Jumat, 13 Juli 2018

KIAT CEPAT MENDAPATKAN KETURUNAN MENURUT ISLAM



OLeh   : Bunda Heradini F., S.Psi

           💘M a T e R i💘

بسم الله الرحمن الرحيم
السلا م عليكو م و ر حمت الله و بر كا ته

إِنَّ الْحَمْدَ لِلَّهِ نَحْمَدُهُ وَنَسْتَعِيْنُهُ وَنَسْتَغْفِرُهْ وَنَسْتَهْدِيْه
ِ وَنَعُوذُ بِاللهِ مِنْ شُرُوْرِ أَنْفُسِنَا وَمِنْ سَيِّئَاتِ أَعْمَالِنَا، مَنْ يَهْدِهِ اللهُ فَلاَ مُضِلَّ لَهُ وَمَنْ يُضْلِلْ فَلاَهَادِيَ لَهُ. أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ الله وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ. اَللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَمَنِ اهْتَدَى بِهُدَاهُ إِلَى يَوْمِ الْقِيَامَةِ.

Alhamdulillah kita panjatkan kehadirat ALLOH SWT atas segala rahmat, nikmat dan karuniaNya sehingga kita bisa bertemu kembali, berkumpul bersilaturahmi di majelis ilmu di room Rumah Akhwat Keche yang in sya ALLOH diberkahi dalam ikhtiar keilmuan kita yang terbatas untuk lebih baik lagi dalam bertaqarrub kepada ALLOH, meluruskan niat, menguatkan Azzam berdakwah dalam komunitas ini, memaksimalkan potensi dakwah, menjalankan tugas kita sebagai khalifah didunia yang fana ini.

Shalawat dan salam kita haturkan pada baginda Nabi besar Muhammad SAW, manusia berahklak paling mulia, uswatun hasanah kita, dan inspirasi hidup kita sebagai seorang muslim. Semoga sosok beliau bisa terus memotivasi kita untuk terus menjadi pribadi yang selalu berjuang menjadi lebih baik.
Aamiin yaa robbal'alamiin,,,

Alhamdulillah kita bersua lagi dalam majelis ilmi ini.
Semoga kebersamaan kita dalam majlis dalam memberi dampak signifikan pada perubahan perilaku kita dan orang-orang disekitar kita.
Aamiin.

🔷🌷🔷
Tema kita malam hari ini adalah :

🔷KIAT CEPAT MENDAPATKAN KETURUNAN MENURUT ISLAM

Dalam menjalin kehidupan berumah tangga tentunya mempunyai keturunan atau anak adalah dambaan bagi setiap pasangan. Tentunya ada pasangan yang mudah mendapatkan momongan dan ada pula yang sulit mendapatkannya. Semua itu adalah kehendak Allah Swt, kita hanya bisa berusaha dan bersabar serta menyerahkan semua hasilnya kepada Sang Pencipta.

Setiap usaha alangkah baiknya harus di barengi dengan doa begitupun sebaliknya. Bagi anda yang saat ini sedang menanti hadirnya sang buah hati demi menyempurnakan kebahagiaan.

Kehamilan adalah hal yang sangat ditunggu-tunggu oleh setiap pasangan suami istri yang sudah menikah. Bahkan tidak sedikit pasangat yang merasa stres karena belum juga dikaruniai sorang anak padahal telah lama menikah. Banyak faktor yang membuat pasangan suami istri cepat-cepat menginginkan kehadiran seorang buah hati di antara keluarga kecilnya. Mulai dari keinginan yang murni muncul dari dalam diri kedua pasangan tersebut, hingga keinginan yang muncul akibat tuntutan dari keluarga atau orang lain yang terus-terusan menanyakan kapan punya momongan. Hal ini kerap menjadi beban tersendiri bagi pasangan suami istri terlebih bagi yang belum diberikan amanah dari Allah subhana hua Ta’ala.

Tidak banyak suami istri yang rela mengeluarkan banyak biaya untuk bisa mendapatkan buah hati, seperti dengan menjalani program konsultasi ke dokter hingga dengan cara-cara tradisional lainnya seperti dengan menjalani ritual atau melakukan amalan-amalan tertentu supaya cepat hamil.

Para pasutri yang sudah berumah tangga pasti mendambakan kelahiran seorang anak yang akan melengkapi kebahagian kehidupan pasangan pada umumnya. Terkadang kehadirannya sulit sekali di dapatkan, walaupun sudah berusaha maximal seperti konsultasi ke dokter, bukan hanya waktu dan tenaga saja yang tersita bahkan tidak jarang para rumah tangga ingin hamil harus mengeluarkan biaya hingga ratusan juta, seperti membuat bayi tabung.

🔷🌷🔷
🔷Hal-hal apa saja yang bisa dilakukan agar cepat mendapatkan keturunan?

Berikut kiat-kiatnya:

1. Konsultasikan Ke Dokter Kandungan.

Banyak faktor yang bisa menjadi penyebab kehamilan tidak kunjung datang, baik dari kondisi fisik dari kedua pasangan atau salah satu pasangan suami istri tersebut maupun kondisi hormonalnya yang biasanya berefek terhadap banyak hal yang sangat penting untuk proses kehamilan seperti kuantitas dan kualitas sperma pada laki-laki dan lainnya.

Oleh karena itu pilihan tepat adalah dengan mengkonsultasikannya pada dokter kandungan yang memang ahli dan memahami mengenai faktor-faktor yang menghambat dan mempercepat kehamilan. (Baca juga: Larangan Ibu Hamil Menurut Islam).

2. Hindari Stress.

Masalah pekerjaan, masalah dalam rumah tangga dan pertanyaan ‘sudah ngisi belum?’ Dari keluarga besar atau kerabat terkadang menjadi pemicu stress tersendiri untuk pasangan suami istri. Stress yang dialami oleh pasangan suami istri akan sangat menghambat proses kehamilan karena stress dapat menurunkan gairah saat berhubungan intim dan menurunkan hormon-hormon lain yang berperan penting dalam proses kehamilan. (Baca juga: Manfaat Menghafal Al-Quran).

3. Menghindari Rokok.

Rokok mengandung zat polutan yang dapat menurunkan kualitas sperma laki-laki yang tentunya hal ini tidak hanya mempersulit proses kehamilan tapi juga membuat janin yang dikandung kurang baik. Oleh karena itu, berhentilah merokok jika kalian adalah perokok aktif atau pecandu dan hindari asap rokok bagi kalian yang merupakan perokok pasif. (Baca juga: Cara Hidup Sehat Rasulullah).

4. Menghindari Narkotika.

Narkotika sangat berpotensi untuk merusak hormone prolaktin gonadotropin yang menyebabkan sel telur pada wanita akan mengalami penghambatan dalam pelepasan sehingga akan sulit untuk hamil dan sulit untuk proses selama kehamilan bahkan berakibat buruk bagi janin yang dikandung. (Baca juga: Narkoba dalam Pandangan Islam).

5. Selektif dalam Mengkonsumsi Obat-Obatan.

Konsumsilah obat-obatan berasarkan resep dokter terlebih bagi seorang istri yang sedang mengusahakan kehamilan. Karena komposisi dalam obat-obatan yang beredar di pasar atau di apotik terkadang mengandung bahan-bahan yang tidak ramah terhadap proses kehamilan atau bahkan bisa mengganggu kualitas kesuburan para wanita.
Contohnya adalah Seperti pada golongan obat darah tinggi,kejang,maag dan lainnya. Maka dari itu konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter saat akan mengkonsumsi obat-obatan medis. (Baca juga: Ayat Al-Quran Tentang Tanggung Jawab).

6. Berwudhu Sebelum Melakukan Hubungan Intim.

Hal ini bertujuan agar sebelum melakukan hubungan, pasangan suami istri tersebut berada dalam keadaan suci dan akan terhindar dari setan-setan yang mungkin akan mengikut sertkan diri mereka dalam berhubungan suami istri. (Baca juga: Hukum Memutuskan Tali Silaturahmi dalam Islam; Keutamaan Menjaga Wudhu).

7. Membaca Doa Sebelum Melakukan Hubungan Intim.

Salah satu tujuan berhubungan intim adalah untuk mendapatkan momongan oleh karena itu sebelum melakukannya harus dengan membaca doa terlebih dahulu supaya selama melakukan hubungan tersebut tidak diikutsertai oleh setan. (Baca juga: Doa Bahagia Dunia Akhirat).

8. Berhubungan Intim Sesuai Dengan Ajaran Agama Islam.

Islam mengatur hubungan-hubungan di antara makhluknya baik hubungan dengan orang yang lebih tua, lebih muda, sebaya, temasuk hubungan intim antara suami istri. Oleh karena itu pahami dan terapkan syariatnya supaya hubungan yang dilakukan senantiasa mendapatkan pahala dan tidak dicampuri oleh setan. Sehingga proses kehamilan akan lebih cepat dengan seijin Allah. (Baca juga: Hukum I’tikaf Bagi Wanita dalam Islam).

9. Menentukan Posisi Berhubungan Intim.

Supaya lebih cepat hamil, posisi saat berhubungan intim di antara suami istri juga harus diperhatikan hal ini dimaksudkan supaya sel telur atau sperma pria akan cepat masuk pada saluran tuba wanita. Adapun posisi tersebut salah satunya adalah dengan memposisikan sang suami di atas dan sang istri di bawah. (Baca juga: Ayat Al-Quran Tentang Cinta dan Kasih Sayang).

10.  Berbaring Setelah Melakukan Hubungan Intim.

James Goldfarb yang menjabat sebagai Direktur Klinik Kesuburan Cleveland Amerika serikat menjelaskan bahwa salah satu cara yang bisa diterapkan untuk mempercepat kehamilan adalah berbaring sekitar 10 atau 15 menit setelah melakukan hubungan intim antara suami istri. Akan lebih baik jika dilakukan dengan sambil mengangkat kedua kaki lebih tinggi dari kepala. (Baca juga: Cara Menjaga Hati Menurut Islam).

11.  Menerapkan Pola Makan Sehat.

Untuk mempercepat kehamilan juga harus memperhatikan pola makan kita sehari-hari karena dari kebutuhan nutrisi tubuh yang terpenuhi akan turut membantu peningkatan hormon-hormon dalam tubuh serta meningkatkan kualitas dan kuantitas sperma pada laki-laki. (Baca juga: Keutamaan Mengkhatamkan Al-Qur’an).

12.  Penuhi Sedekah dan Zakat.

Berkah dan keutamaan dari sedekah dan zakat tidak diragukan lagi sebagai pembuka pintu rejeki termasuk rejeki berupa kebahagiaan dan momongan bagi pasangan suam istri. Telah banyak hadis yang meriwayatkan tentang perkara ini bahkan ayat mengenai sedekah dan zakat sendiri sangat banyak disebutkan dalam al-Qur’an. (Baca juga: Sedekah Menurut Islam).

Dalam surat an-Nisa ayat 36 Allah telah berfirman yang artinya:

“Dan (ingatlah), ketika Kami mengambil janji dari Bani Israil (yaitu): Janganlah kamu menyembah selain Allah, dan berbuat kebaikanlah kepada ibu bapak, kaum kerabat, anak-anak yatim, dan orang-orang miskin, serta ucapkanlah kata-kata yang baik kepada manusia, dirikanlah shalat dan tunaikanlah zakat. Kemudian kamu tidak memenuhi janji itu, kecuali sebahagian kecil daripada kamu, dan kamu selalu berpaling.” (QS. An-Nisa : 36).

13. Bekam (hijamah).

Terapi Bekam bertujuan untuk memperbaiki metabolisme tubuh secara alami sehingga tubuh akan lebih sehat dan kehamilanpun niscaya bisa lebih cepat terjadi dengan seijin Allah. (Baca juga: Hukum Bayi Tabung Menurut Islam).

14. Ruqyah Syar’iyyah.

Ruqyah bisa dijadikan alternatif untuk mengatasi kemungkinan adanya pengaruh sihir atau pengaruh jin yang membuat makar pada ovarium wanita, baik penyakit kista, kanker rahim dan sebagainya sehingga kehamilan sulit untuk dicapai oleh seorang wanita. (Baca juga: Manfaat Ruqyah Dalam Islam; Ruqyah).

15. Melaksanakan Kewajiban Seorang Muslim.

Kewajiban seorang Muslim telah di bahas sedikit dalam pembahasan awal, namun yang perlu untuk ditekankan adalah untuk selalu melaksanakan sholat wajib di awal waktu, Puasa Ramadhan, dan kewajiban-kewajiban seorang muslim lainnya dalam menegakkan agama Islam dan mendekatkan diri kepada Allah subhana hua ta’ala. (Baca juga: Kewajiban Muslim Terhadap Muslim Lainnya; Hak Muslim Terhadap Muslim).

16. Melakukan Amalan Sunnah.

Amalan sunnah yang dilaksanakan seorang muslim adalah sebagai upaya untuk lebih dekat dengan Allah sekaligus sebagai salah satu cara untuk merayu Allah agar mengabulkan doa-doa yang dipanjatkan. Amalan-amalan sunnah tersebut antara lain adalah seperti dengan memperbanyak istigfar, mendirikan shalat sunnah, memohon doa kepada Allah dan memperbanyak dzikir sehingga Allah akan dengan senang hati memberikan amanah yang luar biasa pada sepasang suami istri, yakni kehamilan pada sang istri.

Doa Agar Cepat Hamil

رَبَّنَا هَبْ لَنَا مِنْ أَزْوَاجِنَا وَذُرِّيَّاتِنَا قُرَّةَ أَعْيُنٍ وَاجْعَلْنَا لِلْمُتَّقِيْنَ إِمَامًا

Rabbana hablana min azwajinaa wa dzurriyatina qurrota'ayunin, waj'alna lil muttaqiina imaaman.

Artinya: "Ya Tuhan kami, anugrahkanlah kepada kami isteri-isteri kami dan keturunan kami sebagai penyenang hati (kami), dan jadikanlah kami imam bagi orang-orang yang bertakwa." (QS Al-Furqan : 74).


🔷🔷🔷🌟🌟🌟🔷🔷🔷
         💘TaNYa JaWaB💘

0⃣1⃣ Sinda
1. Bunda, mohon sharing. Dulu bunda Dini rajin minum atau makan apa biar subur & kuat melahirkan sampai 7x?

2. Kalau hormon tidak teratur, baiknya bagaimana ya bun?

Status: sedang mencari.

🌸Jawab:
Waalaikum salam mb sinda.

1. Minum kopi radix + habbas sauda. Itu menu wajib setelah melahirkan.
Ada juga beberapa herbal yang diminum tergantung umur kehamilan (promo nih).

Tapi yang jelas, saya tidak pernah mengkonsumsi obat dokter. Jadi tiap bulan tetap periksa tapi obat tidak pernah diminum. Baik sebelum maupun setelah melahirkan.

2. Hormon tidak teratur, kalau bawaan memang sulit. Tapi ada beberapa herbal yang bisa dikonsumsi untuk mengatur hormon.
(Saya herbalis. Jadi memang seringnya pakai herbal) jauh dari obat-obat kimia.

0⃣2⃣ Serra
Masih Single.
Bagaimana  setelah menikah  menyakinkan diri untuk Hamil? Karena di sisI lain memikirkan sang suami misal soal biaya karena misalnya dari nol dalam rumah tangga!
Terima kasih.

🌸Jawab:
Waalaikum salam mba serra.

Kuncinya yakin benar-benar sama Allah. Kalau Allah kasih anak yang statusnya titipan, maka Allah akan memberikan seperangkat hal yang dibutuhkan anak tersebut.

Yakin saja sama Allah bahwa rejeki itu ada. Tinggal kita yang harus bekerja keras dan cerdas.
Saya sendiri tidak bisa ngitung dari mana bisa menghidupi 7 anak yang semua sekolah islam swasta (bayar semua). Ada 3 yang dipesantren. Coba dihitung berapa yang dibutuhkan! Tapi saya tidak pernah ngitung (pusing nanti). Pokoknya pasrah saja sama Allah. Sambil terus berdoa dan bekerja.
Kita tidak perlu kaya. Yang penting selalu ada ketika dibutuhkan. Ketika kita sudah benar-benar berserah diri sama Allah, Allah akan memberi rizqi dari jalan yang tidak disangka-sangka.

0⃣3⃣ iNdika
Status Menikah
Adakah makanan atau minuman yang memperkuat rahim & menjadi subur?

🌸Jawab:
Saya pakai spirulina dan madu.
Pas hamil, madu dihentikan. Tinggal spirulina.
Tri semester kedua pakai spirulina dan omega 3.
Tri smester ke 3, pakai minyak zaitun.
Konsumsi juga kacang hijau yang direbus sekali. Minun airnya saja.
Konsumsi kecambah bisa untuk menambah kesuburan. Tapi yang mentah ya. Jadi dimasak atau disiram air panas.
Semua buah boleh kecuali durian, nangka, cempedak, nanas muda.

0⃣4⃣ Serra
Masih Single,
Assalamualaikum ustadzah.

Bagaimana meyakinkan diri kita bisa melahirkan secara normal atau operasi?
Terima kasih.

🌸Jawab:
Wa'alaikumsalam wr.wb.

Harus ada keyakinan diri dulu kalau kita bisa melahirkan normal.
Saya 7 kali melahirkan normal semua.
Sakit memang. Tapi cuma sebentar. Habis itu bisa menyusui dan mengurus bayi dengan maksimal. Tidak ada rasa sakit diperut dan lain-lain.

Beda dengan operasi. Pas melahirkan tidak sakit karena dibius. Tapi jahitannya masih terasa sakit hingga berbulan-bulan bahkan berbilang tahun.
Jika tidak ada alasan medis, pilihan melahirkan normal tetap yang terbaik.
Semangat saja.

Satu lagi, jangan pernah mengaduh atau berkeluh kesah ketika rasa sakit jelang melahirkan itu datang. Karena akan didengar anak yang diperut. Sehinga dia juga merasa sedih karena mendengar keluhan kita.
Mending banyakin istighfar. Baca-baca ayat Al Qur'an atau kalimah thoyyibah lainnya.

0⃣5⃣ Titin
Saya Ibu satu anak.
Kalau kena haid panjang dan tuba kiri tersumbat bagaimana ya bun?

🌸Jawab:
Haid panjang itu berhubungan dengan ketidak seimbangan hormonal.
Banyak kasus seperti itu dan memang untuk hamil agak ribet karena masa subur yang sempit. Tapi ada banyak teman saya yang statusnya seperti itu namun juga memiliki banyak keturunan. Mungkin pas melakukan hubungan, pas juga dengan masa suburnya.

Tuba yang tersumbat, konsultasikan ke dokter dulu. Biasanya dokter akan melakukan tindakan peniupan.
Masih ada tuba fallopi yang sebelah kanan. Semoga tuba sebelah kanan dapat menghasilkan sel telur. Dan tidak ada penyumbatan jalan untuk ke rahim sehingga pembuahan oleh sperma dapat terjadi.

Harus diingat bahwa pemeriksaan invertilitas tidak hanya melihatkan istri, namun juga suami harus diperiksa sehinga dapat diketahui tindakan yang harus dijalankan.

Ketika tuba kiri tersumbat namun tuba kanan masih sehat, bisa dilakukan inseminasi buatan.

0⃣6⃣ Ruri
Saya Ibu 2 anak,
Bunda jika usaha sudah dilakukan namun tidak membuahkan hasil apa yang sebaiknya dilakukan berpasrah diri atau tetap terus ikhtiar tanpa putus?

🌸Jawab:
Berikhtiar tanpa putus.
Namun ikhtiar itu jangan sampai bikin stres dan lelah ya.....

0⃣7⃣ Sinda
1. Bunda, tadi disampaikan saat hamil menghentikan minum madu. Apakah ada efek negatif mengonsumsi madu saat hamil muda?

2. Apa yang harus dikonsumsi agar rahim dan sekitarnya siap untuk hamil atau melahirkan lagi pasca melahirkan?

Status: masih mencari.

Jazakillah.

🌸Jawab:
1. Karena sifat madu yang panas.
Begitu juga dilarang mengkonsumsi kurma.
Madu dan kurma baru boleh dikonsumsi setelah kehamilan usia 3 bulan keatas.

 2. Kopi radix, habbas sauda.

🔹 Sepertinya harus nyetok kopi radix & habbat.

🌸 Hehehehe...
Malah promo

Untuk program hamil, pakai yang varian kacip fatimah ya....
Ini juga bagus untuk yang bermasalah dengan hormonal. Ditambah dengan gamat (cucumbar fish).

0⃣8⃣ Lily
Assalamualaikum bunda,

Dulu saya pas awal menikah pernah hamil 2 bulan lalu keguguran. Dan sampai sekarang sudah 2 tahun penantian tapi belum juga hamil bagaimana ya bun?

🌸Jawab:
Waalaikum salam,

Kegugurannya karena apa?
Sebaiknya periksa dulu. Kalau karena virus toxo biasanya memang susah.
Konsultasikan ke dokter lagi untuk ikut program hamil. Nanti akan ada pemeriksaan yang menyeluruh.


🔷🔷🔷🌟🌟🌟🔷🔷🔷
 💘CLoSSiNG STaTeMeNT💘


Memiliki keturunan merupakan dambaan setiap pasangan suami istri.
Berbagai hal telah dilakukan, keputusan akhir tetap ada ditangan Allah.
Kuncinya adalah sabar dan menerima semua ketentuan Allah.

Semoga kita semua bisa menjadi muslimah dengan pribadi kokoh, sehingga senantiasa beribadah dengan penuh kenikmatan penuh rindu dan cinta, dan semua terbingkai hanya mengharap ridho Allah.
Aamiin ya Rabb.

Saya akhiri, afwan minkun ada kurangnya itu dari saya pribadi, kebaikan itu dari Allah, fastabiqul khairat,
Allahu yubarik fiikum.

جَزَاكُمُ اللّهُ خَيْــــرًا كَثِيْرًا

أَقُوْلُ قَوْلِيْ هَذَا وَأَسْتَغْفِرُوْا اللهَ لِيْ وَلَكُمْ
 وَ السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

🌷Heradini Faizah, S.Psi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar