditengkuk dan pegal-pegal disekujur badan.
Kalau ini terjadi, maka akan memberikan dampak psikologis pada si ibu.
Diantaranya ibu jadi sering marah-marah dan itu berefek pada psikologis janin.

0⃣3⃣ Erika
Dulu saya punya permasalahan insomnia yang cukup parah. Saking parahnya harus mengonsumsi obat dengan efek samping tidur baru bisa tidur.
Alhamdulillaah sekarang sudah sembuh.

Pertanyaannya, penanganan yang tepat untuk penderita insomnia itu seperti apa?

🍓Jawab:
Penanganan yang tepat untuk insomnia adalah sesuai dengan penyebabnya.
Jadi cari penyebabnya dulu.
Baru kemudian dicari solusinya.
Penggunaan obat-obatan merupakan pilihan terakhir.
Sebaiknya dicari dulu herba yang bisa dikonsumsi dan aman tanpa menimbulkan ketergantungan.
Misal bentuk madu deep atau habbas sauda yang ada propolisnya.

0⃣4⃣ Erika
Mungkin bisa dibantu Bun Hera, teman-temanku yang baru kehamilan pertama dan sudah masuk TM3 mulai insom karena kepikiran nanti lahiran bagaimana dan lain-lain.
Itu bagaimana cara mengubah pola pikirnya supaya tidak terlalu kepikiran? Terutama bagi yang kena panick attack.

🍓Jawab:
Itu hal-hal wajar yang dialami ibu-ibu hamil ya...

Saya saja sudah melahirkan 7 kali, masih takut ketika mendekati hari-hari melahirkan.
Suka kebayang yang aneh-aneh.
Yang kemudian saya lakukan adalah membereskan semua urusan. Masalah hutang, kerjaan dan lain-lain.
Meminta maaf pada setiap orang yang ditemui (jadi berasa aneh juga). Meminta doa.
Selain itu juga legowo dengan semua keputusan Allah.
Banyakin sholawat.
Baca qur'an minimal 1 juz per hari. Sampai menjelang melahirkanpun usahakan tetap dapat 1 juz.

In syaa Allah, Allah sendiri yang akan memberi ketenangan dalam hati.
Insomnia? Lewat....

والله أعلم بالصواب

0⃣5⃣ iFy
Saya sejak sebelum nikah memang sudah mempunyai riwayat susah tidur, nah sekarang semenjak hamil mulai kira- kira 22 w setiap pagi diatas jam 7 ngantuknya luar biasa, tapi lebih dari jam itu meski mengantuk tidak bisa tidur, dan malamnya sering kebangun kekamar kecil, kadang malah tidak bisa tidur sama sekali Bu, sampai sakit kepala..
Bagaimana cara agar bisa tidur dimalam hari ya Bu?
(Sering tidak bisa tidur karena perut bagian samping kanan kencang).

Usia kandungan 28 w.

🍓Jawab:
Berarti mb ify memang dari awal mengalami maslah susah tidur ya...
Pernah diatasi atau konsultasi dokter tidak ? Untuk mengetahui penyebabnya apa.
Dan sudah  pernah diatasi atau ditangani belum ?
Kalau dl belum ada penanganan, bisa jadi memang kebawa sampai sekarang.

💎Saya sudah pernah konsultasi dan waktu itu saya sampai dikasih obat tidur Bu,

Katanya saya terlalu stres, dan dulu kan kerjaan saya menjahit baju, sekarang sudah tidak, tap[ kok masih tetep gampang susah tidur.

🍓Kebawa waktu dulu.
Apalagi sekarang bertambah parah karena kehamilan. Hamil memang mempengaruhi tubuh karena adanya perubahan hormonal.

Coba untuk diatasi dengan trik-trik tadi malam terlebih dahulu. Tanpa penggunaan obat, karena obat tidur bagi ibu hamil sangat riskan.

Coba diikuti satu per satu. Nanti hasilnya bagaimana, bisa konsultasi sama saya lagi.


Semoga tips-tips diatas (7 tips) tersebut bermanfaat.
Kalau tetap tidak bermanfaat :
Ambil 7 daun bidara,
Ditumpuk,
Campurkan dengan seember air,
Gunakan untuk mandi diwaktu fajar sebelum subuh,
Kemudia setelah mandi baluri tubuh dengan minyak but-but. Sambil baca al ma'sturot.
Selamat mencoba.

Mandinya jangan dikamar mandi yang ada WC nya ya...
WC tempatnya syaiton.

Kalau saya pribadi mengurangi obat-obatan kimia. Pilih ke herba dulu.

💎Saya coba tips nya Bu, berarti kita sambil ruqyah mandiri ya Bu?

🍓iya sayang.

 ‎والله أعلم بالصواب

🌷🌷🌷🔹🔹🔹🌷🌷🌷
💎CLoSSiNG STaTeMeNT💎


Insomnia bisa menimpa siapa saja. Mulai dari anak-anak, orang dewasa sampai usia lanjut.
Penangan yang tepat akan memberikan dampak yang sesuai harapan.
Namun berserah diri sepenuhnya pada Allah merupakan inti dari penyembuhan insomnia tersebut.

Saya akhiri, afwan minkum ada kurangnya itu dari saya pribadi, kebaikan itu dari Allah, fastabiqul khairat,
Allahu yubarik fiikum.

جَزَاكُمُ اللّهُ خَيْــــرًا كَثِيْرًا

أَقُوْلُ قَوْلِيْ هَذَا وَأَسْتَغْفِرُوْا اللهَ لِيْ وَلَكُمْ
وَ السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Tidak ada komentar:

Posting Komentar