Kamis, 27 September 2018

ABK



OLeH: Bunda Heradini F.,S.Psi


           💎M a T e R i💎


💥PENGERTIAN ABK

Anak berkebutuhan khusus (Heward) adalah anak dengan karakteristik khusus yang berbeda dengan anak pada umumnya tanpa selalu menunjukan pada ketidakmampuan mental, emosi atau fisik.
Istilah lain bagi anak berkebutuhan khusus adalah anak luar biasa  dan  anak cacat. Karena karakteristik dan hambatan yang dimiliki. ABK memerlukan bentuk pelayanan pendidikan khusus yang disesuaikan dengan kemampuan dan potensi mereka, contohnya bagi tuna netra mereka memerlukan modifikasi teks bacaan menjadi tulisan Braille (tulisan timbul) dan tunarungu berkomunikasi menggunakan bahasa isyarat (bahasa tubuh).


💥YANG TERMASUK DALAM KATEGORI ABK

1⃣ Tuna Netra,
Anak yang mengalami gangguan daya penglihatannya, berupa kebutaan menyeluruh atau sebagian, dan walaupun telah diberi pertolongan dengan alat-alat bantu khusus masih tetap memerlukan pelayanan pendidikan khusus.

2⃣ Tuna Rungu,
Anak yang kehilangan seluruh atau sebagian daya pendengarannya sehingga tidak atau kurang mampu berkomunikasi secara verbal dan walaupun telah diberikan pertolongan dengan alat bantu dengar masih tetap memerlukan pelayanan pendidikan khusus.

3⃣ Tuna Laras,
A yang mengalami kesulitan dalam penyesuaian diri dan bertingkah laku tidak sesuai dengan norma-norma yang berlaku dalam lingkungan kelompok usia maupun masyarakat pada umumnya, sehingga merugikan dirinya maupun orang lain.

4⃣ Tuna Daksa,
Anak yang mengalami kelainan atau cacat yang menetap pada alat gerak (tulang, sendi, otot) sedemikian rupa sehingga memerlukan pelayanan pendidikan khusus.

5⃣ Tuna Grahita,
Anak yang secara nyata mengalami hambatan dan keterbelakangan perkembangan mental jauh di bawah rata-rata (IQ dibawah 70) sehingga mengalami kesulitan dalam tugas-tugas akademik, komunikasi maupun sosial, dan karenanya memerlukan layanan pendidikan khusus. Hambatan ini terjadi sebelum umur 18 tahun.

6⃣ Cerebral Palsy,
Gangguan atau hambatan karena kerusakan otak (brain injury) sehingga mempengaruhi pengendalian fungsi motorik.

7⃣ Gifted,
Anak yang memiliki potensi kecerdasan (intelegensi), kreativitas, dan tanggung jawab terhadap tugas (task commitment) di atas anak-anak seusianya (anak normal).

8⃣ Autistis atau autisme,
Gangguan perkembangan anak yang disebabkan oleh adanya gangguan pada sistem syaraf pusat yang mengakibatkan gangguan dalam interaksi sosial, komunikasi dan perilaku.

9⃣ Asperger Disorder atau AD,
 Gangguan pada anak Asperger lebih ringan dibandingkan anak autisme dan sering disebut dengan istilah High-fuctioning autism.

 1⃣0⃣ Rett’s Disorde,
Jenis gangguan perkembangan yang masuk kategori ASD. Aspek perkembangan pada anak Rett’s Disorder mengalami kemuduran sejak menginjak usia 18 bulan yang ditandai hilangnya kemampuan bahasa bicara secara tiba-tiba. Koordinasi motorinya semakin memburuk dan dibarengi dengan kemunduran dalam kemampuan sosialnya. Rett’s Disorder hampir keseluruhan penderitanya adalah perempuan.

1⃣1⃣ Attention deficit disorder with hyperactiveatau ADHD,
Bisa juga disebut anak hiperaktif, oleh karena mereka selalu bergerak dari satu tempat ketempat yang lain. Tidak dapat duduk diam di satu tempat selama ± 5-10 menit untuk melakukan suatu kegiatan yang diberikan kepadanya. Rentang konsentrasinya sangat pendek, mudah bingung dan pikirannya selalu kacau, sering mengabaikan perintah atau arahan, sering tidak berhasil dalam menyelesaikan tugas-tugas di sekolah. Sering mengalami kesulitan mengeja atau menirukan ejaan huruf.

1⃣2⃣ Lamban belajar atau slow learner,
Anak yang memiliki potensi intelektual sedikit di bawah normal tetapi belum termasuk tuna grahita. Dalam beberapa hal mengalami hambatan atau keterlambatan berpikir, merespons rangsangan dan adaptasi sosial, tetapi masih jauh lebih baik dibanding dengan yang tuna grahita.
Anak yang mengalami kesulitan belajar spesifik,  anak yang secara nyata mengalami kesulitan dalam tugas-tugas akademik khusus (terutama dalam hal kemampuan membaca, menulis dan berhitung atau matematika).


💥JENIS-JENIS TERAPI ABK

Ada 10 jenis terapi untuk anak berkebutuhan khusus atau ABK yang kami kutip dari berbagai sumber.

1⃣ Terapi Bermain
Kedengarannya memang aneh, terapi kok bermain? Ya, terapi bermain ini jangan dianggap sepele. Karena dengan terapi bermain, cara belajar ABK bisa tertolong. Bermain dengan teman sebaya berguna untuk belajar bicara, komunikasi dan interaksi social. Seorang pendidik atau terapis bermain bisa membantu anak dalam hal ini dengan teknik-teknik tertentu.

2⃣ Terapi Perkembangan
Adapun contoh dari terapi perkembangan di antaranya Floortime, Son-rise dan RDI (Relationship Developmental Intervention). Terapi ini mempelajari minat ABK, kekuatan dan tingkat perkembangannya.
Kemudian perlu ditingkatkan lagi kemampuan sosial, emosional dan intelektualnya. Terapi perkembangan berbeda dengan terapi perilaku seperti ABA (untuk penjelasan terapi ABA bisa dibaca berikutnya) yang lebih mengajarkan ketrampilan yang lebih spesifik.

3⃣ Applied Behavioral Analysis (ABA)
Dikutip dari PAUD Jateng, ABA adalah jenis terapi yang telah lama dipakai, telah dilakukan penelitian dan didisain khusus untuk anak dengan autisme. Sistem yang dipakai adalah memberi pelatihan khusus pada anak dengan memberikan positive reinforcement (hadiah atau pujian). Jenis terapi ini bias diukur kemajuannya. Saat ini terapi inilah yang paling banyak dipakai di Indonesia.

4⃣ Terapi Perilaku
Anak autistik seringkali merasa frustrasi. Teman-temannya seringkali tidak memahami mereka, mereka merasa sulit mengekspresikan kebutuhannya, Mereka banyak yang hipersensitif terhadap suara, cahaya dan sentuhan.
Tak heran bila mereka sering mengamuk. Seorang terapis perilaku terlatih untuk mencari latar belakang dari perilaku negatif tersebut dan mencari solusinya dengan merekomendasikan perubahan lingkungan dan rutin anak tersebut untuk memperbaiki perilakunya,

5⃣ Terapi Fisik atau Fisioterapi
Autisme adalah suatu gangguan perkembangan pervasif. Banyak diantara individu autistik mempunyai gangguan perkembangan dalam motorik kasarnya. Kadang-kadang tonus ototnya lembek sehingga jalannya kurang kuat. Keseimbangan tubuhnya kurang bagus. Fisioterapi dan terapi integrasi sensoris akan sangat banyak menolong untuk menguatkan otot-ototnya dan memperbaiki keseimbangan tubuhnya.

6⃣ Terapi Wicara
Hampir semua anak dengan autisme mempunyai kesulitan dalam bicara dan berbahasa. Biasanya hal inilah yang paling menonjol, banyak pula individu autistic yang non-verbal atau kemampuan bicaranya sangat kurang.
Kadang-kadang bicaranya cukup berkembang, namun mereka tidak mampu untuk memakai bicaranya untuk berkomunikasi atau berinteraksi dengan orang lain. Dalam hal ini terapi wicara dan berbahasa akan sangat menolong.

7⃣ Terapi Biomedik
Terapi biomedik dikembangkan oleh organisasi bernama DAN (Defeat Autism Now). Banyak dari para perintisnya mempunyai anak autistik. Mereka sangat gigih melakukan riset dan menemukan bahwa gejala-gejala anak ini diperparah oleh adanya gangguan metabolisme yang akan berdampak pada gangguan fungsi otak.
Oleh karena itu anak-anak ini diperiksa secara intensif, pemeriksaan, darah, urin, feses (tinja), dan rambut. Semua hal abnormal yang ditemukan dibereskan, sehingga otak menjadi bersih dari gangguan. Terrnyata lebih banyak anak mengalami kemajuan bila mendapatkan terapi yang komprehensif, yaitu terapi dari luar dan dari dalam tubuh sendiri (biomedis).

8⃣ Terapi Okupasi atau OT
Hampir semua anak autistik mempunyai keterlambatan dalam perkembangan motorik halus. Gerak-geriknya kaku dan kasar, mereka kesulitan untuk memegang pinsil dengan cara yang benar, kesulitan untuk memegang sendok dan menyuap makanan kemulutnya, dan lain sebagainya. Dalam hal ini terapi okupasi sangat penting untuk melatih mempergunakan otot-otot halusnya dengan benar.

9⃣ Terapi Sosial
Kekurangan yang paling mendasar bagi individu autisme adalah dalam bidang komunikasi dan interaksi. Banyak anak-anak ini membutuhkan pertolongan dalam ketrampilan berkomunikasi 2 arah, membuat teman dan main bersama ditempat bermain. Seorang terapis sosial membantu dengan memberikan fasilitas pada mereka untuk bergaul dengan teman-teman sebaya dan mengajari cara-caranya.

1⃣0⃣ Terapi Visual
Individu autistik lebih mudah belajar dengan melihat (visual learners atau visual thinkers). Hal inilah yang kemudian dipakai untuk mengembangkan metode belajar komunikasi melalui gambar-gambar, misalnya dengan metode PECS (Picture Exchange Communication System). Beberapa video games bisa juga dipakai untuk mengembangkan ketrampilan komunikasi.

Dan masih banyak terapi yang lain juga. Diantaranya :
~ Terapi musik riten
~ Hydrotherapi
~ Diet dan detoks


💥PENDIDIKAN INKLUSIF

Pendidikan Inklusif adalah sistem layanan pendidikan yang mengatur agar difabel dapat dilayani di sekolah terdekat, di kelas reguler bersama-sama teman seusianya. Tanpa harus dikhususkan kelasnya, siswa dapat belajar bersama dengan aksesibilitas yang mendukung untuk semua siswa tanpa terkecuali difabel.
Inklusif dapat berarti bahwa tujuan pendidikan bagi peserta lembaga pendidikan baik itu dari sekolah dasar sampai tingkat universitas yang memiliki hambatan adalah keterlibatan yang sebenarnya dari setiap siswa dalam kehidupan sekolah yang menyeluruh. Pendidikan inklusif dapat berarti penerimaan siswa atau mahasiswa yang memiliki hambatan ke dalam kurikulum, lingkungan, interaksi sosial dan konsep diri (visi-misi) sekolah atau universitas.


🌸🌸🌸🌟🌟🌟🌸🌸🌸
        💎TaNYa JaWaB💎

0⃣1⃣ Chusnul
Assalamu'alaikum,

Dok, Anak saya di diagnosa dokter (hasil ct scan) delay development sekarang usia'a 2,5 thn belum bisa berjalan & berbicara. Apakah ini termasuk ABK bund? Dan bagaimana cara untuk kel besar suami untuk menerima tentang keadaan anak saya?

🌸 Jawab:
Waalaikumsalam mba chusnul.

Saya bukan dokter
Saya adalah pendidik PAUD yang setiap hari berkecimpung didunia anak termasuk dengan anak-anak ABK yang banyak bersekolah ditempat kami.
Langkah tepat sudah dilakukan mb chusnul yakni dengan peka terhadap apa yang terjadi dengan si buah hati. Memutuskan pergi ke dokter. Diketahui jenisnya. Dan kemudian melakukan terapi awal serta lanjut pada anak.

Yang pertama harus dilakukan adalah menerima keadaan anak apa adanya. Tidak menolak dan menyembunyikannya. Dari diri sendiri dulu.
Mb chusnul adalah orang yang telah dipilih Allah untuk memiliki anugrah ini. Meski berat. Tapi bisa, In syaa Allah.

Kemudia mengedukasi orang sekitar juga, pelan-pelan.
Lama-lama mereka bisa menerima.

0⃣2⃣ Wida
Assalamu'alaikum bunda..

Alhamdulillah saya di karuniai ABK juga.. global development delay.. Alhamdulillah setelah kurang lebih 2,5 tahun terapi dah banyak perkembangan. Sekarang sudah bisa jalan walaupun masih tertatih-tatih dan sering jatuh.. kosakata bahasa sudah mulai bertambah walaupun kurang jelas.

Yang saya ingin tanyakan apakah penyebab nya bunda? Faktor apa? Apakah gen, atau virus? Karena  dulu proses lahirnya sangat dramatis dan belum cukup umur.

🌸 Jawab:
Waalaikum salam mb wida.

Mbak wida adalah bunda yang cerdas. Karena mau menerima dan melakukan terapi untuk buah hatinya. Terapi yang dilakukan sejak dini akan sangat membantu anak. Banyak hal yang bisa dikejar dan sampai ke tahap membuat anak mandiri. Minimal dia bisa melayani dirinya sendiri.

Penyebab dari adanya anak ABK belum dirumuskan secara pasti. Beberapa ada yang mengatakan :
1. Gen. Resesif. Ini harus dilakukan pemeriksanaan genetika.
2. Virus torch.
3. Kecelakaan.
4. Kondisi ketika hamil dan melahirkan. Maka perlu ibu hamil memeriksakan diri secara berkala agar kebutuhan janin dikandungan dapat tercukupi.
5. Pencemaran lingkungan. Berpengaruh pada asupan anak
6. Gizi.
7. Pola asuh. Anak yang diasuh oleh ODGJ (orang dengan gangguan jiwa) akan cenderung berperilaku tidak normal. Sepert orang tuanya.

Dulu ada kisah nyata yang dibukukan. Judulnya sybil isabel dorset. Orang dengan 7 kepribadian. Karena diasuh oleh ibu yang menderita skizophrenia.

0⃣3⃣ Rota afrianti
Alhamdulillah...terima kasih untuk materi yang indah ini bunda dini....
Perkenalkan nama saya Yanti...dari Bukittinggi...

Saya ibu dari seorang putri autism usia 8 tahun.
Putri saya suka tepuk tangan tak berhenti, suka tertawa, dan kadang menangis keras tanpa sebab.
Bagaimana cara penanganannya?
Terima kasih bunda.

🌸 Jawab:
Waalaikum salam mb rota.

Authis itu ada tingkatannya ya...
Authis ringan, sedang dan berat.
Bawa anak ke dokter spesialis anak. Disana akan dilakukan pemeriksaan fisik. Test penglihatan, pendengaran dan kemampuan otot-ototnya.
Setelah itu akan dirujuk ke klinik tumbuh kembang anak. Disana akan dilakukan observasi jenis kekhususannya apa.
Setelah diketahui kekhususannya, akan ditentukan jenis terapinya.

Terapi yang pertama dilakukan biasanya terapi perilaku. Duduk dikursi, tenang, fokus, kontak mata.
Kemudian akan dilakukan terapi rutin 3 kali dalam sepekan.
Disiplin dalam terapi akan dapat membuka pintu yang memisahkan antara dunia kita dan dunianya.
Sehingga dikemudian hari, anak dapat menjalankan kehidupan sebagaimana mestinya.

🔹Alhamdulillah... Terima kasih bunda.
Maaf saya lupa menceritakan, putri saya sudah terapi dan dirumahpun kami bersama-sama suport untuk dia, dan banyak kemajuan bunda. Biasanya kalau lapar ngamuk. Sekarang kalau lapar ambil piring sendiri, sudah mengerti perintah sederhana. Tapi ya itu tadi ada beberapa kebiasaan tidak berhenti. Tepuk tangannya terus menerus  dan tertawa.

Dulu sempat minum obat bunda., tetapi setelah saya amati setelah mengkonsumsi obat, dia seperti mono dan fly. Seperti orang tidak semangat hidup, jadi dihentikan. Dan setelah itu ada lagi di kasih obat semacam vitamin otak bunda. Alhamdulillah kalau yang ini cocok.

🌸Iya bunda rota, kebanyakan memang obat penenang yang diberikan.
Vitamin otak seperti omega 3 baik untuk anak authis.
Bagus lagi kalau makan lele yang dikukus. Sepekan sekali.

🔹Diet juga?

🌸Diet sangat penting untuk anak authis dan hiper.

🔹 Alhamdulillah terima kasih ilmunya bunda.
Baru tahu kalau bagus dikonsumsi lele yang di kukus, tapi kalau boleh tahu apa alasannya ya Bun?

🌸Mengandung omega 3.

🔹 Waaah makasih bunda.
Terbantu sekali, soalnya vitamin omega 3 harganya lumayan kan...
Kalau ikan lele in syaa Allah masih terjangkau.

Apakah ada obat-obatan herbal yang bisa kita ramu sendiri bunda?

🌸Dikasih garam sama irisan bawang merah bawang putih. Tapi sedikit saja.

Kalau untuk menenangkan anak, bisa diminumi rebusan beras ketan hitam.
Beras ketan 1 genggam. Direbus dengan segelas air. Begitu mendidih, tunggu sebentar. Tuang. Tunggu biar hangat. Minumkan.

0⃣4⃣ iNdika
Bund, ABK itu disebabkan apa?
Apakah gen atau apa?

🌸 Jawab:

Jawaban sama dengan no.2

0⃣5⃣ Annisa
Bunda, anak saya habis pemasangan vp shunt karena di diagnosa hidrosefalus dan dokter bedah syaraf bilang akan terjadi delay dan bisa epilepsi juga. Apakah anak saya dikatakan ABK juga?

Berhubung memang anak saya lahir prematur dan sebelum sakit perkembangannya normal tapi semenjak pasca operasi mau masuk usia 1 tahun belum bisa berdiri sendiri dan duduk bisa cuma terkadang suka malas jadi sukanya senderan.
Sekarang lagi fisioterapy tumbuh kembang anak.

🌸 Jawab:
Iya mb annisa.

Bisa termasuk dalam ABK.
Penanganan sejak dini yang tepat pada ahlinya in syaa Allah akan banyak membantu.
Saya punya teman, yang kena virus torch ketika hamil. Anaknya lahir dengan tempurung kepala yang sudah keras. Kemudian dioperasi ketika umur 1 tahun untuk memisahkan tempurung kelapanya. Dan sejak saat itu dia authis, delay dan mudah kejang ketika emosinya memuncak. Baik emosi senang maupun sedih. Sekarang dia sudah besar dan bakatnya dibidang seni. Bikin puisi dan cerita.

Yang penting jangan menyerah. Nanti ke depannya akan nampak, kecerdasan anak itu dibidang apa.

0⃣6⃣ Serra
Soal makanan. Apakah setiap ABK makanan yang di konsumsi berbeda atau bagaimana?
Jika berbeda adakah makanan alternativ yang mudah Kita temui.
Terima kasih.

🌸 Jawab:
Berbeda,

Khusus ABK yang cenderung hiperaktif disarankan untuk diet ketat. Meskipun belum ada penelitian yang menunjukkan bahwa jenis-jenis makanan tertentu dapat menyebabkan anak menjadi hiperaktif dan autistik, akan tetapi sejumlah orang tua yang memiliki anak berkebutuhan khusus membuktikan dampak diet ketat. Adapun diet ketat tersebut di antaranya “pantang” mengonsumsi makanan yang mengandung tepung terigu, gula tebu, cokelat, pemanis buatan, penyedap buatan, makanan instan, kecap, gluten.

0⃣7⃣ Serra
Assalamualaikum,

Bagaimana membedakan anak yang malas belajar dengan yang slow respon dalam belajar, takut susah membedakan.
Terima kasih

🌸 Jawab:
Waalaikum salam mb serra.

Cara mengetahui adalah dengan melakukan test psikologi individual.
Biasanya pakai alat test binet khusus untuk anak-anak.
Baru setelah itu keluarlah IQ anak berapa. Jika 100 atau 105, normal.
Jika dibawah 90 baru ada tahapannya.
Mulai dari lambat belajar, debil, embesil dan bawah sendiri adalah idiot.

0⃣8⃣ Kiki
Bunda,  bagaimana menyikapi anak yang hiperaktif bun,  tapi anaknya cerdas,  cepat tanggap,  mudah ingat, ramah,  ingin tahunya besar tapi tidak mau bersekolah bun!

🌸 Jawab:
Superaktif dengan hiperaktif beda ya...

Superaktif masih normal. Masih bisa diajak komunikasi.
Kalau hiperaktif sudah masuk ABK. Masuk dalam golongan ADHD. Anak tidak bisa dikendalikan.
Dia bisa berjalan mengelilingi meja 1 jam tanpa henti dan tanpa punya rasa lelah. Seolah tidak terkendali dan tidak sadar.

Tidak mau sekolah? Home Schooling saja.
Dicari dulu penyebab dia tidak mau sekolah.
Cari sekolah yang nyaman. Tidak terlalu ramai. Dan perbandingan guru dan muridnya seimbang.

0⃣9⃣ Fatma
Bagaimana bersosialisasi dengan anak autis? Dan bagaimana memberi pengertian kepada anak di bawah umur tentang austism?

🌸 Jawab:
Bagaimana bersosialisasi dengan anak authis? Seperti bersosialisasi dengan anak pada umumnya. Disekolah inklusi akan diajarkan. Anak lain akan dikenalkan bahwa ada anak istimewa disekitar kita. Jaga dan bantu.

Mampu menjaga diri sendiri ketika tantrum.
Tidak meledek dan menyingkirkannya.


🌸🌸🌸🌟🌟🌟🌸🌸🌸
 💎CLoSSiNG STaTeMeNT💎


Anak adalah anugrah terindah dari Allah.
Apapun ia, terimalah sepenuh hati dengan rasa syukur yang tak terperi.
Dibalik semua itu ada hikmah yang Allah berikan .

Saya akhiri, afwan minkun ada kurangnya itu dari saya pribadi, kebaikan itu dari Allah, fastabiqul khairat,
Allahu yubarik fiikum

جَزَاكُمُ اللّهُ خَيْــــرًا كَثِيْرًا

أَقُوْلُ قَوْلِيْ هَذَا وَأَسْتَغْفِرُوْا اللهَ لِيْ وَلَكُمْ
 وَ السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

🌸Heradini Faizah, S.Psi


Tidak ada komentar:

Posting Komentar