Kamis, 27 September 2018

PERIODONTITIS



OLeH: drg. Selly Prilliana D.

          💎M a T e R i💎

🌷PERIODONTITIS

Oleh: Drg.Selly Priliana Dewi

Periodontitis adalah infeksi gusi yang merusak gusi dan tulang penyangga gigi. Kondisi ini perlu segera diobati karena dapat menyebabkan gigi tanggal.

Saat terjadi periodontitis, bakteri menumpuk pada sisa makanan di pangkal gigi, sehingga merusak jaringan di sekitar gigi dan menimbulkan gusi bengkak, serta berisiko menyebabkan kerusakan tulang.


◼Gejala Periodontitis

Ada beberapa jenis periodontitis, namun yang paling umum adalah periodontitis akut yang mana sebagian penderitanya adalah orang dewasa. Seseorang yang terkena periodontitis akan merasakan gejala-gejala, seperti:

~ Nyeri saat mengunyah.

~ Gusi bengkak dan berwarna merah atau keunguan.

~ Gusi terasa lunak jika disentuh.

~ Penumpukan plak sisa makanan dan karang gigi pada gigi.

~ Mulut terasa tidak enak dan napas menjadi bau.

~ Penyusutan gusi, sehingga ukuran gigi terlihat lebih tinggi dari biasanya.

~ Keluarnya nanah pada bagian yang membatasi gigi dan gusi.

~ Jarak antara satu gigi dan gigi lainnya terasa renggang.

~ Gigi tanggal.


◼Penyebab Periodontitis

Periodontitis disebabkan oleh radang gusi yang tidak terobati. Peradangan ini dipicu oleh penumpukan plak sehingga lambat laun membentuk karang gigi sebagai media berkembang biaknya bakteri.

Bakteri yang awalnya hanya mengiritasi bagian gusi di sekitar gigi (gingiva), lambat laun menyebabkan terbentuknya celah atau kantong pada gusi yang memisahkan antara jaringan gusi dengan gigi sehingga menyebabkan gigi mudah tanggal. Bakteri tersebut akan menginfeksi lebih dalam lagi hingga merusak jaringan dan tulang di dalam gusi.

Selain radang gusi yang tidak terobati, terdapat beberapa faktor yang bisa meningkatkan risiko seseorang terkena periodontitis. Di antanya adalah merokok, obesitas, kurang gizi, konsumsi obat-obatan yang mengurangi produksi air liur, perubahan hormon seperti saat menstruasi dan kehamilan, atau penyakit-penyakit tertentu, seperti diabetes dan leukemia.


◼Pengobatan Periodontitis

Tujuan pengobatan periodontitis adalah mengurangi peradangan, menghilangkan celah antara gusi dan gigi, serta mengatasi penyebab peradangan gusi tersebut. Jika periodontitis belum parah, dokter biasanya akan meresepkan antibiotik minum atau topikal (berupa gel atau obat kumur) untuk menghilangkan bakteri penyebab infeksi. Selain itu, scaling atau pembersihan karang gigi juga diperlukan guna menghilangkan karang gigi dan bakteri dari permukaan gigi atau bagian bawah gusi.

Jika bakteri dan plak bertumpuk di akar gigi, maka metode root planing diperlukan untuk membersihkan dan mencegah penumpukan bakteri dan karang gigi lebih lanjut, serta menghaluskan permukaan akar.

Untuk kasus periodontitis yang berat, biasanya dokter akan menerapkan prosedur operasi. Tindakan operasi yang dilakukan dapat berupa operasi untuk mengurangi kantong atau celah gusi, operasi untuk mencangkok jaringan lunak yang rusak akibat periodontitis, operasi cangkok tulang untuk memperbaiki tulang-tulang di sekitar akar gigi yang telah hancur, serta mencabut gigi yang terkena agar tidak semakin parah dan menyerang daerah lain,.


◼Pencegahan Periodontitis

Periodontitis bisa dicegah dengan cara menjaga kebersihan gigi agar terbebas dari bakteri yang menyebabkannya. Gosoklah gigi tiap selesai makan atau paling tidak 2 kali sehari, yaitu di waktu pagi hari dan malam hari menjelang tidur. Gunakan sikat gigi yang lembut, dan ganti sikat gigi setelah dipakai selama 3-4 bulan. Jangan lupa untuk membersihkan sela-sela gigi menggunakan benang gigi. Selain rajin menyikat gigi, rutinlah memeriksakan gigi ke dokter gigi tiap 6 bulan sekali.


🌷🌷🌷🔹🔹🔹🌷🌷🌷
       
         💎TaNYa JaWaB💎

0⃣1⃣ Syarah
Bu dokter,
Maaf keluar dari tema,, adik saya seringkali mempunyai masalah dalam bau mulut, padahal dia rajin sikat gigi dan lain-lain.
Padahal tidak panas dalam atau apa,  kira-kira itu kenapa ya dok??
Apa penyebab adik saya bisa gampang bau mulut?
Terimakasih dok.

🍓Jawab:
Sumber bau mulut bisa dari gigi yang berlubang, karang gigi ataupun dari sisa makanan yang membusuk didalam rongga mulut. Belum tentu setiap orang menyadari ada gigi yang lubang, karang gigi ataupun ada sisa makanan dalam rongga mulutnya. Kadang perlu kontrol ke dokter untuk memastikannya.
Selain itu ada penyakit dalam yang bisa jadi penyebabnya seperti diabetes.

0⃣2⃣ Bila
Assalamu'alaikum.

Dok, saya memiliki karang gigi dok baru awal-awal sih, dampaknya apa ya dok karang gigi, dan tindakan apa yang harus dilakukan?
Terimakasih dok.

🍓Jawab:
Wa'alaikumsalam.

Karang gigi sebaiknya dibersihkan minimal 6 bulan sekali. Karena tidak dapat hilang dengan sikat gigi biasa. Efek sampingnya bisa merusak gusi dan tulang gigi dan bisa membuat gigi lepas.

0⃣3⃣ Ritha
Tumbuhnya gigi graham ujung bahaya kah kalau tidak di cabut?
Dan kalau setelah di cabut apa saja yang harus di hindari?
Terimakasih dok.

🍓Jawab:
Jika sering infeksi dibagian itu maka dokter menyarankan untuk segera dicabut dengan operasi odontektomi namanya. Karena jika sering terjadi infeksi berulang tidak baik untuk kesehatan tubuh kita. Dan bisa saja infeksi itu menjalar kebagian tubuh yang lain.

0⃣4⃣ Astri
Dok apakah semua orang akan mengalami tumbuh gigi bungsu yang sakit?

🍓Jawab:

Tidak

0⃣5⃣ Dii
Dok,, anak saya lakilaki 6y9m gigi nya tumbuh mletot-mletot. Yang depan atas baru 1 yang tanggal dan itu bentuknya besar daripada lainnya. Lalu sebelahnya miring. Karena keseringan giginya tumbuh kesundulan.
Bagaimana itu dok?

🍓Jawab:
Kalau gigi tumbuhnya kesundulan berarti ke dokter kan?
Bisa dikonsultasikan sama dokternya.
Kalau yang begini sangat kasuistik. Penyebab dan penanganannya butuh pemeriksaan.

0⃣6⃣ Tatik
Dok, ibu saya sering sakit gigi. Gigi yang atas, semula giginya berlubang, jadi rapuh.Sekarang giginya tinggal sisa kecil. Kira-kira boleh tidak kalau misal gigi tersebut dicabut saja?

🍓Jawab:
Bisa kalau tidak ada penyakit dalam seperti darah tinggi atau diabetes. Butuh konsultasi ke dokternya baru bisa dicabut.

0⃣7⃣ Meri
Assalamualaikum warohmatullah wabarokatuh.

Dok, saya sering bengkak gusi dan sakit atau peradaban , terkadang tanpa sebab, seperti suhu badan sedang naik.

Bagaimana cara mengatasinya dok?

Syukron kasiron dokter.

🍓Jawab:
Wa'alaikumsalam.

Sakitnya pas menstruasi tidak? Atau pas hamil?
Kalau di siklus itu berarti hormonal penyebabnya. Cukup dijaga saja kebersihan rongga mulutnya.
Tapi kalau tidak ya perlu di periksa siapa tahu disitu ada penyebab kaum.

🔹Syukron dok atas jawaban nya, izin menanggapi.

Masih single dok.

Sekarang meradang gusi nya dok, sampai ke kepala,

Kemaren sudah di periksa dok, pas lagi sakit gigi, kata dokter karena suhu badan lagi naik jadi meradang, sekarang suhu badan normal tapi gusi tetap meradang.

Apa penyebabnya dok?

🍓Perlu pemeriksaan fisik lebih lanjut. Saya tidak bisa nebak-nebak... dokter bukan dukun. Jadi tidak bisa nerawang.

0⃣8⃣ Adha
Gigi yang rapuh karena pernah kemasukan biji jambu, lama-lama cuil dikit-dikit. Terus yang bawah lubang, ditambal tapi sudah hilang tambalannya. Sudah lama, sekarang kadang suka ngilu, jadi sensitive, suka sakit buat ngunyah kadang gusi bengkak, diobati sembuh tapi kambuh lagi.
Baiknya di apain giginya! Di cabut atau di tambal? (sedang lubang sudah dalam). Kalau periksa ke dokter gigi tidak bisa langsung selesai sekali periksa mengingat antrian banyak.

🍓Jawab:
Cabut saja. Buat gigi palsu.

0⃣9⃣ Rina
Dok, saya penderita SLE, bagaimana untuk perawatannya ya dokter?
Terimakasih.

🍓Jawab:
Cukup bersihkan gigi sesering mungkin. Setelah makan bisa. Seperti tidak terjadi infeksi. Karena pembesaran gusi hanya efek samping dari obat penderita SLE. Jika obat dihentikan baru bisa normal lagi. Disabari dan disyukuri saja penyakitnya.

1⃣0⃣ Astri
Dok, belum lama lihat di sosmed ada cara mengeluarkan ulat gigi, dengan cara digosok suatu daun terus keluar ulat putih-putih.
Apa betul dok ada ulat gigi? Kalau betul bagaimana cara mengeluarkannya?
Terus kenapa dia bisa keluar nembus ke pipi dok?

🍓Jawab:
Nah itu. Itu pekerjaan dukun. Dan tipu daya dukun sama dengan tipu daya setan.

🔹Jadi hoax ya dok, jadi tidak ada kan yang namanya ulat gigi? Saya jijik sendiri bayanginnya.

Wallahu a'lam bishowab



Tidak ada komentar:

Posting Komentar