Selasa, 29 September 2020
FIQIH MITIGASI
OLeH : Ustadz Farid Nu'man Hasan
๐M a T e R i๐
ุจูุณูููููููููููููููููููู ู ุง๏ทฒูุงูุฑููุญูู ููู ุงูุฑููุญููู
๐ธISLAM DAN MITIGASI (Pencegahan)
"Mencegah Lebih Baik dari Pada Mengobati."
Tahu kan ungkapan ini?
Ternyata Islam lah yang mencetuskan spirit ungkapan ini.
โช๏ธAllah ๏ทป berfirman:
ููููุง ุชููููููุง ุจูุฃูููุฏููููู ู ุฅูููู ุงูุชููููููููุฉู
"Janganlah kamu menjerumuskan dirimu sendiri dalam jurang kebinasaan."
(QS. Al Baqarah: 195).
โ Dalam ayat ini ada dua hal yang terlarang:
1. Membahayakan diri.
2. Melakukan aktifitas yang menjadi sebab bahaya.
โช๏ธMaka Imam Izzuddin bin Abdissalam mengatakan:
ู ุง ุงุฏู ุงูู ุงูุญุฑุงู ููู ุญุฑุงู
Apa-apa yang mengantarkan kepada keharaman maka itu haram juga.
โช๏ธAdapun dalam hadits, Rasulullah ๏ทบ bersabda:
ููุง ูููุฑูุฏูููู ู ูู ูุฑูุถู ุนูููู ู ูุตูุญูู
"Jangan campur antara Unta yang sakit dengan Unta yang sehat." (HR. Bukhari no. 5771).
โช๏ธDalam hadits lain:
ูุง ุถุฑุฑ ููุง ุถุฑุงุฑ
"Janganlah membahayakan dan terjerumus dalam bahaya." (HR. Ibnu Majah, shahih).
โช๏ธImam al Qarafi Rahimahullah mengatakan:
ูุฏ ูููู ุงูุฎูู ู ู ุบูุฑ ุงููู ุนุฒ ู ุฌู ููุณ ู ุญุฑู ุง ูุงูุฎูู ู ู ุงูุฃุณูุฏ ู ุงูุญูุงุช ูุงูุนูุงุฑุจ ู ุงูุธูู ุฉ, ู ูุฏ ูุฌุจ ุงูุฎูู ู ู ุบูุฑ ุงููู ุนุฒ ู ุฌู ูู ุง ุฃู ุฑูุง ุงููุฑุงุฑ ู ู ุฃุฑุถ ุงููุจุงุก ุจู ุนูู ุฃูุง ููููุง ุนู ุฏุฎูููุง, ู ุงูุฎูู ู ููุง ุนูู ุฃุฌุณุงู ูุง ู ู ุงูุฃู ุฑุงุถ ูุงูุฃุณูุงู ู ูู ุงูุญุฏูุซ : ูุฑ ู ู ุงูู ุฌุฐูู ูู ุง ูุฑุงุฑู ู ู ุงูุฃุณุฏ, ูุตูู ุงููููุณ ูุงูุฃุฌุณุงุฏ ูุงูู ูุงูุน ูุงูุฃุนุถุงุก ูุงูุฃู ูุงู ูุงูุฃุนุฑุงุถ ุนู ุงูุฃุณุจุงุจ ุงูู ูุณุฏุฉ ูุงุฌุจ ูู ุง ุนูู ุช
Takut kepada selain Allah Ta'ala bisa menjadi hal yang tidak diharamkan, seperti takut kepada singa, ular, kalajengking, dan kegelapan. Takut kepada selain Allah Ta'ala malah wajib sebagaimana kita diperintahkan untuk menjauh dari daerah wabah, dalam artian kita dilarang untuk memasukinya. Khawatir jika hal itu menimpa tubuh kita berupa penyakit dan rasa sakit. Di hadits disebutkan: โLarilah dari penyakit lepra seperti kamu lari dari singa.โ Maka, melindungi jiwa, badan, maslahat, anggota badan, dan menghindar dari sebab-sebab kerusakan adalah WAJIB sebagaimana yang telah Anda ketahui. (Imam al Qarafi, Al Furuq, 4/401).
โช๏ธSyaikh Hamzah Muhammad Qasim berkata:
ูุงูุนุจุฏ ู ุฃู ูุฑ ุจุงุชูุงุก ุฃุณุจุงุจ ุงูุดุฑ ุฅุฐุง ูุงู ูู ุนุงููุฉุ ููู ุง ุฃูู ูุคู ุฑ ุฃู ูุง ูููู ููุณู ูู ุงูู ุงุกุ ุฃู ูู ุงููุงุฑ ู ู ุง ุฌุฑุช ุงูุนุงุฏุฉ ุฃูู ูููู ุฃู ูุถุฑุ ููุฐูู ุงุฌุชูุงุจ ู ูุงุฑุจุฉ ุงูู ุฑูุถุ ูุงููุฏูู ุนูู ุจูุฏ ุงูุทุงุนูู ูุฅู ูุฐู ูููุง ุฃุณุจุงุจ ููู ุฑุถ ูุงูุชูู
Seorang hamba diperintahkan untuk menghindar dari sebab bahaya jika dia dalam keadaan sehat, maka sebagaimana dia diperintahkan untuk tidak memasuki air atau api yang dapat membawanya pada celaka dan binasa, begitupula dia mesti menghindari berdekatan dengan orang sakit, dan tidak mendatangi negeri tha'un, karena semua ini menjadi sebab penyakit dan kehancuran. (Manaar al Qari Syarh Mukhtashar Shahih al Bukhari, 5/222).
Maka, jika situasi pandemi merata, tidak terkendali, bukan hal yang salah secara syariat bagi seseorang untuk menyelamatkan nyawanya sebab itu kewajiban. Hal yang tidak seharusnya terjadi bisa saja dilakukan untuk menyelamatkan nyawa, seperti shalat direnggangkan, memakai masker, tidak shalat ke masjid, bahkan mengganti shalat Jum'at dengan zuhur di rumah. Sebagian hal ini makruh jika keadaan normal, bahkan terlarang, tapi keadaan membahayakan maka itu 'udzur.
โช๏ธImam al Mardawi Rahimahullah berkata:
ููููุนูุฐูุฑู ููู ุชูุฑููู ุงููุฌูู ูุนูุฉู ููุงููุฌูู ูุงุนูุฉู ุงููู ูุฑููุถู ุจูููุง ููุฒูุงุนูุ ููููุนูุฐูุฑู ุฃูููุถูุง ููู ุชูุฑูููููู ูุง ููุฎููููู ุญูุฏููุซู ุงููู ูุฑูุถู
Diberikan udzur untuk meninggalkan shalat Jum'at dan shalat Jamaah bagi orang yang sakit ini tidak ada perselisihan pendapat. Juga diberikan udzur meninggalkan shalat Jum'at dan jamaah, karena KHAWATIR TERTULAR PENYAKIT. (Al Inshaf, 2/300).
Demikian. Wallahu a'lam.
๐ท๐ท๐ท๐๐๐๐ท๐ท๐ท
๐TaNYa JaWaB๐
0๏ธโฃ1๏ธโฃ Farda ~ Malang
Assalamu'alaikum,
Ustadz, di musim pandemi seperti saat ini menjadikan kita hidup di masa yang penuh fitnah. Sebagai upaya antisipasi dari diri, ketika mendengar ada tetangga yang meninggal dunia, kita lebih memilih untuk tidak bertakziah (terlepas dari apakah almarhum/ah positif Covid-19 atau tidak).
Apakah sikap seperti ini bisa dikategorikan dalam upaya pencegahan ataukah seharusnya kita tetap bertakziah?
๐Jawab:
Wa'alaikumussalam wa Rahmatullah wa Barakatuh.
Jika dia benar-benar wafat karena Covid-19, tidak mungkin dia dipulangkan.
Biasanya langsung diurus di rumah sakit dan dikubur. Memang ada 1-2 keluarga yang memaksa untuk dipulangkan tapi umumnya tidak. Artinya, jika takziyah ke rumahnya dengan protokol kesehatan yang maksimal, karena mayitnya tidak di tempat, kita tidak lama-lama, maka itu lebih baik.
Atau kita bisa takziyah sehari setelahnya.
Wallahu Aโlam.
0๏ธโฃ2๏ธโฃ Kiki ~ Dumai
Dari penjelasan di atas, berarti apakah dibenarkan jika saat pandemi sekarang, sholat jamaahan di masjidnya dijarak 1 meter-meter ya, Ustadz?
๐Jawab:
Di atas sudah jelas, bahwa dalam kondisi pandemi BISA SAJA DILAKUKAN.
Karena meninggalkan yang sunnah, untuk menjaga yang wajib yaitu nyawa.
Selengkapnya ini:
๐ธMerenggangkan Shaf Dalam Shalat Jamaah Untuk Menghindar Penyakit Menular
Merapatkan shaf adalah sunnah, untuk menyempurnakan shalat, bukan syarat sahnya shalat.
โช๏ธImam An Nawawi Rahimahullah berkata:
ููููุฏู ุฃูุฌูู ูุนู ุงููุนูููู ูุงุก ุนูููู ุงูุณูุชูุญูุจูุงุจ ุชูุนูุฏููู ุงูุตูููููู ููุงูุชููุฑูุงุตู ูููููุง
Ulama telah ijmaโ (aklamasi) atas sunahnya meluruskan shaf dan merapatkan shaf. (Al Minhaj Syarh Shahih Muslim, 2/78).
โช๏ธImam Ibnu Baththal Rahimahullah berkata:
ูุฃู ุญุณู ุงูุดูุก ุฒูุงุฏุฉ ุนูู ุชู ุงู ู ูุฃูุฑุฏ ุนููู ุฑูุงูุฉ ู ู ุชู ุงู ุงูุตูุงุฉ
โKarena, sesungguhnya membaguskan sesuatu hanyalah tambahan atas kesempurnaannya, dan hal itu telah ditegaskan dalam riwayat tentang kesempurnaan shalat.โ (โUmdatul Qari, 8/462).
Merapatkan shaf dalam arti nempel adalah bentuk mubalaghah (penyangatan, melebihkan, hiperbol), bukan makna hakiki.
โช๏ธAl-Hafidz Ibnu Hajar Rahimahullah berkata:
ุงููู ูุฑูุงุฏู ุจูุฐููููู ุงููู ูุจูุงููุบูุฉู ููู ุชูุนูุฏูููู ุงูุตููููู ููุณูุฏูู ุฎููููููู
โYang dimaksud dengan hal itu adalah berlebihan atau penyangatan dalam meluruskan shaf dan menutup (mengisi) celah-celahnya (yang masih kosong).โ (Fathul Bari, 2/211).
โช๏ธSyaikh Muhammad Anwarsyah al Kasymiri Rahimahullah mengatakan:
ูุงู ุงูุญุงูุธ: ุงูู ุฑุงุฏ ุจุฐูู ุงูู ุจุงูุบุฉ ูู ุชุนุฏูู ุงูุตููู ูุณุฏูู ุฎููู. ููุชู: ููู ู ุฑุงุฏู ุนูุฏ ุงููููุงุก ุงูุฃุฑุจุนุฉ
Al Hafidz Ibnu Hajar berkata, โYang dimaksud dengan hal itu adalah berlebihan atau penyangatan dalam meluruskan shaf dan menutup (mengisi) celah-celahnya (yang masih kosong).โ Aku (Al-Kasymiri) berkata, โInilah makna yang dimaksud oleh imam yang empat.โ (Faidhul Bari โAla Shahih Al-Bukhari,2/302).
โช๏ธSyaikh Bakr bin Abdullah Abu Zaid Rahimahullah berkata:
ููุฐุง ููููู ุงูุตุญุงุจู - ุฑุถู ุงููู ุนูู - ูู ุงูุชุณููุฉ: ุงูุงุณุชูุงู ุฉ, ูุณุฏ ุงูุฎูู, ูุง ุงูุฅููุฒุงู ูุฅููุตุงู ุงูู ูุงูุจ ูุงููุนุงุจ
Makna ini (apa yang disampaikan Ibnu Hajar) merupakan pemahaman para sahabat radhiallahu โanhum dalam meluruskan shaf, yaitu : lurus dan menutup celah, bukan melekatkan dan menempelkan pundak dan mata kaki.โ (La Jadida fi Ahkamish Shalat, Hal. 12).
Kita tahu bahwa salah satu media penyebaran virus corona adalah percikan air pada batuk dan bersin manusia. Yang bisa menyebar kepada orang sekitarnya. Hal itu jika terjadi pada shalat berjamaah akan berpeluang besar menularkan yang lainnya.
Kaidah fiqih:
ุงูุถุฑุฑ ูุฒุงู
Bahaya itu mesti dihilangkan.
ุฏุฑุก ุงูู ูุงุณุฏ ู ูุฏู ุนูู ุฌูุจ ุงูู ุตุงูุญ
Menolak kerusakan lebih didahulukan dibanding mengambil maslahat.
โช๏ธImam Taqiyuddin al Hishni asy Syafiโi mengatakan:
ููุฃู ู ููุถูุน ุตูู ููู ุงููู ูุณูุฌูุฏ ุจูุตูููุงุฉ ุงูุงู ุงู ููููู ุฌูุงุฒู. ููุฐูุฑ ุงูุดููุฑูุทููููู ุงููููุฐูู ุฐูุฑูุงูู ุง ุจูููู ูููููู ุนูุงูู ุจูุตูููุงุฉ ุงูุงู ุงู ู ูุง ูู ูุชูููุฏููู ุนููููููู. ููุฅูุฐุง ุฌูู ุนูู ูุง ู ูุณูุฌูุฏ ุฃูู ุฌูุงู ุน ุตูุญูู ุงููุงููุชูุฏูุงุก ุณูููุงุก ุงููููุทูุนุช ุงูุตูููููู ุจููููู ูุง ุฃูู ุงุชููุตููุช. ููุณูููุงุก ุญูุงู ุจููููู ูุง ุญูุงุฆูู ุฃู ููุง. ููุณูููุงุก ุฌูู ุนูู ูุง ู ูููุงู ููุงุญูุฏ ุฃู ููุง. ุญูุชููู ููู ููุงูู ุงูุงู ุงู ููู ู ูููุงุฑูุฉ ููููู ุงูู ุฆุฐูุฉ ููุงููู ูุฃูู ููู ููู ุจูุฆูุฑ ุฃูู ุจูุงููุนูููุณู ุตูุญูู ููุฃูููููู ูููู ู ูููุงู ููุงุญูุฏ
Dimana pun posisi imam di masjid, maka shalatnya itu boleh. Dia menyebutkan ada dua syarat yang telah kami sebutkan, dengan perkataannya: Dia tahu posisi imam selama dia tidak di depan imam. Jika keduanya berkumpul di masjid atau jaami', maka sah dia mengikuti walau terputus shaf keduanya atau bersambung. Baik diantara mereka ada penghalang atau tidak, atau mereka disatukan di tempat yang sama atau tidak. Sampai-sampai jika Imam ada di menara โyaitu tempat adzan- sementara makmum ada sumur, atau kebalikannya. Semua ini sah karena semuanya masih di tempat yang sama. (Kifayatul Akhyar, Hal. 133).
Maka, bahwa shalat berjamaah dengan shaf renggang dengan kerenggangan yang cukup untuk menghindar tertularnya virus adalah sah, walau itu tidak sempurna.
Bahkan apa yang mereka lakukan masih lebih baik dibanding mengosongkan masjid dari shalat berjamaah.
Ini berlaku bagi daerah yang belum terlalu genting namun tetap waspada.
Demikian. Wallahu a'lam.
0๏ธโฃ3๏ธโฃ Rustia ~ Bekasi
Ustadz, bagaimana dengan anggapan masyarakat bahwa tidak perlu takut dengan Corona? Karena kita punya imunitas, maka ditingkatkan, kemudian tawakal, baru setelah itu ikhtiar. Jadi bukan sembunyi, tetapi berani namun tetap berhati-hati.
๐Jawab:
Wa'alaikumussalam wa Rahmatullah wa Barakatuh
๐ธRasa Takut Itu Ada Dua:
(1) Khauf al basyari (rasa takut manusiawi), seperti takut karena singa, ular, pembegal, takut miskin, godaan dunia dan lain-lain. Ini tidak dilarang.
(2) Khauf al imani (rasa takut karena pacaran iman, seperti takut siksa kubur, takut neraka, takut Allah ๏ทป tidak ridha dan lain lain).
Keduanya jangan dibenturkan. Yang membenturkan keduanya berarti tidak paham karakter agama ini yang seimbang antara ikhtiar maksimal dan tawakkal maksimal.
โช๏ธImam al Qarafi Rahimahullah mengatakan:
ูุฏ ูููู ุงูุฎูู ู ู ุบูุฑ ุงููู ุนุฒ ู ุฌู ููุณ ู ุญุฑู ุง ูุงูุฎูู ู ู ุงูุฃุณูุฏ ู ุงูุญูุงุช ูุงูุนูุงุฑุจ ู ุงูุธูู ุฉ, ู ูุฏ ูุฌุจ ุงูุฎูู ู ู ุบูุฑ ุงููู ุนุฒ ู ุฌู ูู ุง ุฃู ุฑูุง ุงููุฑุงุฑ ู ู ุฃุฑุถ ุงููุจุงุก ุจู ุนูู ุฃูุง ููููุง ุนู ุฏุฎูููุง, ู ุงูุฎูู ู ููุง ุนูู ุฃุฌุณุงู ูุง ู ู ุงูุฃู ุฑุงุถ ูุงูุฃุณูุงู ู ูู ุงูุญุฏูุซ : ูุฑ ู ู ุงูู ุฌุฐูู ูู ุง ูุฑุงุฑู ู ู ุงูุฃุณุฏ, ูุตูู ุงููููุณ ูุงูุฃุฌุณุงุฏ ูุงูู ูุงูุน ูุงูุฃุนุถุงุก ูุงูุฃู ูุงู ูุงูุฃุนุฑุงุถ ุนู ุงูุฃุณุจุงุจ ุงูู ูุณุฏุฉ ูุงุฌุจ ูู ุง ุนูู ุช
Takut kepada selain Allah Ta'ala bisa menjadi hal yang tidak diharamkan, seperti takut kepada singa, ular, kalajengking, dan kegelapan. Takut kepada selain Allah Ta'ala malah WAJIB sebagaimana kita diperintahkan untuk menjauh dari daerah wabah, dalam artian kita dilarang untuk memasukinya. Khawatir jika hal itu menimpa tubuh kita berupa penyakit dan rasa sakit. Di hadits disebutkan: โLarilah dari penyakit lepra seperti kamu lari dari singa.โ Maka, melindungi jiwa, badan, maslahat, anggota badan, dan menghindar dari sebab-sebab kerusakan adalah WAJIB sebagaimana yang telah Anda ketahui. (Imam al Qarafi, Al Furuq, 4/401).
MAKA, segala macam upaya protokol kesehatan, bukan bermakna dia tidak percaya takdir kematian dari Alloh ๏ทป, tapi justru ALLAH ๏ทป dan RASULNYA sendiri yang memerintahkannya.
โช๏ธAllah ๏ทป berfirman:
ููููุง ุชููููููุง ุจูุฃูููุฏููููู ู ุฅูููู ุงูุชููููููููุฉู
"Janganlah kamu menjerumuskan dirimu sendiri dalam jurang kebinasaan." (QS. Al Baqarah: 195).
โช๏ธRasulullah ๏ทบ bersabda:
ููุง ูููุฑูุฏูููู ู ูู ูุฑูุถู ุนูููู ู ูุตูุญูู
"Jangan campur antara Unta yang sakit dengan Unta yang sehat." (HR. Bukhari no. 5771).
โช๏ธSyaikh Hamzah Muhammad Qasim berkata:
ูุงูุนุจุฏ ู ุฃู ูุฑ ุจุงุชูุงุก ุฃุณุจุงุจ ุงูุดุฑ ุฅุฐุง ูุงู ูู ุนุงููุฉุ ููู ุง ุฃูู ูุคู ุฑ ุฃู ูุง ูููู ููุณู ูู ุงูู ุงุกุ ุฃู ูู ุงููุงุฑ ู ู ุง ุฌุฑุช ุงูุนุงุฏุฉ ุฃูู ูููู ุฃู ูุถุฑุ ููุฐูู ุงุฌุชูุงุจ ู ูุงุฑุจุฉ ุงูู ุฑูุถุ ูุงููุฏูู ุนูู ุจูุฏ ุงูุทุงุนูู ูุฅู ูุฐู ูููุง ุฃุณุจุงุจ ููู ุฑุถ ูุงูุชูู
Seorang hamba diperintahkan untuk menghindar dari sebab bahaya jika dia dalam keadaan sehat, maka sebagaimana dia diperintahkan untuk tidak memasuki air atau api yang dapat membawanya pada celaka dan binasa, begitupula dia mesti menghindari berdekatan dengan orang sakit, dan tidak mendatangi negeri tha'un, karena semua ini menjadi sebab penyakit dan kehancuran. (Manaar al Qari Syarh Mukhtashar Shahih al Bukhari, 5/222)
๐ธJangan Cela Ikhtiar Dan Tawakkal
Hari ini banyak orang saling ledek. Yang menjaga protokol kesehatan diledek "Seolah tidak percaya takdir." Yang tidak peduli protokol, diledek sebagai orang-orang nekad. Keduanya sama-sama keliru.
โช๏ธImam Sahl bin Abdillah at Tustari Rahimahullah mengatakan:
ู ููู ุทูุนููู ููู ุงููุญูุฑูููุฉู - ููุนูููู ููู ุงูุณููุนููู ููุงููููุณูุจู - ููููุฏู ุทูุนููู ููู ุงูุณูููููุฉูุ ููู ููู ุทูุนููู ููู ุงูุชูููููููููุ ููููุฏู ุทูุนููู ููู ุงููุฅููู ูุงููุ ููุงูุชููููููููู ุญูุงูู ุงููููุจูููู - ุตููููู ุงูููููู ุนููููููู ููุณููููู ู -ุ ููุงููููุณูุจู ุณููููุชูููุ ููู ููู ุนูู ููู ุนูููู ุญูุงููููุ ููููุง ููุชูุฑูููููู ุณููููุชููู.
Orang yang mencela sebab dan usaha maka dia telah mencela sunnah. Orang yang mencela tawakkal maka dia telah mencela keimanan.
Tawakkal itu adalah keadaannya Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam, dan berusaha itu adalah sunnahnya. Siapa yang beramal berdasar keadaan Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam, maka janganlah dia tinggalkan sunnahnya. (Imam Ibnu Rajab al Hambali, Jaami' al 'Ulum wal Hikam, 2/498).
Demikian.
Wallahu a'lam.
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar