Selasa, 28 Mei 2019

TiPS & TRiK PUASA BUMIL & BUSUI



OLeH: Rif'atul Amini,S.Gz

         💎M a T e R i💎

Assalamu'alaikum warrohmatullah wabarakatuh

Jazakillah khair mba moderator.
Berhubung disini sudah agak malam saya langsung bagikan saja sharing materi pada malam ini ya.

Ibu hamil dan menyusui memang wajib berpuasa, tetapi dengan syarat dia mampu dan tidak membahayakan diri sendiri serta janin. Tentu saja, perlu perhatian ekstra bagi mereka yang menjalankannya.

Syarat yang harus dipenuhi ibu hamil dan menyusui saat berpuasa adalah nutrisi sebesar minimal 2500 kilo kalori per hari, terdiri dari 50 persen karbohidrat, 30 persen protein hewani dan nabati seperti ikan, telur, daging, susu, tahu dan tempe, serta 20 persen yang dalam bentuk lemak seperti kacang-kacangan.

Seorang bumil dan busui membutuhkan suplemen vitamin yang terdiri dari asam folat, kalsium dan zat besi. Hal itu karena vitamin yang didapatkan dari makanan saja dinilai tidak mencukupi. Biasanya, seseorang meminum suplemen vitamin itu sebelum tidur.

🔸MAKANAN BUMIL

Dalam kondisi hamil, seseorang harus mengonsumsi makanan dengan kandungan zat besi karena hampir 50 persen ibu hamil memiliki anemia. Zat besi itu contohnya, daging dan sayuran hijau

Seorang ibu hamil dapat memperoleh kalsium dari susu, ikan salmon dan sarden. Tidak harus susu kalsium.

Lantas, makanan apa saja yang perlu dikonsumsi oleh seorang ibu hamil dan busui saat sahur dan berbuka puasa?

Ibu hamil perlu mengonsumsi makanan dengan kandungan lemak yang cukup, daging, vitamin C dan antioksidan. Sedangkan saat sahur seorang ibu hamil dianjurkan untuk tidak terlalu banyak mengonsumsi makanan manis. Konsumsi air putih tetap 1,8 sampai 2 liter per hari (saat sahur dan buka), dan segelas susu hangat.

Saat buka puasa, seorang ibu hamil perlu mengawalinya dengan minuman yang hangat dan manis. Namun, tidak dianjurkan untuk meminum minuman dingin. Ibu hamil juga dapat menyantap kurma sebagai karbohidrat.

🔸TRIMESTER KEHAMILAN

Seorang ibu hamil memiliki tiga bagian masa kandungan, pada trimester satu atau tiga bulan pertama, janin masih proses pembentukan organ tubuh, otak, saluran cerna dan ginjal. Umumnya, mereka akan mengalami keluhan seperti mual, pusing, lemas dan muntah.

Kalau mual dan muntah yang menyebabkan dia tidak bisa makan akan membahayakan. Biasanya, jika seorang ibu hamil memiliki masalah seperti itu tidak dianjurkan untuk puasa.

Susu merupakan sajian utama yang perlu ada ketika sahur dan berbuka puasa.

Trimester tiga atau di bulan ketujuh hingga kesembilan biasanya seorang ibu hamil sudah siap melahirkan. Meski demikian, asupan dalam jumlah yang cukup dibutuhkan janin karena terus berkembang.

Seseorang di trimester tiga diperbolehkan puasa ketika tekanan darah normal, tidak ada anemia, tidak memiliki sakit gula, janinnya baik, dan berat bayi sudah sesuai.

Penelitian Joosoph, Abu, dan Yu (2004)  menunjukkan bahwa 74% dari 182 wanita hamil yang menjadi responden berhasil melakukan puasa selama kurang lebih 20 hari pada bulan Ramadhan. Keberhasilan ini dicapai berkat dukungan suami dan keluarga, serta keyakinan untuk menjalani ibadah.

🔸BUSUI

Berbagai penelitian menyatakan bahwa ibu menyusui yang menjalankan puasa dalam jangka waktu tertentu tidak akan mempengaruhi atau mengurangi produksi ASI. Meskipun sedang berpuasa, tubuh ibu akan tetap menghasilkan ASI dengan jumlah yang sama.

Gizi yang terkandung dalam ASI mungkin akan mengalami sedikit perubahan, hanya saja tidak terlalu signifikan. Ketika menjalankan puasa, pola metabolisme akan disesuaikan oleh tubuh sehingga ASI tetap akan diproduksi dengan kualitas terbaik.

Jadi tidak perlu merasa khawatir akan penurunan berat badan bayi karena menyusui sambil berpuasa. Pasalnya, penelitian menyatakan bahwa berat badan si kecil ataupun pertumbuhannya tidak akan mendapatkan dampak buruk sekalipun anda menyusui sambil ikut berpuasa. Yang paling penting si kecil menyusui dengan baik.

Semakin bayi anda sering menyusui maka kebutuhannya semakin tercukupi, serta produksi ASI akan semakin lancar pula. Hal ini menjadi siklus yang saling menguntungkan di antara ibu dan bayi.

Karenanya bumil dan busui harus mengatur pola makannya dengan tepat, jika tidak maka bukan tidak mungkin kesehatan tubuh ibu, janin terganggu dan produksi ASI bisa terpengaruh.

🌸🌷🌸
🔹Untuk itu, beberapa tips terkait pola makan ibu saat puasa adalah:

1. USAHAKAN UNTUK MAKAN UTAMA LEBIH DARI 2 KALI

Lazimnya pada saat puasa orang akan terbiasa makan utama hanya pada saat berbuka dan sahur saja.

Namun dengan kebutuhan energi ibu menyusui yang cukup tinggi, maka mengonsumsi makanan utama setelah salat tarawih sangat dianjurkan untuk dilakukan.

Selain itu, meningkatkan jumlah konsumsi dan frekuensi camilan sehat, seperti bubur kacang hijau atau olahan camilan dari buah, bisa jadi pilihan tepat untuk mendukung tercukupinya asupan gizi dari jumlah makanan yang dikonsumsi ibu menyusui.

2. PILIH MAKANAN YANG PADAT ENERGI DAN KAYA GIZI

Dengan kebutuhan yang tinggi, ibu menyusui harus tepat dalam memilih bahan makanan. Hal ini akan mendukung konsumsi jumlah makanan yang tepat dan tidak berlebihan.

Memilih makanan yang miskin gizi, hanya tinggi kalori, gula dan lemak, misalnya gorengan, minuman manis atau camilan kemasan, hanya akan membuat tubuh ibu merasa kenyang tanpa adanya asupan gizi yang tepat.

Beberapa contoh makanan padat energi adalah kacang hijau, kacang merah, telur, susu serta buah alpukat. Makanan ini memiliki kandungan kalori tinggi yang terbentuk dari gizi yang tepat yaitu protein dan lemak baik.

🔹Inilah 8 Makanan Yang Memperbanyak ASI Secara Alami:

1. PEPAYA

Pepaya, baik buahnya ataupun bunganya, mengandung vitamin A dan vitamin C, serta beberapa mineral penting misalnya kalium, asam folat, dan enzim papain.

Enzim ini membantu pencernaan protein. Ibu menyusui membutuhkan banyak protein untuk memproduksi ASI. Selain itu, pepaya banyak mengandung cairan, sehingga sangat baik untuk mencukupi kebutuhan cairan untuk memproduksi ASI.

Pepaya dapat dimakan langsung ketika ranum, ataupun dibuat sup bila masih mengkal. Banyak masakan yang dapat menggunakan pepaya mentah sebagai bahannya, misalnya sayur asam dan sup ikan dengan pepaya. Sup ini sudah sering digunakan sejak dulu sebagai makanan yang memperbanyak ASI.

2. DAUN KATUK

Daun katuk sudah lama dikenal sebagai makanan yang memperbanyak ASI, karena mengandung protein yang dibutuhkan untuk memproduksi ASI.

Ibu menyusui membutuhkan protein sekitar 20 gram lebih banyak daripada biasanya. Dalam kondisi normal, wanita membutuhkan sekitar 40 gram protein setiap harinya. Jadi dalam kondisi menyusui, dibutuhkan sekitar 60 gram protein setiap hari.

3. SUP DAGING ATAU AYAM ATAU IKAN

Sup juga merupakan salah satu makanan yang memperbanyak ASI. Kuah sup dapat menambah asupan cairan untuk tubuh, sedangkan daging atau ayam atau ikan dapat menambah protein bagi tubuh.

Selain itu, pada umumnya sup menggunakan berbagai macam sayuran, sehingga dapat memberi vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh.

 4. HAVERMOUTH (OATMEAL)

Selain berkhasiat untuk mengurangi kolesterol dan menjaga tekanan darah, havermouth juga salah satu makanan yang memperbanyak ASI.

Seorang wanita yang duduk memakan havermouth akan merasa relaks dan memicu hormon oxytocin. Hormon ini adalah hormon yang berpengaruh pada produksi ASI.

5. BAYAM, DAUN KELOR

Bayam baik untuk menambah zat besi yang berfungsi untuk pembentukan sel darah merah. Selain itu, kandungan vitamin B6 pada bayam dapat meningkatkan daya tahan tubuh bayi.

Kandungan nutrisi lainnya pada bayam adalah vitamin A, C, E, K, protein, serta berbagai mineral seperti thiamin, ribloflavin, asam folat, kalsium, magnesium, fosfor, dan kalium.

Sama dengan sayuran berdaun hijau tua lainnya, bayam mengandung enzim Phytoestrogens yang dapat memperbanyak ASI.

Jadi selain bayam, tambahkan sayur-sayuran hijau lainnya ke dalam menu sehari-hari, agar terdapat variasi makanan yang memperbanyak ASI.

6. WORTEL

Wortel banyak mengandung vitamin A, beta karoten, serta enzim Phytoestrogens yang dapat memperbanyak ASI. Minum 1 gelas jus wortel sebelum makan siang dapat menambah produksi ASI pada sore hari.

7. AIR

Makanan apapun tidak akan banyak membantu jika tubuh kita kurang cairan. Minumlah 10-12 gelas air putih sehari, agar produksi ASI lancar.

8. SARI KURMA ATAU KURMA

Penelitian menyebutkan konsumsi kurma atau sari kurma meningatkan kualitas ASI dan Berat Badan bayi menurut umur.

🔹CONTOH MENU BUMIL DAN BUSUI (2500 kalori)

✔ Menu Sahur (04.00)

1/2 mangkok kecil oatmeal (40g), mentah: 150 kal
1 gelas susu (240ml): 125kal
Tumis sayur (brokoli, udang kecil, wortel) 100g: 25 kal
1 mangkok mie telor: 220kal
2 potong ikan goreng 80 g: 100 kal
1 bungkus botok tempe 50 g: 100 kal
1 potong pepaya besar: 50 kal
Air putih 2.5 gelas

✔ Menu Berbuka (18.00)
Kurma 7 butir: 100kal
Sari kacang hijau (plus gula) 50 g: 200 kal
Air putih 2 gelas

✔ Menu Makan Malam (Setengah Jam Setelah Berbuka 18.30)
1,5 piring nasi (150g): 263 kal
1 gelas jus wortel besar: 115kal
1 potong paha ayam, goreng tanpa kulit & tulang: 100kal
1 mangkok gule sayur : 270 kal.
2 potong kcl tahu bacem: 75 kal.
Air putih 2 gelas.

✔ Menu Sebelum Tidur (21.00)
2 lembar roti: 135kal
1 telor mata sapi: 72 kal
Madu 2 sdm: 100kal
Sayuran (timun,  selada,  tomat)
1 pisang besar : 105 kal
1 gelas juz wortel: 115 kal
Air putih 1.5 gelas.

✔ Saat Beranjak Tidur (22.00)
1.5 gelas susu biasa: 180 kal
Sari kurma 1sdm: 150 kkal
Air putih 1,5 gelas.


🌷🌷🌷🔹🔹🔹🌷🌷🌷
      💎TaNYa JaWaB💎

0⃣1⃣ Yuli ~ Jombang
Assalamualaikum,

Bunda Rifa, saya busui, tapi kapasitas pencernaan saya terbatas saat puasa, mudah kenyang, makanan apa ya Bund yang padat gizi?

Agar meskipun konsumsi saya tidak banyak kebutuhan nutrisi tercukupi.
Oh iya Bun, kacang almond apakah baik untuk busui?

Terimakasih.

🌷Jawab:
Wa'alaikumsalam,

Biasanya kalau mudah kenyang ini yang agak sulit ya bund. Kita bagi saja waktunya menjadi lebih sering tapi porsi diperkecil.  Misal sahur dibagi 2 waktu lagi, memang agak repot tapi demi kualitas ibadah dan ASI ya bund.

Solusi lain bisa dengan pemilihan makanan kombinasi dan tinggi kalori, misal sup ayam plus kentang wortel 1 mangkok sedang waktu bangun sahur. Nanti saat akhir sahur dengan keluarga baru konsumsi yang agak beratnya.

Dedenya usia berapa bulan? Kalau masih belum sampai 6 bulan sebaiknya harus tetap dijaga makananya.

Bagus sekali, kaya lemak tidak jenuh, serat, dan protein.

🌐Terimakasih bunda Rifa, ini usianya sudah  hampir 1 tahun, tapi makan agak susah dan hanya ASI plus air putih, mau saya coba kasih sufor sedikit-sedikit, tidak apa-apa ya Bun?

🌷Usia setahun sudah boleh dikenalkan dengan MP ASI bunda, sufor juga boleh.

0⃣2⃣ Rini ~ Parung
Assalamualaikum mba Rifa..

Saya busui anak saya baru 2 bulan 10 hari sekarang. Ingin rasanya puasa tetapi sekarang masih ASI eksklusif. Bahaya tidak kalau saya ikut puasa terhadap kesehatan anak saya?

Karena pengalaman terdahulu anak kedua saya, saya berpuasa ketika menyusui, akhirnya dedenya diare dan muntah. Akhirnya saya trauma, bagaimana seharusnya tetap berpuasa atau tidak ?

🌷Jawab:
Waalaikumslaam bunda,

Seperti yang saya sudah jelaskan bunda.
Jika tetap ingin berpuasa saat sedang menyusui, maka penting untuk memperhatikan nutrisi yang anda konsumsi. Anda harus memenuhi nutrisi yang dibutuhkan. Selain itu, anda harus mempertimbangkan usia kehamilan dan bayi anda sebelum anda memutuskan untuk ikut berpuasa. Bayi yang berusia masih kecil, yang masih diberikan ASI eksklusif kebutuhannya tentu berbeda dengan bayi berusia 1 tahun yang sudah diberikan makanan pendamping ASI (MPASI). Namun, sangat dianjurkan pada para ibu yang masih menyusui eksklusif (usia bayi kurang dari 6 bulan) untuk menunda berpuasa atau tidak berpuasa.

Agama Islam pun memberi keringanan bagi para ibu menyusui untuk tidak berpuasa selama Ramadhan. Sebab pada masa menyusui eksklusif, ASI adalah satu-satunya asupan cairan dan gizi bagi bayi. Pada masa ini, metabolisme tubuh ibu bekerja dengan giat untuk terus menerus memproduksi ASI dengan komposisi yang lengkap. Ibu menyusui boleh-boleh saja ikut berpuasa, namun harus disesuaikan dengan kemampuan ibu dan bayi.

Tanda bayi tidak mendapatkan cukup ASI di antaranya yaitu: Si kecil jarang buang air kecil yang ditandai dengan popok lebih jarang basah dari biasanya.  Bayi sering menangis dan gelisah Terjadi perubahan pada fesesnya, feses berwarna kehijauan, bayi mengalami penurunan berat badan atau kenaikan berat badan tidak terjadi.

0⃣3⃣ Tia ~ bandung
Assalamualaikum mba rifa,

Bagaimana jika kebutuhan gizi terpenuhi tapi gampang stres?
Apa yang harus dilakukan?

🌷Jawab:
Waalaikumslaam,

Stres secara tidak langsung juga ikut mempengaruhi proses metabolisme dalam tubuh. Bahkan stres yang diakibatkan penyakit tertentu bisa menambah kebutuhan kalori harian tubuh.

Dari makanan coba konsumsi makanan yang punya efek menenangkan dan menyenangkan sesekali waktu seperti segelas susu hangat, minuman coklat, es krim, buah pisang sambil sesekali ambil nafas, tenangkan pikiran, dan hembuskan nafas seraya melafadzkan dzikrullah
InsyaaAlloh akan lebih plong.

0⃣4⃣ Sasi ~ Bandar Lampung
Bismillaah...

Bolehkah bumil konsumsi susu uht saja, apakah tercukupi gizi kalsiumnya?

Berapa maksimal pack per-hari?

Syukron.

🌷 Jawab :
Susu UHT malah lebih baik bunda dibandingkan susu bubuk, tapi bisa dicek lagi kandungan asam folatnya apakah ada atau tidak, kalau tidak berarti harus ditambah dengan suplemen atau makanan tinggi asam folat seperti brokoli, dan sayuran hijau lain, buah alpukat.

Untuk bumil disesuaikan dengan kebutuhan kalsium sehari sekitar 1.200 mg. Lihat nutrition fact di kemasan susunya ya bunda.

🌐Kalau sedang diresepkan minum biofolat 1 kaplet dan hystolan setengah kaplet per-hari.

Ini sebaiknya diminum saat sahur ya, mba Rifa? Dosis sih setelah sarapan.

🌷Lebih tepatnya dikonsulkan dulu bun ke dokter, tapi kalau saya pribadi sepertinya setelah makan sahur,  sebagai pengganti setelah sarapan, sama seperti obat-obat lainnya.

0⃣5⃣ Esa ~ Bogor
Saat uk 7 bulan saya puasa qadha, saat sahur saya banyak minum air putih, tapi saat menjalankan puasa BAK sering terasa panas di bagian (maaf) vagina dan volumenya sedikit sekali, biasanya kalau tidak puasa BAK terus dengan volume urine cukup banyak.
Saya bingung saat ramadhan nanti dan saat Ini uk masuk 37 Minggu.

Mohon solusinya yaa kak rifa.

🌷Jawab:
Minum air putih saat sahur saja bunda? Kira-kira berapa gelas seharusnya jika sudah mengikuti aturan 10-14 gelas perhari, insyaaAlloh kebutuhan cairan sudah sangat terpenuhi. Kecuali bunda beraktivitas berat dan mengeluarkan banyak energi dan keringat, serta ada di lingkungan AC. Strateginya: minum 2 gelas bangun sahur,  2 gelas setelah makan di waktu sahur, 2 gelas saat berbuka, 2 gelas makan malam, 2 gelas stelah tarawih, 2 gelas sebelum tdur.

0⃣6⃣ Risma ~ Kediri
1. Apakah untuk busui jumlah kalsium tidak dibutuhkan sama dengan bumil?

2. Jurma + susu sebagai booster ASI kira-kira berapa takaran susu yang diperlukan, kalau susunya diganti bubuk apakah bisa?

🌷Jawab:
1. Iya sama, penambahan 200 mg dari kebutuhan normal (jadi total sekitar 1200 mg/hr)

2. Untuk penelitian terkait susu+kurma saya belum pernah mendapatkan referensi tervalid, namun dosis pembuatan rata-rata 7 butir kurma dalam segelas susu. Susu kambing lebih baik.
Penelitian teranyar adalah 5 sdm sari kurma bisa meningkatkan stamina dan konsumsinya 45 gr dalam sebulan bisa menambah berat badan bayi menurut umur.


🌷🌷🌷🔹🔹🔹🌷🌷🌷
 💎CLoSSiNG STaTeMeNT💎

√ Usahakan untuk makan utama lebih dari 2 kali, bagi waktu makan menjadi lebih sering.

√ Pilih makanan yang padat energi dan kaya gizi, dengan membuat menu yang varian dalam isi seperti capcay seafood, pecel sayur, dan lain-lain.

√ Pastikan makanan bergizi seimbang dan bervariasi, walaupun utama sumber protein dan KH, tapi tetap jaga konsumsi sayur dan buah.

√ Usahakan pilih bahan makanan segar, bukan makanan kemasan atau kaleng.

√ Perhatikan asupan cairan, mininal 10-14 gelas sehari.

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar