OLeh : Ustadz Farid Nu'man
*Hukum Ruqyah (Mantera atau Jampi) Dalam Islam*
_Oleh: Farid Nuโman Hasan_
*
๐ทDefinisi Ruqyah*

Ar Ruqyah(ุงูุฑููุฉ) adalah mantera, guna-guna, jampi, dan jimat.
(Ahmad Warson Al Munawwir, Al Munawwir, Hal. 525. Pustaka Progressif)
(Ahmad Warson Al Munawwir, Al Munawwir, Hal. 525. Pustaka Progressif)
Disebutkan Al โAzaim; jimat-jimat adalah ruqaa (jampi/mantera).
(Al Jauhari, Ash Shihah fil Lughah, 1/468. Mawqiโ Al Warraq. Lihat juga Al Fairuzabadi, Al Qamus Al Muhith, 3/259. Mawqiโ Al Warraq)
(Al Jauhari, Ash Shihah fil Lughah, 1/468. Mawqiโ Al Warraq. Lihat juga Al Fairuzabadi, Al Qamus Al Muhith, 3/259. Mawqiโ Al Warraq)
Al Laits mengatakan โAzimah (jimat)adalah bagian dari mantera (Ruqaa) yang dengannya menguatkan jin dan para arwah.
(Al Azhari, Tahdzbul Lughah, 1/202. Mawqiโ Al Warraq. Lihat juga Ibnu Manzhur Al Mishri, Lisanul โArab, 12/399. Dar Shadir. Juga Az Zabidi, Tajul โArus, Hal. 7817. Mawqiโ Al Warraq)
(Al Azhari, Tahdzbul Lughah, 1/202. Mawqiโ Al Warraq. Lihat juga Ibnu Manzhur Al Mishri, Lisanul โArab, 12/399. Dar Shadir. Juga Az Zabidi, Tajul โArus, Hal. 7817. Mawqiโ Al Warraq)
Demikian makna ruqyah. Ruqyah adalah ruqyah, walau pun dikatakan dia sebagai karya sastra, seni keindahan kata, namun tujuan dan fungsinya tidak berubah yakni untuk mengobati penyakit, menangkal, dan mengusir syetan. Dan, justru ruqyah sendiri juga bisa berfungsi sebagai kejahatan seperti guna-guna yang menggunakan jasa syetan juga.
Syaikh โAthiyah Shaqr Rahimahullah, Mufti Mesir pada zamannya menguraikan makna Ruqyah sebagai berikut:
_โAr Ruqaa jamaknya adalah Ar Ruqyah yaitu kata-kata yang diucapkan manusia untuk mencegah keburukan atau menghilangkannya, mereka melindungi diri dengannya sampai mereka tidak tertimpa apa yang mereka benci, atau mereka mengobati dengannya orang sakit hingga sembuh dari penyakitnya.โ_
(Fatawa Al Azhar, 7/376. Mawqiโ Wizarah Al Awqaf Al Mishriyah)
_โAr Ruqaa jamaknya adalah Ar Ruqyah yaitu kata-kata yang diucapkan manusia untuk mencegah keburukan atau menghilangkannya, mereka melindungi diri dengannya sampai mereka tidak tertimpa apa yang mereka benci, atau mereka mengobati dengannya orang sakit hingga sembuh dari penyakitnya.โ_
(Fatawa Al Azhar, 7/376. Mawqiโ Wizarah Al Awqaf Al Mishriyah)
*
๐ทDalil-Dalil Ruqyah*

Ruqyah pada umumnya adalah tidak boleh. Ini sesuai hadits:
ุฅูููู ุงูุฑููููู ููุงูุชููู
ูุงุฆูู
ู ููุงูุชููููููุฉู ุดูุฑููู
_โSesungguhnya ruqyah, jimat, dan tiwalah (pelet), adalah syirik.โ_
(HR. Abu Daud No. 3383, Ibnu Majah No.3530, Syaikh Al Albani menshahihkan dalam Shahih wa Dhaif Sunan Ibni Majah No. 3530)
(HR. Abu Daud No. 3383, Ibnu Majah No.3530, Syaikh Al Albani menshahihkan dalam Shahih wa Dhaif Sunan Ibni Majah No. 3530)
Tapi tidak semua dilarang, dari โAuf bin Malik Radhiallahu โAnhu, dia berkata:
ููุง ูุฑูู ูู ุงูุฌุงูููุฉุ ููููุง: ูุงุฑุณูู ุงููููุ ููู ุชุฑู ูู ุฐููุ ููุงู: "ุงุนุฑุถูุง ุนูููู ุฑูุงูู
ุ ูุงุจุฃุณ ุจุงูุฑูู ู
ุง ูู
ุชูู ุดุฑูุงู
_โKami meruqyah pada masa jahiliyah, kami berkata: ya Rasulullah, bagaimana pendapatmu tentang itu?โ Beliau bersabda: โPerlihatkan ruqyahmu padaku, tidak apa-apa selama tidak mengandung kesyirikan.โ_
(HR. Abu Daud No.3886, dishahihkan oleh Syaikh Al Albani dalam As Silsilah Ash Shahihah No. 1066)
(HR. Abu Daud No.3886, dishahihkan oleh Syaikh Al Albani dalam As Silsilah Ash Shahihah No. 1066)
Masih banyak hadits lainnya.
*
๐ทMacam-Macam Ruqyah*

Kesimpulan, ruqyah (mantera/jampi) ada dua macam:
1. *Ruqyah Syirkiyah* yakni ruqyah yang mengandung kesyirikan, yaitu menggunakan kata-kata atau kalimat atau huruf-huruf tidak jelas, atau mengandung kekufuran, bukan bahasa Arab, baik dibacakan atau dituliskan dikertas, wadah, dan lainnya, bahkan pembacanya sendiri belum tentu tahu maknanya. Ini termasuk haram menurut ijmaโ (aklamasi ulama), pelakunya tercela dan penggunanya berdosa besar, tetapi termasuk kategori syirk ashghar (syirik kecil). Ini semua harus ditinggalkan.
1. *Ruqyah Syirkiyah* yakni ruqyah yang mengandung kesyirikan, yaitu menggunakan kata-kata atau kalimat atau huruf-huruf tidak jelas, atau mengandung kekufuran, bukan bahasa Arab, baik dibacakan atau dituliskan dikertas, wadah, dan lainnya, bahkan pembacanya sendiri belum tentu tahu maknanya. Ini termasuk haram menurut ijmaโ (aklamasi ulama), pelakunya tercela dan penggunanya berdosa besar, tetapi termasuk kategori syirk ashghar (syirik kecil). Ini semua harus ditinggalkan.
Berkata Imam An Nawawi Rahimahullah:
ุจููู ุงููู
ูุฏูุญ ููู ุชูุฑูู ุงูุฑููููู ุงููู
ูุฑูุงุฏ ุจูููุง ุงูุฑููููู ุงูููุชูู ูููู ู
ููู ููููุงู
ุงูููููููุงุฑ ุ ููุงูุฑููููู ุงููู
ูุฌููููููุฉ ุ ููุงูููุชูู ุจูุบูููุฑู ุงููุนูุฑูุจููููุฉ ุ ููู
ูุง ููุง ููุนูุฑูู ู
ูุนูููุงููุง ุ ููููุฐููู ู
ูุฐูู
ููู
ูุฉ ููุงุญูุชูู
ูุงูู ุฃูููู ู
ูุนูููุงููุง ููููุฑ ุ ุฃููู ููุฑููุจ ู
ููููู ุ ุฃููู ู
ูููุฑููู
_โBahkan, adalah hal yang terpuji meninggalkan ruqyah, yakni ruqyah yang terbuat dari kata-kata orang kafir, majhul (tidak dikenal), bukan bahasa Arab, dan apa-apa yang tidak diketahui maknanya. Ini semua adalah tercela karena maknanya mengandung kekufuran, atau mendekatinya, atau makna yang dibenci.โ_
(Syarh Shahih Muslim, 7/325. Mawqiโ Islam)
(Syarh Shahih Muslim, 7/325. Mawqiโ Islam)
Berkata Imam Al Maziri Rahimahullah:
ููู
ููููููู ุนูููููุง ุฅูุฐูุง ููุงููุชู ุจูุงููููุบูุฉู ุงููุนูุฌูู
ููููุฉ ุ ุฃููู ุจูู
ูุง ููุง ููุฏูุฑูู ู
ูุนูููุงูู ุ ููุฌูููุงุฒู ุฃููู ูููููู ููููู ููููุฑ .
_โRuqyah yang dilarang adalah jika menggunakan bahasa selain Arab, atau yang tidak diketahui maknanya, yang boleh jadi mengandung kekufuran.โ_ (Ibid)
Maka, ruqyah (mantera/jampi) yang menggunakan bahasa selain Arab, atau tidak jelas dan tidak diketahui makna kata-katanya, atau jelas mengandung kekufuran, maka semua ini haram. Walau pun menusia menilainya sebagai karya sastra tanah leluhur. Sungguh, masih banyak karya sastra lain yang sesuai dengan syariat, yang berisikan hikmah dan pelajaran tentang kehidupan, baik yang berupa cerpen, syair, atau novel. Ini lebih baik untuk dinikmati dan dikaji.
Ada pun jimat, Berikut Fatwa Lajnah Daimah kerajaan Saudi Arabia:
ูุฃูู ู
ุดุฑู ุฅุฐุง ูุงู ูุนุชูุฏ ุฃู ุงูุชู
ุงุฆู
ุชููุน ูุชุถุฑุ ุฃู
ุง ุฅู ูุงู ูุนุชูุฏูุง ู
ู ุงูุฃุณุจุงุจ ูุงููู ูู ุงููุงูุน ุงูุถุงุฑ ูุชุนููููุง ู
ู ุงูุดุฑู ุงูุฃุตุบุฑ
_โKarena hal itu menjadikannya musyrik, jika dia meyakini bahwa jimat-jimat itu membawa manfaat dan mudharat, ada pun jika dia meyakininya sebagai sebab saja dan Allah yang memberikan manfaat atau mudharat, maka menggantungkan jimat adalah syirik kecil.โ_
(Fatawa Al Lajnah Ad Daimah Lil Buhuts wal Iftaโ No. 181)
(Fatawa Al Lajnah Ad Daimah Lil Buhuts wal Iftaโ No. 181)
Tetapi dia bisa menjadi syirk akbar, berikut penjelasan Syaikh Shalih Fauzan Hafizhahullahi :
ูู
ุซู ุชุนููู ุงูุชู
ุงุฆู
ุฎููุงู ู
ู ุงูุนูู ูุบูุฑูุง ุ ุฅุฐุง ุงุนุชูุฏ ุฃู ูุฐู ุฃุณุจุงุจ ูุฑูุน ุงูุจูุงุก ุฃู ุฏูุนู ุ ููุฐุง ุดุฑู ุฃุตุบุฑ . ูุฃู ุงููู ูู
ูุฌุนู ูุฐู ุฃุณุจุงุจุง . ุฃู
ุง ุฅู ุงุนุชูุฏ ุฃููุง ุชุฏูุน ุฃู ุชุฑูุน ุงูุจูุงุก ุจููุณูุง ููุฐุง ุดุฑู ุฃูุจุฑ ุ ูุฃูู ุชุนูู ุจุบูุฑ ุงูููู .
_โMisalnya menggantungkan jimat lantaran khawatir atas kejahatan mata atau lainnya, jika dia meyakini jimat adalah sebab untuk menghilangkan atau menolak bala, maka ini syirik kecil karena Allah Taโala tidak pernah menjadikan jimat sebagai sebab. Ada pun jika dia meyakini bahwa jimat itu sendiri yang mencegah dan menghilangkan bala, maka ini syirik besar, karena dia telah bergantung kepada selain Allah.โ_
(Kitabut Tauhid, Hal. 12. Mawqiโ Al Islam)
(Kitabut Tauhid, Hal. 12. Mawqiโ Al Islam)
2. *Ruqyah Syarโiyyah* yaitu mantera/jampi yang menggunakan ayat Al Quran, Asmaul Husna, dzikir yang maโtsur (berasal dari Rasulullah), dan doa-doa perlindungan, dan bebas dari muatan syirik, maka semua ini boleh. Sebagaimana yang Rasulullah Shallallahu โAlaihi wa Sallam rekomendasikan kepada sahabatnya, Auf bin Malik Radhiallahu โAnhu.
Banyak sekali riwayat dalam Shahihain (Bukhari-Muslim) yang menyebutkan ruqyah dengan Al Quran; seperti dengan Al Fatihah, untuk orang yang kesengat gigitan hewan. Membaca Al-Ikhlas, Al-Falaq dan An-Nas ditiupkan ke dua telapak tangan lalu diusapkan ke wajah dan badan menjelang tidur. Membaca doa Allahumma adzhibil baโsa dan seterusnya untuk orang sakit dan lainnya.
Al Hafizh Ibnu Hajar Al Asqalani Rahimahullah mengatakan:
ููููุฏู ุฃูุฌูู
ูุนู ุงููุนูููู
ูุงุก ุนูููู ุฌูููุงุฒ ุงูุฑููููู ุนูููุฏ ุงูุฌูุชูู
ูุงุน ุซูููุงุซูุฉ ุดูุฑููุท : ุฃููู ูููููู ุจูููููุงู
ู ุงููููู ุชูุนูุงููู ุฃููู ุจูุฃูุณูู
ูุงุฆููู ููุตูููุงุชู ุ ููุจูุงููููุณูุงูู ุงููุนูุฑูุจููู ุฃููู ุจูู
ูุง ููุนูุฑูู ู
ูุนูููุงูู ู
ููู ุบูููุฑู ุ ููุฃููู ููุนูุชูููุฏ ุฃูููู ุงูุฑููููููุฉ ููุง ุชูุคูุซูุฑ ุจูุฐูุงุชูููุง ุจููู ุจูุฐูุงุชู ุงููููู ุชูุนูุงููู .
_โUlama telah ijmaโ bolehnya ruqyah jika memenuhi tiga syarat: 1. Menggunakan firman Allah Taโala atau dengan asma dan sifat-sifatNya. 2. Dengan lisan bahasa Arab atau dengan bahasa yang bisa diketahui maknanya selain bahasa Arab. 3. Meyakini bahwa ruqyah tidak mmberikan pengaruh dengan zatnya sendiri, tetapi Allah Taโala yang memberikan pengaruhnya.โ_
(Fathul Bari, 10/195. Darul Fikr)
(Fathul Bari, 10/195. Darul Fikr)
Imam An Nawawi Rahimahullah menjelaskan:
ููุฃูู
ููุง ุงูุฑููููู ุจูุขููุงุชู ุงููููุฑูุขู ุ ููุจูุงููุฃูุฐูููุงุฑู ุงููู
ูุนูุฑููููุฉ ุ ููููุง ููููู ููููู ุ ุจููู ูููู ุณููููุฉ . ููู
ูููููู
ู ู
ููู ููุงูู ููู ุงููุฌูู
ูุน ุจูููู ุงููุญูุฏููุซููููู ุฅูููู ุงููู
ูุฏูุญ ููู ุชูุฑูู ุงูุฑููููู ููููุฃูููุถููููููุฉู ุ ููุจูููุงู ุงูุชูููููููู . ููุงููููุฐูู ููุนููู ุงูุฑููููู ุ ููุฃูุฐููู ูููููุง ููุจูููุงูู ุงููุฌูููุงุฒ ุ ู
ูุนู ุฃูููู ุชูุฑููููุง ุฃูููุถูู ุ ููุจูููุฐูุง ููุงูู ุงูุจูู ุนูุจูุฏ ุงููุจูุฑู ุ ููุญูููุงูู ุนูู
ูููู ุญูููุงูู . ููุงููู
ูุฎูุชูุงุฑ ุงููุฃููููู ุ ููููุฏู ูููููููุง ุจูุงููุฅูุฌูู
ูุงุนู ุนูููู ุฌูููุงุฒ ุงูุฑููููู ุจูุงููุขููุงุชู ุ ููุฃูุฐูููุงุฑ ุงููููู ุชูุนูุงููู
_โAdapun ruqyah (jampi/mantera) dengan ayat-ayat Al Quran, dan dzikir-dzikir yang maโruf (dikenal), maka hal itu tidak dilarang, bahkan sunah. Di antara mereka ada yang mengatakan dalam mengkompromikan dua hadits (yang nampak bertentangan), sesungguhnya pujian untuk meninggalkan ruqyah menunjukkan afdhaliyah (hal yang lebih utama), dan kejelasan tawakkal. Dan, orang yang melakukan ruqyah dan diizinkannya hal itu menunjukkan kebolehannya tetapi itu meninggalkan hal yang lebih utama. Inilah yang dikatakan Ibnu Abdil Bar, dia menceritakan dari orang yang menceritakannya. Sikap yang dipilih adalah yang pertama. Mereka telah menukil tentang ijma bolehnya ruqyah dengan ayat-ayat dan kalimat dzikrullah Taโala.โ_
(Syarh Shahih Muslim, 7/325)
(Syarh Shahih Muslim, 7/325)
Imam Al Maziri Rahimahullah mengatakan:
ุฌูู
ููุน ุงูุฑููููู ุฌูุงุฆูุฒูุฉ ุฅูุฐูุง ููุงููุชู ุจูููุชูุงุจู ุงููููู ุ ุฃููู ุจูุฐูููุฑููู
_โSemua ruqyah adalah boleh jika berasal dari kitabullah atau dzikir.โ_ (Ibid)
Imam Abul Abbas Al Anshari Al Qurthubi Rahimahullah dalam kitab syarahnya terhadap Shahih Muslim, menjelaskan โsetelah memaparkan hadits-hadits tentang keringanan untuk melakukan ruqyah:
ุฏูููู ุนูู ุฃู ุงูุฃุตู ูู ุงูุฑูููู ูุงู ู
ู
ููุนูุง ุ ูู
ุง ูุฏ ุตุฑููุญ ุจู ุญูุซ ูุงู : ููู ุฑุณูู ุงููู ู ุตูู ุงููู ุนููู ูุณูู
ู ุนู ุงูุฑูููู . ูุฅูููู
ุง ููู ุนูู ู
ุทูููุง ุ ูุฃููููู
ูุงููุง ูุฑููู ูู ุงูุฌุงูููุฉ ุจูุฑูููู ูู ุดุฑูู ุ ูุจู
ุง ูุง ูููู
ุ ููุงููุง ูุนุชูุฏูู : ุฃู ุฐูู ุงูุฑูููู ูุคุซุฑ . ุซู
: ุฅููู
ูู
ุง ุฃุณูู
ูุง ูุฒุงู ุฐูู ุนููู
ููุงูู
ุงููุจู ู ุตูู ุงููู ุนููู ูุณูู
ู ุนู ุฐูู ุนู
ูู
ูุง ุ ููููู ุฃุจูุบ ูู ุงูู
ูุน ุ ูุฃุณุฏูู ููุฐุฑูุนุฉ . ุซู
: ุฅููู
ูู
ุง ุณุฃููู ุ ูุฃุฎุจุฑูู : ุฃููู
ููุชูุนูู ุจุฐูู ุ ุฑุฎุต ููู
ูู ุจุนุถ ุฐูู ุ ููุงู : (( ุงุนุฑุถูุง ุนูููู ุฑูุงูู
ุ ูุง ุจุฃุณ ุจุงูุฑูููู ู
ุง ูู
ููู ููู ุดุฑู ุ ูุฌุงุฒุช ุงูุฑููููุฉ ู
ู ูู ุงูุขูุงุช ู
ู ุงูุฃู
ุฑุงุถ ุ ูุงูุฌุฑุงุญ ุ ูุงููุฑูุญ ุ ูุงูุญู
ุฉ ุ ูุงูุนูู ุ ูุบูุฑ ุฐูู ุ ุฅุฐุง ูุงู ุงูุฑูููู ุจู
ุง ูููู
ุ ููู
ููู ููู ุดุฑู ุ ููุง ุดูุก ู
ู
ููุน . ูุฃูุถู ุฐูู ุ ูุฃููุนู : ู
ุง ูุงู ุจุฃุณู
ุงุก ุงููู ุชุนุงูู ูููุงู
ู ุ ูููุงู
ุงููู ุฑุณููู ู ุตูู ุงููู ุนููู ูุณูู
ู .
_โ(Hadits ini) merupakan dalil bahwa pada dasarnya ruqyah itu terlarang, sebagaimana yang telah dijelaskan sebelumnya, sebagaimana riwayat: โRasulullah Shallallahu โAlaihi wa Sallam melarang ruqyah.โ Ini adalah larangan secara mutlak, karena dahulu mereka melakukan ruqyah ketika jahiliyah dengan berisi kesyirikan dan kata-kata yang tidak dimengerti, dan mereka meyakini bahwa ruqyah inilah yang memberikan pengaruh. Kemudian, ketika mereka masuk Islam yang seperti itu telah dihilangkan dari mereka, karena Rasulullah Shallallahu โAlaihi wa Sallam melarang itu secara umum, agar larangan tersebut lebih kuat dan upaya pencegahan. Kemudian, ketika mereka menanyakannya dan mengabarkannya, bahwa mereka mendapatkan manfaat dari itu, maka mereka mendapat keringanan pada sebagian hal itu. Nabi bersabda: โTunjukkan kepadaku ruqyah kalian, tidak apa-apa jika tidak terdapat syirik di dalamnya.โ Maka beliau membolehkan ruqyah untuk setiap bentuk malapetaka seperti sakit, luka, bisul, demam, penyakit mata jahat, dan lainnya, jika ruqyah tersebut dengan kalimat yang bisa difahami dan tidak terdapat kesyirikan di dalamnya, dan tidak sesuatu yang terlarang. Yang paling utama dan bermanfaat adalah: ruqyah yang berasal dari asma Allah dan firmanNya, firman Allah dan ucapan Rasulullah Shallallahu โAlaihi wa Sallam.โ_
(Al Mufhim Lima Asykala โ Ala Talkhishi Kitabi Muslim, 18/65. Maktabah Misykah)
(Al Mufhim Lima Asykala โ Ala Talkhishi Kitabi Muslim, 18/65. Maktabah Misykah)
Imam Badruddin Al โAini Rahimahullah menjelaskan:
ุฌูุงุฒ ุงูุฑููุฉ ุจุดูุก ู
ู ูุชุงุจ ุงููู ุชุนุงูู ูููุญู ุจู ู
ุง ูุงู ู
ู ุงูุฏุนูุงุช ุงูู
ุฃุซูุฑุฉ ุฃู ู
ู
ุง ูุดุงุจููุง ููุง ูุฌูุฒ ุจุฃููุงุธ ู
ู
ุง ูุง ูุนูู
ู
ุนูุงูุง ู
ู ุงูุฃููุงุธ ุงูุบูุฑ ุงูุนุฑุจูุฉ ูููู ุฎูุงู ููุงู ุงูุดุนุจู ููุชุงุฏุฉ ูุณุนูุฏ ุจู ุฌุจูุฑ ูุฌู
ุงุนุฉ ุขุฎุฑูู ููุฑู ุงูุฑูู ูุงููุงุฌุจ ุนูู ุงูู
ุคู
ู ุฃู ูุชุฑู ุฐูู ุงุนุชุตุงู
ุง ุจุงููู ุชุนุงูู ูุชูููุง ุนููู ูุซูุฉ ุจู ูุงููุทุงุนุง ุฅููู
_โBolehnya ruqyah dengan sesuatu dari Kitabullah, dan juga dengan doa-doa yang maโtsur atau yang serupa dengan itu. Tidak boleh dengan lafaz-lafaz yang tidak diketahui maknanya, berupa lafaz yang bukan bahasa Arab. Di dalamnya terdapat perbedaan pendapat. Asy Syaโbi, Qatadah, Said bin Jubeir, dan segolongan lainnya mengatakan ruqyah adalah hal yang dibenci. Wajib bagi seorang mukmin untuk meninggalkannya sebagai upaya memegang teguh kepada Allah Taโala dan bertawakkal atasNya, percaya denganNya, dan memutuskan hubungan dengan ruqyah.โ_
(โUmdatul Qari, 18/303. Maktabah Misykah)
(โUmdatul Qari, 18/303. Maktabah Misykah)
*Ruqyah Syarโiyyah Dengan Cara Ditulis Di Kertas atau Di Wadah atau Meminum Airnya*
Hal ini dibolehkan menurut jumhur (mayoritas) ulama, sejak zaman sahabat seperti Ibnu Abbas, Abu Qilabah, hingga tabiโin seperti Mujahid. Ada pun Ibrahim An Nakhaโi memakruhkannya. Tetapi meruqyah dengan cara membaca adalah lebih afdhal, sebab itulah yang dicontohkan oleh Rasulullah Shallallahu โAlaihi wa Sallam dan sahabatnya.
Berikut fatwa-fatwa para imam kaum muslimin:
1. Abdullah bin Abbas Radhiallahu โAnhuma
1. Abdullah bin Abbas Radhiallahu โAnhuma
Beliau adalah sahabat nabi yang dijuluki Hibrul Ummah, tintanya umat ini, karena kecerdasan dan keluasan ilmunya. Beliau mengatakan:
ุฅุฐุง ุนุณุฑ ุนูู ุงูู
ุฑุฃุฉ ููุฏูุง ุชูุชุจ ูุงุชูู ุงูุขูุชูู ูุงูููู
ุชูู ูู ุตุญููุฉ ุซู
ุชุบุณู ูุชุณูู ู
ููุงุ ููู: ุจุณู
ุงููู ุงูุฑุญู
ู ุงูุฑุญูู
ูุง ุฅูู ุฅูุง ุงููู ุงูุนุธูู
ุงูุญููู
ุงููุฑูู
ุ ุณุจุญุงู ุงููู ุฑุจ ุงูุณู
ูุงุช ูุฑุจ ุงูุงุฑุถ ูุฑุจ ุงูุนุฑุด ุงูุนุธูู
" ูุฃููู
ููู
ูุฑูููุง ูู
ููุจุซูุง ุฅูุง ุนุดูุฉ ุฃู ุถุญุงูุง " [ ุงููุงุฒุนุงุช: 46 ]. " ูุฃููู
ููู
ูุฑูู ู
ุง ููุนุฏูู ูู
ููุจุซูุง ุฅูุง ุณุงุนุฉ ู
ู ููุงุฑ ุจูุงุบ ููู ูููู ุฅูุง ุงูููู
ุงููุงุณููู "
_โJika seorang wanita kesulitan ketika melahirkan, maka Anda tulis dua ayat berikut secara lengkap di lembaran, kemudian masukkan ke dalam air dan kucurkan kepada dia, yaitu kalimat: Laa Ilaha Illallah Al Halimul Karim Subhanallahi Rabbil โArsyil โAzhim Al Hamdulillahi Rabbil โAlamin. (Tiada Ilah Kecuali Allah yang Maha Mulia, Maha Suci Allah Rabbnya Arsy Yang Agung, Segala Puji Bagi Allah Rabb Semesta Alam).โ_
_โKaโannahum yauma yaraunaha lam yalbatsu illa โasyiyyatan aw dhuhaha. (pada hari mereka melihat hari berbangkit itu, mereka merasa seakan-akan tidak tinggal (di dunia), melainkan sebentar saja di waktu sore atau pagi.โ_
(QS. An Naziโat(79): 46)
(QS. An Naziโat(79): 46)
_โKaโannahum yauma yarauna maa yuโaduna lam yalbatsuu illa saaโatan min naharin balaagh. (Pada hari mereka melihat azab yang diancamkan kepada mereka (merasa) seolah-olah tidak tinggal (di dunia) melainkan sesaat pada siang hari. (Inilah) suatu pelajaran yang cukup.โ_
(QS. Al Ahqaf (46): 35)
(Imam Al Qurthubi, Al Jamiโ Li Ahkamil Quran, 16/222. Dar Ihyaโ At Turats)
(QS. Al Ahqaf (46): 35)
(Imam Al Qurthubi, Al Jamiโ Li Ahkamil Quran, 16/222. Dar Ihyaโ At Turats)
2. Imam Ibnu taimiyah Rahimahullah
Beliau mengatakan sebagai berikut:
ููุตููู ููููุฌููุฒู ุฃููู ููููุชูุจู ููููู
ูุตูุงุจู ููุบูููุฑููู ู
ููู ุงููู
ูุฑูุถูู ุดูููุฆูุง ู
ููู ููุชูุงุจู ุงูููููู ููุฐูููุฑููู ุจูุงููู
ูุฏูุงุฏู ุงููู
ูุจูุงุญู ููููุบูุณููู ููููุณูููู ููู
ูุง ููุตูู ุนูููู ุฐููููู ุฃูุญูู
ูุฏ ููุบูููุฑููู ููุงูู ุนูุจูุฏู ุงูููููู ุจููู ุฃูุญูู
ูุฏ : ููุฑูุฃูุช ุนูููู ุฃูุจูู ุซูููุง ููุนูููู ุจููู ุนูุจูููุฏู ุ ุซูููุง ุณูููููุงูู ุ ุนููู ู
ูุญูู
ููุฏู ุจููู ุฃูุจูู ููููููู ุนููู ุงููุญูููู
ู ุ ุนููู ุณูุนููุฏู ุจููู ุฌูุจูููุฑู ุ ุนููู ุงุจููู ุนูุจููุงุณู ููุงูู : ุฅุฐูุง ุนูุณูุฑู ุนูููู ุงููู
ูุฑูุฃูุฉู ููููุงุฏูุชูููุง ููููููููุชูุจู : ุจูุณูู
ู ุงูููููู ููุง ุฅูููู ุฅูููุง ุงูููููู ุงููุญููููู
ู ุงููููุฑููู
ู ุณูุจูุญูุงูู ุงูููููู ุฑูุจูู ุงููุนูุฑูุดู ุงููุนูุธููู
ู ุงููุญูู
ูุฏู ููููููู ุฑูุจูู ุงููุนูุงููู
ูููู { ููุฃููููููู
ู ููููู
ู ููุฑูููููููุง ููู
ู ููููุจูุซููุง ุฅูููุง ุนูุดููููุฉู ุฃููู ุถูุญูุงููุง } { ููุฃููููููู
ู ููููู
ู ููุฑููููู ู
ูุง ูููุนูุฏูููู ููู
ู ููููุจูุซููุง ุฅูููุง ุณูุงุนูุฉู ู
ููู ููููุงุฑู ุจูููุงุบู ูููููู ูููููููู ุฅูููุง ุงููููููู
ู ุงููููุงุณูููููู } . ููุงูู ุฃูุจูู : ุซูููุง ุฃูุณูููุฏู ุจููู ุนูุงู
ูุฑู ุจูุฅูุณูููุงุฏููู ุจูู
ูุนูููุงูู ููููุงูู : ููููุชูุจู ููู ุฅููุงุกู ููุธูููู ููููุณูููู ููุงูู ุฃูุจูู : ููุฒูุงุฏู ููููู ูููููุนู ููุชูุณูููู ููููููุถูุญู ู
ูุง ุฏูููู ุณูุฑููุชูููุง ููุงูู ุนูุจูุฏู ุงูููููู : ุฑูุฃูููุช ุฃูุจูู ููููุชูุจู ููููู
ูุฑูุฃูุฉู ููู ุฌูุงู
ู ุฃููู ุดูููุกู ููุธูููู . ููููุงูู ุฃูุจูู ุนูู
ูุฑูู ู
ูุญูู
ููุฏู ุจููู ุฃูุญูู
ูุฏ ุจููู ุญูู
ูุฏูุงูู ุงูุญูุฑู : ุฃูููุง ุงููุญูุณููู ุจููู ุณูููููุงูู ุงููุณูู ุ ุญูุฏููุซูููู ุนูุจูุฏู ุงูููููู ุจููู ุฃูุญูู
ูุฏ ุจููู ุดุจููุฉ ุ ุซูููุง ุนูููููู ุจููู ุงููุญูุณููู ุจููู ุดูููููู ุ ุซูููุง ุนูุจูุฏู ุงูููููู ุจููู ุงููู
ูุจูุงุฑููู ุ ุนููู ุณูููููุงูู ุ ุนููู ุงุจููู ุฃูุจูู ููููููู ุ ุนููู ุงููุญูููู
ู ุ ุนููู ุณูุนููุฏู ุจููู ุฌูุจูููุฑู ุ ุนููู ุงุจููู ุนูุจููุงุณู ููุงูู : ุฅุฐูุง ุนูุณูุฑู ุนูููู ุงููู
ูุฑูุฃูุฉู ููููุงุฏูููุง ููููููููุชูุจู : ุจูุณูู
ู ุงูููููู ููุง ุฅูููู ุฅูููุง ุงูููููู ุงููุนูููููู ุงููุนูุธููู
ู ููุง ุฅูููู ุฅูููุง ุงูููููู ุงููุญููููู
ู ุงููููุฑููู
ู ุ ุณูุจูุญูุงูู ุงูููููู ููุชูุนูุงููู ุฑูุจูู ุงููุนูุฑูุดู ุงููุนูุธููู
ู ุ ููุงููุญูู
ูุฏู ููููููู ุฑูุจูู ุงููุนูุงููู
ูููู { ููุฃููููููู
ู ููููู
ู ููุฑูููููููุง ููู
ู ููููุจูุซููุง ุฅูููุง ุนูุดููููุฉู ุฃููู ุถูุญูุงููุง } { ููุฃููููููู
ู ููููู
ู ููุฑููููู ู
ูุง ูููุนูุฏูููู ููู
ู ููููุจูุซููุง ุฅูููุง ุณูุงุนูุฉู ู
ููู ููููุงุฑู ุจูููุงุบู ูููููู ูููููููู ุฅูููุง ุงููููููู
ู ุงููููุงุณูููููู } . ููุงูู ุนูููููู : ููููุชูุจู ููู ูุงุบุฏุฉ ููููุนูููููู ุนูููู ุนูุถูุฏู ุงููู
ูุฑูุฃูุฉู ููุงูู ุนูููููู : ููููุฏู ุฌูุฑููุจูููุงูู ููููู
ู ููุฑู ุดูููุฆูุง ุฃูุนูุฌูุจู ู
ููููู ููุฅูุฐูุง ููุถูุนูุชู ุชูุญูููููู ุณูุฑููุนูุง ุซูู
ูู ุชูุฌูุนููููู ููู ุฎูุฑูููุฉู ุฃููู ุชูุญูุฑููููู
_"Dibolehkan bagi orang yang sakit atau tertimpa lainnya, untuk dituliskan baginya sesuatu yang berasal dari Kitabullah dan Dzikrullah dengan menggunakan tinta yang dibolehkan (suci) kemudian dibasuhkan tulisan tersebut, lalu airnya diminumkan kepada si sakit, sebagaimana hal ini telah ditulis (dinashkan) oleh Imam Ahmad dan lainnya.โ_
_โAbdullah bin Ahmad berkata; Aku membaca di depan bapakku: telah bercerita kepada kami Ya'la bin 'Ubaid telah bercerita kepada kami Sufyan, dari Muh. bin Abi Laila, dari Hakam, dari Said bin Jubeir dari Ibnu Abbas ia berkata: "Jika seorang ibu sulit melahirkan maka tulislah...โ_
_โAbdullah bin Ahmad berkata; Aku membaca di depan bapakku: telah bercerita kepada kami Ya'la bin 'Ubaid telah bercerita kepada kami Sufyan, dari Muh. bin Abi Laila, dari Hakam, dari Said bin Jubeir dari Ibnu Abbas ia berkata: "Jika seorang ibu sulit melahirkan maka tulislah...โ_
ุจูุณูู
ู ุงูููููู ููุง ุฅูููู ุฅูููุง ุงูููููู ุงููุญููููู
ู ุงููููุฑููู
ู ุณูุจูุญูุงูู ุงูููููู ุฑูุจูู ุงููุนูุฑูุดู ุงููุนูุธููู
ู ุงููุญูู
ูุฏู ููููููู ุฑูุจูู ุงููุนูุงููู
ูููู
_โDengan nama Allah, Tidak ada Illah selain Dia, Yang Maha Mulia, Maha Suci Allah Rabbnya โArys yang Agung, segala puji bagi Allah Rabba semesta alam.โ_
ููุฃููููููู
ู ููููู
ู ููุฑูููููููุง ููู
ู ููููุจูุซููุง ุฅูููุง ุนูุดููููุฉู ุฃููู ุถูุญูุงููุง
_โPada hari mereka melihat hari berbangkit itu, mereka merasa seakan-akan tidak tinggal (di dunia) melainkan (sebentar saja) di waktu sore atau pagi hari.โ_
(QS. An-Naziat(79):46)
(QS. An-Naziat(79):46)
ููุฃููููููู
ู ููููู
ู ููุฑููููู ู
ูุง ูููุนูุฏูููู ููู
ู ููููุจูุซููุง ุฅูููุง ุณูุงุนูุฉู ู
ููู ููููุงุฑู ุจูููุงุบู ูููููู ูููููููู ุฅูููุง ุงููููููู
ู ุงููููุงุณูููููู
_โPada hari mereka melihat azab yang diancamkan kepada mereka (merasa) seolah-olah tidak tinggal (di dunia) melainkan sesaat pada siang hari. (inilah) suatu pelajaran yang cukup, Maka tidak dibinasakan melainkan kaum yang fasik.โ_
(QS. Al-Ahqaf(46): 35)
(QS. Al-Ahqaf(46): 35)
_โBapakku berkata: Telah meceritakan kepadaku Aswad bin 'Amir dengan sanadnya dan dengan maknanya dan dia berkata: Ditulis di dalam bejana yang bersih kemudian diminum. Bapakku berkata: Waki' menambahkannya: Diminum dan dipercikkan kecuali pusernya (ibu yang melahirkan), Abdullah berkata: Aku melihat bapakku menulis di gelas atau sesuatu yang bersih untuk seorang ibu (yang sulit melahirkan). Abu Amr Muham mad bin Ahmad bin Hamdan Al Hiri berkata: Telah mengabarkan kepada kami Al Hasan bin Sufyan An Nasawi, telah bercerita kepadaku Abdullah bin Ahmad bin Syibawaih telah bercerita kepadaku Ali bin Hasan bin Syaqiq, telah bercerita kepadaku Abdullah bin Mubarak, dari Sufyan dari ibnu Abi Laila, dari Al hakam, dari Said bin Jubeir, dari Ibnu Abbas, ia berkata: Jika seorang wanita sulit melahirkan maka tulislah:โ_
(lalu disebutkan ayat-ayat seperti di atas)
_โAli berkata: ditulis di atas kertas kemudian digantungkan pada anggota badan wanita (yang susah melahirkan). Ali berkata: Dan sungguh kami telah mencobanya, maka tidaklah kami melihat sesuatu yang lebih menakjubkan (hasilnya) dari padanya maka jika wanita tadi sudah melahirkan maka segeralah lepaskan, kemudian setelah itu sobeklah atau bakarlah."_
(Demikian fatwa Imam Ibnu Taimiyah dalam Majmu' Fatawa, 4/187. Maktabah Syamilah)
(lalu disebutkan ayat-ayat seperti di atas)
_โAli berkata: ditulis di atas kertas kemudian digantungkan pada anggota badan wanita (yang susah melahirkan). Ali berkata: Dan sungguh kami telah mencobanya, maka tidaklah kami melihat sesuatu yang lebih menakjubkan (hasilnya) dari padanya maka jika wanita tadi sudah melahirkan maka segeralah lepaskan, kemudian setelah itu sobeklah atau bakarlah."_
(Demikian fatwa Imam Ibnu Taimiyah dalam Majmu' Fatawa, 4/187. Maktabah Syamilah)
3. Imam Ibnu Qayyim Al Jauziyah Rahimahullah
Beliau menyebutkan beberapa riwayat dari kaum salaf (terdahulu) kebolehan membaca atas menuliskan ayat Al Qur'an pada wadah lalu airnya dipercikkan kepada orang sakit. Berikut ini ucapannya:
ููุงูู ุงููุฎูููุงูู ุญูุฏูุซูููู ุนูุจูุฏู ุงููููู ุจููู ุฃูุญูู
ูุฏู : ููุงูู ุฑูุฃูููุชู ุฃูุจูู ููููุชูุจู ููููู
ูุฑูุฃูุฉู ุฅุฐูุง ุนูุณูุฑู ุนูููููููุง ููููุงุฏูุชูููุง ููู ุฌูุงู
ู ุฃูุจูููุถู ุฃููู ุดูููุกู ููุธูููู ููููุชูุจู ุญูุฏููุซู ุงุจููู ุนูุจูุงุณู ุฑูุถููู ุงููููู ุนููููู ููุง ุฅูููู ุฅููุง ุงููููู ุงููุญููููู
ู ุงููููุฑููู
ู ุณูุจูุญูุงูู ุงููููู ุฑูุจู ุงููุนูุฑูุดู ุงููุนูุธููู
ู ุงููุญูู
ูุฏู ูููููู ุฑูุจู ุงููุนูุงููู
ูููู { ููุฃูููููู
ู ููููู
ู ููุฑููููู ู
ูุง ูููุนูุฏูููู ููู
ู ููููุจูุซููุง ุฅูููุง ุณูุงุนูุฉู ู
ููู ููููุงุฑู ุจูููุงุบู } [ ุงููุฃูุญูููุงูู 35 ] { ููุฃูููููู
ู ููููู
ู ููุฑูููููููุง ููู
ู ููููุจูุซููุง ุฅูููุง ุนูุดูููุฉู ุฃููู ุถูุญูุงููุง } [ ุงูููุงุฒูุนูุงุชู 46 ] . ููุงูู ุงููุฎูููุงูู ุฃูููุจูุฃูููุง ุฃูุจูู ุจูููุฑู ุงููู
ูุฑูููุฒููู ุฃููู ุฃูุจูุง ุนูุจูุฏู ุงููููู ุฌูุงุกููู ุฑูุฌููู ููููุงูู ููุง ุฃูุจูุง ุนูุจูุฏู ุงููููู ุชูููุชูุจู ููุงู
ูุฑูุฃูุฉู ููุฏู ุนูุณูุฑู ุนูููููููุง ููููุฏูููุง ู
ูููุฐู ููููู
ููููู ุ ููููุงูู ูููู ูููู ููุฌููุกู ุจูุฌูุงู
ู ููุงุณูุนู ููุฒูุนูููุฑูุงูู ููุฑูุฃูููุชููู ููููุชูุจู ููุบูููุฑู ููุงุญูุฏู
_โBerkata Al Khalal: berkata kepadaku Abdullah bin Ahmad, katanya: Aku melihat ayahku menulis untuk wanita yang sulit melahirkan di sebuah wadah putih atau sesuatu yang bersih, dia menulis hadits Ibnu Abbas Radhiallahu โAnhu:โ_
_โLaa Ilaha Illallah Al Halimul Karim Subhanallahi Rabbil โArsyil โAzhim Al Hamdulillahi Rabbil โAlamin. (Tiada Ilah Kecuali Allah yang Maha Mulia, Maha Suci Allah Rabbnya Arsy Yang Agung, Segala Puji Bagi Allah Rabb Semesta Alam)โ_
_โLaa Ilaha Illallah Al Halimul Karim Subhanallahi Rabbil โArsyil โAzhim Al Hamdulillahi Rabbil โAlamin. (Tiada Ilah Kecuali Allah yang Maha Mulia, Maha Suci Allah Rabbnya Arsy Yang Agung, Segala Puji Bagi Allah Rabb Semesta Alam)โ_
_โKaโannahum yauma yarauna maa yuโaduna lam yalbatsuu illa saaโatan min naharin balaagh. (Pada hari mereka melihat azab yang diancamkan kepada mereka (merasa) seolah-olah tidak tinggal (di dunia) melainkan sesaat pada siang hari. (Inilah) suatu pelajaran yang cukup.โ_
(QS. Al Ahqaf(46): 35)
(QS. Al Ahqaf(46): 35)
_โKaโannahum yauma yaraunaha lam yalbatsu illa โasyiyyatan aw dhuhaha. (pada hari mereka melihat hari berbangkit itu, mereka merasa seakan-akan tidak tinggal (di dunia), melainkan sebentar saja di waktu sore atau pagi.โ_
(QS. An Naziโat(79): 46)
(QS. An Naziโat(79): 46)
Al Khalal mengatakan: mengabarkan kepadaku Abu Bakar Al Marwazi, bahwa ada seseorang datang kepada Abu Abdullah (Imam Ahmad), dan berkata: _โWahai Abu Abdullah, kau menulis untuk wanita yang kesulitan melahirkan sejak dua hari yang lalu?โ_ Dia menjawab: _โKatakan baginya, datanglah dengan wadah yang lebar dan minyak zaโfaranโ_. Aku melihat dia menulis untuk lebih dari satu orang.
(Zaadul Maโad, 4/357. Muasasah Ar Risalah)
(Zaadul Maโad, 4/357. Muasasah Ar Risalah)
Beliau juga mengatakan:
ููุฑูุฎูุตู ุฌูู
ูุงุนูุฉู ู
ููู ุงูุณููููู ููู ููุชูุงุจูุฉู ุจูุนูุถู ุงููููุฑูุขูู ููุดูุฑูุจููู ููุฌูุนููู ุฐููููู ู
ููู ุงูุดูููุงุกู ุงููุฐูู ุฌูุนููู ุงูููู ููููู . ููุชูุงุจู ุขุฎูุฑู ููุฐููููู ููููุชูุจู ููู ุฅููุงุกู ููุธูููู { ุฅูุฐูุง ุงูุณูู
ูุงุกู ุงููุดูููุชู ููุฃูุฐูููุชู ููุฑูุจูููุง ููุญูููุชู ููุฅูุฐูุง ุงููุฃูุฑูุถู ู
ูุฏูุชู ููุฃูููููุชู ู
ูุง ูููููุง ููุชูุฎูููุชู } [ ุงููุงููุดูููุงูู 41 ] ููุชูุดูุฑูุจู ู
ููููู ุงููุญูุงู
ููู ููููุฑูุดู ุนูููู ุจูุทูููููุง .
Segolongan kaum salaf memberikan keringanan dalam hal menuliskan sebagian dari ayat Al Quran dan meminumnya, dan menjadikannya sebagai obat yang Allah jadikan padanya. Untuk itu, dituliskan di bejana yang bersih:
_โApabila langit terbelah, dan patuh kepada Tuhannya, dan sudah semestinya langit itu patuh, dan apabila bumi diratakan, dan dilemparkan apa yang ada di dalamnya dan menjadi kosong.โ_
(QS. Al Insyiqaq (84): 1-4)
_โApabila langit terbelah, dan patuh kepada Tuhannya, dan sudah semestinya langit itu patuh, dan apabila bumi diratakan, dan dilemparkan apa yang ada di dalamnya dan menjadi kosong.โ_
(QS. Al Insyiqaq (84): 1-4)
Lalu diminumkan kepada orang hamil dan diusapkan ke perutnya.
(Ibid, 4/358)
(Ibid, 4/358)
4. Fatwa Lajnah Daimah Lil Buhuts Al โIlmiah wal Ifta
Fatwa ini ditanda tangani oleh Syaikh Abdul Aziz bin Abdullah bin Baz, Syaikh Abdullah bin Sulaiman bin Maniโ, Syaikh Abdurrazzaq โAfifi, dan Syaikh Abdullah bin Abdirrahman Ghudyan.
ุงูุณุคุงู ุงูุซุงูู ู
ู ุงููุชูู ุฑูู
(143):
ุณ : ุฅุฐุง ุทูุจ ุฑุฌู ุจู ุฃูู ุฑููุ ููุชุจ ูู ุจุนุถ ุขูุงุช ูุฑุขููุฉุ ููุงู ุงูุฑุงูู: ุถุนูุง ูู ู ุงุก ูุงุดุฑุจูุง ููู ูุฌูุฒ ุฃู ูุงุ
ุณ : ุฅุฐุง ุทูุจ ุฑุฌู ุจู ุฃูู ุฑููุ ููุชุจ ูู ุจุนุถ ุขูุงุช ูุฑุขููุฉุ ููุงู ุงูุฑุงูู: ุถุนูุง ูู ู ุงุก ูุงุดุฑุจูุง ููู ูุฌูุฒ ุฃู ูุงุ
ุฌ : ุณุจู ุฃู ุตุฏุฑ ู
ู ุฏุงุฑ ุงูุฅูุชุงุก ุฌูุงุจ ุนู ุณุคุงู ู
ู
ุงุซู ููุฐุง ุงูุณุคุงู ูุฐุง ูุตู: ูุชุงุจุฉ ุดูุก ู
ู ุงููุฑุขู ูู ุฌุงู
ุฃู ูุฑูุฉ ูุบุณูู ูุดุฑุจู ูุฌูุฒุ ูุนู
ูู
ูููู ุชุนุงูู: { ููููููุฒูููู ู
ููู ุงููููุฑูุขูู ู
ูุง ูููู ุดูููุงุกู ููุฑูุญูู
ูุฉู ููููู
ูุคูู
ูููููู } ูุงููุฑุขู ุดูุงุก ูููููุจ ูุงูุฃุจุฏุงูุ ููู
ุง ุฑูุงู ุงูุญุงูู
ูู [ุงูู
ุณุชุฏุฑู] ูุงุจู ู
ุงุฌู ูู [ุงูุณูู] ุนู ุงุจู ู
ุณุนูุฏ ุฑุถู ุงููู ุนูู: ุฃู ุงููุจู ุตูู ุงููู ุนููู ูุณูู
ูุงู: ยซ ุนูููู
ุจุงูุดูุงุกูู ุงูุนุณู ูุงููุฑุขู ยป ูู
ุง ุฑูุงู ุงุจู ู
ุงุฌู ุ ุนู ุนูู ุฑุถู ุงููู ุนููุ ุนู ุงููุจู ุตูู ุงููู ุนููู ูุณูู
ุฃูู ูุงู: ยซ ุฎูุฑ ุงูุฏูุงุก ุงููุฑุขู ยป ูุฑูู ุงุจู ุงูุณูู ุนู ุงุจู ุนุจุงุณ ุฑุถู ุงููู ุนููู
ุง: (ุฅุฐุง ุนุณุฑ ุนูู ุงูู
ุฑุฃุฉ ููุงุฏุชูุง ุฎุฐ ุฅูุงุกู ูุธูููุง ูุงูุชุจ ุนููู) { ููุฃููููููู
ู ููููู
ู ููุฑููููู ู
ูุง ูููุนูุฏูููู } ุงูุขูุฉ ุ ู { ููุฃููููููู
ู ููููู
ู ููุฑูููููููุง ููู
ู ููููุจูุซููุง } ุงูุขูุฉ ุ ู { ููููุฏู ููุงูู ููู ููุตูุตูููู
ู ุนูุจูุฑูุฉู ููุฃููููู ุงููุฃูููุจูุงุจู } ุงูุขูุฉ ุ ุซู
ูุบุณูู ูุชุณูู ุงูู
ุฑุฃุฉ ู
ูู ูุชูุถุญ ุนูู ุจุทููุง ููู ูุฌููุง).
Pertanyaan kedua, fatwa No. 143:
โJika seorang laki-laki yang meminta diruqyah sakitnya, dia dituliskan untuknya sebagian ayat-ayat Al Quran, dan si peruqyah berkata: โletakkan ini di air dan minumlah airnya,โ bolehkah atau tidak?โ
Jawab:
Dahulu pernah dijawab oleh Darul Ifta pertanyaan semisal, sebagai berikut: Tulisan sebagian ayat Al Quran pada wadah, atau lembaran, lalu dibasuhkannya air tersebut atau meminumnya, adalah boleh. Sesuai keumuman ayat: โdan Kami turunkan dari Al Quran suatu yang menjadi penawar dan rahmat bagi orang-orang yang beriman.โ (QS. Isra (17): 82).
โJika seorang laki-laki yang meminta diruqyah sakitnya, dia dituliskan untuknya sebagian ayat-ayat Al Quran, dan si peruqyah berkata: โletakkan ini di air dan minumlah airnya,โ bolehkah atau tidak?โ
Jawab:
Dahulu pernah dijawab oleh Darul Ifta pertanyaan semisal, sebagai berikut: Tulisan sebagian ayat Al Quran pada wadah, atau lembaran, lalu dibasuhkannya air tersebut atau meminumnya, adalah boleh. Sesuai keumuman ayat: โdan Kami turunkan dari Al Quran suatu yang menjadi penawar dan rahmat bagi orang-orang yang beriman.โ (QS. Isra (17): 82).
Al Quran adalah obat bagi hati dan badan, sebagaimana yang diriwayatkan oleh Al Hakim dalam Al Mustadrak dan Ibnu Majah dalam Sunannya, dari Ibnu Masโud Radhiallahu โAnhu, bahwa Nabi Shallallahu โAlaihi wa Sallam bersabda: _โHendaklah kalian berobat dengan madu dan Al Quran.โ_ Dan juga yang diriwayatkan oleh Ibnu Majah dari Ali Radhiallahu โAnhu, dari Nabi Shallallahu โAlaihi wa Sallam: _โSebaik-baiknya obat adalah Al Quranโ_.
Juga diriwayatkan oleh Ibnu As Sunni dari Ibnu Abbas Radhiallahu โAnhuma: โJika seorang wanita kesulitan melahirkan, ambil-lah wadah bersih dan tulis di atasnya: Kaโannahum yauma yaraunaha maa yuโadun.(Pada hari mereka melihat azab yang diancamkan kepada mereka)โ_. (QS. Al Ahqaf (46): 35), juga ayat: _โKaโannahum yauma yaraunaha lam yalbatsu (pada hari mereka melihat hari berbangkit itu, mereka merasa seakan-akan tidak tinggal (di dunia)โ_. (QS. An Naziโat (79): 46), juga ayat: _โLaqad kaana fi qashashihim โibratul li ulil albab (Sesungguhnya pada kisah-kisah mereka itu terdapat pengajaran bagi orang-orang yang mempunyai akal)โ_. (QS. Yusuf (12): 111). Lalu dimandikan dan dikucurkan kewanita itu, dan dipercikkan ke perutnya dan wajahnya.
(Fatawa Lajnah Daimah Lil Buhuts Al โIlmiah wal Ifta, 1/245. Tahqiq: Ahmad bin Abdurraziq Ad Duwaisy)
Juga diriwayatkan oleh Ibnu As Sunni dari Ibnu Abbas Radhiallahu โAnhuma: โJika seorang wanita kesulitan melahirkan, ambil-lah wadah bersih dan tulis di atasnya: Kaโannahum yauma yaraunaha maa yuโadun.(Pada hari mereka melihat azab yang diancamkan kepada mereka)โ_. (QS. Al Ahqaf (46): 35), juga ayat: _โKaโannahum yauma yaraunaha lam yalbatsu (pada hari mereka melihat hari berbangkit itu, mereka merasa seakan-akan tidak tinggal (di dunia)โ_. (QS. An Naziโat (79): 46), juga ayat: _โLaqad kaana fi qashashihim โibratul li ulil albab (Sesungguhnya pada kisah-kisah mereka itu terdapat pengajaran bagi orang-orang yang mempunyai akal)โ_. (QS. Yusuf (12): 111). Lalu dimandikan dan dikucurkan kewanita itu, dan dipercikkan ke perutnya dan wajahnya.
(Fatawa Lajnah Daimah Lil Buhuts Al โIlmiah wal Ifta, 1/245. Tahqiq: Ahmad bin Abdurraziq Ad Duwaisy)
Ulama lain yang menyatakan kebolehannya adalah
- Imam Abdul Hamid Asy Syarwani dan Imam Ibnul Qasim Al โIbadi, Al Hawasyi, 7/34. Mawqiโ Yaโsub.
- Imam Ibnu Hajar Al Haitami A Makki, Tuhfatul Muhtaj fi Syarhil Minhaj 27/456. Mawqiโ Islam.
- Imam Muhammad Al Khathib Asy Syarbini, Mughni Muhtaj Ila MAโrifatil Alfazh Al Minhaj, 11/132. Mawqiโ Al Islam.
- Imam Sulaiman bin โUmar bin Muhammad Al Bujairami, Hasyiyah โAlal Minhaj, 11/180.
- Imam Abdul Hamid Asy Syarwani dan Imam Ibnul Qasim Al โIbadi, Al Hawasyi, 7/34. Mawqiโ Yaโsub.
- Imam Ibnu Hajar Al Haitami A Makki, Tuhfatul Muhtaj fi Syarhil Minhaj 27/456. Mawqiโ Islam.
- Imam Muhammad Al Khathib Asy Syarbini, Mughni Muhtaj Ila MAโrifatil Alfazh Al Minhaj, 11/132. Mawqiโ Al Islam.
- Imam Sulaiman bin โUmar bin Muhammad Al Bujairami, Hasyiyah โAlal Minhaj, 11/180.
Demikian. Wallahu Aโlam













Dulu waktu kecil saya pernah melihat ada ustadz yang menulis tulisan arab di piring putih dengan spidol, lalu diberi air sehingga tulisan itu larut. Kemudian diminumkan ke orang.
Lalu, ada ustadz juga yang menulis tulisan arab di telur kampung, kata ustadznya kalau telurnya dimakan bisa membuat kuat dalam mengerjakan haji.
Nah...2 contoh tersebut termasuk ruqyah syar'i atau justru syirik ya?
Syukron jawabannya Ustadz
Syukron jawabannya Ustadz

Bismillah wal hamdulillah ..
Jika tulisan arab tersebut tidak memiliki makna apa pun, hanya kumpulan huruf, atau kalimat tidak jelas, maka ini haram, sebagaimana yang dikatakan Imam An Nawawi.
Jika itu adalah ayat atau doa-doa dari nabi, maka itu boleh menurut mayoritas ulama, berdasarkan riwayat Ali dan Ibnu Abbas, juga menjadi fatwa Imam Ahmad, Imam Syafi'i, Imam Ibnu Taimiyah, dan Imam Ibnul Qayyim. Namun sebagian ulama memakruhkan seperti Abdullah bin Mas'ud, Ibrahim An Nakha'i, dan lain-lain. Sebab, menurut mereka hal itu dapat melencengkan fungsi-fungsi Al-Quโan dan membuka peluang terjadinya ruqyah syirkiyah.
Wallahu a'lam


Assalamualaikum...
Afwan ustdz mau bertanya.
1. Bagaimana untuk meng-indikasi dalam diri kita ada jinnya?
2. Semisal dalam diri ada jinnya dan kita pakai ruqyah syariyah, jin itu susah banget keluar karena mungkin ada barang yang disimpan. Karena penasaran ingin tau barang itu di simpan dimana dan kita minta tolong sama orang indigo. Bolehkah kita minta tolong sama orang indigo...?
3. Bagaimana caranya kita terlepas dari jin nasab...?

Wa'alaikumussalam ..
1. Ruqyah mandiri bisa dilakukan untuk mendeketksi, biasanya reaksinya ada dua jenis. Reaksi aktif seperti menjerit dan tubuh melakukan aksi-aksi tertentu. Reaksi pasif seperti menangis, badan panas, pusing, bahkan ngantuk.
2. Jangan, tapi mintalah seorang shalih untuk meruqyah, dan cari barang itu secara wajar lalu bakar.
3. Sama, dengan 1 dan 2
Wallahu a'lam

Ini sedikit cerita, kemarin ada orang indigo waktu dia liat foto, dia banyak cerita tentang orang yang ada dfto itu. Dan dia bilng kalau dirumah ada barang seperti kertas begitu yang disimpan orang difoto itu, tapi tidak memberi tau dimana tempatnya. Tapi kita susah nyarinya karena banyak perabot dan buku-buku. Waktu mencari malah dapat barang lain. Waktu diruqyah dan dbakar ada reaksi muntah. Nah seperti itu bagaimana? Boleh tidak ustadz kita percaya dengan orang indigo itu?

Wallahu a'lam


Ustadz boleh saya menanggapinya?
Sudah saya coba untuk melupakannya ustadz. Tetapi masih saja selalu teringat. Tolong beritahu saya ustadz bagaimana caranya. Terimakasih ustadz.

Mujahadah/sungguh-sungguh, ini memang butuh waktu. Biasanya untuk hal-hal yang: istimewa, berkesan, menakutkan, menarik, wow effect, memang relatif lama sebab secara alamiah menempel di long term memory.
Ini bisa dibantu dengan wirid harian, banyak istighfar, tilawah, buat kesibukan yang mengalihkan, dan semisalnya.
Wallahu a'lam
Wallahu a'lam

Terimakasih ustadz.
Wassalamualaikum wr.wb.

Wallahu a'lam


Ustadz, Bagaimana dengan orang yang di beri kelebihan untuk melihat hal-hal ghoib. Apakah itu bisa hilang ustadz?
Atau memang ada keturunan dan sebagainya?
Kan secara tidak langsung juga mengganggu dalam aktivitas sehari-hari karena bisa melihat hal ghoib tersebut.

Bisa hilang, itu memang gangguan dan tidak normal. Baik memang dia yang menyengaja untuk itu dengan mengikuti ritual-ritual tertentu atau perguruan tertentu, atau memang diwariskan oleh orangtua atau kakek neneknya.
Ruqyah itu hanya P3K, yang penting adalah bagusnya tauhid, jauhnya dari syirik, amal ibadah yang benar, dan hindari hal-hal yang mengundang jin.
Wallahu a'lam
Wallahu a'lam



Atau memang faktor keturunan itu sangat kuat pengaruhnya ustadz?
Jazakallah.

Wallahu a'lam


Assalamu'alaikum ustadz. Ana mau bertanya:
1. Ruqyah syar'i apakah bisa dilakukan dalam jarak jauh. Misal melalui telpon atau mengirim audio/video.
2. Berapa kali kita harus melakukan ruqyah agar jin yang mengganggu bisa hilang?
3. Ada tetangga yang hamil setelah 7 bulan kandungan tiba-tiba hilang. Padahal malamnya baru usg. Nah, apakah dengan diruqyah bisa mengembalikan janin tersebut kerahim ustadz?
Jazakallahu khoir.

Wa'alaikumussalam ..
1. Ini diperselisihkan ulama kontemporer. Tapi, jika jarak jauh dengan cara orang yang diruqyah mendengarkan suara melalui telefon ini tidak apa-apa. Tapi, kalau dengan cara "mengirim energi", telepati...ya jangan.
2. Tidak ada ukuran khusus.
3. Sebaiknya periksakan lagi ke dokter, termasuk ke dokter USGnya. Ruqyah jalan terakhir.
Wallahu a'lam


Aslamualaikum wr.wb.
Saya sering sakit ustadz, dan dokterpun tidak tau penyakitnya apa. Saya sudah menjalankan ruqyah dan lain-lain. Tapi hasilnya nihil dan banyak yang bilang jika jin yang di dalam diri saya itu seperti sejenis buaya ustadz, katanya itu seperti peliharaan nenek moyang begitu, katanya untuk menjaga diri saya, apa yang harus saya lakukan ustadz? Sedangkan saya sendiri tidak percaya akan hal itu.

Wa'alaikumussalam warahmatullah wabarakatuh.
Memang jangan langsung dipercaya, apa indikatornya kalau diri kita ada jin buaya?
Kalau setelah medhical check up tidak ada apa-apa, berbaiksangkalah semoga memang tidak ada apa-apa.
Terus berdoa, wirid dan beristighfar.
Wallahu a'lam


Kita kan di larang untuk meminta ruqyah ya ustadz. Bolehkah kalau kita mengadakan ruqyah massal?

Tidak ada hadits tentang larangan meminta ruqyah
Ini jawaban saya atas pertanyaan sama tahun lalu;
Meminta ruqyah tidak apa-apa, bahkan Nabi sendiri memerintahkan sahabatnya untuk minta ruqyah.
1. Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa Sallam memerintah istri beliau โAisyah untuk minta ruqyah karena pengaruh โain (pandangan mata orang yang hasad):
ุนููู ุนูุงุฆูุดูุฉู ุฑูุถููู ุงูููู ุนูููููุง ููุงููุชู ููุงูู ุฑูุณูููู ุงูููููู ุตููููู ุงูููู ุนููููููู ููุณููููู
ู ููุฃูู
ูุฑูููู ุฃููู ุฃูุณูุชูุฑููููู ู
ููู ุงููุนููููู .
Dari โAisyah Radhiallahu 'Anha berkata: โAku pernah diperintahkan oleh Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa Sallam agar aku minta ruqyah dari โain.
(HR. Muslim)
(HR. Muslim)
2. Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa Sallam memerintah istri beliau Ummu Salamah Radhiallahu 'Anha:
ููุงูู ุฑูุณูููู ุงูููููู ุตููููู ุงูููู ุนููููููู ููุณููููู
ู ููุฌูุงุฑูููุฉู ููู ุจูููุชู ุฃูู
ูู ุณูููู
ูุฉู ุฒูููุฌู ุงููููุจูููู ุตููููู ุงูููู ุนููููููู ููุณููููู
ู ุฑูุฃูู ุจูููุฌูููููุง ุณูููุนูุฉู ููููุงูู ุจูููุง ููุธูุฑูุฉู ููุงุณูุชูุฑููููุง ููููุง ููุนูููู ุจูููุฌูููููุง ุตูููุฑูุฉู.
Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa Sallam bersabda kepada seorang budak wanita di rumah Ummu Salamah istri Nabi, beliau melihat di wajahnya belang. Beliau bersabda: โPada wajahnya pengaruh pandangan. Maka mintakanlah ruqyah untuk dia.โ Yaitu di wajahnya belang kekuningan.
(HR. Muslim)
(HR. Muslim)
3. Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa Sallam memerintah shahabat beliau:
ุนููู ุนูู
ูุฑูุฉู ุนููู ุนูุงุฆูุดูุฉู ููุงููุชู ุฏูุฎููู ุงููููุจูููู ุตููููู ุงูููู ุนููููููู ููุณููููู
ู ููุณูู
ูุนู ุตูููุชู ุตูุจูููู ููุจูููู ููููุงูู ู
ูุง ููุตูุจููููููู
ู ููุฐูุง ููุจูููู ูููููุง ุงุณูุชูุฑูููููุชูู
ู ูููู ู
ููู ุงููุนููููู. ุฑูุงู ุฃุญู
ุฏ
Dari โAisyah berkata: Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa Sallam masuk, maka beliau mendengar suara anak kecil menangis, beliau berkata: โKenapa anak kecil kalian ini menangis? Kenapakah kalian tidak memintakan ruqyah untuknya dari โain. (HR. Ahmad)
Larangan meminta ruqyah tidak ada, yang ada adalah hadits tentang ada 70 ribu ummat Islam yang masuk surga tanpa hisab, dan orang yang minta ruqyah tidak termasuk golongan tersebut.
Ini maksudnya jika dia hanya bertawakal kepada ruqyah semata, bukan sekadar minta ruqyah. Jika sekadar minta ruqyah tidak apa-apa sebagaimana hadits-hadits di atas.
Wallahu a'lam


Saya pernah ikut Ruqyah mandiri tapi harus mengikuti untuk beberapa waktu, selama melakukan Ruqyah saya juga merasakan ada sesuatu yang aneh dibadan saya misalnya pusing dan telinga sakit. Namun dari kejadian yang aneh itu saya malah merasa takut dan memutuskan untuk berhenti. Yang jadi pertanyaan saya, apakah berarti saya kalah sama setan yang ada di diri saya?
Syukron.

Itu indikasi dengan reaksi pasif, sebaiknya dicoba terapi berkala saja.


Assalamualaikum...
Mau tanya ustazd, jika seseorang sulit atau tidak menikah, apakah bisa juga berasal dari gangguan setan/jin? Setiap kali ada yang mendekat, tidak merasa cocok di hati dan ketika ada yang cocok di hati tapi tidak bisa. Terus kalau mimpi buruk dan dalam mimpi tersebut terlihat wajah orang yang mau mencelakakan kita dan tidak sampai berhasil mencelakakan, apakah itu merupakan petunjuk bahwa orang tersebut berniat jahat atau bagaimana?
Syukron.

Wa'alaikumussalam.
Lan yushibana illa maa kataballahu lana, tidak ada musibah yang menimpa kita kecuali sudah Allah tetapkan buat kita.
Tentu kita tidak selalu menjadikan jin sebagai "tersangka" dalam semua masalah, sebab itu juga berdampak negatif, yaitu hilangnya evaluasi diri. Jadi sebelum berpikir ke sana, sebaiknya kita berbenah diri dulu dan minta pertolongan kepada Allah agar diberikan jodoh yang tepat. Lambat asal tepat lebih baik dibanding cepat tapi tidak tepat akhirnya cerainya cepat.
Wallahu a'lam


Apakah gangguan yang terjadi pada anak-anak suatu saat dapat terulang lagi? Sebenarnya apakah penyebab gangguan itu terjadi dan bagaimana membentenginya ke depannya agar tidak terkena gangguan lagi?

Bisa terulang jika memang belum dihilangkan atau jika sudah dihilangkan dia balik lagi jika memang kita tidak membentangkan diri dengan tauhid yang bagus, akhirnya ruhiyah kita rapuh dan mudah dirasuki syetan.
Isi hari-hari dengan bacaan yang ma'tsur, tilawah, jangan pajang lukisan makhluk bernyawa, bersih-bersih rumah, berkumpul dengan orang shalih, hadir dalam ta'lim, banyak baca buku bermanfaat. Ini diantara cara pencegahannya.
Wallahu a'lam

Ini anaknya umur 6 tahun dan kemarin yang dilakukan adalah saya bacakan al fatihah, qulhu dan ayat kursi yang ditiupkan ke air dan saya minumkan. Kemudian saya bacakan al baqarah dan saya minta dia mengikutinya sedikit-sedikit.
Cara menghilangkannya itu bagaimana ya ustadz?
Orangtuanya atau harus dengan peruqyah?
Jazakallah ustadz
Orangtuanya atau harus dengan peruqyah?
Jazakallah ustadz



Ustadz, Contoh ruqyah mandiri yang syar'i seperti bagaimana...?
Apakah saat membaca Al-Qur'an atau dzikir pagi-petang bisa sekalian di niatkan sebagai obat ruqyah...?

Baca Al Fatihah, Al Baqarah, atau 5 ayat pertama Al Baqarah, ayat kursi, 2 ayat akhirnya, 3 qul, a'udzu bikalimatillahi taammati min syarri maakhalaq
Atau bismillah laa yadhurru ma'asmihi syai'un fil ardhi walaa fis samaa wahuaa samii'ul 'aliim. Atau ayat apa saja boleh.
Membaca Al Quran secara rutin juga bisa termasuk ruqyah.
Wallahu a'lam


Ustadz, Saya punya saudara ipar, Kakak suami, Sepertinya terkena gangguan. Kalau saya kesana hanya lebaran saja. Dia tidak pernah tidur di kamar. Tidur sambil duduk d kursi. Sepanjang hari cuma seorang diri sambil goyang-goyang badan terus setel musik dangdut kenceng banget. Kadang kalau berdiri/duduk suka mendelik dan ngomong sendiri dan masih banyak lagi. Belum di ruqyah. Soalnya beliau tidak mau keluar dari rumah. Berontak, marah dan lain-lain.
Bagaimana solusinya ya ustadz. Sedangkan kami jauh di Bekasi.
Jazakallah

Bisa tanya ke psikiater juga, atau ruqyah.


Ustadz, saya ingin bertanya lagi.
Saya punya adik ustadz. Nah dia memiliki sifat yang baik. Dia selalu menuruti perintah orangtua saya. Hormat dengan orangtua. Jika dia meiliki salah dan mebuat orangtua saya marah, dia selalu meinta maaf. Tetapi setelah dia kesurupan setahun yang lalu sifatnya berubah sekali ustadz. Jadi suka membentak orangtua saya. Ditambah dia juga jadi mudah melalaikan shalat ustadz.
Apakah masih ada jin yang tertinggal dalam dirinya ustadz?
Terimakasih ustadz.

Bisa saja masih ada, belum semua keluar, deteksinya memang dengan ruqyah.


Maaf ustadz...
Apakah seseorang itu bisa merasakan ada gangguan jin dalam dirinya dan apakah qorin dalam dirinya juga bisa meyesatkan?

Ya, bisa merasakan, biasanya memang ada rasa yang tidak normal dalam dirinya, terasa ada yang mengendalikan, tidak betah ibadah, tidak nyaman di badan.
Qarin bisa menyesatkan bisa tidak, tergantung kitanya.
Wallahu a'lam
Tidak ada komentar:
Posting Komentar