Jumat, 27 Juli 2018

FARINGITIS



OLeh   : dr. Barry Army Bakry, Sp.A


           💎M a T e R i💎

🌷FARINGITIS

Istilah faringitis digunakan untuk menunjukkan semua infeksi pada faring, termasuk tonsilitis (radang pada tonsil). Faringitis merupakan peradangan akut membran mukosa faring dan struktur lain di sekitarnya. Karena letaknya yang sangat dekat dengan hidung dan tonsil, jarang terjadi hanya infeksi lokal faring atau tonsil. Oleh karena itu, pengertian faringitis secara luas mencakup tonsilitis, nasofaringitis, dan tonsilofaringitis. Infeksi pada daerah faring dan sekitarnya ditandai dengan keluhan nyeri pada  tenggorokan, sakit menelan serta demam.


✔Penyebab

Penyebab faringitis terbagi menjadi 3 penyebab besar yakni infeksi virus, bakteri serta non infeksi dengan ditambah faktor predisposisi yakni faktor yg berperan terhadal munculnya keluhan, yakni:
Faktor predisposisi umum: musim, cuaca,polusi, debu, pemakaian ac, alergi, dan lain-lain.
Faktor predisposisi lokal : bahan iritan, pernafasan lewat mulut, rokok, voice abuse.

Seperti dijelaskan diatas, Faringitis bisa disebabkan oleh virus maupun bakteri. Kebanyakan disebabkan oleh virus. Penyakit ini jarang pada usia di bawah 3 tahun, dan sebanding antara laki-laki dan perempuan.  Faringitis dapat disebabkan oleh bakteri atau virus. Sehingga tatalaksana pengobatan pasti berbeda. Oleh karena itu, diperlukan strategi untuk melakukan diagnosis dan memberikan tatalaksana, agar dapat membedakan pasien-pasien yang membutuhkan terapi antibiotik, dan mencegah serta meminimalisasikan penggunaan medikamentosa yang tidak perlu. 

✔Tatalaksana


🔹TATA LAKSANA UMUM

~ Istirahat cukup.
~ Pemberian nutrisi dan cairan yang cukup.
~ Pemberian obat kumur dan obat hisap pada anak yang lebih besar  untuk mengurangi nyeri tenggorok.
~ Pemberian antipiretik, dianjurkan parasetamol atau ibuprofen.


🔹TATA LAKSANA KHUSUS

Tatalaksana seperti  pemberian antibiotika sangat jarang diberikan, dan bila diperlukan pun sebaiknya konsultasi dahulu ke dokter terdekat. Hal ini dikarenakan penyebab terbesar faringitis adalah inf virus yang tidak perlu pengobatan antibiotika apapun.

Wallahu'alam


🌷🌷🌷🔹🔹🔹🌷🌷🌷
        💎TaNYa JaWaB💎

0⃣1⃣ Astri
Dok, saya suka sakit nelen sebelum sakit flu.

1. Apa itu termasuk faringitis juga?

2. Terus memang berkaitan antara sakit nelen sama flu? Soalnya saya begitu kalau sudah sakit nelen pertanda akan flu!

Syukron

🌷 Jawab:
1. Kemungkinan besar iya.

2. Sakit menelan adalah salah satu gejala yang muncul pada orang yang sakit flu.

0⃣2⃣ Serra
Apakah yang di jelaskan oleh dokter tentang gejalanya pasti begitu atau bisa berubah seiring jaman!

🌷 Jawab:
Hehehe....
Ya memang begitu, kalau beda gejala ya berarti bukan faringitis ya...

🔹Apakah penyakit ini bisa langsung akut tanpa terjadi laksana umum terlebih dahulu atau bagaimana? 
Terima kasih

🌷Oh tidak ada stadiumnya, stadium pada kanker adalah untuk menjelaskan sebaran kankernya.

0⃣3⃣ Roro
Gejala sakit faringitis apa saja nggih dok?

🌷 Jawab:
Gejalanya bervariasi dari demam, sakit menelan. Sampai keluhan batuk dan pilek.

🔹Kondisi batuk, belanja sakit, bolehkah kasih antibiotik sdr? Dan kapan saat kah antibiotik. Misal 3 hari tidak reda-reda, bolehkah?

🌷Pemakaian ab hanya direkomendasikan bila sudah diperiksa oleh dokter.

0⃣4⃣ Eyang Jenni
Assalamu'alaikum dr Barry ...
Adik saya dinyatakan cancer nasofaring di usia 60 th, gejala awal sulit bernafas jadi kalau nafas dari mulut lalu selang 1 bulan keluar darah dari hidung. Singkat cerita sampailah rujukan bpjs nya ke rs fatmawati lalu di nyatakan cancer nasofaring dan di rujuk ke rs dharmais. Saya sebagai kakaknya tentu jangan sampai terkena juga yang selama ini saya pun sudah operasi payudara rahim indung telur dan lain-lain, jadi saya khawatir dan selalu saya berusaha supaya tidak flu atau radang tenggorokan.
Bagaimana dok untuk mengatasi kami-kami supaya tidak sakit yang lain lagi?

Terima kasih, wassalam ...

🌷Jawab:
Waalaikum salam eyang,

Kanker nasofaring dan faringitis adalah dua hal yang berbeda baik penyebab maupun lokasinya, jadi memang berbeda masalahnya. Kanker nasofaring masih belum diketahui penyebab sebenarnya, cuma dari kepustakaan, didapatkan ada baiknya kita menghindari makanan-makanan yang berformalin ataupun pengawet yang berlebihan.

🔹Maksud dari nasofaringitis?

🌷Nasofaringitis adalah peradangan pada nasofaring, jadi jenis oenyakitnya memang berbeda.

🔹Kalau letaknya sama tidak dok?

🌷Ya letaknya bisa saja sama.

0⃣5⃣ Rini
Assalamualaikum dokter Barry...

1. Anak saya punya sakit radang amandel apakah itu sama seperti faringitis? Dan dokter THT sudah menyarankan untuk operasi. Karena sudah sangat sering sekali kambuh, tapi saya tidak tega dokter. Karena anak saya baru usia 6,4 bulan!

2. Kalau tidak dioperasi apakah bisa mengecil sendiri dengan cara-cara tertentu?

3. Ada faktor yang diatas yang bisa membuat menjadi faringitis adalah "pemakaian AC" maksud disini pemakaian AC yang seperti apa ya dok?

Jazakallahu ya dok atas jawabannya.

🌷Jawab:
Walaikum salam

1. Lokasinya berbeda, tapi biasanya kalau ada amandel, daerah faring biasanya ikut meradang.

2. Saya kira salah satu pertimbangan operasi adalah salah satunya masalah usia, namun bila dokter tht sudah menganjurkan, sebaiknya dikerjakan karena khwatir akan masalah yang lain.

Biasanya bila dianjurkan operasi, dokter THT telah menimbang bahwa seandainya sembuh pun masih tetap meradang dan besar sekali ukurannya, makanya dianjurkan diangkat.

3. Pemakaian AC bisa saja menjadi pemicu, pada anak yang punya kecenderungan sensitif terhadap udara dingin dan debu.

🔹Afwan dokter Barry yang nomor 3 nya belum, faktor umum salah satunya pemakaian AC maksud disini pemakaian AC yang seperti apa ya dok? Karena keseharian anak saya menggunakan AC.

🌷Maksudnya disesuaikan dengan anaknya, jika seandainya anak kalau AC hidup, mudah sekali kambuh sakitnya maka sebaiknya kita atur penggunaan AC seperti mengatur AC tidak terlalu rendah suhunya, sarannya adalah suhu 24-25 C.

🔹Afwan dokter ada pertanyaan tambahan.
Anak saya yang kedua sudah beberapa kali terkena radang tenggorokan atau faringitis karena hobinya yang suka makan permen, es dan Ciki. Apakah radang tenggorokan yang berulang bisa berakibat menjadi radang amandel seperti kk by dokter?

🌷iya bisa

وَ اللّٰهُ أَعْلَمُ بِالصَّوَّاب

Tidak ada komentar:

Posting Komentar