Kamis, 28 Februari 2019

TAFSIR SURAH AL-FATIHAH Part-2



OLeH: Ustadz Ahmad Jumadi Toha, Lc

           💎M a T e R i💎

🌸TAFSIR Surah Al Fatihah Part-2


الحمد لله رب العالمين. والصلاة والسلام على رسول الله وعلى آله وصحبه ومن اهتدى بهداه.

Kita bertemu kembali dalam kajian Part-2 surah Al Fatihah.

Selanjutnya nama Allah الرحيم yang artinya Yang Maha Penyayang, mengandung rahmat bagi orang-orang beriman baik di dunia maupun di akhirat. Di dunia rahmat yang dianugerahkan kepada mereka adalah berupa iman dan tauhid.

Mereka ditaqdirkan saat lahir sebagai orang mukmin. Maka hidayah itu hanya milik Allah SWT. Hak prerogatif Allah SWT. Andai seseorang terlahir sebagai penganut agama lain, itupun atas kehendak Allah. Itulah sebabnya menjadi seorang mukmin yang terlahir dari orang tua muslim.

Hanya dengan nikmat iman dan Islam seorang manusia akan memperoleh keselamatan di akhirat kelak dari adzab neraka, termasuk adzab kubur. Persoalannya kemudian adalah apakah kita sanggup menggenggam erat Islam dan iman di tengah fitnah akhir zaman yang begitu dahsyat menggempur?

Maka tidak heran jika seorang mukmin yang hidup di akhir zaman akan menghadapi ujian keimanan yang berat. Itulah sebabnya banyak orang yang menggadaikan iman dan Islam dengan dunia. Semoga Allah SWT melindungi iman dan Islam kita dan mewafatkan kita dalam puncak amal dan iman amin.
Alhamdulillah.

Banjarmasin, 12 Februari 2019

🌸🌸🌸🌟🌟🌟🌸🌸🌸
        💎TaNYa JaWaB💎

0⃣1⃣ Puji ~ Bogor
Al-fatihah itu untuk orang yang masih hidup atau yang sudah meninggal?

Sedangkan didalamnya terkandung makna
"Hanya kepada Alloh kami menyembah dan meminta pertolongan, terus meminta tunjuki jalan yang lurus, jalan yang Alloh ridhoi."
Tapi kenapa banyak yang buat kirim arwah?

🌸 Jawab:
Khilaf di kalangan ulama mengenai sampai ataukah tidak bacaan-bacaan Qur'an orang yang masih hidup untuk orang yang sudah meninggal dunia sebagai hadiah pahala. Namun sepakat bahwa doa bagi orang yang sudah meninggal dunia akan sampai.

0⃣2⃣ iNdika ~ Kartasura
Sebenarnya boleh tidak kita membaca Al Fatihah untuk orang meninggal?

🌸 Jawab:
Ada pendapat yang membolehkan ada juga pendapat yang menganggapnya perkara baru (bid'ah).

0⃣3⃣ Kiki ~ Tanjungpinang
Ustadz, berdasarkan materi yang ustadz sampaikan,  bagaimana caranya agar kita bisa tetap menggenggam erat nikmat islam dan iman di tengah fitnah akhir zaman ini ya ustadz?

🌸 Jawab:
Bismillah.
Nabi shalallahu'alahi wasallam berpesan kepada ummat Islam di akhir zaman untuk selalu beramal Soleh dan menyegerakannya tanpa menunda, agar mereka selamat dari berbagai fitnah.

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar