Sabtu, 23 Juni 2018
JARING (JaM SHaRiNG)๐
OLeh : Ustadz Farid Nu'man
Moderator : Erna & HaN
Notulensi : Bund Atin & Han
๐TaNYa JaWaB๐
๐ทTanya Jawab Seputar Puasa
โโโ
0โฃ1โฃ Apakah Puasa Ramadhan Itu Wajib?
๐นJawab:
Ya, kewajibannya telah pasti dalam Al Qur'an, As Sunnah, dan Ijma'.
Dalam Al Qur'an:
ููุง ุฃููููููุง ุงูููุฐูููู ุขู ููููุง ููุชูุจู ุนูููููููู ู ุงูุตููููุงู ู ููู ูุง ููุชูุจู ุนูููู ุงูููุฐูููู ู ููู ููุจูููููู ู ููุนููููููู ู ุชูุชููููููู
Wahai orang-orang yang beriman! Diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang sebelum kamu agar kamu bertakwa. (QS. Al-Baqarah: 183)
Dalam As Sunnah:
ุจููููู ุงููุฅูุณูููุงู ู ุนูููู ุฎูู ูุณู ุดูููุงุฏูุฉู ุฃููู ููุง ุฅููููู ุฅููููุง ุงูููููู ููุฃูููู ู ูุญูู ููุฏูุง ุฑูุณูููู ุงูููููู ููุฅูููุงู ู ุงูุตููููุงุฉู ููุฅููุชูุงุกู ุงูุฒููููุงุฉู ููุงููุญูุฌูู ููุตูููู ู ุฑูู ูุถูุงูู
"Islam dibangun diatas lima (landasan); persaksian tidak ada ilah selain Allah dan sesungguhnya Muhammad utusan Allah, mendirikan shalat, menunaikan zakat, haji dan puasa Ramadlan".
(HR. Bukhari no. 8)
Ada pun ijma', Imam Ibnu Rusyd Al Hafid Rahimahullah berkata:
ูู ูููู ุฅูููุง ุฎูุงู ุนู ุฃุญุฏ ู ู ุงูุฃุฆู ุฉ ูู ุฐูู
Tidak ada nukilan yang sampai kepada kami dari seorang pun para imam tentang perbedaan pendapat dalam hal ini. (Bidayatul Mujtahid wa Kifayatul Muqtashid, Hal. 265)
0โฃ2โฃ Kapan Diwajibkan Puasa Ramadhan?
๐นJawab:
Berkata Syaikh Ibnu Al Utsaimin Rahimahullah:
ููุฏ ูุฑุถ ุงููู ุงูุตูุงู ูู ุงูุณูุฉ ุงูุซุงููุฉ ุฅุฌู ุงุนุงูุ ูุตุงู ุงููุจู ุตููู ุงููู ุนููู ูุณููู ุชุณุน ุฑู ุถุงูุงุช ุฅุฌู ุงุนุงู
Telah ijma' bahwa Allah mewajibkan puasa pada tahun kedua, dan ijma pula bahwa puasanya Nabi ๏ทบ adalah sembilan kali Ramadhan. (Syarhul Mumti , 6/298. Mawqi Ruh Al Islam)
0โฃ3โฃ Apakah Tidak Berpuasa Secara Sengaja Berdosa?
๐นJawab:
Ya, jika dia tidak berpuasa tanpa alasan yang dibenarkan.
Imam Adz Dzahabi Rahimahullah berkata:
ูุนูุฏ ุงูู ุคู ููู ู ูุฑุฑ ุฃู ู ู ุชุฑู ุตูู ุฑู ุถุงู ุจูุง ู ุฑุถ ููุง ุนุฑุถ ุฃูู ุดุฑ ุงูู ูุงุณ ูุงูุฒุงูู ูู ุฏู ู ุงูุฎู ุฑ ุจู ูุดููู ูู ุฅุณูุงู ู ููุธููู ุจู ุงูุฒูุฏูุฉ ูุงูุงูุญูุงู
Orang-orang beriman telah menetapkan bahwa orang yang meninggalkan puasa Ramadhan padahal tidak sakit dan tidak ada alasan, maka dia lebih buruk dari perampok, pezina, peminum khamr, bahkan diragukan keislamannya, dan mereka menyangka orang tersebut adalah zindik dan telah copot keislamannya.
(Dikutip oleh Imam Al Munawiy, Faidhul Qadir, 4/211)
0โฃ4โฃ Bagaimana jika ada orang yang mengingkari kewajiban puasa Ramadhan?
๐นJawab:
Mengingkari kewajiban puasa Ramadhan, sama juga mengingkari keberadaan salah satu rukun Islam. Maka, dia telah dianggap keluar dari Islam.
Syaikh Abdullah Al Qadiriy Al Ahdal berkata:
ุฃู ุง ุงูุญูู ุนูู ู ู ุฃููุฑ ุฑููุง ู ู ุฃุฑูุงู ุงูุฅูู ุงู ุฃูู ู ุฃุฑูุงู ุงูุฅุณูุงู ุ ูููุณ ุจุฎุงู ุนูู ุตุบุงุฑ ุทูุจุฉ ุงูุนูู ุฃูู ูููู ู ุฑุชุฏุงุ ุฅุฐุง ูุงู ู ู ุงูู ุณูู ููุุจู ุฅู ู ู ุฃููุฑ ุญูู ุง ู ู ุฃุญูุงู ุงูุฅุณูุงู ู ุนููู ุง ู ู ุงูุฏูู ุจุงูุถุฑูุฑุฉุ ูุชุญุฑูู ุงูุฑุจุงุ ุฃู ุงูุฎู ุฑุ ุฃู ุงูุฒููุ ูุฅูู ูููู ู ุฑุชุฏุงุ ูููู ุจู ู ุฃููุฑ ุฑููุง ู ู ุฃุฑูุงู ุงูุฅูู ุงูุ!
Hukum mengingkari salah satu rukun Iman atau rukun Islam maka tidak samar lagi bagi para penuntut ilmu bahwa itu adalah murtad jika dilakukan oleh kaum muslimin, bahkan jika mengingkari hukum-hukum Islam yang telah pasti haramnya seperti khamr, riba, zina, maka itu murtad, maka bagaimana dengan yang mengingkari rukun Iman?
(https://www.saaid.net/Doat/ahdal/00026.htm)
0โฃ5โฃ Buat siapakah diwajibkannya puasa Ramadhan?
๐นJawab:
Shaum Ramadhan diwajibkan kepada: semua muslim dan muslimah, yang baligh, berakal, sehat, dan mukim (tidak safar), yang tidak haid dan nifas.
Tidak wajib bagi anak-anak, orang gila, pikun, pingsan, sakit berat, dan safar. Ada pun ibu hamil dan menyusui boleh baginya berpuasa jika dia kuat, dan boleh juga meninggalkannya jika khawatir atas dirinya dan bayinya.
0โฃ6โฃ Usia berapakah seorang anak diajak berpuasa?
๐นJawab:
Tidak ada keterangan baku baik dalam Al Qur'an dan As Sunnah tentang itu. Jika mau, bisa dianalogikan dengan shalat yaitu di usia tujuh tahun.
Boleh saja lebih muda dari itu jika memang dia mampu, atau ajak dia berpuasa secara bertahap; setengah hari dulu, atau cara lain yang membuatnya terlatih dan tetap happy.
0โฃ7โฃ Kalau anak kecil berpuasa apakah berpahala?
๐นJawab:
Amal Shalih anak kecil tetap berpahala. Imam Ibnu Taimiyah Rahimahullah mengatakan dalam Al Fatawa Al Kubra:
ููุงู ุฌู ููุฑ ุงูุนูู ุงุก: ูุซูุงุจ ุนุจุงุฏุฉ ุงูุตุจู ูู
Berkata jumhur ulama: pahala ibadah anak-anak adalah untuknya. (Al Fatawa Al Kubra, 5/318)
Al 'Allamah Muhamnad Al Hathab Rahimahullah berkata, sebagaimana dikutip Imam An Nafrawiy Rahimahullah:
ุงูุตุญูุญ ุฃู ุฃุฌุฑ ุฃุนู ุงู ุงูุตุจู ูู ููุง ุชูุชุจ ุนููู ุงูุณูุฆุงุช
Yang benar, amal-amal baik anak-anak diberikan pahala, ada pun kejelekannya tidaklah dicatat sebagai dosa. (Al Fawakih Ad Dawaniy, 1/180)
0โฃ8โฃ Apakah Orangtua Juga Mendapat Pahala Jika anaknya berpuasa?
๐นJawab:
Ya, jika orang tua mendidiknya seperti itu.
Syaikh Muhammad 'Ulaisy Al Malikiy Rahimahullah berkata:
ุงูู ุนุชู ุฏ ุฃู ุซูุงุจ ุนู ู ุงูุตุจู ูู ุฎุงุตุฉุ ูููุงูุฏูู ุซูุงุจ ุงูุชุณุจุจ ููู
Pendapat resmi, bahwa pahala amal anak-anak adalah untuknya scr khusus, ada pun kedua org tuanya dapat pahala karena sebagai sebabnya. (Fathul 'Aliy, 1/213)
0โฃ9โฃ Bolehkah Puasa Tidak Berniat?
๐นJawab:
Tidak boleh, dan tidak sah. Sebab niat adalah rukun puasa, sebagian mengatakan syarat sahnya puasa.
Syaikh Sayyid Sabiq Rahimahullah berkata:
ุงูุงู ุณุงู ุนู ุงูู ูุทุฑุงุชุ ู ู ุทููุน ุงููุฌุฑ ุฅูู ุบุฑูุจ ุงูุดู ุณุ ู ุน ุงูููุฉ
Menahan diri dari yang membatalkan dari terbitnya fajar sampai terbenam matahari yang dibarengi dengan niat.
(Fiqhus Sunnah, 1/431)
1โฃ0โฃ Apakah Niat Itu dilafazkan?
๐นJawab:
Semua ulama sepakat bahwa tempatnya niat adalah dihati. Tapi mereka berbeda pendapat bolehkah melisankan niat dengan tujuan memperkokoh apa yang ada di hati? Mayoritas ulama mengatakan sunah, sebagian lain mengatakan tidak boleh.
Imam Muhammad bin Hasan Al Hanafi mengatakan:
ุงูููููููุฉู ุจูุงููููููุจู ููุฑูุถู ุ ููุฐูููุฑูููุง ุจูุงููููุณูุงูู ุณููููุฉู ุ ููุงููุฌูู ูุนู ุจูููููููู ูุง ุฃูููุถูู
โNiat di hati adalah wajib, menyebutnya di lisan adalah sunah, dan menggabungkan keduanya adalah lebih utama.โ (Al Mausuโah Al Fiqhiyah Al Kuwaitiyah, 42/100)
Imam Ibnu Hajar Al Haitami Al Makki Asy Syafiโi Rahimahullah mengatakan:
( ููููููุฏูุจู ุงููููุทููู ) ุจูุงููู ูููููููู ( ููุจููููู ุงูุชููููุจููุฑู ) ููููุณูุงุนูุฏู ุงููููุณูุงูู ุงููููููุจู ููุฎูุฑููุฌูุง ู ููู ุฎูููุงูู ู ููู ุฃูููุฌูุจููู ููุฅููู ุดูุฐูู ููููููุงุณูุง ุนูููู ู ูุง ููุฃูุชูู ููู ุงููุญูุฌูู
โ(Disunahkan mengucapkan) dengan apa yang diniatkan (sesaat sebelum takbir) agar lisan membantu hati dan keluar dari khilaf (perbedaan pendapat) dengan kalangan yang mewajibkan, walaupun yang mewajibkan ini adalah pendapat yang syadz (janggal), sunnahnya ini diqiyaskan dengan apa yang ada pada haji (yakni pengucapan kalimat talbiyah, pen).โ (Tuhfah Al Muhtaj, 5/285)
Imam Syihabuddin Ar Ramli Asy Syafiโi Rahimahullah mengatakan:
ูููุฏุจ ุงููุทู ุจุงูู ููู ูุจูู ุงูุชูุจูุฑ ููุณุงุนุฏ ุงููุณุงู ุงูููุจ ููุฃูู ุฃุจุนุฏ ุนู ุงููุณูุงุณ ูููุฎุฑูุฌ ู ู ุฎูุงู ู ู ุฃูุฌุจู
โDianjurkan mengucapkan apa yang diniatkan sesaat sebelum takbir untuk membantu hati, karena hal itu dapat menjauhkan was-was dan untuk keluar dari perselisihan pendapat dengan pihak yang mewajibkannya.โ (Nihayatul Muhtaj, 1/457. Darul Fikr)
Imam Al Bahuti Al Hambali Rahimahullah mengatakan:
ููู ูุญููููููุง ุงููููููุจู ููุฌููุจูุง ููุงููููุณูุงูู ุงุณูุชูุญูุจูุงุจูุง
โTempatnya niat adalah di hati sebagai hal yang wajib, dan disukai (sunah) diucapkan lisan ..โ (Kasysyaf Al Qinaโ, 2/442. Mawqiโ Islam)
Sementara ulama lain, seperti Syaikh Sayyid Sabiq Rahimahullah berkata:
ููู ุนู ู ููุจู ู ุญุถ ูุง ุฏุฎู ููุณุงู ูููุูุงูุชููุธ ุจูุง ุบูุฑ ู ุดุฑูุน
โNiat adalah murni perbuatan hati, bukan termasuk amalan lisan, dan melafazkan niat merupakan amalan yang tidak disyariatkan.โ (Fiqhus Sunnah, 1/43. Darul Kitab Al โArabi)
Syaikh Abdul Aziz bin Abdullah bin Baaz Rahimahullah berkata:
ุงูุชููุธ ุจุงูููุฉ ุจุฏุนุฉ ุ ูุงูุฌูุฑ ุจุฐูู ุฃุดุฏ ูู ุงูุฅุซู ุ ูุฅูู ุง ุงูุณูุฉ ุงูููุฉ ุจุงูููุจ ุ ูุฃู ุงููู ุณุจุญุงูู ูุนูู ุงูุณุฑ ูุฃุฎูู ุ ููู ุงููุงุฆู ุนุฒ ูุฌู { ูููู ุฃูุชูุนููููู ูููู ุงูููููู ุจูุฏููููููู ู ููุงูููููู ููุนูููู ู ู ูุง ููู ุงูุณููู ูุงููุงุชู ููู ูุง ููู ุงููุฃูุฑูุถู } . ููู ูุซุจุช ุนู ุงููุจู ุตูู ุงููู ุนููู ูุณูู ููุง ุนู ุฃุญุฏ ู ู ุฃุตุญุงุจู ุ ููุง ุนู ุงูุฃุฆู ุฉ ุงูู ุชุจูุนูู ุงูุชููุธ ุจุงูููุฉ ุ ูุนููู ุจุฐูู ุฃูู ุบูุฑ ู ุดุฑูุน ุ ุจู ู ู ุงูุจูุฏูุน ุงูู ุญุฏุซุฉ . ูุงููู ููู ุงูุชูููู .
โMelafazkan niat adalah bidโah, dan mengeraskannyalebih berat lagi dosanya. Sunahnya adalah niat itu di hati, karena Allah Taโala Mengetahui rahasia dan yang tersembunyi. Allah โAzza wa Jalla berfirman: โKatakanlah apakah kalian hendak mengajarkan Allah tentang agama kalian? Dan Allah Maha mengetahui apa-apa yang di langit dan apa-apa yang di bumi.โ
"Dan, tidak ada yang shahih dari Nabi ๏ทบ, tidak pula dari seorang pun sahabatnya, dan tidak pula dari para imam panutan tentang pelafazan niat. Maka, telah diketahui bahwa hal itu tidaklah disyariatkan, bahkan termasuk bidโah yang diada-adakan. Wallahu Waliyut Taufiq.โ (Fatawa Islamiyah, 1/478. )
Demikianlah perbedaan pendapat dalam hal ini. Hendaknya kita lapang dada, silahkan ambil sikap tapi jangan ingkari yang berbeda.
1โฃ1โฃ Bolehkah Niat Puasa Ramadhan Setelah Subuh?
๐นJawab:
Para ulama berbeda pendapat.
Imam Malik: Niat itu mesti SEBELUM subuh, baik puasa wajib atau puasa Sunnah.
Imam Asy Syafi'iy: Niat itu SEBELUM subuh jika puasa wajib, dan tetap sah jika setelah subuh bagi puasa Sunnah.
Imam Abu Hanifah: Setelah Subuh tetap sah baik puasa wajib atau Sunnah.
(Imam Ibnu Rusyd, Bidayatul Mujtahid, Hal. 266)
Dalam Al Mausu'ah Al Fiqhiyah Al Kuwaitiyah:
ููููุฑูููู ุงูุดููุงููุนููููุฉู ููุงููุญูููุงุจูููุฉู ุจููููู ุงููููุฑูุถู ููุงูููููููุ ููุงุดูุชูุฑูุทููุง ููููููุฑูุถู ุงูุชููุจููููุชู ูููููููููู ุตููููู ุงูููููู ุนููููููู ููุณููููู ู: ู ููู ููู ู ููุฌูู ููุนู ุงูุตููููุงู ู ููุจูู ุงููููุฌูุฑู ูููุงู ุตูููุงู ู ูููู ููุฃูู ููุง ุงููููููู ููุงุชูููููููุง ุนูููู ุตูุญููุฉู ุตูููู ููู ุจููููููุฉู ููุจูู ุงูุฒููููุงูุ ููุญูุฏููุซู ุนูุงุฆูุดูุฉู ุฃูููููู ุตููููู ุงูููููู ุนููููููู ููุณููููู ู ููุงู ููุนูุงุฆูุดูุฉู ููููู ูุง: ููู ุนูููุฏูููู ู ุดูููุกูุ ููุงููุชู: ูุงู. ููุงู: ููุฅููููู ุฅูุฐููู ุฃูุตููู ู
Syafi'iyyah dan Hambaliyah membedakan antara wajib dan sunah, mereka mensyaratkan untuk shaum wajib adalah masih kisaran malam hari. Hal ini berdasarkan hadits: Barangsiapa yang belum meniatkan puasa di malam hari maka tidak ada puasa baginya.
Untuk shaum Sunnah mereka sepakat boleh sampai sebelum zawwal (zhuhur). Berdasarkan hadits Aisyah, bahwa Nabi ๏ทบ bertanya kepada Aisyah dipagi hari: "Apakah kamu ada makanan?" Aisyah menjawab: "Tidak." Nabi ๏ทบ menjawab: "Kalau gitu saya Berpuasa." (Al Mausu'ah, 10/15)
1โฃ2โฃ Apakah Niat Itu Tiap Malam ?
๐นJawab:
Ya, itu lebih aman dan hati-hati. Bahwa niat dilakukan tiap malam. Sebagian imam fiqih membolehkan niat sejak awal Ramadhan sudah cukup untuk satu bulan. Tapi, ambil yang lebih hati-hati yaitu sebaiknya tiap malam sudah berniat untuk shaum keesokan harinya, paling lambat sebelum fajar (subuh).
1โฃ3โฃ Lagi Sahur tahu-tahunya masuk azan subuh, gimana?
๐นJawab:
Syaikh Sayyid Sabiq Rahimahullah menjelaskan:
ููุจุงุญ ููุตุงุฆู ุ ุฃู ูุฃููุ ููุดุฑุจุ ููุฌุงู ุนุ ุญุชู ูุทูุน ุงููุฌุฑุ ูุฅุฐุง ุทูุน ุงููุฌุฑุ ููู ูู ู ุทุนุงู ุ ูุฌุจ ุนููู ุฃู ูููุธูุ ุฃู ูุงู ู ุฌุงู ุนุง ูุฌุจ ุนููู ุฃู ููุฒุน.
ูุฅู ููุธ ุฃู ูุฒุนุ ุตุญ ุตูู ูุ ูุฅู ุงุจุชูุน ู ุง ูู ูู ู ู ู ุทุนุงู ุ ู ุฎุชุงุฑุงุ ุฃู ุงุณุชุฏุงู ุงูุฌู ุงุนุ ุฃูุทุฑ.
Dibolehkan bagi orang yang berpuasa untuk makan, minum, dan jima', sampai terbitnya fajar.
Jika fajar sudah terbit dan dimulutnya ada makanan, maka wajib baginya membuangnya, atau dia sedang jima' wajib baginya mencabutnya. Maka, jika sudah dibuang atau dicabut maka sah puasanya. Tapi, jika makanan tersebut ditelan juga atau jima'nya diteruskan maka puasanya batal.
(Fiqhus Sunnah, 1/464)
Dalilnya adalah:
ุนููู ุนูุงุฆูุดูุฉู ุฑูุถููู ุงูููููู ุนูููููุง
ุฃูููู ุจูููุงููุง ููุงูู ููุคูุฐูููู ุจููููููู ููููุงูู ุฑูุณูููู ุงูููููู ุตููููู ุงูููููู ุนููููููู ููุณููููู ู ูููููุง ููุงุดูุฑูุจููุง ุญูุชููู ููุคูุฐูููู ุงุจููู ุฃูู ูู ู ูููุชููู ู ููุฅูููููู ููุง ููุคูุฐูููู ุญูุชููู ููุทูููุนู ุงููููุฌูุฑู
Dari 'Aisyah radhiallahu 'anha bahwa Bilal biasa melakukan adzan (pertama) di malam hari, maka Rasulullah ๏ทบ berkata: "Makan dan minumlah kalian hingga Ibnu Ummu Maktum melakukan adzan, karena dia tidak melakukan adzan kecuali sudah terbit fajar".
(HR. Bukhari no. 1918)
1โฃ4โฃ Bangun subuh kesiangan, dalam keadaan junub pula, bagaimana puasanya?
๐นJawab:
Silahkan lanjutkan puasanya, tidak masalah. Jangan lupa mandi janabah dulu, lalu shalat subuh dan lanjutkan puasanya.
โAisyah dan Ummu Salamah Radhiallahu โAnhuma menceritakan:
ุฃูููู ุฑูุณูููู ุงูููููู ุตููููู ุงูููููู ุนููููููู ููุณููููู ู ููุงูู ููุฏูุฑููููู ุงููููุฌูุฑู ูููููู ุฌูููุจู ู ููู ุฃููููููู ุซูู ูู ููุบูุชูุณููู ููููุตููู ู
โAdalah Rasulullah ๏ทบ memasuki fajar dalam keadaan junub karena berhubungan dengan isterinya, lalu dia mandi dan berpuasa.โ
(HR. Bukhari No. 1925, Muslim No. 1109)
Imam Ibnu Hajar Rahimahullah mengatakan:
ููุงูู ุงููููุฑูุทูุจููู : ููู ููุฐูุง ููุงุฆูุฏูุชูุงูู ุ ุฅูุญูุฏูุงููู ูุง ุฃูููููู ููุงูู ููุฌูุงู ูุน ููู ุฑูู ูุถูุงู ููููุคูุฎููุฑ ุงููุบูุณูู ุฅูููู ุจูุนูุฏ ุทููููุน ุงููููุฌูุฑ ุจูููุงููุง ููููุฌูููุงุฒู . ุงูุซููุงููู ุฃูููู ุฐููููู ููุงูู ู ููู ุฌูู ูุงุน ููุง ู ููู ุงูุญูุชูููุงู ููุฃูููููู ููุงูู ููุง ููุญูุชูููู ุฅูุฐู ุงููุงุญูุชูููุงู ู ููู ุงูุดููููุทูุงู ูููููู ู ูุนูุตููู ู ููููู .
โBerkata Al Qurthubi: โHadits ini ada dua faidah. Pertama, bahwa beliau berjimaโ pada Ramadhan (malamnya) dan mengakhirkan mandi hingga setelah terbitnya fajar, merupakan penjelasan bolehnya hal itu. Kedua, hal itu (junub) dikarenakan jimaโ bukan karena mimpi basah, karena beliau tidaklah mimpi basah, mengingat bahwa mimpi basah adalah dari syetan, dan beliau maโshum dari hal itu.โ (Fathul Bari, 4/144)
1โฃ5โฃ Takut tidak bisa bangun sahur akhirnya makan sahurnya jam 22-23, apakah ini boleh?
๐นJawab:
Tentu makan jam 22-23 tidak ada larangannya. Tapi, apakah itu makan sahur? Tentu bukan. Sebab makan sahur itu adalah makan di waktu sahur.
Sahur adalah nama penggalan waktu, yaitu disepertiga malam terakhir.
Pertanyaan ini, mirip pertanyaan apakah makan jam 7 pagi disebut makan siang? Tentu bukan, itu sarapan namanya.
Namun, bagi yang melakukannya puasanya tetap sah walau dia tidak dihitung bersahur. Bersahur sendiri sunah, tidak berdosa meninggalkannya, asalkan jangan dijadikan kebiasaan, sebab khawatir menyerupai puasanya non muslim.
Syaikh Sayyid Sabiq Rahimahullah mengatakan:
ููุฏ ุฃุฌู ุนุช ุงูุงู ุฉ ุนูู ุงุณุชุญุจุงุจูุ ูุฃูู ูุง ุฅุซู ุนูู ู ู ุชุฑูู
Umat telah ijmaโ atas kesunahannya, dan tidak berdosa meninggalkannya.
(Fiqhus Sunnah, 1/455)
Dari Amru bin Al โAsh Radhiallahu โAnhu, bahwa Rasulullah ๏ทบ bersabda:
ููุตููู ู ูุง ุจููููู ุตูููุงู ูููุง ููุตูููุงู ู ุฃููููู ุงููููุชูุงุจู ุฃูููููุฉู ุงูุณููุญููุฑ
โPerbedaan antara puasa kita dan puasa Ahli Kitab adalah pada makan sahur.โ (HR. Muslim No. 1096)
1โฃ6โฃ Mencicipi makanan saat puasa bolehkah?
๐นJawab:
Mencicipi saja dilidah, lalu dibuang, sekedar untuk mengetahui rasa atau suatu hajat, bukan untuk menikmatinya adalah tidak apa-apa.
Syaikh Sayyid Sabiq Rahimahullah:
ููุงู ุงุจู ุนุจุงุณ: ูุง ุจุฃุณ ุฃู ูุฐูู ุงูุทุนุงู ุงูุฎูุ ูุงูุดุฆ ูุฑูุฏ ุดุฑุงุกู. ููุงู ุงูุญุณู ูู ุถุบ ุงูุฌูุฒ ูุงุจู ุงุจูู ููู ุตุงุฆู ุ ูุฑุฎุต ููู ุฅุจุฑุงููู .
โBerkata Ibnu Abbas: โTidak mengapa mencicipi asamnya makanan, atau sesuatu yang hendak dibelinya.โ Al Hasan pernah mengunyah-ngunyah kelapa untuk cucunya, padahal dia sedang puasa, dan Ibrahim memberikan keringanan dalam hal ini.โ
(Syaikh Sayyid Sabiq, Fiqhus Sunnah, 1/462)
Syaikh Abdullah Al Faqih mengatakan:
ููุง ุฎูุงู ุจูู ุงููููุงุก ูู ุฃู ุฐูู ุงูุตุงุฆู ููุทุนุงู ูุง ูุจุทู ุตูู ู ู ุง ูู ูุตู ุดูุก ู ู ุฐูู ุฅูู ุฌููู. ููู ุฌุงุฆุฒ ู ู ุบูุฑ ูุฑุงูุฉ ุฅุฐุง ุฏุนุช ุฅููู ุงูุญุงุฌุฉ
Tidak ada perbedaan pendapat diantara fuqaha, tentang mencicipi makanan bagi seorang yang berpuasa bahwa itu tidak membatalkan puasanya selama tidak sampai ke rongga perutnya. Hal itu dibolehkan dan tidak makruh jika memang disebabkan adanya keperluan untuk itu.
(Fatawa Asy Syabakah Al Islamiyyah no. 6363)
1โฃ7โฃ Mencium aroma yang sedap bolehkah?
๐นJawab:
Tidak apa-apa, itu bukan materi. Ini sama seperti aroma masakan saat seorang wanita masak dan dia sedang puasa.
Syaikh Sulaiman bin Manshur Al Jamal Rahimahullah berkata:
ููุฃูููููู ููููุณู ุนูููููุง ููููุคูุฎูุฐู ู ููู ููุฐูุง ุฃูููู ููุตูููู ุงูุฏููุฎูุงูู ุงูููุฐูู ููููู ุฑูุงุฆูุญูุฉู ุงููุจูุฎููุฑู ุฃููู ุบูููุฑููู ุฅููู ุฌููููููู ููุง ููุถูุฑูู ููุฅููู ุชูุนูู ููุฏู ุฐููููู
.. karena itu bukan materi. Dari sinilah bahwasanya sampainya asap wewangian bukhur (dupa) atau lainnya sampai ke rongga perut tidaklah masalah, walau dia sengaja melakukannya.
(Hasyiyah Al Jamal, 2/318)
Imam Ibnu Taimiyah Rahimahullah berkata:
ููุดูู ูู ุงูุฑููููุงุฆูุญู ุงูุทูููููุจูุฉู ููุง ุจูุฃูุณู ุจููู ูููุตููุงุฆูู ู
โMencium harum-haruman adalah tidak mengapa bagi orang berpuasa.โ
(Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah, Fatawa Al Kubra, 5/376)
1โฃ8โฃ Bolehkah menikah saat Ramadhan?
๐นJawab:
Tidak ada larangan nikah di bulan Ramadhan, atau di bulan apa pun.
Hanya saja .., nikah di bulan Ramadhan bagaimana dengan pesta walimahnya? Sebab ketika siang tamu umumnya berpuasa, kalau malam mereka juga terawih. Kecuali jika ingin akadnya saja di malam hari.
Lalu kuatkah menahan diri? Biasanya penganten baru itu maunya berduaan terus, khawatir tidak kuasa nahan diri, akhirnya mereka merusak puasanya disiang hari.
Syaikh Muhammad Shalih Al Munajjid Hafizhahullah mengatakan:
ููุณ ูู ุงูุดุฑูุนุฉ ุฃู ููู ุนู ุงูุฒูุงุฌ ูู ุฑู ุถุงู ูุฐุงุช ุฑู ุถุงู ุ ููุง ูู ุบูุฑู ู ู ุงูุฃุดูุฑ ุ ุจู ุงูุฒูุงุฌ ุฌุงุฆุฒ ูู ุฃู ููู ู ู ุฃูุงู ุงูุณูุฉ .
Dalam syariat tidak ada larangan menikah di bulan Ramadhan semata-mata Ramadhannya. Begitu pula tidak ada larangan dibulan lainnya. Tetapi, nikah boleh dilakukan waktu kapan pun dihari-hari sepanjang tahun.
ููู ุงูุตุงุฆู ูู ุฑู ุถุงู ูู ุชูุน ุนู ุงูุทุนุงู ูุงูุดุฑุงุจ ูุงูุฌู ุงุน ู ู ุงููุฌุฑ ุฅูู ุบุฑูุจ ุงูุดู ุณ ุ ูุฅู ูุงู ูู ูู ููุณู , ููุง ูุฎุดู ุฃู ููุนู ู ุง ููุณุฏ ุตูุงู ู , ููุง ุญุฑุฌ ุนููู ู ู ุงูุฒูุงุฌ ูู ุฑู ุถุงู .
Tetapi orang yang sedang berpuasa terlarang untuk makan, minum, dan jima' sejak terbitnya fajar sampai terbenam matahari. Jika dia mampu menguasai diri, dan tidak khawatir akan melakukan hal yang bisa merusak puasa, maka tidak apa-apa baginya nikah di bulan Ramadhan.
ูุงูุธุงูุฑ ุฃู ุงูุฐู ูุฑูุฏ ุฃู ูุจุฏุฃ ุญูุงุชู ุงูุฒูุฌูุฉ ูู ุฑู ุถุงู ุ - ุบุงูุจุงู - ูุง ูุณุชุทูุน ุงูุตุจุฑ ุนู ุฒูุฌุชู ุงูุฌุฏูุฏุฉ ุทูุงู ุงูููุงุฑ ุ ูููุฎุดู ุนููู ู ู ุงููููุน ูู ุงูู ุญุธูุฑ ุ ูุงูุชูุงู ุญุฑู ุฉ ูุฐุง ุงูุดูุฑ ุงููุถูู ุ ูููุน ูู ุงูุฅุซู ุงููุจูุฑ ุ ู ุน ูุฌูุจ ุงููุถุงุก ูุงูููุงุฑุฉ ุงูู ุบูุธุฉ ุ ููู ุนุชู ุฑูุจุฉ ุ ูุฅู ูู ูุฌุฏ ูุตูุงู ุดูุฑูู ู ุชุชุงุจุนูู ุ ูุฅู ูู ูุณุชุทุน ูุฅุทุนุงู ุณุชูู ู ุณููููุง ุ ูุฅุฐุง ุชูุฑุฑ ุงูุฌู ุงุน ูู ุนุฏุฉ ุฃูุงู ุชูุฑุฑุช ู ุนู ุงูููุงุฑุฉ ุจุนุฏุฏ ุงูุฃูุงู .
Kenyataannya, orang yang akan menilai kehidupan suami istri dibulan Ramadhan -biasanya- tidak mampu bersabar atas istrinya disepanjang siang. Khawatirnya dia melakukan hal terlarang di siang hari. Dengan itu dia merusak kehormatan bukan Ramadhan, dosa besar, dan wajib baginya qadha, juga kafarat, yaitu dengan membebaskan budak, kalau tidak mampu maka puasa dua bulan berturut-turut, kalau tidak mampu maka memberi makan 60 orang miskin. Jika ini terjadi berulang-ulang, maka sebanyak itu pula kafarat yang dia lakukan.
(Al Islam Su'aal wa Jawaab no. 65736)
1โฃ9โฃ Bolehkah Mencium istri saat puasa?
๐นJawab:
Boleh, selama bisa menahan diri. Jika tidak bisa menahan diri maka makruh.
Diriwayatkan dari Umar Radhilallahu โAnhu:
ุนูู ุนูู ูุฑู ุจููู ุงููุฎูุทููุงุจู ุฑูุถููู ุงูููููู ุนููููู ููุงูู ููุดูุดูุชู ููููู ูุง ููููุจููููุชู ููุฃูููุง ุตูุงุฆูู ู ููุฃูุชูููุชู ุงููููุจูููู ุตููููู ุงูููููู ุนููููููู ููุณููููู ู ููููููุชู ุตูููุนูุชู ุงููููููู ู ุฃูู ูุฑูุง ุนูุธููู ูุง ููููุจููููุชู ููุฃูููุง ุตูุงุฆูู ู ููููุงูู ุฑูุณูููู ุงูููููู ุตููููู ุงูููููู ุนููููููู ููุณููููู ู ุฃูุฑูุฃูููุชู ูููู ุชูู ูุถูู ูุถูุชู ุจูู ูุงุกู ููุฃูููุชู ุตูุงุฆูู ู ููููุชู ููุง ุจูุฃูุณู ุจูุฐููููู ููููุงูู ุฑูุณูููู ุงูููููู ุตููููู ุงูููููู ุนููููููู ููุณููููู ู ูููููู ู
Suatu hari bangkitlah syahwat saya, lalu saya mencium isteri, saat itu saya sedang puasa. Maka saya datang kepada Rasulullah ๏ทบ, saya berkata: Hari ini, Aku telah melakukan hal yang besar, aku mencium isteri padahal sedang puasa. Rasulullah ๏ทบ bersabda: Apa pendapatmu jika kamu bekumur-kumur dengan air dan kamu sedang berpuasa?, Saya (Umar) menjawab: Tidak mengapa. Maka Rasulullah ๏ทบ a bersabda: Lalu, kenapa masih ditanya?
(HR. Ahmad No. 138. Syaikh Syuaib Al Arnauth mengatakan: shahih, sesuai syarat Muslim. Lihat Taliq Musnad Ahmad No. 138)
Dalam hadits lain, dari โAisyah Radhiallahu โAnha:
ูุงู ูุจุงุดุฑ ู ูู ุตุงุฆู ุ ุซู ูุฌุนู ุจููู ู ุจูููุง ุซูุจุง . ูุนูู ุงููุฑุฌ
"Rasulullah bermubasyarah padahal sedang puasa, lalu dia membuat tabir dengan kain antara dirinya dengan kemaluan (โAisyah).โ
(HR. Ahmad No. 24314, Syaikh Syuโaib Al Arnauth mengatakan: shahih. Lihat Taโliq Musnad Ahmad No. 24314)
Syaikh Sayyid Sabiq Rahimahullah berikut:
ูุงู ุงุจู ุงูู ูุฐุฑ ุฑุฎุต ูู ุงููุจูุฉ ุนู ุฑ ูุงุจู ุนุจุงุณ ูุฃุจู ูุฑูุฑุฉ ูุนุงุฆุดุฉุ ูุนุทุงุกุ ูุงูุดุนุจูุ ูุงูุญุณูุ ูุฃุญู ุฏุ ูุฅุณุญุงู. ูู ุฐูุจ ุงูุงุญูุงู ูุงูุดุงูุนูุฉ: ุฃููุง ุชูุฑู ุนูู ู ู ุญุฑูุช ุดููุชูุ ููุง ุชูุฑู ูุบูุฑูุ ููู ุงูุงููู ุชุฑููุง. ููุง ูุฑู ุจูู ุงูุดูุฎ ูุงูุดุงุจ ูู ุฐููุ ูุงูุงุนุชุจุงุฑ ุจุชุญุฑูู ุงูุดููุฉุ ูุฎูู ุงูุงูุฒุงูุ ูุฅู ุญุฑูุช ุดููุฉ ุดุงุจุ ุฃู ุดูุฎ ูููุ ูุฑูุช. ูุฅู ูู ุชุญุฑููุง ูุดูุฎ ุฃู ุดุงุจ ุถุนููุ ูู ุชูุฑูุ ูุงูุงููู ุชุฑููุง. ูุณูุงุก ูุจู ุงูุฎุฏ ุฃู ุงููู ุฃู ุบูุฑูู ุง. ูููุฐุง ุงูู ุจุงุดุฑุฉ ุจุงููุฏ ูุงูู ุนุงููุฉ ููู ุง ุญูู ุงููุจูุฉ.
Berkata Ibnul Mundzir: Umar, Ibnu Abbas, Abu Hurairah, Aisyah, Athaโ, Asy Syaโbi, Ahmad dan Ishaq, mereka memberikan rukhshah (keringanan) dalam hal mencium (isteri).
Madzhab Hanafi dn Asy Syafโi: Mencium itu makruh jika melahirkan syahwat, dan tidak makruh jika tidak bersyahwat, tetapi lebih utama meninggalkannya.
Dalam hal ini, tak ada perbedaan antara anak muda dan orang tua, yang menjadi pelajaran adalah munculnya syahwat (rangsangan) itu, dan kekhawatiran terjadinya inzal (keluarnya mani). Maka, munculnya syahwat, baik anak muda dan orang tua yang masih punya kekuatan, adalah makruh.. Namun, jika tidak menimbulkan syahwat, baik untuk orang tua atau anak muda yang lemah, maka tidak makruh, dan lebih utama adalah meninggalkannya. Sama saja, baik mencium pipi, atau mulut, atau lainnya. Begitu pula mubasyarah (hubungan-cumbu) dengan tangan atau berpelukan, hukumnya sama dengan mencium.
(Syaikh Sayyid Sabiq, Fiqhus Sunnah , 1/461)
2โฃ0โฃ Bolehkah menghirup obat flu atau menyemprot obat asma?
๐นJawab:
Tidak apa-apa, selama tidak sampai ke perut. Demikian yang difatwakan ulama kontemporer.
Syaikh Abdul Aziz bin Baaz Rahimahullah mengatakan:
ูุจุฎุงุฎ ุงูุฑุจู ูุง ููุทูุฑ ูุฃูู ุบุงุฒ ู ุถุบูุท ูุฐูุจ ุฅูู ุงูุฑุฆุฉ ูููุณ ุจุทุนุงู ุ ููู ู ุญุชุงุฌ ุฅููู ุฏุงุฆู ุง ูู ุฑู ุถุงู ูุบูุฑู
Semprotan asma tidak membatalkan puasa karena itu adalah gas yang ditekan kearah paru-paru dan bukan makanan, dan dia selalu membutuhkannya baik di Ramadhan atau lainnya. (Fatawa Ad Da'wah no. 997)
Berkata Syaikh Utsaimin Rahimahullah:
ูุฐุง ุงูุจุฎุงุฎ ูุชุจุฎุฑ ููุง ูุตู ุฅูู ุงูู ุนุฏุฉ ุ ูุญููุฆุฐู ูููู : ูุง ุจุฃุณ ุฃู ุชุณุชุนู ู ูุฐุง ุงูุจุฎุงุฎ ูุฃูุช ุตุงุฆู ุ ููุง ุชูุทุฑ ุจุฐูู
Semprotan ini menguap dan tidak sampai ke perut, maka saat itu kami katakan tidak apa-apa menggunakan semprotan ini disaat Anda puasa dan anda tidak batal karenanya. (Fatawa Arkanul Islam no. 475)
2โฃ1โฃ Obat tetes mata, bolehkah?
๐นJawab:
Berkata Syaikh Sayyid Sabiq Rahimahullah:
ุงูุงูุชุญุงู: ูุงููุทุฑุฉ ููุญููู ุง ู ู ุง ูุฏุฎู ุงูุนููุ ุณูุงุก ุฃูุฌุฏ ุทุนู ู ูู ุญููู ุฃู ูู ูุฌุฏูุ ูุงู ุงูุนูู ููุณุช ุจู ููุฐ ุฅูู ุงูุฌูู. ูุนู ุฃูุณ: " ุฃูู ูุงู ููุชุญู ููู ุตุงุฆู ". ูุฅูู ูุฐุง ุฐูุจุช ุงูุดุงูุนูุฉุ ูุญูุงู ุงุจู ุงูู ูุฐุฑุ ุนู ุนุทุงุกุ ูุงูุญุณูุ ูุงููุฎุนูุ ูุงูุงูุฒุงุนูุ ูุฃุจู ุญูููุฉุ ูุฃุจู ุซูุฑ. ูุฑูู ุนู ุงุจู ุนู ุฑุ ูุฃูุณ ูุงุจู ุฃุจู
ุฃููู ู ู ุงูุตุญุงุจุฉ. ููู ู ุฐูุจ ุฏุงูุฏ. ููู ูุตุญ ูู ูุฐุง ุงูุจุงุจ ุดุฆ ุนู ุงููุจู ุตูู ุงููู ุนููู ูุณูู ุ ูู ุง ูุงู ุงูุชุฑู ุฐู.
โBercelak dan meneteskan obat atau lain-lain ke dalam mata, semuanya adalah sama. Walau pun terasa dalam keronkongan atau tidak, karena mata bukanlah bukanlah jalan menuju rongga perut. Dari Anas: โBahwa beliau bercelak padahal sedang berpuasa. Inilah madzhab Syafi'iyyah, dan menurut cerita Ibnul Mundzir, ini juga pendapat Atha, Al Hasan, An Nakhai, Al Auzai, Abu Hanifah dan Abu Tsaur. Diriwayatkan pula dari Ibnu Umar, Anas, dan Ibnu Abi Aufa dari golongan sahabat. Ini juga madzhab Daud, dalam masalah ini tak ada satu pun yang shahih dari Nabi ๏ทบ (yang menunjukkan larangan, pen) sebagaimana yang dikatakan oleh Imam At Tirmidzi. (Syaikh Sayyid Sabiq, Fiqhus Sunnah, Juz. 1, Hal. 460)
2โฃ2โฃ Obat tetes telinga, apakah juga boleh?
๐นJawab:
Tidak apa-apa untuk pengobatan yang dengannya dapat menghilangkan sakit yang dialaminya. Tapi, jika bukan untuk pengobatan sebaiknya jangan dilakukan.
Syaikh โAbdurrahman bin Muhammad bin Husain bin Umar Rahimahullah menjelaskan:
ุงุจุชูู ุจูุฌุน ูู ุฃุฐูู ูุง ูุญุชู ู ู ุนู ุงูุณููู ุงูุง ุจูุถุน ุฏูุงุก ูุณุชุนู ู ูู ุฏูู ุฃู ูุทู ู ุชุญูู ุงูุชุฎููู ุฃู ุฒูุงู ุงูุฃูู ุจู ุจุฃู ุนุฑู ููุณู ุฃู ุฃุฎุจุฑู ุทุจูุจ ุฌุงุฒ ุฐูู ู ุตุญ ุตูู ู ููุถุฑูุฑุฉ
Seseorang tertimpa rasa sakit ditelinganya dan itu membuatnya tidak nyaman kecuali dengan meletakkan obat yang digunakan pada minyak atau kapas, yang dengannya dia menjadi lebih ringan atau hilang sakitnya, hal ini telah dia ketahui dan memberitahukannya ke seorang dokter maka itu boleh dan puasanya tetap sah karena darurat.
(Bughiyah Al Mustarsyidin, Hal. 182)
2โฃ3โฃ Gosok gigi bolehkah?
๐นJawab:
Tidak apa-apa, bahkan Sunnah, selama dia bisa menjaga jangan sampai tertekan airnya.
Syaikh Sayyid Sabiq Rahimahullah berkata:
ููุณุชุญุจ ููุตุงุฆู ุฃู ูุชุณูู ุฃุซูุงุก ุงูุตูุงู ุ ููุง ูุฑู ุจูู ุฃูู ุงูููุงุฑ ูุขุฎุฑู. ูุงู ุงูุชุฑู ุฐู: " ููู ูุฑ ุงูุดุงูุนู ุจุงูุณูุงูุ ุฃูู ุงูููุงุฑ ูุขุฎุฑู ุจุฃุณุง ". ููุงู ุงููุจู ุตูู ุงููู ุนููู ูุณูู ูุชุณููุ ููู ุตุงุฆู .
Disunahkan bersiwak bagi orang yang berpuasa ketika ia berpuasa, tak ada perbedaan antara di awal siang dan akhirnya. Berkata At Tirmidzi: Imam Asy Syafi'i menganggap tidak mengapa bersiwak pada awal siang dan akhirnya. Dan Nabi ๏ทบ bersiwak, padahal dia sedang puasa.
(Syaikh Sayyid Sabiq, Fiqhus Sunnah, Juz. 1,Hal. 459)
Beliau menambahkan:
ูุงูุตุงุฆู ูุงูู ูุทุฑ ูู ุงุณุชุนู ุงูู ุฃูู ุงูููุงุฑ ูุขุฎุฑู ุณูุงุกุ ูุญุฏูุซ ุนุงู ุฑ ุจู ุฑุจูุนุฉ ุฑุถู ุงููู ุนูู
Dan disunnahkan bagi orang yang berpuasa dan tidak, untuk bersiwak baik di awal siang atau di akhirnya, sama saja.
Diriwayatkan dari Amir bin Rabiโah Radhiallahu โAnhu:
ููููุฐูููุฑู ุนููู ุนูุงู ูุฑู ุจููู ุฑูุจููุนูุฉู ููุงูู ุฑูุฃูููุชู ุงููููุจูููู ุตููููู ุงูููููู ุนููููููู ููุณููููู ู ููุณูุชูุงูู ูููููู ุตูุงุฆูู ู ู ูุง ููุง ุฃูุญูุตูู ุฃููู ุฃูุนูุฏู
Disebutkan dari Amir bin Rabiโah, dia berkata: โAku melihat Nabi ๏ทบ bersiwak, dan dia sedang puasa, dan tidak terhitung jumlahnya.โ (HR. Bukhari, Bab Siwak Ar Rathbi wal Yaabis Lish Shaa-im)
Imam Al Bukhari membuat judul Bab dalam kitab Jamiโush Shahih-nya:
ุจูุงุจ ุณูููุงูู ุงูุฑููุทูุจู ููุงููููุงุจูุณู ูููุตููุงุฆูู ู
โSiwak dengan yang kayu basah dan yang kering bagi orang Berpuasaโ
Imam Ibnu Hajar berkata dalam Al Fath:
ููุฃูุดูุงุฑู ุจูููุฐููู ุงูุชููุฑูุฌูู ูุฉู ุฅูููู ุงูุฑููุฏูู ุนูููู ู ููู ููุฑููู ูููุตููุงุฆูู ู ุงููุงุณูุชูููุงูู ุจูุงูุณููููุงูู ุงูุฑููุทูุจู ููุงููู ูุงูููููููุฉู ููุงูุดููุนูุจูููู ุ ููููุฏู ุชูููุฏููู ู ููุจููู ุจูุจูุงุจู ููููุงุณู ุงูุจููู ุณููุฑูููู ุงูุณููููุงูู ุงูุฑููุทูุจู ุนูููู ุงููู ูุงุก ุงูููุฐูู ููุชูู ูุถูู ูุถู ุจููู
โKeterangan ini mengisyaratkan bantahan atas pihak yang memakruhkan bersiwak bagi orang yang berpuasa, yakni bersiwak dengan kayu basah, seperti kalangan Malikiyah dan Asy Sya'bi, dan telah dikemukakan sebelumnya tentang qiyas-nya Ibnu Sirin, bahwa bersiwak dengan yang basah itu sama halnya seperti air yang dengannya kita berkumur-kumur (yakni boleh, pen). (Imam Ibnu Hajar, Fathul Bari, 4/158)
2โฃ4โฃ Berbekam, ambil darah buat lab, bolehkah?
๐นJawab:
Tidak apa-apa jika tidak sampai melemahkan badan. Madzhab Hambaliy tidak membolehkan tapi dalil yang lebih kuat adalah boleh.
Dalilnya:
ุนููู ุงุจููู ุนูุจููุงุณู ุฑูุถููู ุงูููููู ุนูููููู ูุง ุฃูููู ุงููููุจูููู ุตููููู ุงูููููู ุนููููููู ููุณููููู ู ุงุญูุชูุฌูู ู ูููููู ู ูุญูุฑูู ู ููุงุญูุชูุฌูู ู ูููููู ุตูุงุฆูู ู
"Dari Ibnu โAbbas Radhiallahu โAnhuma, bahwa Nabi ๏ทบ berbekam dan beliau sedang ihram, dan pernah berbekam padahal sedang berpuasa.โ (HR. Bukhari No. 1938)
Dari Tsabit Al Bunani:
ุณูุฆููู ุฃูููุณู ุจููู ู ูุงูููู ุฑูุถููู ุงูููููู ุนููููู ุฃูููููุชูู ู ุชูููุฑูููููู ุงููุญูุฌูุงู ูุฉู ูููุตููุงุฆูู ู ููุงูู ููุง ุฅููููุง ู ููู ุฃูุฌููู ุงูุถููุนููู
โAnas bin Malik ditanya: โApakah Anda memakruhkan berbekam bagi orang puasa?โ beliau menjawab: โTidak, selama tidak membuat lemah.โ (HR. Bukhari No. 1940)
Imam Ibnu Hajar Rahimahullah berkata:
ููุงูู ุงูุจูู ุนูุจูุฏ ุงููุจูุฑู ููุบูููุฑู : ููููู ุฏููููู ุนูููู ุฃูููู ุญูุฏููุซ " ุฃูููุทูุฑู ุงููุญูุงุฌูู ููุงููู ูุญูุฌููู " ู ูููุณููุฎ ููุฃูููููู ุฌูุงุกู ููู ุจูุนูุถ ุทูุฑููู ุฃูููู ุฐููููู ููุงูู ููู ุญูุฌููุฉู ุงููููุฏูุงุน
โBerkata Ibnu Abdil Bar dan lainnya: โHadits ini merupakan dalil, bahwa hadits yang berbunyi _โOrang yang membekam dan yang dibekam, hendaknya berbuka", telah mansukh (dihapus) karena telah ada beberapa riwayat lain bahwa hal itu (berbekam ketika ihram) terjadi pada haji wada' (perpisahan). (Fathul Bari, 4/178. Darul Marifah)
Dari keterangan ini maka jelaslah kebolehkan berbekam, kecuali jika melemahkan, maka ia makruh sebagaimana yang dikatakan Anas bin Malik Radhiallahu Anhu. Hal ini sama dengan orang yang mendonorkan darahnya, tidak apa-apa jika tidak melemahkannya. Inilah pendapat yang lebih kuat dalam hal ini. Wallahu Aโlam
2โฃ5โฃ Kumur-kumur dan Menghirup air lewat hidup, apa boleh juga?
๐นJawab:
Dari Laqith bin Shabrah Radhiallahu โAnhu, bahwa Rasulullah ๏ทบ bersabda:
ุฃูุณูุจูุบู ุงููููุถููุกู ููุฎูููููู ุจููููู ุงููุฃูุตูุงุจูุนู ููุจูุงููุบู ููู ุงููุงุณูุชูููุดูุงูู ุฅููููุง ุฃููู ุชูููููู ุตูุงุฆูู ูุง
โBersungguh-sungguhlah berwudhuโ dan gosok-gosoklah antara jari jemari kalian, dan bersungguhlah dalam menghirup air, kecuali jika kalian puasa.โ
(HR. Abu Daud No. 2366, At Tirmidzi No. 788, katanya: hasan shahih)
Hadits ini menunjukkan bolehnya menghirup air ke rongga hidung, namun makruh jika berlebihan, oleh karena itu Imam At Tirmidzi memberi judul Bab Ma Jaa Fi Karahiyah Mubalaghah Al Istinsyaq Li Shaim (Apa-apa saja yang dimakruhkan, berupa menghirup air bagi orang berpuasa secara berlebihan atau mubalaghah).
Apakah batasan berlebihan? Berkata Syaikh Abdurrahman Al Mubarakfuri ketika mengomentari hadits di atas:
ููููุง ุชูุจูุงููุบู ููุฆููููุง ููุตููู ุฅูููู ุจูุงุทููููู ููููุจูุทููู ุงูุตููููู ู .
โMaka janganlah berlebihan, yakni hingga sampainya (air) ke rongga perutnya, sehingga batal-lah puasa.โ (Tuhfah Al Ahwadzi, 3/418. Darul Kutub Al โIlmiyah)
Diriwayatkan dari Umar Radhilallahu โAnhu:
ุนูู ุนูู ูุฑู ุจููู ุงููุฎูุทููุงุจู ุฑูุถููู ุงูููููู ุนููููู ููุงูู ููุดูุดูุชู ููููู ูุง ููููุจููููุชู ููุฃูููุง ุตูุงุฆูู ู ููุฃูุชูููุชู ุงููููุจูููู ุตููููู ุงูููููู ุนููููููู ููุณููููู ู ููููููุชู ุตูููุนูุชู ุงููููููู ู ุฃูู ูุฑูุง ุนูุธููู ูุง ููููุจููููุชู ููุฃูููุง ุตูุงุฆูู ู ููููุงูู ุฑูุณูููู ุงูููููู ุตููููู ุงูููููู ุนููููููู ููุณููููู ู ุฃูุฑูุฃูููุชู ูููู ุชูู ูุถูู ูุถูุชู ุจูู ูุงุกู ููุฃูููุชู ุตูุงุฆูู ู ููููุชู ููุง ุจูุฃูุณู ุจูุฐููููู ููููุงูู ุฑูุณูููู ุงูููููู ุตููููู ุงูููููู ุนููููููู ููุณููููู ู ูููููู ู
Suatu hari bangkitlah syahwat saya, lalu saya mencium isteri, saat itu saya sedang puasa. Maka saya datang kepada Rasulullah ๏ทบ, saya berkata: Hari ini, Aku telah melakukan hal yang besar, aku mencium isteri padahal sedang puasa. Rasulullah ๏ทบ bersabda: Apa pendapatmu jika kamu bekumur-kumur dengan air dan kamu sedang berpuasa?, Saya (Umar) menjawab: Tidak mengapa. Maka Rasulullah ๏ทบ bersabda: Lalu, kenapa masih ditanya? (HR. Ahmad No. 138. Syaikh Syuaib Al Arnauth mengatakan: shahih, sesuai syarat Muslim. Lihat Taliq Musnad Ahmad No. 138)
Hadits ini menunjukkan bahwa berkumur-kumur tidaklah mengapa, dan disamakan dengan mencium isteri, selama tidak sampai berlebihan.
2โฃ6โฃ Mandi siang-siang, gimana?
๐นJawab:
Boleh, dan Nabi ๏ทบ melakukannya, asalkan bisa yakin menjaga jangan sampai tertelan airnya.
Abu Bakar berkata, telah ada yang bercerita kepadaku seseorang:
ููููุฏู ุฑูุฃูููุชู ุฑูุณูููู ุงูููููู ุตููููู ุงูููููู ุนููููููู ููุณููููู ู ุจูุงููุนูุฑูุฌู ููุตูุจูู ุงููู ูุงุกู ุนูููู ุฑูุฃูุณููู ู ููู ุงููุนูุทูุดู ุฃููู ู ููู ุงููุญูุฑ
โAku telah melihat Rasulullah ๏ทบ mengguyurkan air ke kepalanya, lantaran rasa haus dan panas.โ
(HR. Malik, Al Muwaththa, No. 561, riwayat Yahya Al Laits. Ahmad No. 16602. Syaikh Syuโaib Al Arnauth mengatakan: shahih. Taโliq Musnad Ahmad No. 16602)
Disebutkan dalam Imam Abu Sulaiman Walid Al Baji Rahimahullah mengatakan:
ููููุฏู ุจูููุบู ุจููู ุดูุฏููุฉู ุงููุนูุทูุดู ุฃููู ุงููุญูุฑูู ุฃููู ุตูุจูู ุงููู ูุงุกู ุนูููู ุฑูุฃูุณููู ููููุชููููููู ุจูุฐููููู ุนูููู ุตูููู ููู ููููููุฎูููููู ุนููู ููููุณููู ุจูุนูุถู ุฃูููู ู ุงููุญูุฑูู ุฃููู ุงููุนูุทูุดู ููููุฐูุง ุฃูุตููู ููู ุงุณูุชูุนูู ูุงูู ู ูุง ููุชููููููู ุจููู ุงูุตููุงุฆูู ู ุนูููู ุตูููู ููู ู ูู ููุง ููุง ููููุนู ุจููู ุงููููุทูุฑู ู ููู ุงูุชููุจูุฑููุฏู ุจูุงููู ูุงุกู ููุงููู ูุถูู ูุถูุฉู ุจููู ุ ููุฃูููู ุฐููููู ููุนูููููู ุนูููู ุงูุตููููู ู ููููุง ููููุนู ุจููู ุงููููุทูุฑู ุ ููุฃูููููู ููู ููููู ู ูุง ููู ููู ููู ู ููู ุงููู ูุงุกู ููููุตูุฑููููู ุนูููู ุงุฎูุชูููุงุฑููู
โBeliau mengalami haus atau panas yang sangat, sehingga beliau mengguyurkan air ke kepalanya untuk menguatkan puasanya, dan meringankan sebagian rasa sakit yang dialami dirinya lantaran panas atau haus. Ini adalah hukum dasar dalam memakai apa saja yang bisa menguatkan orang berpuasa, yakni tidaklah membatalkan puasa, baik berupa menyejukkan diri dengan air dan berkumur-kumur dengannya. Karena hal itu bisa membantunya dalam puasa dan tidaklah membatalkan puasanya, karena dia mampu menjaga mulutnya dari air dan bisa mengatur air. (Al Muntaqa Syarh Al Muwaththaโ , Juz. 2, Hal. 172, Mawqiโ Al Islam)
Tentang hadits di atas, berkata Imam Asy Syaukani Rahimahullah:
ููููู ุฏูููููู ุนูููู ุฃูููููู ููุฌููุฒู ูููุตููุงุฆูู ู ุฃููู ููููุณูุฑู ุงููุญูุฑูู ุจูุตูุจูู ุงููู ูุงุกู ุนูููู ุจูุนูุถู ุจูุฏููููู ุฃููู ููููููู ุ ููููุฏู ุฐูููุจู ุฅููู ุฐููููู ุงููุฌูู ููููุฑู ุ ููููู ู ููููุฑูููููุง ุจููููู ุงููุฃูุบูุณูุงูู ุงููููุงุฌูุจูุฉู ููุงููู ูุณููููููุฉู ููุงููู ูุจูุงุญูุฉู .
ููููุงููุชู ุงููุญููููููููุฉู : ุฅููููู ููููุฑููู ุงููุงุบูุชูุณูุงูู ูููุตููุงุฆูู ู ุ ููุงุณูุชูุฏูููููุง ุจูู ูุง ุฃูุฎูุฑูุฌููู ุนูุจูุฏู ุงูุฑููุฒููุงูู ุนููู ุนูููููู ู ููู ุงูููููููู ุนููู ุฏูุฎูููู ุงูุตููุงุฆูู ู ุงููุญูู ููุงู ู
โDalam hadits ini terdapat dalil bolehnya bagi orang puasa mengurangi rasa panas dengan mengguyurkan air ke sebagian badannya atau seluruhnya (seperti mandi, pen), demikianlah madzhab jumhur (mayoritas ulama), dan mereka tidak membedakan antara mandi wajib, sunah, dan mubah (semuanya hukumnya sama).
Kalangan Hanafiyah berkata: Sesungguhnya mandi adalah makruh bagi orang berpuasa, mereka beralasan dengan hadits yang diriwayatkan oleh Abdurrazzaq, dari Ali, berupa larangan bagi orang puasa untuk memasuki kamar mandi. (Nailul Authar, 4/585. Lihat Aunul Mabud, 6/352)
Tetapi riwayat larangan tersebut adalah dhaif, sebagaimana dikatakan Al Hafizh Ibnu Hajar. (Ibid)
2โฃ7โฃ Berenang saat puasa gimana?
๐นJawab:
Imam Abul Walid Al Baji Rahimahullah mengatakan:
ููููููุฑููู ูููู ุงููุงููุบูู ูุงุณู ููู ุงููู ูุงุกู ููุฆููููุง ููุบูููุจููู ุงููู ูุงุกู ู ูุนู ุถูููู ููููุณููู ููููููุณูุฏู ุตูููู ููู ููุฅููู ููุนููู ููุณูููู ู ููููุง ุดูููุกู ุนููููููู .
Dan dimakruhkan berendam dalam air karena air telah menguasai (menutupi) dirinya dan membuatnya disempitkan dengan air tersebut, sehingga puasanya bisa dirusak olehnya. Tetapi jika dia melakukan itu, dan selamat dari hal itu, maka tidak apa-apa.โ (Al Muntaqa Syarh Al Muwaththaโ , Juz. 2, Hal. 172, Mawqiโ Al Islam)
2โฃ8โฃSuntik saat puasa bagaimana?
๐นJawab:
Syaikh Ahmad bin Umar Asy Syathiriy Rahimahullah menjelaskan:
ุฃู ุง ุญูู ุงูุฅุจุฑุฉ ูุงููุง ุฅู ุงูุฅุจุฑุฉ ุงูุชู ูุญูู ุจูุง ุงูู ุฑูุถ ุชู ุฑ ุจุงูุนุฑูู ู ุชุตู ุฅูู ุงูุฌูู ูุชูุณุฏ ุงูุตูู ููู ูุงู ุจุนุถ ุงูุนูู ุงุก ูู ู ุง ูุฏุฎู ุงูู ุงูุฌุณู ู ู ู ููุฐ ุบูุฑ ุทุจูุนู ูุฅูู ูุง ูุจุทู ุจู ุงูุตูู
Ada pun hukum suntikan, para ulama mengatakan bahwa suntikan yang diinjeksi kepada orang sakit yang melewati urat atau pembuluh darahnya dan sampai ke lambung maka dapat merusak puasanya. Tetapi sebagian ulama mengatakan semua yang masuk ke tubuh dari jalan yang tidak alami maka itu tidak membatalkan puasa.
(Syarh Al Yaqut An Nafis, Hal. 307)
2โฃ9โฃ Berbuka puasa di Maghrib, apakah ada dalilnya?
๐นJawab:
Dalilnya, firman Allah Ta'ala:
ุซูู ูู ุฃูุชูู ูููุง ุงูุตููููุงู ู ุฅูููู ุงูููููููู
Kemudian sempurnakanlah puasa kalian sampai Lail (malam). (QS. Al Baqarah: 187)
Apa arti Al Lail?
"ุงูููููููู : ู ู ู ูุบูุฑูุจู ุงูุดู ุณู ุฅูู ุทูููุนู ุงูููุฌูุฑู ุงูุตุงุฏููู ุฃู ุงูุดู ุณู"
Lail (malam) itu dimulai dari terbenam matahari sampai terbitnya fajar Ash Shadiq atau matahari.
(Qamus Al Muhith, Hal. 1364)
Dalam Lisanul 'Arab:
ุงูููููููู : ุนููุจ ุงูููุงุฑ ุ ูู ูุจูุฏูุคูู ู ู ุบุฑูุจ ุงูุดู ุณ" ุงูุชูู .
Al Lail artinya setelah siang, dimulainya dari terbenamnya matahari.
(Lisanul 'Arab, 11/607)
Imam Ibnu Katsir Rahimahullah berkata tentang ayat di atas:
ููุชุถู ุงูุฅูุทุงุฑ ุนูุฏ ุบูุฑููุจ ุงูุดู ุณ ุญูู ูุง ุดุฑุนููุง
Ayat ini menunjukkan bahwa berbuka puasa adalah saat terbenam matahari secara hukum syar'iy.
(Tafsir Ibnu Katsir, 1/517)
Dalil hadits:
ุฅูุฐูุง ุฃูููุจููู ุงูููููููู ู ููู ููุง ููููุง ุ ููุฃูุฏูุจูุฑู ุงููููููุงุฑู ู ููู ููุง ููููุง ุ ููุบูุฑูุจูุชู ุงูุดููู ูุณู ุ ููููุฏู ุฃูููุทูุฑู ุงูุตููุงุฆูู ู
Jika malam telah datang dari sini, dan siang telah tertutup dari sini, dan matahari terbenam, maka itu waktu berbuka bagi yg puasa.
(HR. Bukhari no. 1954)
Dalam hadits lain:
ูููููุง ู ูุนู ุฑูุณูููู ุงูููููู ุตููููู ุงูููููู ุนููููููู ููุณููููู ู ููู ุณูููุฑู ูููููู ุตูุงุฆูู ู ููููู ููุง ุบูุฑูุจูุชู ุงูุดููู ูุณู ููุงูู ููุจูุนูุถู ุงููููููู ู ููุง ููููุงูู ููู ู ููุงุฌูุฏูุญู ููููุง ููููุงูู ููุง ุฑูุณูููู ุงูููููู ูููู ุฃูู ูุณูููุชู ููุงูู ุงููุฒููู ููุงุฌูุฏูุญู ููููุง ููุงูู ููุง ุฑูุณูููู ุงูููููู ูููููู ุฃูู ูุณูููุชู ููุงูู ุงููุฒููู ููุงุฌูุฏูุญู ููููุง ููุงูู ุฅูููู ุนููููููู ููููุงุฑูุง ููุงูู ุงููุฒููู ููุงุฌูุฏูุญู ููููุง ููููุฒููู ููุฌูุฏูุญู ููููู ู ููุดูุฑูุจู ุงููููุจูููู ุตููููู ุงูููููู ุนููููููู ููุณููููู ู ุซูู ูู ููุงูู ุฅูุฐูุง ุฑูุฃูููุชูู ู ุงูููููููู ููุฏู ุฃูููุจููู ู ููู ููุง ููููุง ููููุฏู ุฃูููุทูุฑู ุงูุตููุงุฆูู ู
Dari 'Abdullah bin Abu Awfa Radliallahu 'Anhu berkata; Kami pernah bersama Rasulullah ๏ทบ dalam suatu perjalanan dan Beliau berpuasa. Ketika matahari terbenam, Beliau berkata kepada sebagian rombongan; "Wahai fulan, bangun dan siapkanlah minuman buat kami". Orang yang disuruh itu berkata: "Wahai Rasulullah, bagaimana jika kita menunggu hingga sore". Beliau berkata: "Turunlah dan siapkan minuman buat kami". Orang itu berkata, lagi: "Wahai Rasulullah, bagaimana jika kita menunggu hingga sore". Beliau berkata, lagi: "Turunlah dan siapkan minuman buat kami". Orang itu berkata, lagi: "Sekarang masih siang". Beliau kembali berkata: "Turunlah dan siapkan minuman buat kami". Maka orang itu turun lalu menyiapkan minuman buat mereka. Setelah minum lalu Nabi ๏ทบ berkata: "Apabila kalian telah melihat malam sudah datang dari arah sana maka orang yang puasa sudah boleh berbuka."
(HR. Bukhari no. 1955)
3โฃ0โฃ Berbukanya Nabi ๏ทบ pakai apa? Apa betul dengan yang manis-manis?
๐นJawab:
Apa yang Nabi ๏ทบ konsumsi pertama kali saat berbuka dipaparkan dalam hadits berikut:
ุนููู ุฃูููุณู ุจููู ู ูุงูููู ููุงูู
ููุงูู ุงููููุจูููู ุตููููู ุงูููููู ุนููููููู ููุณููููู ู ููููุทูุฑู ููุจููู ุฃููู ููุตูููููู ุนูููู ุฑูุทูุจูุงุชู ููุฅููู ููู ู ุชููููู ุฑูุทูุจูุงุชู ููุชูู ูููุฑูุงุชู ููุฅููู ููู ู ุชููููู ุชูู ูููุฑูุงุชู ุญูุณูุง ุญูุณูููุงุชู ู ููู ู ูุงุกู
Dari Anas bin Malik dia berkata, Nabi ๏ทบ selalu berbuka dengan kurma basah sebelum shalat, jika beliau tidak mendapatinya, maka (beliau berbuka) dengan kurma kering dan jika tidak mendapatkan kurma kering, beliau berbuka dengan meneguk air tiga kali.
(HR. At Tirmidzi no. 696, Shahih)
Inilah yang Sunnah. Tidak ada hadits tentang berbuka dengan yang MANIS, .. itu iklan minuman, bukan hadits.
Mungkin karena Kurma berasa manis jadi dikiaskan dengan apapun yang manis-manis.
3โฃ1โฃ Apa boleh setelah adzan Maghrib langsung jima'?
๐นJawab:
Boleh, dan itu justru dilakukan para sahabat Nabi ๏ทบ.
Imam Al Ghazali Rahimahullah berkata:
ูุญูู ุนู ุงุจู ุนู ุฑ ุฑุถู ุงููู ุนููู ุงุ ููุงู ู ู ุฒูุงุฏ ุงูุตุญุงุจุฉ ูุนูู ุงุฆูู ุงูู ูุงู ููุทุฑ ู ู ุงูุตูู ุนูู ุงูุฌู ุงุน ูุจู ุงูุฃูู ุงูุฎ ูุฐูู ูุชูุฑูุบ ุงูููุจ ูุนุจุงุฏุฉ ุงููู.
Dikisahkan oleh Ibnu Umar Radhiallahu 'Anhuma, bahwa di antara bentuk zuhudnya para sahabat nabi dan para ulama mereka adalah mereka berbuka puasa dengan berjima' dulu sebelum makan dan seterusnya .., hal itu demi totalitas hati mereka dalam ibadah kepada Allah.
(Ihya 'Ulumuddin, Juz. 2, Hal. 27)
(Bersambung ...)
Demikian. Wallahu a'lam
Wassalamu'alaikum wr.wb.
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar