Kamis, 27 September 2018

K O N S U L T A S I 🌐🔹(CLaSS KeSPRo WUS)


Kamis, 20 September 2018
Notulensi : Sinda
➖➖➖➖➖➖➖➖

0⃣1⃣ Elsa
dr. Valleria,

Dok apa benar kalau halangannya tidak teratur akibat hormon yang tidak teratur juga bisa mengakibatkan kemandulan nanti dok?

🌴Jawab:
Mandul itu artinya tidak pernah haid. Jadi jika masih haid ya tidak mandul dong.

0⃣2⃣ Yayu
dr. Valleria,

Assalamu'alaykum,
1. Apakah sel telur yang kecil diakibatkan dari ketidakstabilan hormon ?

2. Apakah ada konsumsi makanan atau buah-buahan yang dapat menyeimbangkan hormon?
Terimakasih.

🌴Jawab:
Wa’alaikumsalam,

1. Tidak, justru sebaliknya: gangguan perkembangan sel telur yang menyebabkan hormon tidak stabil.

2. Tidak ada yang spesifik.

0⃣3⃣ Bund Roro
dr. Lilis

Assalamualaikum,
Dokter, Anak saya usia 19 th sering sekali biduran. Sebabnya apa ya? Menurut pengamatan bukan dari makanan dan muncul tiba-tiba.

Terimakasih dokter.

🌴Jawab:
Munculnya biduran pada kulit dipicu oleh tingginya kadar histamin dan senyawa kimia lain yang dilepaskan oleh lapisan di bawah kulit, sehingga menyebabkan pembengkakan jaringan. Biduran dapat dipicu oleh berbagai hal, antara lain:

▪Paparan udara panas atau dingin.
▪Kontak dengan pemicu atau penyebab alergi (misalnya gigitan serangga, makanan).
▪Obat-obatan tertentu (misalnya antibiotik dan obat antiinflamasi nonsteroid).
▪Infeksi (misalnya influenza).

Beberapa faktor juga bisa memperburuk gejala yang ada, di antaranya adalah konsumsi minuman beralkohol atau minuman berkafein, stres, dan suhu udara yang panas.
Jadi biduran bukan hanya dipicu oleh makanan.

0⃣4⃣ Meylinda Putri
dr. Valleria,

Dok saya ini riwayat keguguran 3x
Hamil ke-1 : Keguguran usia 5 minggu sudah terlihat kantung.
Hamil ke-2 : Keguguran usia 7 minggu 1 hari sudah ada embrio dan detak jantung,
Keguguran ketika skip penguat kandungan.
Hamil ke-3: Keguguran usia 6 minggu sudah terlihat kantung.

Dikehamilan ke-3 ini sebelum hamil sudah di ketahui ternyata aku ada pengentalan darah dan lupus (autoimun), jadi sedang minum pengencer darah dan tidak di beri penguat.

Di 3 kehamilan itu saya flek dan tidak lama saya keguguran.

Yang saya ingin tanyakan,
1. Apakah penderita autoimun APS ketika hamil tidak boleh di berikan penguat?
Dokter penyakit dalamku bilang jangan pakai penguat hormonal, tapi teman-temanku sesama aps mereka diberi penguat.

2. Apakah APS autouimun membuat rahim lemah?
Dokter tidak menyatakan begitu, tapi ketika terapi akupuntur terapis bilang kandungan saya lemah.
Mohon bantuannya dokter.

3. Ketika flek apa boleh di cek dalam menggunakan tangan? Karena di 3 kehamilan ketika masuk igd saya di cek dalam dan pendarahan saya seperti malah semakin banyak dok.

🌴Jawab:
1. Boleh diberikan tapi bukan itu obatnya. Hal penting untuk mencegah kegugurannya adalah: penyakit autoimunnya sudah terkontrol.

2. Tidak. APS menyebabkan pembuluh darah sambungan dari ibu ke janin kualitasnya jelek, mudah pecah dan rapuh sehingga janin tidak survive.

3. Boleh. Periksa dalam dengan tangan tidak menyebabkan keguguran.

0⃣5⃣ Kurnia putri.
dr. Barry Army Bakry,

Assalamualaikum,
Dok, anak saya sudah umur 8 bulan, tetapi kenapa giginya belum tumbuh ya?
Bb nya 6.3 kg dan tidak naik-naik. Itu kenapa ya, Dok? Apakah normal? Padahal MPASInya ya menu 4 bintang susunya aktif, apakah karena geraknya banyak?

🌴Jawab:
Wa'alaikumsalam,

Bayi tumbuh gigi pertama biasanya usia 7-10 bulan, sehingga jika 8 bulan belum, ya wajar saja, selain itu berat badan rendah juga beperan dalam proses tumbuhnya gigi pertama.

Bb meningkat, karena faktor asupan yang cukup sebenarnya. Saran saya sih coba ditingkatkan jumlah dan variasi makanan yang mengandung protein hewani.

🍓Bayi saya juga masih full ASI  ekslusif dok apa perlu tambahan susu formula ya untuk agar cepat naik berat badannya?

🌴Sebenarnya tidsk ada masalah, asal intake makanan padatnya cukup.

0⃣6⃣ Esa
drg. Selly,

Anak saya saat ini usia 6,5 th. Gigi tetap bagian gigi seri sejak 3 atau 4 bulan yang lalu mulai muncul 2 buah dibelakang gigi susunya dan sampai sekarang gigi susunya tidak pernah goyang walaupun sudah digoyang-goyang. Padahal gigi tetapnya sudah mulai besar.

Apa gigi susunya harus dicabut dok?
Saya khawatir akan pertumbuhan gigi tetapnya nanti kurang bagus terlihat.

Syukron atas jawabannya dok.

🌴Jawab:
Kontrol dulu ke dokter siapa tau sudah saatnya dicabut atau belum.

0⃣7⃣ Salsabila
drg. Selly,

Assalamualaikum,,
Bagaimana jika usia 21 th, gigi susu belum lepas yaa dok?
Terimakasih.

🌴Jawab:
Gigi penggantinya tumbuh tidak?
Kalau tidak tumbuh perlu foto rontgen supaya tahu diagnosisnya.

0⃣8⃣ Umi
dr. Valleria,

Assalamu'alaikum dok,
1. Apakah jika sel telur wanita masih ada 1 masih bisa hamil ?

2. Bagaimana langkah-langkah atau terapinya agar lekas hamil dengan 1 sel telur?

🌴Jawab:
Wa'alaikumsalam,

1. Masih.

2. Tidak ada bedanya dengan perempuan yang punya 2 indung telur.

0⃣9⃣ Winda
dr. Valleria,

Assalamu'alaikum dok.
Apa benar apabila suntik kb 3 bulan dan tidak haid itu bisa menyebabkan penyakit? Karena darah kotornya tidak keluar.

🌴Jawab:
Wa'alaikumsalan,

Tidak benar.

1⃣0⃣ Marwiyah
dr. Valleria,

Bagaimana caranya mengetahui usia kehamilan ya dok?
Sebelum kita melakukan USG atau cek ke dokter kandungan atau bidan.

🌴Jawab:
Sekarang ada aplikasinya di internet, tinggal memasukkan data hari pertama haid terakhir.

1⃣1⃣ Ummu Hafshoh
dr. Valleria,

Dok semenjak melahirkan sampai sekarang anak saya usia 9 bulan saya belum menstruasi apakah normal?
Bisakah orang yang belum mens sebelum nifas langsung hamil?

🌴Jawab:
Wajar jika masih menyusui.
BIsa, Jika sudah bersetubuh.

1⃣2⃣ Ummu Hafshoh
dr. Valerria,

Afwan dok ada titipan pertanyaan,
Bunda sudah 9 bulan lahiran, tapi belum haid. Yang mau saya tanyain kok saya baru 1 bulan lahiran sudah haid ya bund, seminggu selesai haidnya terus jarak 1 minggu keluar darah lagi darah yang keluar itu darah nifas atau haid ya?

🌴Jawab:
Bisa jadi haid dan haidnya terganggu karena hormon-hormon masih belum seimbang. Bisa juga karena ada infeksi di rahim. Silahkan periksakan ke ahli kandungan terdekat agar diperiksa lebih teliti ya.

1⃣3⃣ Nesa
dr. Barry,

Dok, anak saya tidur lelap setiap malam dok, bahkan untuk memberikanya ASI saja saya sulit sekali membangunkanya, apakah normal?
Dan anak baru bisa telungkup pada usia berapa bulan ya dok, karena anak saya sudah 3 bulan masih belum bisa telungkup?

🌴Jawab:
Anak biasanya bisa telungkup usia 3-4 bulan, jika saat ini masih belum, masih kita observasi ya. Jika usia diatas 1 bulan, ya tidak apa-apa jika anak tidur cukup, asal tetap kita menawarkan ke anak.

1⃣4⃣ Annisa
dr. Barry,

Assalamu'alaikum dok,
1. Apa anak hidrosefalus pasti mengarah ke epilepsi? Soalnya ada beberapa teman anaknya diagnosa seperti itu tapi tidak terjadi epilepsi.

2. Anak saya hidrosefalus bukan karena virus melainkan jamur. Yang ingin saya tanya kenapa bisa ada caninda di kepalanya? Apa mungkin anak saya terkena jamur karena saya yang kebetulan sebelum anak saya lahir malamnya saya keluar keputihan banyak sekali dan besoknya kontraksi hebat dan sudah pembukaan hasilnya lahiran normal dan anak saya prematur dengan bb 1,7 uk 32w.

3. Mungkin tidak dok karena di urut kepalanya saat nangis? Soalnya sehabis di urut anak mulai sakit dan kata suami saat di urut nangis urat gede kelihatan dan tetep aja di urut walau nangis!

4. Di telinga sebelah kanan anak saya ada kotoran telinga di dalam sekali posisinya, terkadang suka keluar sendiri tapi masih ada saja di dalam sampai gregetan saya tapi takut buat ngoreknya. Kata dokter spesialis anak yang biasa pegang anak saya tidak apa-apa malah bagus keluar sendiri tidak perlu di korek, tapi kenapa sebelah kirinya bersih ya...
Kebetulan yang sebelah kanan ada selang vp shunt nya!

🌴Jawab:
Wa'alaikumsalam,

1. Belum tentu, masalahnya berbeda.

2. Infeksi jamur bisa karena banyak faktor, intinya berasal dari daya tahan tubuh yang rendah, sehingga mengakibatkan kuman atau jamur masuk.

3. Saya kira tidak ada hubungannya.

4. Ya, kalau kotoran jauh didalam telinga, tidak perlu dikorek-korek, biarkan saja, kecuali kalau menutupi seluruh liang telinga, silahkan datang ke dokter THT. Dan tidak ada hubungannya dengan selang vp shunt.

🍓Kuman atau jamur masuk lewat mana dok?

🌴Masuknya kuman atau jamur bisa darimana saja, kalau melihat cerita,  kalau ada keputihan dan lahir prematur, maka bisa saja Infeksi berasal saat dari dalam kandungan, namun bisa juga diluar kandungan karena daya tahan tubuh yang rendah.

1⃣5⃣ Annisa
dr. Valleria,

Assalamu'alaikum dok,
1. Tulang vagina saya sebelah kanan sakit terkadang sampai slangkangan dan untuk ganti posisi tidur sakit sampai bangun dari tempat tidur pun sakit, itu kenapa ya dok? Apa benar ada penekanan dari janin? Usia kandungan 33w.
Suka terjadi mules seperti lagi haid dan perut keras seperti papan.

2. Apa usia kandungan 37w itu belum boleh lahiran jadi harus nunggu 38w baru boleh?

3. Bbj normal usia kandungan 33w berapa ya dok? Apa harus 2,4kg?

4. Kenapa hari terakhir haid saya dengan hasil USG beda seminggu ya dok? Apa tidak apa-apa dok seperti itu?

Terimakasih.

🌴Jawab:
Wa'alaikumsalam,

1. Kurang olahraga, sendinya kaku sehingga adaptasi terhadap perubahan rahim, berat badan akhirnya membebani sendi. Bisa juga karena kaki bengkak. Bisa juga sebab lain misalnya syaraf terjepit.

2. Boleh saja jika ada kondisi yang memaksa atau sudah ada tanda persalinan.

3. Ya, kurang lebih begitu. Ada kurvanya dan rentang nilai normalnya. Silahkan dicek.

4. Bisa saja jika siklus haidnya bukan 28 hari.

1⃣6⃣ Yeni
dr. Barry,

Assalamualaikum,
Dok, anak saya usia sekarang 16 bulan, tapi masih belum bisa berjalan, baru belajar berdiri. Kalau untuk perkembangan lain sudah ada, gigi sudah banyak, bicara sudah lancar. Kalau berjalan itu termasuk telat tidak dok?
Terima kasih sebelumnya.

🌴Jawab:
Wa'alaikumsalam,

Sebaiknya ditunggu 1 bulan yang akan datang, bila masih belum juga, sarannya untuk memeriksakan ke dokter anak untuk dievaluasi.

^^^_^^^


@Khoirunnisa Y.,S.Si.T.,M.Kes
@Devi Inggerianie, S.ST.,M.Kes
@dr. Barry Army Bakry, Sp.A
@dr. Lilis Kurniah R., M.A.R.S
@dr. Valleria, Sp.OG
@Rif'atul Amini, S.Gz
@drg. Selly Priliana Dewi
@dr. Fendi F.G.,Sp.BS
➖➖➖
🌷bkc🌷

Tidak ada komentar:

Posting Komentar