Kamis, 15 Maret 2018

KPSP (Kuesioner Pra Skrining Perkembangan)



OLeh   : Khoirunnisa Y.,S.Si.T.,M.Kes

Alhamdulillahirobbil aalamiin, rasa syukur tidak terhingga ke hadirat Allah atas berkah luar biasa ini, sehingga Nisa bisa berkumpul lagi disini, ngobrol bareng lagi, temu kangen lagi dengan sahabat semua.

Jazaakumullah khairan untuk adikku tersayang ade' Henny Dwi Wulansari, ibuku tercinta ibu Irnawati Syamsuir Koto, kk mitha yang full semangaat sampai 3x nemenin nisa 3 hari berturut-turut.
Dan pastinya terimakasih juga untuk semua sahabat BKC WUS yang berbahagia.

Materi obrolan kita kali ini agak menguras konsentrasi sedikit, boleh ya ...

Banyakkah yang menyimak disini yang sudah memiliki buah hati?
Bayi dan Balita terutama?
Karena berhubungan dengan tema obrolannya yaitu tentang KPSP.

Adakah yang tahu, atau pernah mendengar tentang KPSP?

💎Saya kader posyandu, mba.

💊Waah... kebetulan bunda, KPSP ini salah satu makanannya ibu kader posyandu.

Monggo bunda, boleh ceritain sedikit tentang KPSP, atau yang biasa dilaksanakan di kelas ibu balita di posyandu.

Adakah disini yang tau tentang KPSP?

💎Habis dari posyandu langsung pulang dapat kacang hijau bund.

💎Kalau ditempat ku menu berganti-ganti karena dibikin pokja...

Sekarang menu di tentukan dari bu bidan desa.

💊KPSP = Kuesioner Pra Skrining Perkembangan

Kuesioner Pra Skrining Perkembangan (KPSP)

Formulir KPSP adalah alat atau instrumen yang digunakan untuk mengetahui apakah perkembangan anak normal atau ada penyimpangan.

Bunda roro ibu kader juga.

💎Tidak....
Kader,  masih punya balita tapi suka kepo-kepo tentang kebijakan-kebijakan yang ada.

💎Ada ya bund seperti itu?

💊Di posyandu wilayahnya bunda roro apakah ada kelas ibu balita?

💎Oh yang lembaran itu nggih,  nanti anak usia sekian capaian perkembangan apa saja. Bahkan ada PR pertemuan berikutnya... Harus bisa ini dan itu.

💊Di posyandu tempat tinggalnya bunda key apakah ada kelas ibu balitanya?

💎Belum pernah ke posyandu bund adek. Imunisasinya langsung dipuskesmas... Itupun dapat 3 sama polio belum di acc sama DSA nya.
💎Tidak ada mba.
💎Di saya tidak ada.

💊Jika ada kelas ibu balitanya, pasti menggunakan KPSP✔

💎Belum mungkin adanya bkk atau apa ya... Pakai kertas.

💊Betul sekali,, 100 untuk bunda roro.

💎Oh... Ada berarti ya.
Nanti anak suruh gambar, bikin apa, pakai kaos kaki, baju sendiri dan lain-lain.

💊Betul bunda.
Nama programnya dikelas ibu balita adalah = SDIDTK (Stimulasi, Deteksi, Intervensi Dini, Tumbuh Kembang Anak).

Alat pemeriksaannya menggunakan KPSP, TDD (Tes Daya Dengar), TDL (Tes Daya Lihat), KMME, CHAT, GPPH, dan lain-lain.

Pemeriksaan yang paling sederhana yang bisa dilakukan para bunda adalah dengan menggunakan buku KIA.

Naah... yang akan kita bahas malam ini adalah KPSP saja, untuk yang lainnya insyaallah pada kajian yang akan datang. Aamiin.

Bunda shalihah..
Penting sekali memantau perkembangan buah hati kita, agar tidak menyimpang atau terlambat perkembangannya.

KPSP dilakukan pada usia anak: 3, 6, 9, 12, 15, 18, 21, 24, 30, 36, 42, 48, 54, 60, 66, 72 bulan.

Dihitung dari tanggal kelahirannya berdasarkan bulan.

Jadi, bunda harus hitung dulu usia si dede berdasarkan bulan ya...
Bila umur anak lebih dari 16 hari dibulatkan menjadi 1 bulan.

Contoh :
Bila bayi umur 3 bulan 16 hari dibulatkan menjadi 4
bulan.

Bila umur bayi 3 bulan 15 hari dibulatkan menjadi 3 bulan.

Bacanya pelan-pelan sambil dicermati ya bund, karena materi hari ini membutuhkan konsentrasi sedikit.

Setelah menentukan umur anak pilih KPSP yang sesuai dengan umur anak.

Mohon izin mengirimkan banyak foto lembaran KPSP berdasarkan umur (bulan).

🌷🌸🌷
🔷KPSP PADA BAYI UMUR 3 BULAN
1. Pada waktu bayi telentang, apakah masing-masing lengan dan tungkai bergarak dengan mudah? jawab TIDAK bila salah satu atau kedua tungkai lengan bayi bergerak tak terarah atau tak terkendali.  [Gerakan kasar, YA/TIDAK]

2. Pada waktu bayi telentang apakah ia melihat dan menatap wajah anda? [Sosialisai & kemandirian, YA/TIDAK]

3. Apakah bayi dapat mengeluarkan suara-suara lain (ngoceh) disamping menangis? [Bicara & bahasa, YA/TIDAK]

4. Pada waktu bayi telentang, apakah ia dapat mengikuti gerakan anda dengan menggerakkan kepalanya dari kanan atau kiri ke tengah? [Gerak halus, YA/TIDAK]

5. Pada waktu bayi telentang, apakah ia dapat mengikuti gerakan anda dengan menggerakkan kepalanya dari satu sisi hampir sampai pada sisi yang lain? [Gerakan halus, YA/TIDAK]

6. Pada waktu anda mengaja bayi berbicara dan tersenyum, apakah ia tersenyum kembali kepada anda? [Sosialisasi & kemandirian, YA/TIDAK]

7. Pada waktu bayi telungkup di alas yang datar, apakah ia dapat mengangkat kepalanya seperti gambar ini? [Gerakan kasar, YA/TIDAK]

8. Pada waktu bayi telungkup di alas yang datar, apakah ia dapat mengangkat kepalanya sehingga membentuk sudut 45 derajat seperti pada gambar? [Gerak kasar, YA/TIDAK]

9. Pada waktu bayi telungkup di alas yang datar, apakah ia dapat mengangkat kepalanya dengan tegak seperti pada gambar? [Gerak kasar, YA/TIDAK]

10. Apakah bayi suka tertawa keras walau tidak digelitik atau diraba-raba? [Bicara & bahasa, YA/TIDAK]

🔷KPSP PADA BAYI UMUR 6 BULAN
1. Pada waktu bayi telentang, apakah ia dapat mengikuti gerakan anda dengan menggerakkan kepala  sepenuhnya dari satu sisi ke sisi yang lain? [Gerakan halus, YA/TIDAK]

2. Dapatkah bayi mempertahankan posisi kepala dalam keadaan tegak dan stabil? Jawab TIDAK bila kepala bayi cenderung jatuh ke kanan atau ke kiri atau  ke dadanya. [Gerakan kasar, YA/TIDAK]

3. Sentuhkan pensil di punggung tangan atau ujung jari bayi (jangan meletakkan di atas telapak yangan bayi). Apakah bayi dapat menggenggam pensil itu selama beberapa detik? [Gerakan halus, YA/TIDAK]

4. Ketika  bayi telungkup di alas datar, apakah ia dapat mengangkat dada dengan kedua lengannya sebagai penyangga seperti pada gambar ? [Gerak kasar, YA/TIDAK]

5. Pernahkah bayi mengeluarkan suara gembira bernada tingggi atau memekik tetapi bukan menangis? [Bicara & bahasa, YA/TIDAK]

6. Pernahkah bayi berbalik paling sedikit dua kali, dan telentang ke telungkup atau sebaliknya? [Gerak kasar, YA/TIDAK]

7. Pernahkah anda melihat bayi tersenyum ketika melihat mainan yang lucu, gambar atau binatang peliharaan pada saat ia main sendiri? [Sosialisasi & kemandirian, YA/TIDAK]

8. Dapatkah bayi mengarahkan matanya pada benda kecil sebesar kacang, kismis atau uang logam? Jawab TIDAK jika ia tidak dapat mengarahkan matanya. [ Gerak halus, YA/TIDAK]

9. Dapatkah bayi meraih mainan yang diletakkan  agak jauh namun masih berada dalam jangkauan tangannya? [Gerak halus, YA/TIDAK]

10. Pada posisi bayi telentang, pegang kedua tangannya lalu tarik perlahan-lahan ke posisi duduk. Dapatkah bayi mempertahankan lehernya secara kaku seperti gambar sebelah kiri? Jawab TIDAK bila kepala bayi jatuh kembali seperti gambar sebelah kanan. [Gerakkasar, YA/TIDAK]

🔷KPSP PADA BAYI UMUR 9 BULAN
1. Pada posisi bayi telentang, pegang kedua tangannya lalu tarik perlahan-lahan ke posisi duduk. Dapatkah bayi mempertahankan lehernya secara kaku seperti gambar sebelah kiri? Jawab TIDAK bila kepala bayi jatuh kembali seperti gambar sebelah kanan. [Gerakkasar, YA/TIDAK]

2. Pernahkah anda melihat bayi memindahkan mainan atau kue kering dari satu tangan ke tangan yang lain? Benda-benda panjang seperti sendok atau kerincingan bertangkai tidak ikut dinilai. [Gerakhalus, YA/TIDAK]

3. Tarik perlahan bayi dengan memperlihatkan selendang, sapu tangan atau serbet, kemudian jatuhkan ke lantai. Apakah bayi mencoba mencarinya? Misalnya mencari di bawah meja atau di belakang kursi? [Gerak halus, YA/TIDAK]

4. Apakah bayi dapat memungut dua benda seperti mainan atau kue kering, dan masing-masing tangan memegang satu benda pada saat yang sama? Jawab TIDAK bila bayi tidak pernah melakukan hal ini. [Gerak halus, YA/TIDAK]

5. Jika anda mengangkat bayi melalui ketiaknya ke posisi berdiri, dapatkah ia menyangga sebagian berat badan dengan kedua kakinya? Jawab YA bila ia mencoba berdiri dan sebagian berat badan tertumpu pada kedua kakinya. [Gerak kasar, YA/TIDAK]

6. Dapatkah bayi memungut dengan tangannya benda-benda kecil seperti kismis, kacang-kacangan, potongan biskuit dengan gerakan miring atau menggerapai seperti gambar? [Gerak halus, YA/TIDAK]

7. Tanpa disangga oleh bantal, kursi atau dinding, dapatkah bayi duduk sendiri selama 60 detik? [Gerak kasar, YA/TIDAK]

8. Apakah bayi dapat makan kue kering sendiri? [Sosialisasi & kemadirian, YA/TIDAK]

9. Pada waktu bayi main sendiri dan anda diam-diam datang berdiri di belakangnya, apakah ia menengok ke belakang seperti mendengar kedatangan anda? Suara keras tidak ikut dihitung. Jawab YA hanya jika anda melihat reaksinya terhadap suara yang perlahan atau bisikan. [Bicara & bahasa, YA/TIDAK]

10. Letakkan suatu mainan yang diinginkannya di luar jangkauan bayi, apakah ia mencoba mendapatkannya dengan mengulurkan lengan atau badannya? [Sosialisasi & kemandirian, YA/TIDAK]

🔷KPSP PADA ANAK UMUR 12 BULAN
1. Jika anda bersembunyi di belakang sesuatu atau di pojok, kemudian muncul dan menghilang secara berulang-ulang di hadapan anak, apakah ia mencari anda atau mengharapkan anda muncul kembali? [Sosialisasi & kemandirian, YA/TIDAK]

2. Letakkan pensil di telapak tangan bayi, coba ambil pensil tersebut dengan perlahan-lahan. Sulitkah anda mengambil pensil itu kembali? [Gerak halus, YA/TIDAK]

3. Apakah anak dapat berdiri selama 30 detik atau lebih dengan berpegangan pada kursi atau meja? [Gerak kasar, YA/TIDAK]

4. Apakah anak dapat mengatakan 2 suku kata yang sama, misalnya: "ma-ma" Jawab YA bila ia mengeluarkan salah satu suara tadi. [Bicara & bahasa, YA/TIDAK]

5. Apakah anak dapat mengangkat badannya ke posisi berdiri tanpa bantuan anda? [Gerak kasar, YA/TIDAK]

6. Apakah  anak dapat membedakan anda dengan orang yang belum ia kenal? Ia akan menunjukkan sikap malu-malu atau ragu-ragu pada saat permulaan bertemu dengan orang yang belum pernah dikenalnya. [Sosialisasi & kemandirian]

7. Apakah anak dapat mengambil benda kecil seperti kacang atau kismis, dengan meremas di antara ibu jari dan jarinya seperti pada gambar? [Gerak halus, YA/TIDAK]

8. Apakah anak dapat duduk sendiri tanpa bantuan? [Gerak kasar, YA/TIDAK]

9. Sebut 2-3 kata yang dapat ditiru oleh anak (tidak perlu kata-kata yang lengkap). Apakah ia mencoba meniru menyebutkan kata-kata tadi? [Bicara & bahasa, YA/TIDAK]

10. Tanpa bantuan, apakah anak dapat mempertemukan dua kubus kecil yang ia pegang? Kerincingan bertangkai dan tutup panci tidak ikut dinilai. [Gerak halus, YA/TIDAK]

🔷KPSP PADA ANAK UMUR 15 BULAN
1.  Tanpa bantuan, apakah anak dapat mempertemukan dua kubus kecil yang ia pegang? Kerincingan bertangkai dan tutup panci tidak ikut dinilai. [Gerak halus, YA/TIDAK]

2. Apakah anak dapat jalan sendiri atau jalan dengan berpegangan? [Gerak kasar, YA/TIDAK]

3. Tanpa bantuan, apakah anak dapat bertepuk tangan  atau melambai-lambai? Jawab TIDAK bila ia membutuhkan bantuan. [Sosialisasi & kemandirian, YA/TIDAK]

4. Apakah anak dapat mengatakan "papa" ketika ia memanggil atau melihat ayahnya, atau mengatakan "mama" jika memanggil atau melihat ibunya? Jawab YA bila anak mengatakan salah satu diantaranya. [Bicara & bahasa, YA/TIDAK]

5. Dapatkah anak berdiri sendiri tanpa berpegangan selama kira-kira 5 detik? [Gerak  kasar, YA/TIDAK]

6. Dapatkah anak berdiri sendiri tanpa berpegangan selama kira-kira 30 detik atau lebih? [Gerak  kasar, YA/TIDAK]

7. Tanpa berpegangan atau menyentuh lantai, apakah anak dapat membungkuk untuk memungut mainan di lantai dan kemudian berdiri kembali? [Gerak kasar, YA/TIDAK]

8. Apakah anak dapat menunjukkan apa yang diinginkannya tanpa menangis atau merengek? Jawab YA bila ia menunjuk, menarik atau mengeluarkan suara yang menyenangkan. [Sosialisasi & kemadirian, YA/TIDAK]

9. Apakah anak dapat berjalan di sepanjang ruangan tanpa jatuh atau terhuyung-huyung? [Gerak kasar, YA/TIDAK]

10. Apakah anak dapat mengambil benda kecil seperti kacang, kismis atau potongan biskuit dengan menggunakan ibu jari dan jari telunjuk seperti pada gambar? [Gerak halus, YA/TIDAK]

🔷KPSP PADA ANAK UMUR 18 BULAN
1. Tanpa bantuan, apakah anak dapat bertepuk tangan  atau melambai-lambai? Jawab TIDAK bila ia membutuhkan bantuan. [Sosialisasi & kemandirian, YA/TIDAK]

2. Apakah anak dapat mengatakan "papa" ketika ia memanggil atau melihat ayahnya, atau mengatakan "mama" jika memanggil atau melihat ibunya? Jawab YA bila anak mengatakan salah satu diantaranya. [Bicara & bahasa, YA/TIDAK]

3. Dapatkah anak berdiri sendiri tanpa berpegangan selama kira-kira 5 detik? [Gerak  kasar, YA/TIDAK]

4. Dapatkah anak berdiri sendiri tanpa berpegangan selama 30 detik atau lebih? [Gerak  kasar, YA/TIDAK]

5. Tanpa berpegangan atau menyentuh lantai, apakah anak dapat membungkuk untuk memungut mainan di lantai dan kemudian berdiri kembali? [Gerak kasar, YA/TIDAK]

6. Apakah anak dapat menunjukkan apa yang diinginkannya tanpa menangis atau merengek? Jawab YA bila ia menunjuk, menarik atau mengeluarkan suara yang menyenangkan. [Sosialisasi & kemadirian, YA/TIDAK]

7. Apakah anak dapat berjalan di sepanjang ruangan tanpa jatuh atau terhuyung-huyung? [Gerak kasar, YA/TIDAK]

8. Apakah anak dapat mengambil benda kecil seperti kacang, kismis atau potongan biskuit dengan menggunakan ibu jari dan jari telunjuk seperti pada gambar? [Gerak halus, YA/TIDAK]

9. Jika anda menggelindingkan bola ke anak, apakah ia menggelindingkan atau melemparkan kembali bola kepada anda? [Gerak halus:Sosialisasi & kemandirian, YA/TIDAK]

10. Apakah anak dapat memegang sendiri  cangkir atau gelas dan minum dari tempat tersebut tanpa tumpah? [Sosialisasi & kemandirian, YA/TIDAK]

🔷KPSP PADA ANAK UMUR 21 BULAN
1. Tanpa berpegangan atau menyentuh lantai, apakah anak dapat membungkuk untuk memungut mainan di lantai dan kemudian berdiri kembali? [Gerak kasar, YA/TIDAK]

2.  Apakah anak dapat menunjukkan apa yang diinginkannya tanpa menangis atau merengek? Jawab YA bila ia menunjuk, menarik atau mengeluarkan suara yang menyenangkan. [Sosialisasi & kemadirian, YA/TIDAK

3. Apakah anak dapat berjalan di sepanjang ruangan tanpa jatuh atau terhuyung-huyung? [Gerak kasar, YA/TIDAK]

4. Apakah anak dapat mengambil benda kecil seperti kacang, kismis atau potongan biskuit dengan menggunakan ibu jari dan jari telunjuk seperti pada gambar? [Gerak halus, YA/TIDAK]

5. Jika anda menggelindingkan bola ke anak, apakah ia menggelindingkan atau melemparkan kembali bola kepada anda? [Gerak halus, YA/TIDAK]

6. Apakah anak dapat memegang sendiri  cangkir atau gelas dan minum dari tempat tersebut tanpa tumpah? [Sosialisasi & kemandirian, YA/TIDAK]

7. Jika anda sedang melakukan pekerjaan rumah tangga, apakah anak meniru apa yang anda lakukan? [Sosialisasi & kemandirian, YA/TIDAK]

8. Apakah anak dapat meletakkan satu kubus di atas kubus yang lain tanpa menjatuhkan kubus itu? Kubus yang digunakan ukuran 2.5-5.0 cm. [Gerak halus, YA/TIDAK]

9. Apakah anak dapat mengucapkan paling sedikit 3 kata yang mempunyai arti selain "papa" dan "mama"? [Bicara & bahasa, YA/TIDAK]

10. Apakah anak dapat berjalan mundur 5 langkah atau lebih tanpa kehilangan keseimbangan? (Anda mungkin dapat melihatnya ketika anak menarik mainannya). [Gerak kasar, YA/TIDAK]

🔷KPSP PADA ANAK UMUR 24 BULAN
1.  Jika anda sedang melakukan pekerjaan rumah tangga, apakah anak meniru apa yang anda lakukan? [Sosialisasi & kemandirian, YA/TIDAK]

2. Apakah anak dapat meletakkan satu kubus di atas kubus yang lain tanpa menjatuhkan kubus itu? Kubus yang digunakan ukuran 2.5-5.0 cm. [Gerak halus, YA/TIDAK]

3. Apakah anak dapat mengucapkan paling sedikit 3 kata yang mempunyai arti selain "papa" dan "mama"? [Bicara & bahasa, YA/TIDAK]

4. Apakah anak dapat berjalan mundur 5 langkah atau lebih tanpa kehilangan keseimbangan? (Anda mungkin dapat melihatnya ketika anak menarik mainannya). [Gerak kasar, YA/TIDAK]

5. Dapatkah anak melepas pakaiannya seperti: baju, rok atau celananya? (topi dan kaos kaki tidak ikut dinilai). [Gerak halus, Sosialisasi & kemandirian, YA/TIDAK]

6. Dapatkah anak berjalan naik tangga sendiri? Jawab YA jika ia naik tangga dengan posisi tegak atau berpegangan pada dinding atau pegangan tangga. Jawab TIDAK jika ia naik tangga dengan merangkak atau anda tidak membolehkan anak naik tangga atau anak harus berpegangan pada seseorang. [Gerak kasar, YA/TIDAK]

7. Tanpa bimbingan, petunjuk atau bantuan anda, dapatkah anak menunjuk dengan benar paling sedikit satu bagian badannya (rambut, mata, hidung, mulut atau bagian badan yang lain?) [Bicara & bahasa, YA/TIDAK]

8. Dapatkah anak makan nasi sendiri tanpa banyak tumpah? [Sosialisasi & kemandirian, YA/TIDAK]

9. Dapatkah anak membantu memungut mainannya sendiri atau membantu mengankat piring jika diminta? [Bicara & bahasa, YA/TIDAK]

10. Dapatkah anak dapat menendang bola kecil (sebesar bola tenis) ke depan tanpa berpegangan pada apapun? Mendorong tidak ikut dinilai. [Gerak kasar, YA/TIDAK]

🔷KPSP PADA ANAK UMUR 30 BULAN
1. Dapatkah anak melepas pakaiannya seperti: baju, rok atau celananya? (topi dan kaos kaki tidak ikut dinilai). [Gerak halus, Sosialisasi & kemandirian, YA/TIDAK]

2. Dapatkah anak berjalan naik tangga sendiri? Jawab YA jika ia naik tangga dengan posisi tegak atau berpegangan pada dinding atau pegangan tangga. Jawab TIDAK jika ia naik tangga dengan merangkak atau anda tidak membolehkan anak naik tangga atau anak harus berpegangan pada seseorang. [Gerak kasar, YA/TIDAK]

3. Tanpa bimbingan, petunjuk atau bantuan anda, dapatkah anak menunjuk dengan benar paling sedikit satu bagian badannya (rambut, mata, hidung, mulut atau bagian badan yang lain?) [Bicara & bahasa, YA/TIDAK]

4. Dapatkah anak makan nasi sendiri tanpa banyak tumpah? [Sosialisasi & kemandirian, YA/TIDAK]

5. Dapatkah anak membantu memungut mainannya sendiri atau membantu mengangkat piring jika diminta? [Bicara & bahasa, YA/TIDAK]

6. Dapatkah anak dapat menendang bola kecil (sebesar bola tenis) ke depan tanpa berpegangan pada apapun? Mendorong tidak ikut dinilai. [Gerak kasar, YA/TIDAK]

7. Bila diberi pensil, apakah anak mencoret-coret kertas tanpa bantuan atau petunnjuk? [Gerak halus, YA/TIDAK]

8. Dapatkah anak meletakkan 4 buah kubus satu persatu diatas kubus yang lain tanpamenjatuhkan kubus itu? Kubus yang digunakan ukuran 2.5-5 cm. [Gerak halus, YA/TIDAK]

9. Dapatkah anak menggunakan 2 kata pada saat berbicara seperti "minta minum", "mau tidur"? "Terimakasih" dan "dadah" tidak ikut dinilai. [Bicara & bahasa, YA/TIDAK]

10. Apakah anak dapat menyebut 2 diantara gambar-gambar ini tanpa bantuan? (menyebut dengan suara binatang tidak ikut dinilai) [Bahasa & bicara, YA/TIDAK]

🔷KPSP PADA ANAK UMUR 36 BULAN
1. Bila diberi pensil, apakah anak mencoret-coret kertas tanpa bantuan atau petunjuk? [Gerak halus, YA/TIDAK]

2. Dapatkah anak meletakkan 4 buah kubus satu persatu diatas kubus yang lain tanpa menjatuhkan kubus itu? Kubus yang digunakan ukuran 2.5-5 cm. [Gerak halus, YA/TIDAK]

3. Dapatkah anak menggunakan 2 kata pada saat berbicara seperti "minta minum", "mau tidur"? "Terimakasih" dan "dadah" tidak ikut dinilai. [Bicara & bahasa, YA/TIDAK]

4. Apakah anak dapat menyebut 2 diantara gambar-gambar ini tanpa bantuan? (menyebut dengan suara binatang tidak ikut dinilai) [Bahasa & bicara, YA/TIDAK]

5. Dapatkah anak melempar bola lurus ke arah perut atau dada anda dari jarak 1.5 meter? [Gerak kasar, YA/TIDAK]

6. Ikuti perintah ini dengan seksama. Jangan memberi isyarat dengan telunjuk atau mata pada saat memberikan perintah berikut ini:
     "Letakkan kertas ini di lantai"
     "Letakkan kertas ini di kursi"
     "Berikan kertas ini pada ibu"
Dapatkah anak melaksanakan ketiga perintah tadi? [Bicara & bahasa, YA/TIDAK]

7. Buat garis lurus ke bawah sepanjang sekurang-kurangnya 2.5 cm.
Suruh anak menggambar garis lain di samping garis ini.
Jawab YA bila ia menggambar garis seperti ini...(lurus)
Jawab TIDAK bila ia menggambar garis seperti ini... (ada sedikit melengkung) [Gerak halus, YA/TIDAK]

8. Letakkan selembar kertas seukuran buku ini di lantai. Apakah anak dapat melompati bagian lebar kertas dengan mengangkat kedua kakinya secara bersamaan tanpa didahului lari? [Gerak kasar, YA/TIDAK]

9. Dapatkah anak menggenakan sepatunya sendiri? [Sosialisasi & kemandirian, YA/TIDAK]

10. Dapatkah anak mengayuh sepeda roda tiga sejauh sedikitnya 3 meter? [Gerak kasar, YA/TIDAK]

🔷KPSP PADA ANAK UMUR 42 BULAN
1. Dapatkah anak menggenakan sepatunya sendiri? [Sosialisasi & kemandirian, YA/TIDAK]

2. Dapatkah anak mengayuh sepeda roda tiga sejauh sedikitnya 3 meter? [Gerak kasar, YA/TIDAK]

3. Setelah makan, apakah anak mencuci dan mengeringkan tangannya dengan baik sehingga anda tidak perlu mengulanginya? [Sosialisasi & kemandirian, YA/TIDAK]

4. Suruh anak berdiri  satu kaki tanpa berpegangan. Jika perlu tunjukkan caranya dan beri anak anda kesempatan melakukan 3 kali.
Dapatkah ia mempertahankan keseimbangan dalam waktu 2 detik atau lebih? [Gerak kasar, YA/TIDAK]

5.  Letakkan selembar kertas seukuran buku ini di lantai. Apakah anak dapat melompati panjang kertas ini dengan mengangkat kedua kakinya secara bersamaan tanpa didahului lari? [Gerak kasar, YA/TIDAK]

6. Jangan membatu anak dan jangan menyebut lingkaran. Suruh anak menggambar seperti contoh ini di kertas kosong yang tersedia. Dapatkah anak menggambar lingkaran? [Gerak halus, YA/TIDAK]

7. Dapatkah anak meletakkan 4 buah kubus satu persatu diatas kubus yang lain tanpa menjatuhkan kubus tersebut? Kubus yang digunakan ukuran 2.5-5 cm. [Gerak halus, YA/TIDAK]

8. Apakah anak dapat bermain petak umpet, ular naga atau permainan lain dimana ia ikut bermain dan mengikuti aturan bermain? [Sosialisasi & kemandirian, YA/TIDAK]

9. Dapatkah anak mengenakan celana panjang, kemeja, baju atau kaos kaki tanpa di bantu? (Tidak termasuk memasang kancing, gesper atau ikat pinggang) [Sosialisasi & kemandirian, YA/TIDAK]

🔷KPSP PADA ANAK UMUR 48 BULAN
1. Dapatkah anak mengayuh sepeda roda tiga sejauh sedikitnya 3 meter? [Gerak kasar, YA/TIDAK]

2. Setelah makan, apakah anak mencuci dan mengeringkan tangannya dengan baik sehingga anda tidak perlu mengulanginya? [Sosialisasi & kemandirian, YA/TIDAK]

3. Suruh anak berdiri  satu kaki tanpa berpegangan. Jika perlu tunjukkan caranya dan beri anak anda kesempatan melakukan 3 kali.
Dapatkah ia mempertahankan keseimbangan dalam waktu 2 detik atau lebih? [Gerak kasar, YA/TIDAK]

4.  Letakkan selembar kertas seukuran buku ini di lantai. Apakah anak dapat melompati panjang kertas ini dengan mengangkat kedua kakinya secara bersamaan tanpa didahului lari? [Gerak kasar, YA/TIDAK]

5.  Jangan membatu anak dan jangan menyebut lingkaran. Suruh anak menggambar seperti contoh ini di kertas kosong yang tersedia. Dapatkah anak menggambar lingkaran? [Gerak halus, YA/TIDAK]

6. Dapatkah anak meletakkan 8 buah kubus satu persatu diatas kubus yang lain tanpa menjatuhkan kubus tersebut? Kubus yang digunakan ukuran 2.5-5 cm. [Gerak halus, YA/TIDAK]

7. Apakah anak dapat bermain petak umpet, ular naga atau permainan lain dimana ia ikut bermain danmengikuti aturan bermain? [sosialisasi & kemandirian, YA/TIDAK]

8. Dapatkah anak mengenakan celana panjang, kemeja, baju atau kaos kaki tanpa di bantu? (Tidak termasuk memasang kancing, gesper atau ikat pinggang) [Sosialisasi & kemandirian, YA/TIDAK]

9. Dapatkah anak menyebutkan nama lengkapnya tanpa dibantu? Jawab TIDAK jika ia hanya menyebut sebagian namanya atau ucapannya sulit dimengerti. [Bicara & bahasa, YA/TIDAK]

🔷KPSP PADA ANAK UMUR 54 BULAN
1. Dapatkah anak meletakkan 8 buah kubus satu persatu diatas kubus yang lain tanpa menjatuhkan kubus tersebut? Kubus yang digunakan ukuran 2.5-5 cm. [Gerak halus, YA/TIDAK]

2. Apakah anak dapat bermain petak umpet, ular naga atau permainan lain dimana ia ikut bermain dan mengikuti aturan bermain? [Sosialisasi & kemandirian, YA/TIDAK]

3. Dapatkah anak mengenakan celana panjang, kemeja, baju atau kaos kaki tanpa di bantu? (Tidak termasuk memasang kancing, gesper atau ikat pinggang) [Sosialisasi & kemandirian, YA/TIDAK]

4. Dapatkah anak menyebutkan nama lengkapnya tanpa dibantu? Jawab TIDAK jika ia hanya menyebut sebagian namanya atau ucapannya sulit dimengerti. [Bicara & bahasa, YA/TIDAK]

5. Isi titik-titik di bawah ini dengan jawaban anak. Jangan membantu kecuali dengan mengulang pertanyaan.
"Apa yang kamu lakukan jika kamu kedinginan?".....
"Apa yang kamu lakukan jika kamu lapar?".....
"Apa yang kamu lakukan jika kamu lelah?".....
Jawan YA bila anak menjawab tiga pertanyaan tadi dengan benar, bukan dengan gerakan atau isyarat.
Jika kedinginan, jawaban yang benar adalah "Menggigil", "pakai mantel" atau "masuk ke dalam rumah."
Jila lapar jawaban yang benar adalah "makan"
Jika lelah jawaban yang benar adalah "mengantuk", "tidur", "berbaring atau tidur-tiduran", "istirahat" atau "diam sejenak" [Bicara & bahasa, YA/TIDAK]

6. Apakah anak dapat mengancingkan bajunya atau pakaian boneka? [Sosialisasi & kemandirian, YA/TIDAK]

7. Suruh anak berdiri satu kaki tanpa berpegangan. Jika perlu tunjukkan caranya dan beri anak anda kesempatan melakukannya 3 kali. Dapatkah ia mempertahankan keseimbangan dalam waktu 6 detik atau lebih? [Gerak kasar, YA/TIDAK]

8. Jangan mengoreksi atau membantu anak. Jangan menyebutkan kata "lebih panjang".
Perlihatkan gambar kedua garis ini pada anak. Tanyakan: "Mana garis yang lebih panjang?"
Setelah anak menunjuk, putar lembar ini dan menguangi pertanyaan tersebut. Setelah anak menunjuk, putar lembar ini lagi dan ulangi pertanyaan tadi.
Apakah anak dapat menunjuk garis yang lebih panjang sebanyak 3 kali dengan benar? [Gerak halus, YA/TIDAK]

9. Jangan membatu anak dan jangan memberitahu nama gambar ini. Suruh anak menggambar seperti contoh ini di atas kertas kosong yang tersedia. Berikan 3 kali kesempatan. Apakah anak dapat menggambar seperti contoh ini? [Gerak halus, YA/TIDAK]

10. Ikuti perintah ini dengan seksama. Jangan memberi isyarat dengan telunjuk atau muka pada saat memberikan perintah berikut ini:
     "Letakkan kertas ini di atas lantai"
     "Letakkan kertas ini di bawah kursi"
     "Letakkan kertas ini di depan kamu"
     "Letakkan kertas ini di belakang kamu"
Jawab YA jika anak mengerti arti "di atas", "di bawah", "di depan" dan  "di samping". [Bicara & bahasa, YA/TIDAK]

🔷KPSP PADA ANAK UMUR 60 BULAN
1.  Isi titik-titik di bawah ini dengan jawaban anak. Jangan membantu kecuali dengan mengulang pertanyaan.
"Apa yang kamu lakukan jika kamu kedinginan?".....
"Apa yang kamu lakukan jika kamu lapar?".....
"Apa yang kamu lakukan jika kamu lelah?".....
Jawan YA bila anak menjawab tiga pertanyaan tadi dengan benar, bukan dengan gerakan atau isyarat.
Jika kedinginan, jawaban yang benar adalah "Menggigil", "pakai mantel" atau "masuk ke dalam rumah."
Jila lapar jawaban yang benar adalah "makan"
Jika lelah jawaban yang benar adalah "mengantuk", "tidur", "berbaring atau tidur-tiduran", "istirahat" atau "diam sejenak" [Bicara & bahasa, YA/TIDAK]

2. Apakah anak dapat mengancingkan bajunya atau pakaian boneka? [Sosialisasi & kemandirian, YA/TIDAK]

3. Suruh anak berdiri satu kaki tanpa berpegangan. Jika perlu tunjukkan caranya dan beri anak anda kesempatan melakukannya 3 kali. Dapatkah ia mempertahankan keseimbangan dalam waktu 6 detik atau lebih? [Gerak kasar, YA/TIDAK]

4. Jangan mengoreksi atau membantu anak. Jangan menyebutkan kata "lebih panjang".
Perlihatkan gambar kedua garis ini pada anak. Tanyakan: "Mana garis yang lebih panjang?"
Setelah anak menunjuk, putar lembar ini dan menguangi pertanyaan tersebut. Setelah anak menunjuk, putar lembar ini lagi dan ulangi pertanyaan tadi.
Apakah anak dapat menunjuk garis yang lebih panjang sebanyak 3 kali dengan benar? [Gerak halus, YA/TIDAK]

5. Jangan membatu anak dan jangan memberitahu nama gambar ini. Suruh anak menggambar seperti contoh ini di atas kertas kosong yang tersedia. Berikan 3 kali kesempatan. Apakah anak dapat menggambar seperti contoh ini? [Gerak halus, YA/TIDAK]

6. Ikuti perintah ini dengan seksama. Jangan memberi isyarat dengan telunjuk atau muka pada saat memberikan perintah berikut ini:
     "Letakkan kertas ini di atas lantai"
     "Letakkan kertas ini di bawah kursi"
     "Letakkan kertas ini di depan kamu"
     "Letakkan kertas ini di belakang kamu"
Jawab YA jika anak mengerti arti "di atas", "di bawah", "di depan" dan  "di samping". [Bicara & bahasa, YA/TIDAK]

7. Apakah anak bereaksi dengan tenang atau tidak rewel (tanpa menangis atau menggelayut pada anda) pada saat anda meninggalkannya? [Sosialisasi & kemandirian, YA/TIDAK]

8. Jangan menunjuk, membantu atau membetulkan, katakan pada anak:
"Tunjukkan segi empat merah"
"Tunjukkan segi empat kuning"
"Tunjukkan segi empat biru"
"Tunjukkan segi empat hijau"
Dapatkah anak menunjuk keempat warna itu dengan benar? [Bicara & bahasa, YA/TIDAK]

9. Suruh anak melompat dengan satu kaki beberapa kali tanpa berpebangan (Lompatan dengan dua kaki tidak ikut di nilai). Apakah ia dapat melompat 2-3 kali dengan satu kaki? [Gerak kasar, YA/ TIDAK]

10. Dapatkah anak sepenuhnya berpakaian sendiri tanpa bantuan? [Sosialisasi & kemandirian, YA/TIDAK]

🔷KPSP PADA ANAK UMUR 66 BULAN
1.  Jangan membatu anak dan jangan memberitahu nama gambar ini. Suruh anak menggambar seperti contoh ini di atas kertas kosong yang tersedia. Berikan 3 kali kesempatan. Apakah anak dapat menggambar seperti contoh ini? [Gerak halus, YA/TIDAK]

2.  Ikuti perintah ini dengan seksama. Jangan memberi isyarat dengan telunjuk atau muka pada saat memberikan perintah berikut ini:
     "Letakkan kertas ini di atas lantai"
     "Letakkan kertas ini di bawah kursi"
     "Letakkan kertas ini di depan kamu"
     "Letakkan kertas ini di belakang kamu"
Jawab YA jika anak mengerti arti "di atas", "di bawah", "di depan" dan  "di samping". [Bicara & bahasa, YA/TIDAK]

3. Apakah anak bereaksi dengan tenang atau tidak rewel (tanpa menangis atau menggelayut pada anda) pada saat anda meninggalkannya? [Sosialisasi & kemandirian, YA/TIDAK]

4. Jangan menunjuk, membantu atau membetulkan, katakan pada anak:
"Tunjukkan segi empat merah"
"Tunjukkan segi empat kuning"
"Tunjukkan segi empat biru"
"Tunjukkan segi empat hijau"
Dapatkah anak menunjuk keempat warna itu dengan benar? [Bicara & bahasa, YA/TIDAK]

5. Suruh anak melompat dengan satu kaki beberapa kali tanpa berpegangan (Lompatan dengan dua kaki tidak ikut di nilai). Apakah ia dapat melompat 2-3 kali dengan satu kaki? [Gerak kasar, YA/ TIDAK]

6. Dapatkah anak sepenuhnya berpakaian sendiri tanpa bantuan? [Sosialisasi & kemandirian, YA/TIDAK]

7. Suruh anak menggambar di tempat kosong yang tersedia. Katakan padanya: "Buatlah gambar orang".
Jangan memberi perintah lebih dari itu. Jangan bertanya atau mengingatkan anak bila ada bagian yang belum tergambar. Dalam memberi nilai hitunglah  beberapa bagian tubuh yang tergambar. Untuk bagian tubuh yang berpasangan seperti mata, telinga, tangan dan kaki, setiap pasang dinilai satu bagian. Dapatkah anak menggambar sedikitnya 3 bagian tubuh? [Gerak halus, YA/TIDAK]

8. Pada gambar yang di buat pada nomor 7, dapatkah anak menggambar sedikitnya 6 bagian tubuh? [Gerak halus, YA/TIDAK]

9. Tulis apa yang dikatan anak pada kalimat-kalimat yang belum selesai ini, jangan membantu kecuali mengulang pertanyaan:
     "Jika kuda besar maka tikus....."
     "Jika api panas maka es....."
     "Jika ibu seorang wanita maka ayah seorang....."
Apakah anak menjawab dengan benar (tikus kecil, es dingin, ayah seorang pria)? [Bicara & bahasa, YA/TIDAK]

10. Apakah anak dapat menangkap bola kecil sebesar bola tenis atau bola kasti  hanya dengan menggunakan kedua tangannya? (Bola besar tidak ikut dinilai) [Gerak kasar, YA/TIDAK]

🔷KPSP PADA ANAK UMUR 72 BULAN
1.  Jangan menunjuk, membantu atau membetulkan, katakan pada anak:
"Tunjukkan segi empat merah"
"Tunjukkan segi empat kuning"
"Tunjukkan segi empat biru"
"Tunjukkan segi empat hijau"
Dapatkah anak menunjuk keempat warna itu dengan benar? [Bicara & bahasa, YA/TIDAK]

2. Suruh anak melompat dengan satu kaki beberapa kali tanpa berpegangan (Lompatan dengan dua kaki tidak ikut di nilai). Apakah ia dapat melompat 2-3 kali dengan satu kaki? [Gerak kasar, YA/ TIDAK]

3. Dapatkah anak sepenuhnya berpakaian sendiri tanpa bantuan? [Sosialisasi & kemandirian, YA/TIDAK]

4. Suruh anak menggambar di tempat kosong yang tersedia. Katakan padanya: "Buatlah gambar orang".
Jangan memberi perintah lebih dari itu. Jangan bertanya atau mengingatkan anak bila ada bagian yang belum tergambar. Dalam memberi nilai hitunglah  beberapa bagian tubuh yang tergambar. Untuk bagian tubuh yang berpasangan seperti mata, telinga, tangan dan kaki, setiap pasang dinilai satu bagian. Dapatkah anak menggambar sedikitnya 3 bagian tubuh? [Gerak halus, YA/TIDAK]

5. Pada gambar yang di buat pada nomor 4, dapatkah anak menggambar sedikitnya 6 bagian tubuh? [Gerak halus, YA/TIDAK]

6. Tulis apa yang dikatan anak pada kalimat-kalimat yang belum selesai ini, jangan membantu kecuali mengulang pertanyaan:
     "Jika kuda besar maka tikus....."
     "Jika api panas maka es....."
     "Jika ibu seorang wanita maka ayah seorang....."
Apakah anak menjawab dengan benar (tikus kecil, es dingin, ayah seorang pria)? [Bicara & bahasa, YA/TIDAK]

7. Apakah anak dapat menangkap bola kecil sebesar bola tenis atau bola kasti  hanya dengan menggunakan kedua tangannya? (Bola besar tidak ikut dinilai) [Gerak kasar, YA/TIDAK]

8. Suruh anak berdiri satu kaki tanpa berpegangan. Jika perlu tunjukkan caranya dan beri anak anda kesempatan melakukannya 3 kali. Dapatkah ia mempertahankan keseimbangan dalam waktu 11 detik atau lebih? [Gerak kasar, YA/TIDAK]

9. Jangan membatu anak dan jangan memberitahu nama gambar ini. Suruh anak menggambar seperti contoh ini di kertas kosong yang tersedia. Berikan 3 kali kesempatan. Apakah anak dapat menggambar seperti contoh ini? [gerak halus, YA/TIDAK]

10.  Isi titik-titik di bawah ini dengan jawaban anak. Jangan membantu kecuali dengan mengulang pertanyaan sampai 3 kali bila anak menanyakannya.
     "Sendok dibuat dari apa?".....
     "Sepatu dibuat dari apa?".....
     "Pintu dibuat dari apa?".....
Apakah anak dapat menjawab ke 3 pertanyaan di atas dengan benar?
Sendok dibuat dari besi, baja, plastik, kayu.
Sepatu dibuat dari kulit, karet, kain, plastik, kayu.
Pintu dibuat dari kayu, besi, kaca. [Bicara & bahasa, YA/TIDAK]

🌷🌸🌷
Monggo dibaca dulu dengan baik pertanyaan-pertanyaan yang ada di kuesionernya berdasarkan usia anak bunda.

Bila tidak jelas atau ragu-ragu tanyakan lebih lanjut agar mengerti sebelum melaksanakan.

Pertanyaan dijawab berurutan satu persatu.

Setiap pertanyaan hanya mempunyai satu jawaban =
 "YA" atau "TIDAK"

Teliti kembali semua pertanyaan dan jawaban.

💎Apakah ada pengaruhnya bund bayi keluar masuk RS dengan perkembangan motoriknya? Trauma atau sejenisnya begitu, Atau efek obat???
Mau diisi tapi masih ragu jadi tanya dulu.

💊Ada bunda.

Interpretasi Hasil KPSP

Hitung jawaban "Ya" (bila dijawab bisa atau sering atau kadang-kadang).

Hitung jawaban "Tidak" (bila jawaban belum pernah atau tidak pernah)

Bila jawaban "YA" = 9-10, ➡perkembangan anak sesuai dengan tahapan perkembangan (S)


Bila jawaban "YA" = 7 atau 8, perkembangan anak meragukan (M)


Bila jawaban "YA" = 6 atau kurang, kemungkinan ada penyimpangan (P).

Untuk Anak dengan Perkembangan SESUAI (S), maka =

1) Orangtua atau pengasuh anak sudah mengasuh anak dengan baik.

2) Pola asuh anak selanjutnya terus lakukan sesuai dengan bagan stimulasi sesuaikan dengan umur dan kesiapan anak.

3) Keterlibatan orang tua sangat baik dalam tiap kesempatan stimulasi. Tidak usah mengambil momen khusus. Laksanakan stimulasi sebagai kegiatan sehari-hari yang terarah.

4) Ikutkan anak setiap ada kegiatan Posyandu.

Untuk Anak dengan Perkembangan MERAGUKAN (M), maka=

1) Konsultasikan nomor jawaban "TIDAK".

2) Mintalah jenis stimulasi apa yang diberikan lebih sering.

3) Lakukan stimulasi intensif selama 2 minggu untuk mengejar ketertinggalan anak.

4) Bila anak sakit lakukan pemeriksaan kesehatan pada dokter atau dokter anak. Tanyakan adakah penyakit pada anak tersebut yang menghambat perkembangannya.

5) Lakukan KPSP ulang setelah 2 minggu menggunakan daftar KPSP yang sama pada saat anak pertama dinilai.

6) Bila usia anak sudah berpindah golongan dan KPSP yang pertama sudah bisa semua dilakukan. Lakukan lagi untuk KPSP yang sesuai umur anak.

Misalnya =
Umur anak sekarang adalah 8 bulan 2 minggu, dan ia hanya bisa 7-8 YA. Lakukan stimulasi selama 2 minggu.

Pada saat menilai KPSP kembali gunakan dulu KPSP 6 bulan.

Bila semua bisa, karena anak sudah berusia 9 bulan, bisa dilaksanakan KPSP 9 bulan.

7) Lakukan skrining rutin, pastikan anak tidak mengalami ketertinggalan lagi.

8) Bila setelah 2 minggu intensif stimulasi, jawaban masih (M) = 7-8 jawaban "YA".

➡Konsultasikan dengan dokter spesialis anak atau ke rumah sakit dengan fasilitas klinik tumbuh kembang.


Alhamdulillah materinya sudah selesai, Nisa kembalikan ke kk mitha.

Alhamdulillah barakollah dik Nisa,, materinya buat Mitha senyum sudah lupa semua.  Manfaat sekali.


🌷🌷🌷🔹🔹🔹🌷🌷🌷
        💎TaNYa JaWaB💎

0⃣1⃣ Key
Ini si dedek dah bisa semua cuma belum bisa duduk sendiri. Kalau di dudukkan sudah tegak lama dan enjoy sama mainan nya. Tapi kadang kala masih suka jatuhin badan kebelakang. 2 minggu kemarin dari DSA katanya motoric delay, apa itu salah satu sebabnya dari konsumsi obat bund??

💊Jawab:
Umurnya 10 bulan ya bunda?

💎Iya tanggal 3 kemarin 10 bulan.

💊Motorik delay = keterlambatan perkembangan motorik.

Sudahkah anak bunda dikonsultasikan ke dokter SPA?

Apa penyebabnya menurut dokternya bun?

Sakit apakah dede cantik?

💎Itu yang bilang DSA nya bunda, Kemarin sempat kena Bronco Pneumonia, dan terakhir opname 4 bulan yang lalu bund.., Itupun sempat masuk ICU kesadaran menurun dkk nya.

💊Insyaallah dede shalihah semakin sehat kondisinya. Aamiin yaa robbal aalamiin.

Berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui keterlambatan perkembangan motorik anak dengan melihat perkembangan motorik sesuai dengan penyebabnya baik riwayat penyakit atau perkembangan adalah yang terbaik.

Sehingga dokter akan melakukan penanganan dini.

Tetap semangat bunda key kuat untuk melatih perkembangan dede shalihah agar sesuai dengan kecakapan perkembangan sesuai dengan umurnya.

Boleh juga dikonsultasikan ke bagian fisioterapi tumbuh kembang anak.

0⃣2⃣ Rini
Assalamualaikum bubid Nissa...
Point' no.2 menyusun kubus dan no.6 menaiki tangga sendiri belum bisa bu bidan.

Bagaimana cara menstimulasikannya dan apakah perkembangan anak saya masih tergolong normalkah?

💊Jawab:
Usia berapakah si dede bund?

💎28 bulan bubid dan kalau makan sendiri pun masih tumpah-tumpahan bubid, Apakah masih normal?

💊Untuk dede berarti menggunakan KPSP untuk usia 24 bulan ya bund?

Ada berapa poinkah yang belum bisa dilakukan dede?

💎Ada 3 point' bu bidan menyusun kubus, menaik tangga, makan masih tumpah-tumpahan...

💊Berarti status KPSP nya adalah "M" = meragukan, maka lakukan =

Untuk Anak dengan Perkembangan MERAGUKAN (M), maka=
1) Konsultasikan nomer jawaban "TIDAK".

2) Mintalah jenis stimulasi apa yang diberikan lebih sering.

3) Lakukan stimulasi intensif selama 2 minggu untuk mengejar ketertinggalan anak.

4) Bila anak sakit lakukan pemeriksaan kesehatan pada dokter atau dokter anak. Tanyakan adakah penyakit pada anak tersebut yang menghambat perkembangannya.

5) Lakukan KPSP ulang setelah 2 minggu menggunakan daftar KPSP yang sama pada saat anak pertama dinilai.

6) Bila usia anak sudah berpindah golongan dan KPSP yang pertama sudah bisa semua dilakukan. Lakukan lagi untuk KPSP yang sesuai umur anak.

Misalnya =
Umur anak sekarang adalah 8 bulan 2 minggu, dan ia hanya bisa 7-8 "YA". Lakukan stimulasi selama 2 minggu.

Pada saat menilai KPSP kembali gunakan dulu KPSP 6 bulan.

Bila semua bisa, karena anak sudah berusia 9 bulan, bisa dilaksanakan KPSP 9 bulan.

7) Lakukan skrining rutin, pastikan anak tidak mengalami ketertinggalan lagi.

8) Bila setelah 2 minggu intensif stimulasi, jawaban masih (M) = 7-8 jawaban "YA".

➡Konsultasikan dengan dokter spesialis anak atau ke rumah sakit dengan fasilitas klinik tumbuh kembang.

💎Jazakillah bu bidan atas penjelasannya.

0⃣3⃣ Winda
Bubid maksudnya point 10 (anak 12 bulan) itu tangan kanan dan kiri pegang kubus kemudian di dekatkan begitu?

💊Jawab:
Betul bunda winda.
Apakah anaknya bunda berusia 12 bulan?

💎Besok tanggal 21 pas 12 bulan bu.

💊Berarti saat ini dede menggunakan penilaian KPSP untuk usia 9 bulan ya bund.
Jika sudah genap berusia 12 bulan (tanggal 21-2-18), baru menggunakan KPSP usia 12 bulan.

Jika KPSP usia 9 bulan mampu dilakukan semua, boleh melatih untuk yang usia 12 bulan namun tidak boleh dipaksakan langsung bisa, harus secara bertahap ya bund.

💎Kalau pakai yang umur 9 bulan hanya point 9 yang belum pernah di coba, yang lainnya alhamdulillah sudah bisa.

💊Monggo dicoba ya bund.

💎Iya bubid, jazakillah khairan.

0⃣4⃣ Vika
Assalamualaikum bu Nisa.

Si kembar sekarang umurnya 3 bulan 15 hari, tapi belum bisa tengkurap dan penglihatannya juga belum begitu respon ketika di tegur atau di ajak bercanda.

💊Jawab:
Untuk dede kembar menggunakan KPSP untuk usia 3 bulan bu vika. Silahkan dinilai ada berapa poinkah yang belum bisa si kembar kuasai?

Menilai sambil melatih secara bertahap.

💎Iya bu makasih, banyak poin yang belum kembar kuasai.

💊Semangaat melatih stimulasi perkembangannya ya bu Vika.

💎Iya bu. Makasih ya, besok ada di klinik kah? Mau nimbang?

💊Ada insyaallah, kita latihan langsung dengan KPSP ya bu.

💎Ok, terimakasih ya bu.

💊Sama-sama.

0⃣5⃣ Anita
Ini my mami sekitar 6 bulan tidak haid, kira-kira apa penyebabnya ya bu? Usia 42 tahun. Tidak hamil dan tidak pakai kb.

💊Jawab:
Kemungkinan sudah masuk fase klimakterium yaitu menopuse dini ukhti anita.

0⃣6⃣ Laila
Bunda, anak saya balita usia 35 bulan (perempuan) bb 10,5 kg dan 17 bulan (laki-laki) bb 8,5 kg, yang menurut bidan termasuk kurang.

Tetapi status KPSP nya dapat 9 poin semua, apakah seperti itu perlu dikonsultasikan ke dokter?
sedangkan mereka tidak ada riwayat sakit apa-apa, hanya bb nya yang sulit sekali naik!

💊Jawab:
1) Untuk putri bunda,
Jika melihat KMS, Anak usia 35 bulan dengan berat badan 10,5 kg = grafik pertumbuhannya ada digaris atau pita kuning berarti merupakan warning atau peringatan kepada bunda agar tidak semakin turun berat badannya ke bawah garis merah atau yang biasa disebut dengan BGM (Bawah Garis Merah). Perlu dikaji lebih lanjut mengapa anak sulit naik berat badannya yaitu dengan konsultasi ke dokter.

2) Untuk putra bunda yang berusia 17 bulan dengan berat badan 8,5 kg, jika melihat di grafik pertumbuhan di KMS berada di garis atau pita hijau muda, masih dianggap normal berat badannya sesuai umur.

3) Untuk status KPSP dengan nilai 9, berarti "sesuai" perkembangannya. Tinggal melatih 1poin lagi untuk meningkatkan perkembangannya.

Untuk dede berarti menggunakan KPSP untuk usia 15 bulan ya bund dan bunda sudah menilai 9 dapat dilakukan.

Boleh tahu poin yang manakah yang dede belum bisa lakukan?

💎Poin 1 bunda, karena belum pernah praktek (tidak punya kubus).

💊Kubus bisa diganti dengan mainan apa saja yang berbentuk kotak bunda.

💎Besok coba dipraktekkan.

Terimakasih atas jawabannya.

0⃣7⃣ Luluk Masluhah
Teman saya baru melahirkan, anaknya sekarang berumur 4 bulan. Dan dia menyusui. Untuk ibu menyusui baiknya menggunakan KB apa ya bund? Sekarang dia menggunakan KB suntik yang 3 bulan tapi katanya sering datang bulan, dan darah haidnya banyak, apa itu tidak apa-apa? Kalau seumpama mau ganti baiknya ganti KB apa ya bun?

💊Jawab:
Metode KB untuk ibu menyusui,
1) Ada yang mengandung hormonal = KB Suntik 3 bulan, dan KB pil khusus laktasi atau menyusui.

2) KB non hormonal = IUD, kondom.

Temannya bunda saat ini menggunakan KB suntik 3 bulan dan mengalami haid yang sering dan darah haid yang banyak, dan pastinya merasa terganggu ya bund?

Sebenarnya itu adalah reaksi kerja dari KB hormonal bunda. Namun jika merasa terganggu atau tidak cocok maka bisa diganti metode KB nya dengan yang non hormonal.

💎Tapi sebenarnya sering haid itu tidak apa-apa ya bun? Apa memang seperti itu? Dia takut hehe...

💊Jika sering haid dengan curah darah yang banyak setiap kali haid dan menyebabkan lemas sehingga mempengaruhi kesehatan dan aktifitas sehari hari = tidak boleh, karenanya harus diganti metode KB nya.

💎Terimakasih jawabanya bunda.

💊Sama-sama Semoga bermanfaat. Aamiin.

Baiklah, sepertinya sudah pada bobo cantik semuanya karena sudah semakin larut juga, kita sudahi dulu kajian malam hari ini ya shalihah.
Insyaallah kita lanjutkan pada forum KONSULTASI besok. Aamiin.

Met rehat sahabat surgaku.
Nisa mohon maaf lahir bathin jika dalam penyampaian Nisa banyak kekurangan.

Semoga bisa bermanfaat. Aamiin yaa robbal aalamiin.

Insyaallah Allah masih mempertemukan kita disepertiga malamNya. Aamiin yaa robbal aalamiin.
Semangat sehat selalu.


🌷🌷🌷🔹🔹🔹🌷🌷🌷
 💎CLoSSiNG STaTeMeNT💎

Pentingnya memantau  perkembangan anak dengan KPSP atau bisa juga para bunda rajin membawa anak ke kelas ibu balita atau Pos PAUD HI (Pos Pengembangan Anak Usia Dini Holistik Integratif) untuk mendapatkan pelayanan SDIDTK (Stimulasi Deteksi Intervensi Dini Tumbuh Kembang) agar dapat diketahui apakah perkembangan anak sesuai umurnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar