Minggu, 26 November 2017

Yang Pergi Pasti Akan Terganti


OLeh   : Ustadz M. Syawaludin Syarif

Yang Pergi Pasti Akan Terganti

Insya Allah setelah ini ngak ada lagi yang baper akut ya. Karena mikirin yang udah pergi ๐Ÿ˜€

๐ŸŒธ๐ŸŒท๐ŸŒธ
Ketika kita kehilangan sesuatu yang dianggap baik oleh kita. Tak jarang kita merasa begitu sedih atas kehilangannya. Karena kita terlalu menganggap sesuatu itu sangat baik untuk kita dan kita pun tidak ingin kehilangannya.

Justru malah yang sering hilang adalah hal yang sangat kita inginkan dan sayangi. Maka dari itu sangat sulit mengikhlaskan apapun yang hilang dari kita.

Karena Apapun Yang Hilang Dari Kita, Udah Pasti Akan Diganti Dengan Yang Lebih Baik Lagi

Jika dengan kehilangan merasa sedih maka cobalah mengikhlaskannya agar tidak terlalu terlarut memikirkan hal yang hilang.

Memang tidak mudah tetepi harus mencobanya agar kita mampu menerima kenyataan bahwa ia memang telah hilang dan tidak ditakdirkan untuk kita.

Dan nasehati diri sendiri bahwasanya apapun yang hilang didalam hidup kita. Meskipun ia hal yang sangat berharga dan baik untuk kita. Ia akan diganti dengan hal yang jauh lebih lagi dari sebelumnya.

Yang Pergi Pasti Akan Terganti
Ini sangat berkaitan dengan masalah keimanan kita terhadap takdir dan juga penyikapan kita terhadapnya.

Maka kami akan sedikit paparkan tentang materi itu ๐Ÿ™‚

๐ŸŒธ๐ŸŒท๐ŸŒธ
Keimanan seorang mukmin yang benar harus mencakup enam rukun. Yang terakhir adalah beriman terhadap takdir Allah, baik takdir yang baik maupun takdir yang buruk. 
Salah memahami keimanan terhadap takdir dapat berakibat fatal, menyebabkan batalnya keimanan seseorang. Terdapat beberapa permasalahan yang harus dipahami oleh setiap muslim terkait masalah takdir ini. Semoga paparan ringkas ini dapat membantu kita untuk memahami keimanan yang benar terhadap takdir Allah.
Wallahul mustaโ€™an.

Antara Qodhoโ€™ dan Qodar

Dalam pembahasan takdir, kita sering mendengar istilah qodhoโ€™ dan qodar. Dua istilah yang serupa tapi tak sama. Mempunyai makna yang sama jika disebut salah satunya, namun memiliki makna yang berbeda tatkala disebutkan bersamaan.[1] Jika disebutkan  qodhoโ€™ saja maka mencakup makna qodar, demikian pula sebaliknya. Namun jika disebutkan bersamaan, maka qodhoโ€™maknanya adalah sesuatu yang telah ditetapkan Allah pada makhluk-Nya, baik berupa penciptaan, peniadaan, maupun perubahan terhadap sesuatu. Sedangkan qodar maknanya adalah sesuatu yang telah ditentukan Allah sejak zaman azali. Dengan demikian  qodar ada lebih dulu kemudian disusul dengan qodhoโ€™.[2]

๐ŸŒธ๐ŸŒท๐ŸŒธ
Empat Prinsip Keimanan Kepada Takdir

Pembaca yang semoga dirahmati oleh Allah. Perlu kita ketahui bahwa keimanan terhadap takdir harus mencakup empat prinsip. Keempat prinsip ini harus diimani oleh setiap muslim.

Pertama:
Mengimani bahwa AllahTaโ€™ala mengetahui dengan ilmunyayang azali dan abadi tentang segala sesuatu yang terjadi baik perkara yang kecil maupun yang besar, yang nyata maupun yang tersembunyi, baik itu perbuatan yang dilakukan oleh Allah maupun perbuatan makhluknya. Semuanya terjadi dalam pengilmuan Allah Taโ€™ala.

Kedua:
Mengimani bahwa AllahTaโ€™ala telah menulis dalam lauhul mahfudz catatan takdir segala sesuatu sampai hari kiamat. Tidak ada sesuatupun yang sudah terjadi maupun yang akan terjadi kecuali telah tercatat.

Dalil kedua prinsip di atas terdapat dalam Al Qurโ€™an dan As Sunnah. Dalam Al Qurโ€™an, Allah Taโ€™alaberfirman,

ุฃูŽู„ูŽู…ู’ ุชูŽุนู’ู„ูŽู…ู’ ุฃูŽู†ู‘ูŽ ุงู„ู„ู‡ูŽ ูŠูŽุนู’ู„ูŽู…ู ู…ูŽุงูููŠ ุงู„ุณู‘ูŽู…ูŽุขุกู ูˆูŽุงู’ู„ุฃูŽุฑู’ุถู ุฅูู†ู‘ูŽ ุฐูŽู„ููƒูŽ ูููŠ ูƒูุชูŽุงุจู ุฅูู†ู‘ูŽ ุฐูŽู„ููƒูŽ ุนูŽู„ูŽู‰ ุงู„ู„ู‡ู ูŠูŽุณููŠุฑูŒ {70}

โ€œApakah kamu tidak mengetahui bahwa sesungguhnya Allah mengetahui apa saja yang ada di langit dan di bumi?; bahwasanya yang demikian itu terdapat dalam sebuah kitab (Lauh Mahfuzh). Sesungguhnya yang demikian itu amat mudah bagi Allahโ€ (QS. Al Hajj:70).

ูˆูŽุนูู†ู’ุฏูŽู‡ู ู…ูŽููŽุงุชูุญู ุงู„ู’ุบูŽูŠู’ุจู ู„ุงูŽูŠูŽุนู’ู„ูŽู…ูู‡ูŽุข ุฅูู„ุงู‘ูŽ ู‡ููˆูŽ ูˆูŽูŠูŽุนู’ู„ูŽู…ู ู…ูŽุงูููŠ ุงู„ู’ุจูŽุฑู‘ููˆูŽุงู„ู’ุจูŽุญู’ุฑู ูˆูŽู…ูŽุง ุชูŽุณู’ู‚ูุทู ู…ูู† ูˆูŽุฑูŽู‚ูŽุฉู ูŠูŽุนู’ู„ูŽู…ูู‡ูŽุง ูˆูŽู„ุงูŽุญูŽุจู‘ูŽุฉู ูููŠ ุธูู„ูู…ูŽุงุชู ุงู’ู„ุฃูŽุฑู’ุถู ูˆูŽู„ุงูŽุฑูŽุทู’ุจู ูˆูŽู„ุงูŽูŠูŽุงุจูุณู ุฅูู„ุงู‘ูŽ ูููŠ ูƒูุชูŽุงุจู ู…ู‘ู‹ุจููŠู†ู {59}

โ€œDan pada sisi Allah-lah kunci-kunci semua yang ghaib; tidak ada yang mengetahuinya kecuali Dia sendiri, dan Dia mengetahui apa yang di daratan dan di lautan, dan tiada sehelai daun pun yang gugur melainkan Dia mengetahuinya (pula), dan tidak jatuh sebutir biji-pun dalam kegelapan bumi, dan tidak sesuatu yang basah atau yang kering, melainkan tertulis dalam kitab yang nyata (Lauh Mahfudz)โ€ (QS. Al Anโ€™am:59).

Sedangkan dalil dari As Sunnah, di antaranya adalah sabda Rasulullahshalallhu โ€˜alaihi wa salam,

ูƒูŽุชูŽุจูŽ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ู…ูŽู‚ูŽุงุฏููŠุฑูŽ ุงู„ู’ุฎูŽู„ุงูŽุฆูู‚ู ู‚ูŽุจู’ู„ูŽ ุฃูŽู†ู’ ูŠูŽุฎู’ู„ูู‚ูŽ ุงู„ุณู‘ูŽู…ูŽูˆูŽุงุชู ูˆูŽุงู„ุฃูŽุฑู’ุถูŽ ุจูุฎูŽู…ู’ุณููŠู†ูŽ ุฃูŽู„ู’ููŽ ุณูŽู†ูŽุฉู

โ€œโ€ฆ Allah telah menetapkan takdir untuk setiap makhluk sejak lima puluh ribu tahun sebelum penciptaan langit dan bumiโ€ [3]

Ketiga:
Mengimani bahwa kehendak Allah meliputi segala sesuatu, baik yang terjadi maupun yang tidak terjadi, baik perkara besar maupun kecil, baik yang tampak maupun yang tersembunyi, baik yang terjadi di langit maupun di bumi. Semuanya terjadi atas kehendak Allah Taโ€™ala, baik itu perbuatan Allah sendiri maupun perbuatan makhluknya.

Keempat:
Mengimani dengan penciptaan Allah. Allah Taโ€™ala menciptakan segala sesuatu baik yang besar maupun kecil, yang nyata dan tersembunyi. Ciptaan Allah mencakup segala sesuatu dari bagian makhluk beserta sifat-sifatnya. Perkataan dan perbuatan makhluk pun termasuk ciptaan Allah.

Dalil kedua prinsip di atas adalah firman Allah Taโ€™ala,

ุงู„ู„ู‡ู ุฎูŽุงู„ูู‚ู ูƒูู„ู‘ู ุดูŽู‰ู’ุกู ูˆูŽู‡ููˆูŽ ุนูŽู„ูŽู‰ ูƒูู„ู‘ู ุดูŽู‰ู’ุกู ูˆูŽูƒููŠู„ูŒ {62} ู„ู‘ูŽู‡ู ู…ูŽู‚ูŽุงู„ููŠุฏู ุงู„ุณู‘ูŽู…ูŽุงูˆูŽุงุชู ูˆูŽุงู’ู„ุฃูŽุฑู’ุถู ูˆูŽุงู„ู‘ูŽุฐููŠู†ูŽ ูƒูŽููŽุฑููˆุง ุจูุฆูŽุงูŠูŽุงุชู ุงู„ู„ู‡ู ุฃููˆู’ู„ูŽุฆููƒูŽ ู‡ูู…ู ุงู„ู’ุฎูŽุงุณูุฑููˆู†ูŽ {63}

โ€œAllah menciptakan segala sesuatu dan Dia memelihara segala sesuatu. Kepunyaan-Nyalah kunci-kunci (perbendaharaan) langit dan bumi. Dan orang-orang yang kafir terhadap ayat-ayat Allah, mereka itulah orang-orang yang merugi.โ€ (QS. Az Zumar 62-63)

ูˆูŽุงู„ู„ู‡ู ุฎูŽู„ูŽู‚ูŽูƒูู…ู’ ูˆูŽู…ูŽุงุชูŽุนู’ู…ูŽู„ููˆู†ูŽ {96}

โ€œPadahal Allah-lah yang menciptakan kamu dan apa yang kamu perbuat ituโ€œ. (QS. As Shafat:96).[4]

Antara Kehendak Makhluk dan Kehendak-Nya.

Beriman dengan benar terhadap takdir bukan berarti meniadakan kehendak dan kemampuan manusia untuk berbuat. Hal ini karena dalil syariat dan realita yang ada menunjukkan bahwa manusia masih memiliki kehendak untuk melakukan sesuatu.

Dalil dari syariat, Allah Taโ€™ala telah berfirman tentang kehendak makhluk,

ุฐูŽู„ููƒูŽ ุงู„ู’ูŠูŽูˆู’ู…ู ุงู„ู’ุญูŽู‚ู‘ู ููŽู…ูŽู† ุดูŽุขุกูŽ ุงุชู‘ูŽุฎูŽุฐูŽ ุฅูู„ู‰ูŽ ุฑูŽุจู‘ูู‡ู ู…ูŽุฆูŽุงุจู‹ุง {39}

โ€œItulah hari yang pasti terjadi. Maka barangsiapa yang menghendaki, niscaya ia menempuh jalan kembali kepada Tuhannya.โ€ (QS. An Nabaaโ€™:39)

ู†ูุณูŽุขุคููƒูู…ู’ ุญูŽุฑู’ุซู ู„ู‘ูŽูƒูู…ู’ ููŽุฃู’ุชููˆุง ุญูŽุฑู’ุซูŽูƒูู…ู’ ุฃูŽู†ู‘ูŽู‰ ุดูุฆู’ุชูู…ู’โ€ฆ {223}

โ€œIsteri-istrimu adalah (seperti) tanah tempat kamu bercocok tanam, maka datangilah tanah tempat bercocok-tanammu itu bagaimana saja kamu kehendaki. โ€ฆโ€ (Al Baqoroh:223)

Adapun tentang kemampuan makhluk Allah menjelaskan,

ููŽุงุชู‘ูŽู‚ููˆุง ุงู„ู„ู‡ูŽ ู…ูŽุงุงุณู’ุชูŽุทูŽุนู’ุชูู…ู’ ูˆูŽุงุณู’ู…ูŽุนููˆุง ูˆูŽุฃูŽุทููŠุนููˆุง ูˆูŽุฃูŽู†ููู‚ููˆุง ุฎูŽูŠู’ุฑู‹ุง ู„ุฃูŽู†ููุณููƒูู…ู’ ูˆูŽู…ูŽู† ูŠููˆู‚ูŽ ุดูุญู‘ูŽ ู†ูŽูู’ุณูู‡ู ููŽุฃููˆู’ู„ูŽุฆููƒูŽ ู‡ูู…ู ุงู„ู’ู…ููู’ู„ูุญููˆู†ูŽ {16}

โ€œMaka bertakwalah kamu kepada Allah menurut kesanggupanmu dan dengarlah serta taโ€™atlah dan nafkahkanlah nafkah yang baik untuk dirimu . Dan barangsiapa yang dipelihara dari kekikiran dirinya, maka mereka itulah orang-orang yang beruntung.โ€ (QS. At Taghobun :16)

ู„ุงูŽ ูŠููƒูŽู„ู‘ููู ุงู„ู„ู‡ู ู†ูŽูู’ุณู‹ุง ุฅูู„ุงู‘ูŽ ูˆูุณู’ุนูŽู‡ูŽุง ู„ูŽู‡ูŽุง ู…ูŽุงูƒูŽุณูŽุจูŽุชู’ ูˆูŽุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ูŽุง ู…ูŽุงุงูƒู’ุชูŽุณูŽุจูŽุชู’ ุฑูŽุจู‘ูŽู†ูŽุง โ€ฆ{286}

โ€œAllah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya. Ia mendapat pahala (dari kebajikan) yang diusahakannya dan ia mendapat siksa (dari kejahatan) yang dikerjakannyaโ€ฆ.โ€ (QS. Al Baqoroh:286)

Sedangkan realita yang ada menunjukkan bahwa setiap manusia mengetahui bahwa dirinya memiliki kehendak dan kemampuan.
Dengan kehendak dan kemampuannya, dia melakukan atau meninggalkan sesuatu. Ia juga bisa membedakan antara sesuatu yang terjadi dengan kehendaknya (seperti berjalan), dengan sesuatu yang terjadi tanpa kehendaknya, (seperti gemetar atau bernafas). Namun, kehendak maupun kemampuan makhluk itu terjadi dengan kehendak dan kemampuan Allah Taโ€™la karena Allah berfirman,

ู„ูู…ูŽู† ุดูŽุขุกูŽ ู…ูู†ูƒูู…ู’ ุฃูŽู† ูŠูŽุณู’ุชูŽู‚ููŠู…ูŽ {28} ูˆูŽู…ูŽุงุชูŽุดูŽุขุกููˆู†ูŽ ุฅูู„ุขู‘ูŽ ุฃูŽู† ูŠูŽุดูŽุขุกูŽ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุฑูŽุจู‘ู ุงู„ู’ุนูŽุงู„ูŽู…ููŠู†ูŽ {29}

โ€œ(yaitu) bagi siapa di antara kamu yang mau menempuh jalan yang lurus. Dan kamu tidak dapat menghendaki (menempuh jalan itu) kecuali apabila dikehendaki Allah, Tuhan semesta alam.โ€ (QS. At Takwiir:28-29).
Dan karena semuanya adalah milik Allah maka tidak ada satu pun dari milik-Nya itu yang tidak diketahui dan tidak dikehendaki oleh-Nya.

๐ŸŒธ๐ŸŒท๐ŸŒธ
Setelah kita memahami makna tadir

Maka kita sampai pada 2 muara.

1. Husnudzhon
2. Su'udzhon

Terhadap takdir Allah.

Nah untuk malam ini kita akan bahas tentang solusi biar tidak baper sebagai mana tema:

Yang Pergi Akan Terganti

Solusi dari baper ini adalah husnuzhon terhadap ketetapan Allah.

Allah Sesuai persangkaan hamba pada Allah. Artinya, jika seorang hamba bertaubat dengan taubatan nashuha (yang tulus), maka Allah akan menerima taubatnya.
   
Jika dia yakin doโ€™anya akan dikabulkan, maka Allah akan mudah mengabulkan. Berbeda jika kondisinya sudah putus asa dan sudah berburuk sangka pada Allah sejak awal.

Dari Abu Hurairah radhiyallahu โ€˜anhu, ia berkata bahwa Nabi shallallahu โ€˜alaihi wa sallam bersabda, Allah Taโ€™ala berfirman,

ุฃูŽู†ูŽุง ุนูู†ู’ุฏูŽ ุธูŽู†ู‘ู ุนูŽุจู’ุฏูู‰ ุจูู‰

โ€œAku sesuai dengan persangkaan hamba pada-Kuโ€ (Muttafaqun โ€˜alaih). Hadits ini mengajarkan bagaimana seorang muslim harus huznudzhon pada Allah dan memiliki sikap rojaโ€˜ (harap) pada-Nya.

Mengenai makna hadits di atas, Al Qodhi โ€˜Iyadh berkata, โ€œSebagian ulama mengatakan bahwa maknanya adalah Allah akan memberi ampunan jika hamba meminta ampunan. Allah akan menerima taubat jika hamba bertaubat. Allah akan mengabulkan doโ€™a jika hamba meminta. Allah akan beri kecukupan jika hamba meminta kecukupan. Ulama lainnya berkata maknanya adalah berharap pada Allah (rojaโ€™) dan meminta ampunannyaโ€ (Syarh Muslim, 17: 2).

Inilah bentuk  husnudzhon atau berprasangka baik pada Allah yang diajarkan pada seorang muslim. Jabir berkata bahwa ia pernah mendengar sabda Rasulullah shallallahu โ€˜alaihi wa sallam saat tiga hari sebelum wafatnya beliau,

ู„ุงูŽ ูŠูŽู…ููˆุชูŽู†ู‘ูŽ ุฃูŽุญูŽุฏููƒูู…ู’ ุฅูู„ุงู‘ูŽ ูˆูŽู‡ููˆูŽ ูŠูุญู’ุณูู†ู ุจูุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุงู„ุธู‘ูŽู†ู‘ูŽ

โ€œJanganlah salah seorang di antara kalian mati melainkan ia harus berhusnudzhon pada Allahโ€ (HR. Muslim no. 2877).

๐ŸŒธ๐ŸŒท๐ŸŒธ
Husnuzhon pada Allah, itulah yang diajarkan pada kita dalam doโ€™a. Ketika kita berdoโ€™a pada Allah kita harus yakin bahwa doโ€™a kita akan dikabulkan dengan tetap melakukan sebab terkabulnya doโ€™a dan menjauhi berbagai pantangan yang menghalangi terkabulnya doโ€™a.  Karena ingatlah bahwasanya doโ€™a itu begitu ampuh jika seseorang berhusnuzhon pada Allah.

Allah Taโ€™ala berfirman,

ูˆูŽู‚ูŽุงู„ูŽ ุฑูŽุจู‘ููƒูู…ู ุงุฏู’ุนููˆู†ููŠ ุฃูŽุณู’ุชูŽุฌูุจู’ ู„ูŽูƒูู…

"Dan Tuhanmu berfirman: โ€œBerdoalah kepada-Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu.โ€ (QS. Ghofir/ Al Muโ€™min: 60)

ูˆูŽุฅูุฐูŽุง ุณูŽุฃูŽู„ูŽูƒูŽ ุนูุจูŽุงุฏููŠ ุนูŽู†ู‘ููŠ ููŽุฅูู†ู‘ููŠ ู‚ูŽุฑููŠุจูŒ ุฃูุฌููŠุจู ุฏูŽุนู’ูˆูŽุฉูŽ ุงู„ุฏู‘ูŽุงุนู ุฅูุฐูŽุง ุฏูŽุนูŽุงู†ู ููŽู„ู’ูŠูŽุณู’ุชูŽุฌููŠุจููˆุง ู„ููŠ ูˆูŽู„ู’ูŠูุคู’ู…ูู†ููˆุง ุจููŠ ู„ูŽุนูŽู„ู‘ูŽู‡ูู…ู’ ูŠูŽุฑู’ุดูุฏููˆู†ูŽ

โ€œDan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah), bahwasanya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepada-Ku, maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah-Ku) dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran.โ€ (QS. Al Baqarah: 186)

Dari Abu Hurairah, Nabi shallallahu โ€˜alaihi wa sallam bersabda,

ู„ูŽูŠู’ุณูŽ ุดูŽูŠู’ุกูŒ ุฃูŽูƒู’ุฑูŽู…ูŽ ุนูŽู„ูŽู‰ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุชูŽุนูŽุงู„ูŽู‰ ู…ูู†ูŽ ุงู„ุฏู‘ูุนูŽุงุกู

โ€œTidak ada sesuatu yang lebih besar pengaruhnya di sisi Allah Taโ€™ala selain doโ€™a.โ€ (HR. Tirmidzi no. 3370, Ibnu Majah no. 3829, dan Ahmad 2: 362, hasan)

Jika seseorang berdoโ€™a dalam  keadaan yakin doโ€™anya akan terkabul, Nabi shallallahu โ€˜alaihi wa sallam bersabda,

ุงุฏู’ุนููˆุง ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ูŽ ูˆูŽุฃูŽู†ู’ุชูู…ู’ ู…ููˆู‚ูู†ููˆู†ูŽ ุจูุงู„ุฅูุฌูŽุงุจูŽุฉู ูˆูŽุงุนู’ู„ูŽู…ููˆุง ุฃูŽู†ู‘ูŽ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ูŽ ู„ุงูŽ ูŠูŽุณู’ุชูŽุฌููŠุจู ุฏูุนูŽุงุกู‹ ู…ูู†ู’ ู‚ูŽู„ู’ุจู ุบูŽุงููู„ู ู„ุงูŽู‡ู

โ€œBerdoalah kepada Allah dalam keadaan yakin akan dikabulkan, dan ketahuilah bahwa Allah tidak mengabulkan doa dari hati yang lalai.โ€ (HR. Tirmidzi no. 3479, hasan)

Jika doโ€™a tak kunjung terkabul, maka yakinlah bahwa ada yang terbaik di balik itu. Dari Abu Saโ€™id, Nabi shallallahu โ€˜alaihi wa sallam bersabda,

ู…ุง ู…ูู†ู’ ู…ูุณู’ู„ูู…ู ูŠูŽุฏู’ุนููˆ ุจูุฏูŽุนู’ูˆูŽุฉู ู„ูŽูŠู’ุณูŽ ูููŠู‡ูŽุง ุฅูุซู’ู…ูŒ ูˆูŽู„ุงูŽ ู‚ูŽุทููŠุนูŽุฉู ุฑูŽุญูู…ู ุฅูู„ุงู‘ูŽ ุฃูŽุนู’ุทูŽุงู‡ู ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุจูู‡ูŽุง ุฅูุญู’ุฏูŽู‰ ุซูŽู„ุงูŽุซู ุฅูู…ู‘ูŽุง ุฃูŽู†ู’ ุชูุนูŽุฌู‘ูŽู„ูŽ ู„ูŽู‡ู ุฏูŽุนู’ูˆูŽุชูู‡ู ูˆูŽุฅูู…ู‘ูŽุง ุฃูŽู†ู’ ูŠูŽุฏู‘ูŽุฎูุฑูŽู‡ูŽุง ู„ูŽู‡ู ููู‰ ุงู„ุขุฎูุฑูŽุฉู ูˆูŽุฅูู…ู‘ูŽุง ุฃูŽู†ู’ ูŠูŽุตู’ุฑูููŽ ุนูŽู†ู’ู‡ู ู…ูู†ูŽ ุงู„ุณู‘ููˆุกู ู…ูุซู’ู„ูŽู‡ูŽุง. ู‚ูŽุงู„ููˆุง ุฅูุฐุงู‹ ู†ููƒู’ุซูุฑู. ู‚ูŽุงู„ูŽ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุฃูŽูƒู’ุซูŽุฑู

โ€œTidaklah seorang muslim memanjatkan doโ€™a pada Allah selama tidak mengandung dosa dan memutuskan silaturahmi (antar kerabat, pen) melainkan Allah akan beri padanya tiga hal: (1) Allah akan segera mengabulkan doโ€™anya, (2) Allah akan menyimpannya baginya di akhirat kelak, dan (3) Allah akan menghindarkan darinya kejelekan yang semisal.โ€

Para sahabat lantas mengatakan, โ€œKalau begitu kami akan memperbanyak berdoโ€™a.โ€ Nabi shallallahu โ€˜alaihi wa sallam lantas berkata, โ€œAllah nanti yang memperbanyak mengabulkan doโ€™a-doโ€™a kalian.โ€ (HR. Ahmad 3: 18, sanad jayyid).

Ibnu Rajab dalam Jaamiโ€™ul โ€˜Ulum wal Hikam berkata,

ูุงู„ุฅู„ุญุงุญู ุจุงู„ุฏุนุงุก ุจุงู„ู…ุบูุฑุฉ ู…ุน ุฑุฌุงุก ุงู„ู„ู‡ ุชุนุงู„ู‰ ู…ูˆุฌุจูŒ ู„ู„ู…ุบูุฑุฉ

โ€œTerus meminta dengan doโ€™a dan memohon ampunan Allah disertai rasa penuh harap pada-Nya, adalah jalan mudah mendapatkan maghfiroh (ampunan).โ€

Maka yakinlah terus pada janji Allah, husnuzhon-lah pada-Nya. Janganlah berprasangka kecuali yang baik pada Allah.
Dan jangan putus asa dari rahmat Allah dan teruslah berdoโ€™a serta memohon pada-Nya.


๐ŸŒธ๐ŸŒธ๐ŸŒธ๐ŸŒŸ๐ŸŒŸ๐ŸŒŸ๐ŸŒธ๐ŸŒธ๐ŸŒธ
        ๐Ÿ’ŽTaNYa JaWaB๐Ÿ’Ž

0โƒฃ1โƒฃ Jingga
Bagaimana sih ustadz cara mengiklaskan si dia yang telah pergi meyakinkan diri kalau itu yang terbaik dan akan terganti dengan yang terbaik?

๐Ÿ’ŽJawab :
Dalam Al qur'an Allah berfirman yang kurang lebih teksnya begini.

Mungkin engkau merasa senang dengann sesuatu padahal itu buruk bagimu.

Mungkin engkau merasa tidak suka dengan sesuatu padahal itu baik bagimu.

Sesungguhnya Allah maha mengetahui sedangkau engkau tidak mengetahui.

Intinya adalah husnuzhon dengan ketetapan Allah dan yakinkan diri bahwa Allah selalu memberikan yang terbaik bagimu ๐Ÿ˜€

Tapi emang sulit sih ngelupainnya.

Cara termudah melupakan adalah dengan membuka hati dan membangun ikatan suci (menikah).

Wallahu'alam

๐ŸŒทIya siih cuma sakit nya tu lho bikin kapok, hehe...

๐Ÿ’Ž Rasa sakitnya akan sedikit demi sedikit terobati mbak.

Ane udah ngalamin sendiri kok.
Dan setelah membuka hati. Alhamdulillah rasa sakit pun mulai terobati ๐Ÿ˜€

0โƒฃ2โƒฃ Ran
Ustadz, salah tidak si kalau kita sudah mencoba mengikhlaskan dia yang sudah pergi tapi tanpa sadar kita mencari sosok yang seperti dia?

๐Ÿ’ŽJawab :
Tidak salah, selama itu dalam koridor kebaikan. Tapi sadarilah bahwa laki" juga punya perasaan. Tak akan mau ia dibanding"kan sebagaimana wanita tak ingin dibanding"kan.

Silakan menyukai sifat dan akhlaknya. Dan silakan mencari yang baik sifat dan akhlaknya. Tapi jangan sampai membanding"kan laki" yang nantinya jadi jodoh anda dengan si dia yang telah pergi. Karena itu akan menyakiti hati jodoh anda dan juga bisa lebih menyakiti diri anda karena gagal move on dengan kenangan lama.

Wallahu'alam

0โƒฃ3โƒฃ Adha
Bagaimana mengontrol hati Dan perasaan untuk orang yang sangat sensitive, meski dia tahu menangis berlebihan adalah tindakan bodoh tidak akan mengembalikan yang sudah pergi.
Dan tahu bahwa apa yang Allah ambil kembali adalah yang terbaik yang dimiliki Dan akan diganti dengan yang lebih baik lagi.

Bagaimana agar kenangan" indah tentang dia yang sudah diikhlaskan kepergiannya tidak membuat Kita larut dalam kesedihan, karena tidak mungkin bisa mudah melupakan kenangan - kenangan itu?

๐Ÿ’ŽJawab :
Dalam hal ini. Mencari fokus adalah hal yang baik.

Karena biasanya kita sering larut dalam kesedihan ketika kita sendirian atau merenung dan lain".

Maka carilah fokus sehingga perhatian kita tidak ke kenangan tapi masa depan,

Dan obati hati dengan 5 perkara.

Udah hafal kan 5 perkara itu ๐Ÿ˜€

0โƒฃ4โƒฃ Rafika
1. Doa itu bisa mengubah takdir...
Takdir yang seperti apa yang bisa diubah dengan doa?

2. Ketika kita kehilangan orang" yang kita cintai, kehilangan harta benda, rasanya berat sekali ustadz...
Padahal sebenarnya kita tahu kalau itu semua adalah takdir...
Bagaimana cara menata hati agar ikhlas ustadz?

๐Ÿ’ŽJawab :
Takdir yang bisa di ubah adalah takdir yang sifatnya hal" yang diluar ketetapan yang mutlak Allah berikan.

Contoh Takdir yang mutlak.
1. Kita lahir dari rahim ibu kita. Maka ini tak dapat di ubah.
2. Kita lahir sebagai perempuan atau laki", maka ini tak dapat di ubah.

Takdir yang dapat dirubah adalah yang sifatnya pilhan dan ini rahasia Allah.

Contoh:
Mungkin Allah takdirkan kita berjodoh dengan si A. Tapi karena kita terus" berdo'a minta dijodohkan dengan si B maka Allah izinkan kita berjodoh dengan si B.

Wallahu'alam.

2. Sadari hakekat kehidupan kita didunia ini hanya sementara. Harta benda dan apa yg ada di kita adalah titipan Allah untuk dipelihara dan digunakan untuk beribadah kepada-Nya

Ketidak ridhoan kita akan takdir Allah adalah wujud dari lemahnya iman kita.

Bersedih wajar, galau biasa. Tapi sebaik" kita adalah yang ridho dengan ketetapan Allah.

0โƒฃ5โƒฃ Shoffia
Afwan, Ustadz perbedaan qodo' dan qodar itu apa ya dan bolehkah beri contohnya??

๐Ÿ’ŽJawab :
Materi yang di atas tentang takdir sudah dibaca mbak.

0โƒฃ6โƒฃ Aski
Bagaimana caranya Ta'aruf yang elegan tadz?
Boleh ya perempuan dulu yang ngajak taaruf?

๐Ÿ’ŽJawab :
Ta'aruf yang elegan
1. Melalui perantara [orangtua, paman ddanlain", (keluarga), bisa melalui ustadzah, teman atau yang lainnya].

2. Jangan ikhtilat (ber dua-dua akan dan bercampur baur).

3. Jaga adab pergaulan laki" dan perempuan.

4. Luruskan nian ta'aruf untuk menikah dan menyegerakannya. Bukan untuk bebas dari gelar jones. hehehe...


Lalu bolehkan wanita duluan yang ngajak ta'arufan.

Jawabannya boleh aja. Tapi silahkan pakai perantara (misalnya keluarga).

Karena, Siti khodijah istri Rosulullah shollallaahu 'alaihi wa sallam awalnya juga ngajakin ta'aruf duluan, bahkan ngelamar duluan.


Ayo lamarlah si ikhwan jika belum ada kepastian. Tapi pakai perantara biar kalau ditolak tidak terlalu sakit dan kalau diterima tidak kebablasan pergaulannya.

Wallahu'alam

๐ŸŒธ๐ŸŒธ๐ŸŒธ๐ŸŒŸ๐ŸŒŸ๐ŸŒŸ๐ŸŒธ๐ŸŒธ๐ŸŒธ
 ๐Ÿ’ŽCLoSiNG STaTeMeNT๐Ÿ’Ž

Lebih Mudah Menahan Kemarahan Daripada Kerinduan

Kemarahan akan berkurang ketika telah dikomunikasikan.

Kerinduan akan bertambah ketika ada komunikasi.

Kemarahan akan terkikis ketika terucap kata maaf.

Kerinduan semakin dalam ketika kata" maaf terlontarkan.

Kemarahan akan sirna ditelan zaman.

Kerinduan semakin menggebu seiring zaman.

Kemarahan akan hilang dengan pertemuan (baik diselesaikan dengan amarah ataupun saling memaafkan).

Kerinduan akan semakin menghujam jika ada pertemuan.

#yangbaparhatihati
#yangbelumsiapnikahjanganpacaran
#baperyangkerenitusetelahnikah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar